10+ Ide Bisnis Rumahan untuk Menambah Penghasilan Anda

Mau mencoba bisnis di rumah? Mengapa tidak? Walaupun disebut bisnis rumahan, peluang bisnis tersebut menghasilkan pendapatan besar sangatlah mungkin.

Ditambah lagi Anda mempromosikan bisnis Anda di media sosial. Namun, ide bisnis rumahan apa ya yang bisa dicoba?

Tenang, di artikel ini, kami akan menyajikan 10+ ide bisnis rumahan yang bisa Anda pilih untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda.

1. Dropship

Bisnis yang satu ini sedang ramai-ramainya digeluti oleh banyak orang. Selain modalnya yang minim, dropship memang terbilang bisnis rumahan yang sangat mudah untuk dijalankan.

Seorang dropshipper hanya perlu mempromosikan produk supplier dengan harga baru yang ia tetapkan. Jika ada pembeli, dropshipper akan menghubungi supplier dan supplier akan mengirimkan langsung ke pembeli. Sederhananya, dropshipper seolah-olah seperti penjual pertama.

Model bisnis ini sekilas mirip dengan reseller, namun keduanya mempunyai konsep berbeda. Bisnis dropship tidak perlu menyimpan produk supplier dan mengantarkan pesanan. Berbeda dengan reseller yang perlu membeli produk kemudian dijual kembali.

Modal yang Anda butuhkan hanyalah hp atau laptop untuk mempromosikan produk secara online. Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Facebook menyediakan layanan Facebook Ads yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Untuk memahami lebih lanjut mengenai Facebook Ads, Anda dapat membaca artikel mengenai cara membuat Facebook Ads.

Selain itu, kami juga merekomendasikan Anda untuk membuat website untuk bisnis dropship Anda. Mungkin Anda berpikir bahwa membuat website untuk dropship ini berlebihan.

Namun, tahukah Anda bahwa website adalah kunci sukses bisnis online? Terlebih saat ini Anda dapat membuat website tanpa perlu mengerti tentang coding. Bahkan Anda bisa membuatnya hanya dalam beberapa menit saja dengan memanfaatkan platform toko online.

Selanjutnya Anda tinggal mengisi toko online Anda dengan produk Anda. Saat ini sudah banyak sekali supplier atau produsen barang yang menyediakan layanan dropship. Produsen di marketplace populer di Indonesia contohnya telah menyediakan layanan pengiriman sebagai dropship.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mencoba bisnis dropship sebagai bisnis rumahan? Ada banyak loh ide bisnis dropship yang bisa Anda coba. Anda bisa temukan di artikel inspirasi ide bisnis dropship paling menguntungkan.

2. Jualan Makanan Ringan dan Minuman

berbicara mengenai bisnis, bisa dibilang bisnis makanan dan minuman merupakan bisnis yang tidak akan ada matinya. Kedua barang ini pasti selalu dicari oleh semua orang. Bisnis ini sangat bisa jadi peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

Kira-kira Anda membutuhkan modal awal sekitar 50-100 ribu rupiah untuk membeli makanan ringan secara grosir. Setelah itu, Anda dapat mengemas dengan cantik untuk dipasarkan. Pilihlah makanan ringan yang enak dan banyak disukai berbagai kalangan, seperti keripik tempe atau pisang misalnya.

Apabila Anda punya ide makanan ringan yang ingin Anda buat sendiri, tentu saja hal itu sah-sah saja. Anda hanya membutuhkan waktu lebih banyak untuk memproduksinya.

Selain makanan, Anda juga bisa menjual minuman segar seperti jus, es buah atau minuman kekinian seperti thai tea dan milk tea boba. Untuk menjadi pebisnis minuman kekinian, Anda tentu bisa memilih paket franchise ataupun membuatnya sendiri.

Pilihlah franchise yang terkenal dan memiliki pangsa pasar yang bagus. Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis Anda agar bisnis rumahan Anda terkenal luas.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa booth di berbagai acara, seperti konser atau festival. Metode tersebut bisa meningkatkan pendapatan bisnis Anda karena berada di tengah keramaian.

