Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Apa itu HTTPS? Berikut Pengertian dan Manfaatnya!

2 min read

Https Adalah

Jika Anda ingin membuat website yang aman dari serangan hack, HTTPS adalah salah satu solusinya. Dengan memasang HTTPS, seluruh data di dalam website Anda tidak akan menjadi sasaran empuk para “hacker”.

Hal ini tentu sangat penting, terutama jika website Anda menyimpan banyak informasi penting. Contohnya seperti informasi konsumen di toko online, atau informasi anggota di website membership.

Tapi.. apa itu HTTPS? Dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini selengkapnya!

Apa itu HTTPS?

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure atau versi aman dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Sedangkan, HTTP merupakan protokol yang digunakan untuk membantu proses transfer antar komputer

Enkripsi yang dilakukan pada HTTPS adalah pada bagian data session. Proses enkripsi ini menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Karena menggunakan protokol ini, umumnya port untuk HTTPS adalah 443.

Mengapa HTTPS melakukan enkripsi data? Tujuannya adalah untuk menghalau para hacker yang ingin mengintip pertukaran data di dalam website. Sebab, jika sebuah website sudah menggunakan HTTPS, maka pertukaran data yang terjadi di website tersebut akan terlihat seperti sekumpulan kode acak.

Nah, mari kita bahas fungsi HTTPS secara lebih mendalam di bagian selanjutnya!

Baca juga: HSTS: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghapusnya [Terlengkap]

Apa Fungsi HTTPS?

Setidaknya ada tiga fungsi utama HTTPS yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan Keamanan Website 

HTTPS menggunakan sistem enkripsi, dimana data akan diacak sehingga sulit untuk diretas, menghindari pencurian data, ataupun salah kirim data.

2. Menambah Kredibilitas Website 

Website akan menggunakan URL dengan awalan https:// dan browser akan menunjukkan ikon gembok hijau pada website tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh proses transfer data di website tersebut mendapat perlindungan tambahan.

3. Memberi Dampak Positif untuk SEO 

Algoritma Google menentukan bahwa hanya website dengan perlindungan SSL yang direkomendasikan muncul di hasil pencarian.

Dengan begitu, kalau website Anda ingin lebih mudah ditemukan, Anda wajib menggunakan HTTPS.

Untuk memastikan, coba ketikkan kata kunci tertentu di hasil pencarian. Misalnya “cara membuat dalgona coffee”. Apakah masih ada website tanpa HTTPS di sana? Tentu tidak,  ya?

semua website di peringkat teratas telah menggunakan https

Baca juga: Apa itu HTTP/3

Bagaimana Cara Kerja HTTPS?

perbedaan cara kerja http dan https

Saat ada permintaan akses ke sebuah website, browser akan mengecek terlebih dahulu apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS atau tidak. (Hal ini tidak terjadi pada koneksi dengan HTTP).

Jika website tersebut memiliki sertifikat SSL, akan terjadi proses SSL handshake terkait enkripsi dan dekripsi data antara server dan client.

Nah, kalau sertifikat SSL valid, maka session key akan dibuat oleh server dan client. Itu artinya komunikasi data yang aman bisa dilakukan. Pada browser juga akan muncul indikator gembok hijau di bagian URL website.

Dengan begitu, proses browsing di website tersebut sudah tervalidasi keamanannya. Mau data website Anda juga terlindungi? 

Website yang Wajib Menggunakan HTTPS

1. Website Pemerintahan

Dengan adanya informasi penting yang ada di website pemerintahan, sudah sepantasnya jika website milik pemerintahan menggunakan protokol HTTPS.

2. Website Perusahaan

Dengan adanya pengamanan ekstra dengan menggunakan HTTPS, sudah selayaknya website perusahaan menggunakan HTTPS untuk melindungi data penting perusahaan, aset dan informasi penting lainnya demi keberlangsungan hidup perusahaan.

3. Toko Online

Banyaknya data jual beli, informasi pembayaran pelanggan dan informasi pribadi pembeli harus dijaga maka setiap toko online diwajibkan menggunakan protokol HTTPS.

Namun semakin berkembangnya media digital, penggunaan protokol HTTPS sudah menjadi hal yang lumrah, selain menjaga keamanan website penggunaan protokol HTTPS juga meningkatkan kepercayaan sebuah website.

Yuk Gunakan HTTPS di Website Anda!

Oke, sekarang Anda sudah tahu apa itu HTTPS. Intinya, HTTPS adalah versi lebih aman dari HTTP, di mana protokol ini menggunakan sistem enkripsi yang bisa mencegah hacker untuk mengintip pertukaran data website.

Selain melakukan enkripsi, HTTPS juga dapat memberikan dampak positif dari segi SEO. Sebab, Google lebih mengutamakan website yang menggunakan HTTPS daripada yang tidak menggunakannya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pasang HTTPS agar website Anda bisa mendapat banyak manfaat. Untungnya, Niagahoster menyediakan layanan SSL murah yang bisa digunakan untuk website Anda. Untuk mencari tahu lebih lanjut, silakan klik tombol di bawah ini:

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

2 Replies to “Apa itu HTTPS? Berikut Pengertian dan Manfaatnya!”

  1. Selain untuk meningkatkan kualitas website, kalau web pribadi gtu perlu nggak sih pake HTTPS?

    1. Halo Salman,
      Saat ini SSL sangat perlu.
      Salah satunya dikarenakan Google Chrome akan memunculkan pesan “website berbahaya” untuk website yang tidak menggunakan SSL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *