Categories: Website & Blog

Imunify360: Cara Ampuh dan Cepat Atasi Malware

Praktik kejahatan malware pada website yang semakin canggih perlu diatasi dengan alat yang canggih pula. Nah, Imunify360 adalah solusi paling tepat untuk melindungi website Anda dari serangan malware.

Imunify360 mampu mendeteksi serangan malware lebih dini sehingga kerusakan pada website bisa dihindari. Terlebih lagi, tool keamanan satu ini juga mampu membersihkan malware dalam waktu singkat cukup dengan satu klik saja!

Ingin tahu bagaimana cara mengatasi malware dengan Imunify360? Anda akan mendapatkan penjelasan lengkapnya di bawah ini. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengenali berbagai hal yang menyebabkan website bisa diserang malware.

Kenapa Website Anda Diserang Malware?

Setiap kasus serangan malware bisa berbeda-beda penyebabnya. Setidaknya ada tiga hal paling umum yang bisa menyebabkan website Anda diserang malware. Berikut adalah tiga penyebabnya:

1. Script Kedaluwarsa (Outdated script)

Jika masih menggunakan WordPress versi lama, Anda perlu waspada. Sebab WordPress versi lama termasuk script kedaluwarsa (outdated script). Script kedaluwarsa bisa menjadi celah keamanan di website Anda. Celah ini sering dijadikan sasaran serangan malware.

Untuk menghindari ini, biasanya CMS seperti WordPress menyarankan penggunanya agar selalu meng-update core WordPress, plugin, hingga tema yang digunakan. Segera cek versi WordPress yang Anda gunakan. Jika masih menggunakan versi lama, sebaiknya segera update ke WordPress versi terbaru dengan mengikuti panduan ini.

2. Script Bajakan

Selain script kedaluwarsa, script bajakan juga bisa menjadi ancaman keamanan website Anda. Jika ada yang menawari Anda plugin atau tema WordPress bajakan, jangan pernah mau menggunakannya. Sebab keamanan website Anda yang jadi taruhannya.

Plugin atau tema bajakan biasanya mengandung script yang disisipi malware. Ketika Anda menggunakan plugin atau tema bajakan, malware akan menyebar ke website dan akun hosting Anda.

Jadi sebaiknya hindari penggunaan script bajakan. Meskipun harganya terjangkau atau bahkan gratis, ada harga yang harus Anda bayar mahal, yaitu keamanan website Anda.

3. Script Vulnerable

Anda memang bisa mendapatkan tema atau plugin WordPress gratis di internet dengan mudah. Namun, bukan berarti Anda bisa asal menggunakan tema atau plugin yang Anda temukan. Anda perlu mengecek kualitasnya terlebih dahulu.

Tidak semua plugin dan tema WordPress punya kualitas script yang sama. Beberapa plugin atau tema WordPress mengandung script vulnerable. Script vulnerable adalah script yang tidak ditulis dengan baik sehingga terdapat celah keamanan di dalamnya.

Oleh karena itu, pastikan untuk melihat review pengguna plugin atau tema WordPress terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Imunify360 Niagahoster: Solusi Menghadapi Malware di Website

Meskipun telah berhati-hati dalam menggunakan script yang aman, terkadang malware bisa menemukan celah keamanan di website Anda. Ketika website Anda diserang malware, tidak perlu khawatir. Jika menggunakan layanan hosting Niagahoster, Anda bisa menghilangkan malware dengan Imunify360 dalam waktu singkat.

Imunify360 adalah tool keamanan yang digunakan Niagahoster untuk melindungi server web hosting Anda. Berikut enam fitur utama Imunify360 yang akan mengamankan website Anda dari serangan malware:

1. Advanced Firewall

Dengan teknologi artificial intelligence (AI), firewall canggih Imunify360 mampu mendeteksi ancaman keamanan dan melindungi website Anda secara menyeluruh. Fitur ini akan melindungi semua server yang sedang menjalankan aplikasi untuk mengoperasikan website.

2. Malware Detection

Malware merupakan serangan keamanan yang umum terjadi. Imunify360 melakukan scanning pada semua file di website sehingga potensi serangan malware bisa terdeteksi lebih dini. File-file yang terinfeksi malware akan dikarantinakan sehingga kerugian bisa terhindari.

3. Intrusion Detection and Protection System

Imunify360 juga mampu mendeteksi potensi-potensi serangan berbahaya terhadap website. Tool keamanan ini secara otomatis akan memblokir alamat IP yang terindikasi melakukan aktivitas mencurigakan di website Anda.

4. Proactive Defense

Proactive Defense mampu menghentikan malware yang bahkan tidak bisa dideteksi oleh scanner sekalipun!

Fitur ini bisa mengenali ancaman keamanan di website Anda secara real time dan memblokir potensi-potensi ancaman terhadap website Anda secara otomatis dalam waktu singkat.

5. Patch Management

Meng-update kernel server terbaru adalah sebuah kewajiban untuk menjaga kinerja server Anda dalam performa terbaik.

Patch Management dari Imunify360 memungkinkan kernel server Anda tetap ter-update ke versi terbaru tanpa perlu melakukan reboot dan juga tidak mengganggu kinerja server sama sekali.