Ide bisnis rumahan makanan dan minuman ini menarik juga, bukan?

3. Warung Makan atau Catering Rumahan

Masih membahas ide bisnis rumahan seputar kuliner. Kalau sebelumnya membahas penjualan makanan ringan, kali ini kami akan membahas ide bisnis makanan berat, yaitu bisnis warung makan atau catering rumahan.

Peluang bisnis rumahan ini bisa sangat menjanjikan, apalagi jika lingkungan tempat tinggal Anda dekat dengan kampus atau perkantoran. Anda bisa membuka warung makan di depan rumah Anda.

Berikut ini kami mencoba mengilustrasikan omset dari bisnis ini.

  • Jika sehari terjual 30 porsi dengan harga jual Rp15.000
  • Omset dalam sehari : 30 x Rp15.000 = Rp450.000
  • Estimasi modal 50% : Rp225.000
  • Estimasi omset sebulan : 30 x Rp225.000 = Rp6.750.000

Dari bisnis warung makan ini, dalam sebulan Anda berpeluang mendapatkan penghasilan sebesar Rp6.750.000.

Nah, selanjutnya agar bisnis warung makan Anda ini dapat tetap eksis, pastikan Anda tetap menjaga cita rasa masakan.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan warung dan makanan. Karena pembeli biasanya ingin servis yang baik, berikan pelayanan yang terbaik.

Terdengar sangat menjanjikan bukan ide bisnis ini?

4. Souvenir Handmade

Jika Anda memiliki kreativitas membuat kerajinan tangan, hasil kreativitas Anda bisa dijadikan produk bisnis rumahan yang menjanjikan loh.

Anda bisa membuat aksesoris wanita yang unik dan menarik dengan kreativitas Anda. Aksesoris ini pun dapat berupa bros, syal, kalung, gelang, penghias rambut, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya aksesoris wanita saja. Anda juga dapat membuat hiasan rumah seperti pajangan dinding, bingkai foto, bunga hias, dan hiasan pernak-pernik rumah lainnya. Hiasan rumah ini memiliki prospek yang terbilang cukup tinggi, mengingat setiap rumah pasti membutuhkan hiasan dekorasi.

Kerajinan tangan yang Anda buat juga bisa Anda promosikan untuk souvenir acara, seperti acara nikahan, aqiqah, dan acara syukuran lainnya. Dengan jumlah pesanan yang besar, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang juga berlipat.

Lalu bagaimana cara memulainya? Mulailah membuat beberapa contoh hasil karya Anda, kemudian promosikan di media sosial.

Anda juga bisa membuka sesi pre-order dan membuat produk sesuai pesanan. Biasanya sistem pre-order dilakukan dengan pembayaran uang muka 50% sehingga Anda bisa mendapatkan modal dari uang muka tersebut.

Ide bisnis ini sangat cocok jika Anda masih pemula dalam praktik bisnis online.

Baca juga: Cara Bisnis Online dari Nol untuk Pemula dalam 9 Langkah

5. Sewa Motor

Apabila Anda tinggal di daerah destinasi pariwisata, maka rental motor atau mobil merupakan ide bisnis yang sangat menjanjikan.

Motor menjadi salah satu jenis kendaraan andalan para wisatawan di kota-kota wisata seperti di Jogja, Bandung, dan Bali. Banyak juga turis mancanegara yang lebih memilih moda transportasi motor.

Selain mudah digunakan, motor juga lebih efisien untuk mondar-mandir sehingga bahan bakar yang keluar lebih sedikit dibandingkan menyewa mobil.

Mengingat banyaknya peminat, membuka bisnis persewaan atau rental motor bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Bagaimana dengan modal? Anda pasti berpikir bahwa membuka rental motor pasti harus punya modal yang besar. Anda masih bisa kok menjalankan bisnis ini dengan modal yang minim.

Caranya, pakai motor pribadi Anda dahulu sebagai modal awal sembari Anda menabung. Anda juga bisa bekerja sama dengan teman untuk menyediakan motor sewaan.

Sebarkan informasi persewaan motor Anda di media sosial agar banyak yang mengetahui bisnis Anda!

