Insight Bisnis

15 Ide Jualan Bulan Puasa Paling Laris dan Menguntungkan di 2023

Ingin membuka usaha di bulan Ramadhan, tapi bingung mau usaha apa? Wajar, kok. Anda tentunya ingin menjalankan ide jualan bulan puasa yang paling laku supaya bisa cuan.

Untungnya, kini Anda tidak perlu ribet mencari sendiri ide dagangan yang laris di bulan puasa. Di artikel ini, kami telah merangkum jualan yang laris di bulan puasa sebagai rekomendasi untuk Anda.

Tak perlu berbasa-basi, yuk langsung simak artikelnya sampai selesai!

15 Ide Jualan Bulan Puasa di 2023, Pasti Cuan!

Dari banyaknya produk yang bisa jadi ide jualan bulan puasa, kami telah mengumpulkan 15 dagangan yang laris di bulan puasa yang bisa Anda jual. Berikut daftarnya: 

  1. Menjual Peralatan Ibadah
  2. Menjual Baju Muslim
  3. Berjualan Hijab dan Aksesorisnya
  4. Membuka Bisnis Jualan Hampers dan Parcel
  5. Menjual Kembang Api
  6. Berjualan Kue Lebaran
  7. Menjual Toples Kue
  8. Buka Katering
  9. Berdagang Buah-Buahan
  10. Berjualan Frozen Food
  11. Menjual Bumbu Siap Masak
  12. Berjualan Makanan Ringan
  13. Menjual Takjil
  14. Menjajakan Aneka Gorengan
  15. Menjual Anyaman Kulit Ketupat

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya!

1. Menjual Peralatan Ibadah

Ide jualan bulan puasa yang satu ini mungkin sudah bisa Anda tebak. Memang, berdagang peralatan ibadah bisa dibilang paling laku di momen Ramadhan dan lebaran. 

Tidak percaya? Lihat saja tren pencarian Google di masa menjelang hari raya tahun 2022 di bawah ini.

Baru hari ke-2 puasa saja, kata kunci “jual mukena” sudah melonjak tinggi. Tak heran lagi kalau peralatan ibadah termasuk dagangan yang laris di bulan puasa. Usaha ini pun bisa dilakukan secara online maupun offline. Yang penting, jangan lupa untuk mempelajari perilaku konsumen di bulan Ramadhan.

Misalnya, karena promo Ramadhan sangat diminati konsumen, membuat promo khusus bulan Ramadhan sudah menjadi keharusan. Apalagi, menurut Google, pencarian diskon saat Ramadhan sama tingginya dengan event diskon Black Friday.

2. Menjual Baju Muslim

Baju muslim merupakan ide jualan bulan puasa yang berpotensi membawa banyak keuntungan. Bahkan, pencarian baju muslim meningkat pesat saat menjelang lebaran berdasarkan data Google Trends.

Nah, item yang sering dicari adalah baju koko, gamis, tunik, rok, sampai celana kulot. Untuk melakukan promosi produk, Anda bisa menggunakan platform Instagram WhatsApp Business, ataupun membuat website toko online.

3. Berjualan Hijab dan Aksesorisnya

Ide jualan bulan puasa yang selanjutnya masih berkaitan dengan fashion, yaitu hijab beserta aksesorisnya. 

Item fashion ini memang banyak diminati pada saat Ramadhan apalagi menjelang hari raya. Tentunya, supaya outfit saat acara kumpul-kumpul keluarga jadi lebih menarik.

Nah, Anda bisa menjual berbagai macam jenis hijab. Mulai dari model segi empat, segi tiga, pashmina, hingga hijab bergo. Beberapa item aksesoris yang paling laku untuk dijual, yaitu inner ciput, scrunchies, serta item perhiasan seperti kalung, gelang, dan bros.

4. Membuka Bisnis Jualan Hampers dan Parcel

Apakah Anda senang berkreasi dan menghias? Kalau iya, ide jualan bulan puasa yang satu ini pasti membuat Anda bersemangat.

Tentunya, sayang sekali jika skill mendekorasi bingkisan yang Anda miliki tidak dimanfaatkan. Nah, cara meraup cuan dengan keahlian ini adalah dengan berjualan hampers dan parcel. Faktanya, usaha kreatif di bulan Ramadhan ini memang cukup potensial.

Sebab, mengirim hampers dan parcel memang sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang Indonesia untuk saling menyambung tali silaturahmi. Jadi, tidak heran kalau hampers dan parcel adalah salah satu produk jualan yang laris di bulan puasa. 

Bahkan, dilaporkan bahwa omzet penjual parcel naik sebanyak 60% di tahun 2022, lho. Itulah mengapa, usaha kreatif di bulan puasa yang satu ini bisa menjadi ide yang menjanjikan bagi Anda.

5. Menjual Kembang Api

Kembang api termasuk hal yang mewarnai datangnya bulan Ramadhan dan lebaran. Biasanya, banyak orang yang menyalakan kembang api untuk memeriahkan malam takbiran. 

