Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Install WordPress di CyberPanel

3 min read

FI Cara Install WordPress di CyberPanel

CyberPanel merupakan web panel yang mulai banyak digunakan karena gratis dan memiliki fitur yang lengkap. Salah satunya, fitur Auto Installer WordPress yang memungkinkan Anda melakukan instalasi WordPress dengan sekali klik.

Bagaimana cara install WordPress di CyberPanel, ya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya tutorial install WordPress CyberPanel berikut ini!

Install WordPress CyberPanel

Sebelum mulai mengikuti panduan cara install WordPress di CyberPanel, Anda perlu menghubungkan domain ke VPS terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar nantinya website Anda dapat diakses langsung menggunakan domain, tidak perlu menggunakan IP Server lagi.

Nah, jika sudah, Anda dapat langsung mengikuti langkah-langkah cara install WordPress di VPS CyberPanel, yaitu :

  1. Login ke CyberPanel
  2. Membuat Website
  3. Mengakses Menu List Websites
  4. Menghapus index.html
  5. Memilih Website sebagai CMS
  6. Menginstall WordPress
  7. Melakukan Rewrite Rules
  8. Mengakses wp-admin

Berikut ini panduan lengkapnya :

1. Login ke CyberPanel

Pertama- tama, Anda perlu login ke halaman panel admin CyberPanel dengan mengakses https://namadomainanda:8090 pada browser. 

Login CyberPanel

Masukkan username dan password akun CyberPanel yang telah Anda buat ketika melakukan instalasi CyberPanel. Lalu, klik tombol Sign In.

2. Membuat Website

Pada bagian ini, Anda perlu membuat website yang akan digunakan sebagai tempat instalasi WordPress. Namun, jika Anda sudah membuatnya, Anda bisa melewati langkah ini dan melanjutkan tutorial ke langkah berikutnya.

Untuk membuat website, Anda dapat mengakses menu Create Website pada sidebar menu CyberPanel seperti pada gambar di bawah ini :

Membuat Website di CyberPanel

Anda perlu mengisi form detail website sebagai berikut :

Select Package : Pilih package default

Select Owner : Secara default, owner website adalah admin. Tetapi, Anda juga tetap bisa memilih pengguna lain sebagai owner untuk mengelola website.

Domain Name : Masukkan nama domain website untuk install WordPress

Email : Masukkan email yang Anda gunakan untuk mengelola website
Select PHP : Pilih versi PHP yang akan Anda gunakan pada website

Additional Features : Bagian ini merupakan fitur tambahan bagi website Anda. Anda dapat menambahkan SSL, DKIM Support dan open_basedir Protection untuk tambahan keamanan. Selain itu, Anda dapat membuat email menggunakan domain website dengan memilih fitur Create Mail Domain.

Jika semua detail sudah diisi, klik tombol Create Website dan tunggu sampai proses pembuatan website selesai.

3. Mengakses Menu List Websites

Jika website untuk install WordPress sudah disiapkan, sekarang Anda perlu mengakses website dengan cara masuk ke menu List Websites. Anda dapat menemukan menu ini pada sidebar CyberPanel seperti pada gambar berikut :

Mengakses Menu List Website

4. Menghapus index.html

Pada halaman List Websites, pilih website yang akan digunakan untuk melakukan instalasi WordPress. Lalu, klik File Manager.

Mengakses File Manager

Setelah itu, masuk ke direktori public_html dan hapus file index.html dengan cara klik kanan pada file, lalu pilih Delete. Anda perlu menghapus file ini agar website Anda tidak melakukan redirect ke halaman default CyberPanel.

Menghapus Index Html

Jika file index.html sudah terhapus, Anda dapat kembali ke halaman List Websites untuk melakukan pengelolaan website.

5. Memilih WordPress sebagai CMS

Untuk mengakses installer WordPress, klik Manage di bagian kanan atas domain yang dipilih.