6. Reputation Management

Reputasi website Anda sangatlah penting. Fitur Reputation Management dari Imunify360 dapat membantu menjaga reputasi website Anda.

Imunify360 akan memberitahu Anda jika website Anda masuk ke dalam blacklist Google atau SBL. Jadi Anda bisa mengatasi masalah tersebut lebih cepat agar reputasi website Anda tetap terjaga.

7. Notifikasi Serangan Malware

Selain keenam fitur di atas, Imunify360 di Niagahoster akan melakukan scanning otomatis seminggu sekali. Jika ada indikasi serangan malware di website, Anda akan mendapatkan notifikasi otomatis ke email yang terdaftar di akun hosting Niagahoster. Dengan begitu, Anda bisa segera membersihkan malware di website Anda.


Cara Menggunakan Imunify360 untuk Mengatasi Malware

Ketika terjadi serangan malware ke website Anda, jangan panik dulu. Dengan Imunify360, Anda bisa membersihkan malware dalam waktu singkat. Berikut adalah beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk membersihkan malware:

1. Update WordPress ke Versi Terbaru

Sebelum melakukan tindakan dengan Imunify360, pastikan Anda telah meng-update WordPress yang Anda gunakan ke versi terbaru. Ini penting untuk menghindari celah-celah keamanan di script yang sudah kedaluwarsa.

Jika menggunakan layanan hosting Niagahoster, Anda bisa mengaktifkan fitur auto-update. Dengan begitu, setiap ada update core dari WordPress, Anda tidak perlu melakukan update secara manual. Niagahoster yang akan melakukan update core WordPress untuk Anda.

2. Aktifkan Kill Mode pada Proactive Defense Imunify360

Imunify360 memberikan perlindungan untuk hosting Anda selama 24/7 non stop. Ketika Imunify360 mendeteksi adanya file berbahaya di pada script, sebaiknya segera aktifkan fitur Kill Mode.

Fitur tersebut berfungsi untuk menghentikan script website dengan cepat. Ini penting agar saat Imunify360 melakukan scanning website, script yang Anda miliki selalu bersih dari file berbahaya atau malware.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Kill Mode pada Proactive Defense Imunify360:

Langkah 1- Login ke member area Niagahoster

Langkah 2- Klik Layanan Anda > Hosting > Kelola

Langkah 3- Pada tab cPanel, pilih Imunify360

Langkah 4- Untuk mengaktifkannya, klik menu Proactive Defense pada dashboard Imunify360 Anda

Langkah 5- Terdapat 3 mode pada menu tersebut. Pilih Kill Mode

Langkah 6- Setelah sukses, Anda akan mendapati notifikasi seperti di bawah ini

3. Hapus File Berbahaya pada Dashboard Imunify360

Jika Imunify360 menemukan file berbahaya atau malware saat scanning website, Anda bisa langsung menghapusnya segera. Berikut langkah-langkah untuk menghapus file berbahaya atau malware dengan Imunify360:

Langkah 1- Buka dashboard Imunify360 melalui member area Niagahoster lalu pilih menu Files. Di situ Anda akan menemukan file-file berbahaya yang disaring oleh Imunify360 seperti contoh di bawah ini:

Untuk menghapusnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 2- Klik ikon sapu pada file yang ingin Anda hapus.

Langkah 3- Klik Yes, Clean Up untuk menghapus file tersebut.

Langkah 4- Anda akan mendapatkan notifikasi seperti di bawah ini pada pojok kanan atas dashboard Imunify360 jika file berhasil dihapus.

Langkah 5- Apabila terdapat banyak file berbahaya yang ditemukan, Anda bisa menggunakan Clean Up All untuk menghapus seluruh file dalam satu waktu.

NOTE:

  • Pastikan untuk mengecek kembali website Anda setelah mengaktifkan Kill Mode pada Proactive Defense Imunify360.
  • Lakukan pembersihan malware kembali untuk memastikan website tidak bermasalah

Imunify360 Siap Mengatasi Malware untuk Anda!

Mudah sekali, bukan? Dengan Imunify360, Anda bisa mengatasi malware dan serangan berbahaya lainnya secara mandiri dan tidak memakan waktu lama.

Ingin punya website yang dilindungi oleh Imunify360? Caranya mudah, Anda hanya perlu memilih salah satu paket hosting di Niagahoster. Semua layanan hosting di Niagahoster, dari paket termurah sampai termahal, dilindungi oleh Imunify360!

Hosting Terbaik dengan Perlindungan Imunify360
Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok

Recent Posts

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

24 hours ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

2 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

2 days ago

11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2021)

Tahukah Anda bahwa footer design termasuk bagian website yang mendapat perhatian paling banyak oleh pengunjung? Ketika membuka website, memang header…

3 days ago

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress Tanpa Ribet!

Anda sedang mencari cara menambahkan fitur pagination WordPress? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih! Kali ini kami akan…

4 days ago

Cara Membuat Blog dengan Laravel untuk Pemula (Terlengkap!)

Laravel merupakan salah satu framework terbaik untuk membuat blog. Dengan framework gratis ini, Anda bisa lebih mudah mengembangkan blog dengan…

5 days ago