Insight Bisnis

Mengenal Industri Kreatif: Manfaat, Jenis, hingga Contohnya

Tahukah Anda bahwa industri kreatif adalah salah satu sektor yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia? Industri kreatif makin menarik banyak orang untuk terjun di dalamnya karena potensi bisnis yang dimilikinya.

Industri kreatif ini juga digadang-gadang menjadi penyumbang ketersediaan lapangan pekerjaan terbesar di Indonesia, dan meliputi berbagai jenis yang sesuai keahlian masyarakat.  Benarkah demikian?

Nah, Anda akan menemukan jawaban lengkapnya di artikel ini. Kami juga akan membahas berbagai jenis industri kreatif, kebijakan pemerintah, hingga contoh industri kreatif di Indonesia.

Sudah penasaran? Yuk, simak artikel ini hingga tuntas.

Pengertian Industri Kreatif

Industri kreatif adalah aktivitas ekonomi yang berjalan dengan menawarkan produk atau jasa yang bersumber dari keterampilan, kreativitas, dan bakat. 

Itu artinya industri kreatif merupakan kegiatan yang lebih fokus kepada sumber daya manusia yang nantinya menciptakan beragam produk dan jasa. Pun demikian, kebutuhan akan sumber daya alam memang tetap ada ketika menjalankan industri ini. 

Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif, yaitu sebuah sektor ekonomi yang didasarkan pada kreativitas sumber daya manusia. Keberhasilan industri kreatif akan mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat secara umum.

Faktanya, ada sekitar 8,2 juta usaha industri kreatif di Indonesia yang berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif. 

Sudah paham apa itu industri kreatif, ‘kan? Lalu, apa manfaat dari menjalankan industri kreatif? 

Manfaat Industri Kreatif

Industri kreatif memiliki manfaat yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, antara lain:

1. Manfaat Bagi Perekonomian

Kehadiran industri kreatif mampu memberikan kontribusi ekonomi yang baik karena mampu: 

  • Meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto)
  • Menciptakan lapangan kerja
  • Meningkatkan nilai penjualan dan volume ekspor

Faktanya, dari data di tahun 2019 saja, tercatat sumbangan dari industri kreatif mencapai Rp1.153, 4 triliun dengan menyerap 15,2% tenaga kerja dan 11,9% peningkatan pada ekspor nasional. 

2. Manfaat Bagi Kehidupan Sosial

Selain bagi perekonomian, berikut ini banyak manfaatnya bagi kehidupan sosial masyarakat, seperti:

  • Memberikan dampak sosial yang positif
  • Meningkatkan inovasi dan kreativitas
  • Mewujudkan lingkungan kompetisi bisnis yang sehat
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat

Melihat banyaknya manfaat industri kreatif di atas, Anda jadi tahu besarnya pengaruh industri ini bagi perekonomian dan kehidupan sosial, bukan?

14 Jenis Industri Kreatif

Dengan terus berkembangnya usaha kreatif, saat ini terdapat banyak jenis industri kreatif di Indonesia, di antaranya: 

1. Periklanan

Periklanan merupakan jenis industri kreatif yang cukup potensial untuk dikembangkan. Buktinya, pertumbuhan belanja iklan di Indonesia terus naik, bahkan tercatat mencapai 13% di tahun 2021.

Sebagai usaha untuk mempromosikan produk atau layanan ke calon konsumen, periklanan memerlukan SDM yang memiliki kreativitas tinggi. Prosesnya pun cukup banyak, mulai dari merencanakan, membuat, dan mendistribusikan iklan ke berbagai media.

2. Arsitektur

Arsitektur termasuk industri kreatif karena hasil produknya berkaitan dengan bangunan dan struktur yang dianggap sebagai karya seni dengan kreativitas tinggi.

Nah, potensi industri kreatif arsitektur cukup besar. Mulai pada lingkup konstruksi dan desain interior, hingga pada penataan kota dan arsitektur lanskap.