6. Jasa Penerjemah

Meskipun saat ini Google memiliki layanan Google Translate untuk hampir semua bahasa di dunia, profesi penerjemah masih sangat dibutuhkan.

Anda tentu tidak ingin tulisan indah Anda diterjemahkan seutuhnya oleh Google, bukan? Anda pasti memilih untuk meminta seorang penerjemah, mentranslate tulisan Anda.

Bagi Anda yang mahir berbahasa asing, jenis bisnis jasa penerjemah ini merupakan ide bisnis rumahan yang menguntungkan. Selain itu, penguasaan bahasa asing Anda akan semakin terasah dan terlatih karena sering digunakan.

Anda bisa memanfaatkan media sosial, website, maupun platform freelancer untuk memasarkan jasa Anda. Ayo, gunakan kemampuan bahasa asing Anda untuk mendapatkan keuntungan!

Baca Juga: Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

7. Bergabung dengan Program Afiliasi

Anda mungkin tidak asing dengan istilah afiliasi dalam dunia marketing. Program afiliasi merupakan program revenue sharing atau berbagi pendapatan. Anda akan mendapatkan penghasilan melalui komisi ketika berhasil mengajak orang lain menggunakan sebuah produk.

Cara kerjanya, Anda hanya perlu mengajak orang lain membeli produk dengan menggunakan kode kupon atau banner referral milik Anda. Apabila ada yang membeli dengan kode kupon atau banner referral milik Anda, perusahaan akan memberikan komisi sekian persen dari harga jual produk.

Program afiliasi bisa dibilang sangatlah mudah sehingga semua orang punya kesempatan untuk bergabung. Ditambah lagi saat ini banyak sekali program afiliasi yang ditawarkan dengan komisi yang menggiurkan. Eits, tapi jangan langsung tergoda dengan komisi yang besar, ya.

Anda harus tahu betul tentang produk yang akan Anda jual. Anda juga perlu melihat bagaimana pangsa pasar produk tersebut.

Nah, ada banyak program afiliasi dengan berbagai jenis produk yang dapat Anda ikuti seperti program afiliasi dari Matahari Mall, Indosat, Zalora, Pegipegi, Lazada, dan Niagahoster.

Komisi dari program afiliasi masing-masing perusahaan memang berbeda-beda. Misalnya, beberapa platform e-commerce seperti Matahari Mall dan Lazada memberikan komisi sebesar 10%. Sementara itu, Zalora memberikan komisi sedikit lebih tinggi, yaitu 12%.

Pegipegi sendiri berani memberikan komisi sebesar 75% untuk para affiliatenya. Sementara itu, di Niagahoster, komisi yang diberikan untuk affiliatenya yaitu sebesar 70%.

Pemilihan program afiliasi yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksesan Anda sebagai affiliate. Jadi pastikan Anda memilih program afiliasi yang tepat, ya.

Bagaimana, tertarik mendaftar program afiliasi sebagai bisnis rumahan Anda?

Gabung Afiliasi Niagahoster, Dapatkan Komisi 70%

8. Freelance Design Grafis

Bagi Anda yang mempunyai keahlian khusus di bidang desain grafis, menjadi freelance designer tentu bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan tambahan.

Perkembangan teknologi modern saat ini membuat tren bisnis desain grafis terus meningkat. Misalnya, dalam pembuatan website atau blog pasti dibutuhkan seorang desainer untuk mendesain website atau blog tersebut. Selain itu, ada juga desain animasi 3D, logo, dan lain sebagainya.

Jika Anda kesulitan mendapatkan klien, Anda bisa coba mencari klien melalui beberapa website untuk para freelancer di Indonesia, seperti sribu.com dan projects.co.id. Untuk pasar Internasional, Anda bisa mencoba di 99design.com atau upwork.com.

Dari website tersebut, Anda bisa mendapatkan project design, seperti desain website, logo, dan lain-lain. Bayaran dari project tersebut pun bervariasi sesuai dengan jenis project, lamanya project, dan tentunya sesuai kesepakatan dengan klien.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan klien, lampirkan beberapa contoh hasil karya Anda atau portofolio Anda. Hal itu menjadi nilai lebih yang akan dilihat oleh calon klien Anda.