Melakukan Manage Website

Pada halaman Manage Website, temukan menu Application Installer, lalu pilih WP + LSCache Installer.

Memilih WordPress sebagai CMS

6. Menginstall WordPress

Pada halaman ini, Anda perlu mengisi detail instalasi WordPress, yaitu :

  • Blog Title : Judul blog WordPress, Anda dapat mengisinya dengan apapun sesuai keinginan Anda.
  • Login User : Anda perlu mengisi username yang akan Anda gunakan untuk mengelola WordPress
  • Login Password : Isilah dengan password yang akan Anda gunakan untuk login ke WordPress. Sebaiknya, simpan detail login di catatan pribadi Anda juga, ya.
  • Email : Masukkan email yang akan digunakan untuk login
  • Path : Bagian ini tidak perlu Anda isi, secara default WordPress akan terinstall di home directory.
Menginstall WordPress di CyberPanel

Jika semua data sudah diisi, jangan lupa klik tombol Install Now untuk memulai proses install WordPress. Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan Successfully Installed! 

Sekarang, cobalah untuk mengakses domain website Anda. Jika sudah seperti gambar di bawah ini, maka WordPress sudah terinstall dengan baik.

WordPress Berhasil Terinstall

7. Melakukan Rewrite Rules

Tapi tunggu dulu, jika Anda perhatikan, url website Anda masih mendapat peringatan Not Secure. Hal ini tentu kurang baik bagi kredibilitas website Anda, kan? 

Alamat Website Not Secure

Bagaimana cara mengatasinya, ya?

Tenang saja, Anda hanya perlu mengakses menu Rewrite Rules pada halaman Manage Website. Kemudian, pilih Force HTTP-> HTTPS pada bagian Select Template.  Jangan lupa klik Save Rewrite Rules untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

Melakukan Rewrite Rules

Nah, sekarang coba cek lagi website Anda. Sudah tidak ada peringatan Not Secure lagi, kan?

Alamat Website Aman

Memastikan website WordPress Anda menggunakan protokol HTTPS dengan perlindungan SSL sangat penting. Terutama, bagi Anda yang mengelola data pengunjung seperti toko online. Sebab, keamanannya jadi lebih baik.

ebook keamanan website

8. Mengakses wp-admin

Anda dapat masuk ke halaman Admin WordPress. Caranya, akses alamat domainwebsiteanda/wp-admin. Kemudian, login dengan detail login yang telah Anda buat pada langkah ke-6.

Mengakses Dashboard WordPress

Selamat, Anda sudah masuk ke panel admin website WordPress Anda! Kini, Anda dapat mengelola WordPress sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Tampilan Dashboard WordPress

Kesimpulan

CyberPanel menawarkan banyak kemudahan dalam pengelolaan VPS. Salah satunya, kemudahan untuk install WordPress menggunakan fitur WP+LSCache di Application Installer.

Intinya, Anda dapat menginstall WordPress hanya dengan 3 langkah utama di CyberPanel, yaitu :

  1. Menghapus index.html di folder public_html
  2. Menginstall WordPress dengan WP + LSCache Installer
  3. Mengedit Rewrite Rules

CyberPanel menggunakan LiteSpeed Web Server yang terkenal dengan kecepatan akses servernya. Oleh karena itu, tidak heran jika proses install WordPress-nya juga sangat cepat. 

Akan semakin sempurna jika kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan CyberPanel didukung oleh VPS Hosting yang mumpuni. 

Nah, layanan CyberPanel VPS Niagahoster memiliki performa server yang andal menggunakan Cloud System dengan SSD untuk mendukung kinerja CyberPanel Anda.

Selain itu, dengan layanan full root access, Anda juga mempunyai kontrol penuh terhadap server dan konfigurasinya. Bagaimana tertarik berlangganan layanan CyberPanel VPS? 

Nah, itu dia panduan cara install WordPress di CyberPanel. Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Selamat mencoba 🙂

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.