Jadi, salah satu ide jualan bulan puasa ini mempunyai target pasar yang luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang ingin turut merasakan euforia Ramadhan dan Idul Fitri. 

Namun, Anda harus mengantongi izin dari aparat kepolisian untuk memulai bisnis jualan kembang api. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis kembang api yang memiliki potensi mencelakai orang lain. 

6. Berjualan Kue Lebaran

Bulan puasa enaknya jualan apa lagi, ya?

Kalau Anda punya baking skill, Anda bisa mencoba berjualan kue kering untuk lebaran. Mengingat menyediakan kue sebagai hidangan saat menjelang lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia, sudah pasti bisnis ini sukses di bulan Ramadhan.

Nah, akan lebih mudah jika Anda memasarkan kue buatan Anda di WhatsApp Bisnis atau website. Sebab, Anda bisa membuat katalog produk yang memudahkan konsumen memilih jenis kue yang ingin dibeli.

Ina Cookies bisa menjadi contoh penjualan kue kering melalui website. Website ini mengelompokkan produk yang dijual berdasarkan jenis dan ukuran kemasan. 

Baca Juga: Cara Membuat Halaman Produk yang Menarik

7. Menjual Toples Kue

Apabila Anda bukan orang yang ahli dalam membuat kue lebaran, berjualan toples kue bisa jadi pilihan. Kalau tidak percaya, lihat kenaikan volume pencarian kata kunci “toples kue” saat menjelang hari raya berikut ini.

Tren di atas menunjukkan bahwa toples kue adalah salah satu dagangan yang laris di bulan puasa. Nah, salah satu cara mendatangkan lebih banyak konsumen adalah dengan pemasaran online.

Namun, karena toples jenis kaca berpotensi retak atau pecah saat proses pengiriman, maka jangan lupa untuk memperhatikan pengemasan produk. Jika perlu, tambahkan kardus tebal, bubble wrap, atau bahkan packing kayu. Dengan begitu, pembeli akan puas dengan pelayanan Anda dan menjadi pelanggan di toko Anda.

8. Buka Katering

Punya skill masak yang mumpuni? Membuka katering bisa banget jadi usaha kreatif di bulan ramadhan yang patut dijajal. 

Saat bulan puasa, banyak pekerja yang memesan katering karena alasan kepraktisan. Alias, tak perlu lagi repot menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Makanya, ide bisnis makanan ini punya peluang yang cukup besar.   

Di era yang serba digital ini, Anda bisa mempromosikan ide jualan bulan puasa ini lewat media sosial atau website restoran online. Untuk menarik minat konsumen, Anda bisa menawarkan menu spesial Ramadhan seperti nasi kebuli lengkap dengan es kolak pisang untuk berbuka puasa. 

9. Berdagang Buah-Buahan

Ide jualan bulan puasa berikutnya adalah berdagang aneka buah segar. 

Saat bulan Ramadhan, banyak orang yang menjadikan buah sebagai makanan pencuci mulut. Selain itu, buah bisa menjadi makanan untuk mengembalikan energi yang habis selama menjalankan ibadah puasa.

Kalau Anda tertarik dengan usaha kreatif di bulan puasa yang satu ini, pastikan kurma menjadi salah satu jenis buah yang Anda jual. Alasannya, kurma adalah buah yang memiliki demand yang tinggi di momen Ramadhan. Bahkan, penjualan kurma bisa meningkat sampai tiga kali lipat menjelang hadirnya bulan puasa. 

Tak perlu lagi memikirkan biaya sewa toko, Anda bisa memasarkan buah-buahan yang Anda jual secara online. Seperti halnya Maria Ulfa yang memanfaatkan Instagram untuk promosi dan meraup jutaan Rupiah per harinya. Menarik, ‘kan?

10. Berjualan Frozen Food

“Mau beli makanan buat buka, tapi malas keluar. Apalagi jam ngabuburit gini pasti antre dan desak-desakan.” 

Percayalah, kini makin banyak orang yang berpikiran begitu. Makanya, berjualan frozen food bisa jadi ide jualan bulan puasa yang menguntungkan. Sebab, produk siap santap seperti frozen food memudahkan orang yang sibuk dan butuh menu makanan yang praktis. 

Apalagi bagi orang-orang yang selama puasa tetap beraktivitas seperti hari biasa. Karena tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak, produk frozen food bisa menjadi pilihan. 

Karena kepraktisan frozen food, pembeli tak perlu repot keluar rumah dan mengantre. Tinggal digoreng atau dikukus sebentar, hidangan sudah siap disantap. Oleh sebab itu, bisnis ini sangat berpeluang menjadi rekomendasi produk jualan yang laris di bulan puasa.