Ditambah lagi, adanya perdagangan internasional memungkinkan banyak proyek yang bisa saja menggunakan jasa arsitek Indonesia. Itulah sebabnya, arsitektur diproyeksikan terus mengalami pertumbuhan pesat.

3. Pasar barang seni

Jenis industri kreatif selanjutnya adalah pasar barang seni. Pasar barang seni merupakan industri yang meliputi kegiatan jual-beli atau pameran sebuah karya seni juga memiliki prospek cerah.

Bahkan industri yang awalnya dianggap hanya akan menarik konsumen orang tua ini,  kini mulai mendapat apresiasi anak muda. Benarkah?

Kian hari, kian banyak anak muda yang mulai tertarik pada galeri seni dan museum. Hal ini ditandai dengan populernya tagar #museumselfie yang menunjukkan bahwa museum menjadi spot foto andalan masa kini.

Ini tentu menjadi potensi tumbuhkan ekonomi dari industri kreatif ini.

4. Seni Kriya

Berbicara tentang seni kriya memang tidak bisa jauh-jauh dari ide kreatif dan inovasi. Didasari keberagaman budaya Indonesia, produk seni kriya pun jadi beragam tergantung pada ciri khas tiap daerah.

Seni kriya juga termasuk ke dalam tiga kontributor terbesar PDB nasional. Tak hanya sebatas bernilai estetika, banyak produk seni kriya yang memiliki fungsi terapan. Itulah mengapa, pertumbuhan seni kriya masih terus melonjak.

Bahkan, produk seni kriya nasional menembus angka 14,9% dari total PDB nasional selama masa pandemi.

5. Desain

Sesuai namanya, industri desain berkaitan dengan hal-hal yang membutuhkan kreativitas tinggi untuk menghasilkan sebuah karya desain. 

Beralihnya bisnis ke ranah digital makin membuat industri ini terus berkembang pesat. Apalagi, desain visual menjadi kunci penting supaya pesan yang disampaikan dapat lebih mudah diingat oleh masyarakat. Hal itulah yang menyebabkan permintaan akan produk dari industri kreatif desain kian banyak.

6. Fashion

Fashion termasuk ke dalam industri kreatif karena sifatnya yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Desainer busana seakan dituntut untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya agar menjadi sebuah tren. 

Alhasil, berbagai produk busana baru selalu muncul dan menarik perhatian konsumen. 

Dampaknya, aktivitas ekonomi dari industri fashion mampu  menyumbang hampir 7% dari total PDB nasiona dan telah menyediakan lapangan pekerjaan pada 3,7 juta penduduk Indonesia. 

7. Video, film, dan fotografi

Video, film, dan fotografi adalah jenis industri kreatif yang berkaitan dengan proses pembuatan karya, mulai dari ide, melakukan casting aktor atau model, menjalani produksi, hingga aktivitas promosi. 

Nah, dalam prosesnya, pelaku industri ini harus terus memunculkan ide-ide kreatif agar karya yang dihasilkan selalu autentik dan menarik. 

Banyaknya profesi yang dilibatkan dalam pembuatan sebuah karya membuat industri ini turut menyumbang lapangan pekerjaan baru. Apalagi, potensi karya bisa laku di kancah internasional membuat industri ini semakin menjanjikan.

8. Aplikasi dan Game

Industri aplikasi dan game juga merupakan sebuah industri kreatif yang tak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi produk, tapi juga dari kegiatan promosi yang dilakukan. 

Keahlian developer dalam berkreasi dan berinovasi menciptakan produk baru membuat industri ini makin mampu bersaing dengan industri lainnya.

Kini, aplikasi dan game ini mulai menjadi industri yang menjanjikan dari sisi ekonomi dan sosial. Hal ini ditandai dengan adanya komunitas-komunitas game yang menunjukkan tingginya minat masyarakat.