Anda bisa mengupload portofolio di beberapa platform seperti Dribbble, Carbonmade, atau Pinterest. Selain itu, Anda juga bisa membuat website khusus portofolio, sehingga Anda terlihat lebih profesional. Bingung cara membuatnya? Anda bisa mempelajarinya di artikel tutorial cara membuat website portofolio.

9. Freelance Penulis Konten

Sebelas dua belas dengan freelance designer, menjadi freelance penulis konten ini juga bisa menjanjikan loh. Bisnis rumahan dengan modal kecil ini tentu akan sangat mudah dikerjakan, terutama bagi Anda yang hobi menulis.

Untuk mendapatkan klien, Anda bisa coba bergabung di website freelancer seperti projects.co.id maupun upwork.com. Anda bisa mendapatkan project menulis artikel untuk website, blog, majalah online, dan sebagainya.

Anda tertarik? Langsung siapkan portfolio Anda untuk lebih cepat mendapatkan klien.

10. Laundry Kiloan

Percaya atau tidak, bisnis laundry kiloan ternyata bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang mendatangkan banyak cuan. Terlebih jika Anda tinggal di kota-kota besar yang dekat dengan kampus, pusat perkantoran, dan kos-kosan. Pasalnya, bisnis rumahan ini sangat dicari oleh orang-orang kantoran atau mahasiswa yang super sibuk sehingga tidak sempat mencuci pakaiannya.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda memerlukan modal untuk membeli mesin cuci + mesin pengering, setrika, tatakan setrika, timbangan, deterjen, serta pewangi pakaiannya.

Anda bisa memulai bisnis rumahan ini dalam skala kecil dan mengembangkannya menjadi bisnis berskala besar.

Modal untuk memulai bisnis ini memang terbilang besar. Namun, apabila pemilihan lokasi dan penentuan harga dilakukan dengan tepat, bisnis ini akan sangat menjanjikan.

11. Jasa Jahit Pakaian

Anda punya keahlian menjahit? Ditambah lagi Anda up to date dengan fashion terkini? Apabila, ya, Anda punya peluang membuka bisnis jahit di rumah.

Usaha di bidang ini masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Jasa penjahit biasanya dibutuhkan untuk reparasi dan membuat pakaian, baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk dijual kembali.  .

Apabila Anda belum memiliki mesin jahit, modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini sekitar 2 juta rupiah. Anda perlu membeli mesin jahit sekitar Rp1.600.000. Anda juga perlu membeli benang dan penggaris meteran.

Bagaimana, siap merealisasikan bisnis rumahan jahit pakaian?

Baca juga: 5 Sifat Penting Ini Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

Jangan Lupa Buat Website agar Bisnis Anda Makin Cuan!

Sudah siap menjalankan bisnis rumahan? Sudah mantap juga memilih ide bisnis rumahan?

Nah, kami menyarankan Anda untuk mulai mengembangkan bisnis Anda secara online. Karena ada banyak sekali peluang usaha online yang bisa Anda manfaatkan.

Kami telah menyediakan ebook tentang kiat sukses bisnis online, untuk Anda yang ingin memulai dan mendalami bisnis online. Anda bisa mendapatkannya di sini.

Dengan memiliki website, peluang bisnis Anda dikenal lebih luas sangatlah besar. Di samping itu, bisnis Anda juga akan terlihat kredibel di mata pelanggan.

Saat ini, memiliki website untuk bisnis rumahan Anda bukanlah hal yang mustahil. Anda bahkan bisa membuat website sendiri meskipun Anda bukanlah seorang web developer. Anda juga bisa membuat website dengan WordPress sebagai platform toko online Anda

Demikianlah 10+ ide bisnis rumahan yang dapat Anda coba. Anda siap merealisasikannya? Semoga berhasil, ya 🙂

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

13 hours ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

2 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

3 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

3 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

4 days ago

Belajar HTML Lengkap untuk Pemula

Saat ini, hampir semua orang bisa membuat website tanpa memahami coding. Padahal, penting juga lho untuk memahami pondasi pembentuk website,…

4 days ago