11. Menjual Bumbu Siap Masak

Pernahkah Anda berpikir: 

Di satu sisi, Anda tetap ingin makan masakan rumahan yang sehat. Tapi di sisi lain, Anda tidak punya banyak waktu untuk memasak menu berbuka puasa. Duh, bimbang…

Situasi di atas bisa menjadi peluang usaha, lho. Salah satunya adalah berjualan bumbu siap masak. Anda hanya perlu mengemas bumbu dapur yang sudah diracik dan dihaluskan. Mudah sekali, ‘kan?

Anda bisa mencontoh kesuksesan Raos Rempah yang mendapat omzet Rp 6 juta/bulan dengan menjual bumbu dapur siap masak, seperti bumbu sop, tongseng, rawon, semur, opor, rica-rica, dan sebagainya.

12. Berjualan Makanan Ringan

Makanan ringan atau snack adalah salah satu dagangan yang laris di bulan puasa. Sebab, terkadang keinginan menyantap camilan usai ibadah tarawih cenderung meningkat. Karena tak ingin terlalu kenyang sebelum tidur, banyak orang yang menjadikan kudapan ringan sebagai pilihan. 

Nah, makanan ringan apa yang laku dijual? Banyak sih, ada keripik singkong, kuping gajah, stik balado, makaroni goreng, dan masih banyak lagi. 

Nah, promosinya bisa dengan berbagai cara, baik secara offline maupun online. Yang perlu diingat, jika Anda menjalankan usaha ini secara online, maka perhatikanlah waktu promosi saat ramadhan yang tepat. Tujuannya, supaya postingan Anda bisa menjangkau audiens yang ditargetkan.

13. Menjual Takjil

Berjualan takjil adalah salah satu ide jualan bulan puasa yang menjadi primadona. Bagaimana tidak? Takjil sudah menjadi menu yang wajib hadir di bulan Ramadhan. Takjil yang bisa dijual pun beraneka ragam. Mulai dari bubur mutiara, jenang grendul, hingga aneka kue dan minuman es. 

Namun perlu diingat, kebanyakan menu takjil berbahan baku santan yang artinya makanan tersebut mudah basi. Supaya tidak rugi, Anda bisa membatasi stok jajanan yang Anda jual. Atau, Anda juga bisa memilih jajanan yang bisa tahan lama seperti pastel, onde-onde, lemper, kue cucur, dan kue mangkok. 

14. Menjajakan Aneka Gorengan

Bicara soal usaha kuliner, bisa dikatakan jualan aneka gorengan adalah usaha yang tidak ada matinya. Di hari biasa saja, jajanan ini banyak diminati masyarakat. Apalagi, saat Ramadhan di mana gorengan menjadi menu yang wajib hadir di meja makan saat berbuka puasa.

15. Menjual Anyaman Kulit Ketupat

Dua sejoli ketupat dan opor ayam adalah menu makanan yang tak bisa dilewatkan saat hari raya. Namun, sulitnya menganyam kulit ketupat membuat banyak orang malas memasak ketupat. 

Jika Anda ingin menangkap peluang usaha ini, Anda tidak perlu khawatir bisnis tak laku. Sebab bisa dipastikan, anyaman kulit ketupat akan laris manis di hari-hari menjelang lebaran. Hal ini sudah dibuktikan oleh Nanang Suryadi yang bisa menerima 20-30 ribu pesanan cangkang ketupat menjelang Idul Fitri.

Baca Juga: Bulan Ramadhan: Momen Spesial Bisnis

Mana Ide Usaha di Bulan Ramadhan yang Jadi Pilihan Anda?

Sampai sini, Anda sudah mengetahui 15 ide jualan bulan puasa yang menguntungkan. Hampir seluruh usaha kreatif di bulan ramadhan yang ada di artikel ini bisa dipromosikan secara online. 

Anda memang bisa memanfaatkan media sosial untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Namun, ada baiknya kalau Anda juga promosi lewat website sendiri. 

Karena dengan website, bisnis Anda akan tampak lebih meyakinkan. Apalagi kalau Anda menjual barang-barang unik seperti hampers, bumbu siap masak, pakaian muslim, dan lainnya.

Dengan website, Anda juga bisa mendapatkan data pelanggan yang akan membantu Anda menjalankan promosi lanjutan. 

Namun, pastikan bahwa website Anda sudah didukung web hosting yang sudah teruji kualitasnya, seperti paket Unlimited Hosting dari Niagahoster. Layanan ini memberikan jaminan uptime hingga 99,9%. Artinya, website Anda bisa diakses selama 24 jam, bahkan saat waktu sahur sekalipun. Cuan pun mengalir terus!

Jadi, sudah siap menjalankan usaha kreatif di bulan ramadhan?

Aura Nisrina Hesanty

I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Share
Published by
Aura Nisrina Hesanty

Recent Posts

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

2 days ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

2 days ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

3 days ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

3 days ago

Produk Unggulan Niagahoster sebagai Alternatif Layanan EazyLink

Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!

6 days ago

Apa Itu Reseller? Contoh, Cara Kerja, dan Tips Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…

1 week ago