9. Musik

Musik adalah jenis industri kreatif yang dalam menghasilkan karyanya melibatkan berbagai proses yang mendukung penciptaan lapangan kerja. Mulai dari komposisi musik dan rekaman, hingga promosi dan perilisan karya.

Musik memang selalu menjadi bagian dari  industri kreatif yang memiliki pasar tersendiri. Mulai dari produk berupa kaset dan CD, hingga musik yang didengarkan lewat platform musik seperti Spotify. 

Dengan berkembangnya teknologi, industri musik makin menjanjikan untuk digarap dengan serius, mengingat kemudahan untuk menembus pasar global yang lebih baik. 

10. Seni pertunjukan

Jenis industri kreatif yang berupa pentas sebuah karya seni juga terus berkembang. 

Apalagi, dalam membuat sebuah seni pertunjukan, diperlukan bakat dan keterampilan yang mungkin hanya dimiliki beberapa orang tertentu. 

Sebagai contoh, pertunjukkan musik atau drama yang membutuhkan perencanaan produksi, desain dan pembuatan busana, hingga tata panggung dan pencahayaan.

Karena panjangnya rangkaian proses produksi jenis industri ini dan harus melibatkan banyak orang, pertunjukan seni potensial untuk menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. 

11. Penerbitan

Penerbitan merupakan jenis industri kreatif yang menghasilkan produk berupa buku, majalah, koran, dan lainnya. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, industri penerbitan mulai beradaptasi dengan tidak hanya menjalankan aktivitas seputar percetakan produk fisik. Saat ini, penerbitan mulai menjangkau konten digital seperti ebook hingga majalah atau koran digital. 

Dengan adaptasi dan kreativitas yang dihasilkan, industri penerbitan menjadi salah satu jenis industri kreatif yang menjanjikan dengan pangsa pasar konsumen yang berbeda dari awalnya.

12. Layanan komputer

Industri ini termasuk industri kreatif yang paling pesat perkembangannya. Alasannya, perkembangan teknologi membuat setiap orang membutuhkan produk untuk mendukung pekerjaan mereka.  Mulai dari, pembuatan website, hingga jasa reparasi komputer. 

Layanan komputer memiliki potensi yang cukup besar untuk terus berkembang. Sebab, menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pertumbuhannya terus meningkat hingga lebih dari 8% per tahun.

13. Televisi dan Radio

Industri kreatif di bidang televisi dan radio masih berperan besar dalam menyalurkan informasi dan memberikan hiburan untuk masyarakat.

Bahkan, berkembangnya internet tidak membuat televisi dan radio kehilangan peminat. Justru, saat pandemi pun pertumbuhan televisi dan radio cukup tinggi yaitu mencapai angka 10,48%

Pun demikian, inovasi dari sisi konten tetap harus dilakukan agar televisi dan radio mampu tetap bersaing memberikan hiburan dan informasi yang menarik bagi audiens.

14. Research and Development

Research and development (R&D) merupakan usaha kreatif dengan produk berupa penelitian ilmiah  yang kian dibutuhkan masyarakat karena perkembangan teknologi. 

Dalam proses penelitiannya, diperlukan ide-ide kritis dan inovatif untuk mendapatkan hasil yang akurat dan memberikan manfaat. Industri ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung berbagai jenis industri lainnya, mulai dari menjajal pasar baru, hingga meningkatkan pendapatan.

Nah, setelah mengenal berbagai jenis industri kreatif, berikut ini kami bahas contoh industri kreatif di indonesia.

Contoh-Contoh Industri Kreatif

Berdasarkan berbagai jenis industri di atas, yang termasuk contoh industri kreatif adalah:

1. Advertiser

Contoh industri kreatif yang pertama adalah advertiser, penyedia iklan. Industri ini bisa dijalankan, baik secara offline dengan produk berupa billboard atau online dengan layanan seperti iklan pay-per-click (PPC). 

Biasanya, advertiser akan menawarkan layanan untuk membuat iklan di berbagai platform dengan budget dan target audiens sesuai permintaan klien. 

Advertiser harus mampu bekerja dengan  kreativitas yang baik dalam merangkai teks iklan supaya dapat menarik audiens.

2. Desainer Grafis

Kebutuhan akan produk dari desain grafis seperti desain logo, desain kemasan produk, desain brosur, dan lainnya membuat desainer grafis merupakan contoh usaha industri kreatif kami berikutnya.

Dalam membuat desain, desainer grafis harus memiliki kreativitas dan pengetahuan yang tinggi agar dapat menghasilkan visual yang komunikatif dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

3. Desainer Interior

Desainer interior berperan dalam merencanakan estetika ruang, termasuk bentuk dan warna, pencahayaan, temperatur, hingga kenyamanan orang yang beraktivitas di dalam ruang tersebut.

Perkembangan bisnis digital membuat desainer interior bisa menawarkan jasa tanpa perlu tatap muka. Sebagai contoh, penyedia jasa desainer interior Sela Rupa yang mulai menawarkan konsultasi interior secara online sejak adanya pandemi.

4. Bisnis Fashion

Bisnis fashion di indonesia juga mengalami perkembangan sangat cepat. Bahkan, bisnis fashion di ranah online mengalami pertumbuhan hingga 9,1% per tahun.

Dengan riset pasar, kreativitas, dan inovasi, bisnis fashion tentu mampu bersaing dengan brand mancanegara. Sebagai contoh, brand Erigo yang merupakan salah satu merk fashion lokal yang baru-baru ini berhasil menembus pasar global.

5. Bisnis Aksesoris Fashion

Tadi kita sudah berbicara tentang bisnis fashion, sekarang giliran kita bahas yang lebih spesifik yaitu bisnis aksesorisnya.

Beberapa item aksesoris fashion seperti topi, ikat pinggang, hingga tas sedang banyak diminati untuk melengkapi gaya berpakaian. Maka tak heran, jika contoh industri kreatif yang satu ini tidak pernah absen dalam menyumbang peningkatan persentase ekspor Indonesia.

Sebagai contoh, tas rajut merk Dowa yang berasal dari Yogyakarta berhasil diekspor sebanyak 125 ribu tiap bulannya. Selain itu, brand tas tersebut juga berhasil membuka lapangan kerja untuk 10 ribu pengrajin. 

6. Stylist

Masih terkait dengan industri fashion, stylist adalah jenis industri kreatif lainnya. Seorang stylist bertugas mengarahkan gaya berpakaian klien dan menyesuaikannya dengan konsep pemotretan, fashion show, atau event lainnya.

Saat ini, stylist kian mudah mendapatkan klien secara online berkat kemudahan untuk menunjukkan hasil pekerjaan terbaiknya di media sosial dan website portofolio miliknya.

7. Content Creator

Content creator adalah contoh usaha industri kreatif yang menjadi salah satu hasil inovasi usaha baru berkat adanya media sosial. 

Utamanya, content creator bertugas membuat konten yang mampu menarik audiens. Dalam prosesnya, content creator harus mencari ide, riset, dan mendistribusikan konten ke berbagai platform.

Banyaknya platform yang tersedia membuat content creator semakin beragam. Misalnya adalah menjadi YouTuber atau TikToker.

8. Bisnis Mebel

Saat ini konsumen tidak hanya tertarik membeli furniture karena fungsinya saja, tetapi juga mempertimbangkan estetika. Itulah mengapa, pelaku bisnis ini harus terus berinovasi untuk mengikuti arus tren pasar. 

Berkat perkembangan teknologi, bisnis ini mampu menjangkau target audiens yang lebih luas. Bahkan, pasar bisnis mebel pun masih terbuka lebar baik pasar dalam negeri maupun pasar ekspor.

Tingginya peluang ekspor terbukti dengan kontribusi ekspor mebel yang mencapai 72,8% atau senilai USD 2,28 miliar.

9. Fotografer

Selanjutnya, yang termasuk contoh industri kreatif adalah fotografer. Tak hanya memperoleh job dari klien, seorang fotografer juga dapat menjual hasil jepretannya secara online. 

Ada banyak tempat jual foto online yang bisa digunakan seperti Shutterstock, iStockphoto.com, dan masih banyak lagi. 

Di Indonesia, aktivitas jual-beli di Shutterstock meningkat 49% setiap tahunnya. Tentunya, ini menunjukkan bahwa bidang ini juga turut andil dalam perkembangan industri kreatif Indonesia.

10. Pengrajin

Produk dari contoh industri kreatif yang satu ini bisa jadi memiliki harga jual yang tinggi. Alasannya, unique selling point (USP) yang dimiliki terletak pada keunikan dan autentisitas produk kerajinan. 

Semakin pesatnya bisnis online membuat bisnis kerajinan turut mendongkrak pertumbuhan industri ini. 

Bahkan, salah satu contoh usaha kreatif yaitu bisnis batik turut bersaing di pasar global. Usaha batik Indonesia mampu memberikan lapangan kerja pada 200.000 orang dan ekspor industri batik mencapai Rp 7,60 triliun.

11. Video Editor

Seiring dengan pertumbuhan industri kreatif, strategi periklanan pun juga terus mengalami pembaharuan. Contohnya adalah dengan memanfaatkan video marketing.

Tidak hanya harus ahli mengoperasikan aplikasi edit video, video editor juga harus memiliki kreativitas dalam mengolah potongan video supaya bisa menjadi karya yang dapat menarik audiens.

12. Desainer UI/UX

Desainer UI/UX sebagai orang yang berperan penting dalam pengembangan game atau aplikasi kami sertakan dalam contoh industri kreatif. 

Merekalah yang bertanggung jawab agar desain UI/UX dapat tampil menarik sekaligus meningkatkan kepuasan pengguna. Dengan bantuan mereka, pengguna jadi mudah dan nyaman saat mengetahui, membeli dan menggunakan produk.

13. Sound Designer

Sound designer adalah contoh industri kreatif yang bertugas untuk membuat sound effect, elemen musik, dan lainnya untuk mendapat hasil latar suara yang sesuai dengan visual yang ditampilkan.

Biasanya, sound designer diperlukan dalam pembuatan game atau film. Selain harus memahami audio editing tools, sound designer juga memerlukan kreativitas yang tinggi supaya dapat membuat sound effect yang menarik.

14. Penyedia Jasa Pembuatan Website

Contoh industri kreatif yang tak lupa kami ulas adalah penyedia jasa pembuatan website yang kian ramai diminati. 

Dengan makin banyak orang mulai memahami pentingnya website tapi belum mampu membuat website sendiri, contoh industri kreatif ini menjadi sangat potensial untuk dijalani. 

Tak hanya bisa mendapatkan pemasukan dari bisnis jasa pembuatan website, Anda juga bisa menjadi seorang reseller hosting dengan keuntungan yang menjanjikan. Hal ini mengingat hosting adalah kebutuhan utama website agar bisa diakses online. 

Menariknya, dengan program seperti Niagahoster Partner, pelaku jasa pembuatan website bisa menjual produk hosting dan domain dengan mudah, tanpa biaya registrasi dan berlangganan. 

Yang tak kalah menarik, ada berbagai fitur seperti white label untuk membangun brand sendiri dan fitur untuk mengelola klien di Niagahoster Partner. 

Ditambah lagi, tak hanya bisa mendatangkan keuntungan yang besar, contoh usaha industri kreatif yang satu ini juga mampu menyerap banyak tenaga kerja. Alasannya, dibutuhkan tim yang besar dalam menjalankan bisnis ini. 

Sebagai contoh, sebuah bisnis jasa pembuatan website tentu akan membutuhkan customer service untuk membantu klien ketika ada kendala teknis saat pembuatan website.

Nah, itulah contoh-contoh industri kreatif di Indonesia. Lalu, bagaimana peran pemerintah dalam mendukung perkembangan industri kreatif? 

Kebijakan Pemerintah Mengenai Industri Kreatif

Melihat pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, pemerintah membuat beberapa kebijakan untuk mempertahankan iklim bisnis yang positif. Kebijakan tersebut di antaranya:

  1. Mengintegrasikan aset dan potensi pelaku usaha industri kreatif
  2. Memfasilitasi pengembangan inovasi dan kreativitas, termasuk pemberian insentif pada pelaku usaha dan mengadakan pelatihan
  3. Membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebagai lembaga resmi pemerintah yang menaungi industri kreatif di Indonesia
  4. Meningkatkan kesadaran dan apresiasi dengan memberikan bentuk perlindungan hukum atas Hak Kekayaan Intelektual

Ingin Memulai Bisnis di Industri Kreatif?

Jadi, apa itu industri kreatif? Sederhananya, industri kreatif adalah usaha yang menawarkan produk atau jasa hasil kreativitas dan inovasi yang bermanfaat bagi perekonomian dan kehidupan sosial. 

Di antara berbagai jenis industri kreatif, memulai bisnis terkait teknologi seperti jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan. Apalagi, keuntungan yang diberikan cukup menjanjikan karena Anda bisa sekaligus menjadi reseller produk hosting dan domain. 

Nah, Niagahoster Partner adalah salah satu layanan untuk mendukung bisnis pembuatan website yang Anda jalankan dengan mudah. Tak hanya kemudahan transaksi, dan adanya fitur white label untuk membangun brand, kualitas produk hosting yang baik akan mendukung kredibilitas bisnis Anda.

Konsumen Anda akan mendapat fitur-fitur canggih Hosting Niagahoster, seperti:

  • Uptime rate hingga 99,99% (website dijamin online 24/7)
  • Pilihan ekstensi domain yang variatif
  • Server LiteSpeed yang dikenal tercepat di dunia
  • Fitur keamanan seperti Imunify360 untuk melindungi website dari serangan malware
  • Customer support cepat tanggap yang siap melayani 24 jam penuh

Jadi, kalau Anda ingin membangun industri kreatif di bidang jasa pembuatan website, tunggu apa lagi? Yuk, mulai bergabung dengan Niagahoster Partner!

Aura Nisrina Hesanty

I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Share
Published by
Aura Nisrina Hesanty

Recent Posts

Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing, Jangan Salah Pilih!

Cloud Hosting dan Cloud Computing adalah dua istilah yang serupa tapi tak sama. Yuk ketahui perbedaan Cloud Hosting dan Cloud…

15 hours ago

Cara Mengganti Nama Domain Dengan Cepat dan Mudah

Anda ingin tahu cara mengganti nama domain? Tapi, sebenarnya bisakah mengganti nama domain website dengan nama lain? Tenang, Anda sudah…

19 hours ago

Cara Backup dan Restore Database MySQL dengan Mysqldump

SQL Dump adalah tools CI untuk membackup database MySQL. Yuk ketahui cara backup MySQL dengan Mysqldump di sini!

5 days ago

Hosting Murahan vs Niagahoster: Teliti Sebelum Beli Hosting!

Ingin membeli hosting? Awas, jangan terkecoh hosting abal-abal! Yuk ketahui dulu perbedaan hosting murahan vs Niagahoster di sini!

7 days ago

Jejak Digital Adalah: Pengertian, Bahaya, Cara Menghapus, dan Tips Mengelolanya

Jejak digital adalah informasi yang ditinggalkan seseorang saat menggunakan internet. Informasi ini sulit dihilangkan dan bisa saja disalahgunakan oleh orang…

1 week ago

Apa Itu Dropshipper? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Anda ingin memulai bisnis online dengan modal kecil? Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, apalagi bagi…

1 week ago