David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Panduan Lengkap Redirect Menggunakan .htaccess

1 min read

redirect 301 htaccess

Ada banyak cara untuk melakukan redirect sebuah halaman website. Salah satunya adalah dengan menggunakan file .htaccess. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan panduan .htaccess redirect secara lengkap.

Panduan Lengkap .htaccess Redirect

Sebelum melakukan redirect, Anda perlu menemukan file .htaccess di direktori website Anda. Jika kebingungan menemukan file .htaccess, Anda perlu mengaktifkan fitur show hidden file htaccess.

Namun jika ternyata file .htaccess belum tersedia, silakan buat file tersebut terlebih dahulu dengan menengok panduan file default htaccess CodeIgniter.

Setelah berhasil menemukan file tersebut, kini Anda bisa mulai melakukan redirect halaman-halaman di website Anda. Nah, berikut adalah empat redirect yang bisa Anda lakukan dengan file .htaccess:

Baca juga: Memperbaiki File Htaccess WordPress

1. Redirect dari www ke non www 

Untuk melakukan redirect www ke non-www,  Anda dapat menambahkan baris perintah berikut pada .htaccess Anda:

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.namadomainmu\.com$RewriteRule ^/?$ "http\:\/\/namadomainmu\.com\/" [R=301,L]

Baca Juga: Cara Blokir Website Berdasarkan Negara Htaccess

2. Redirect dari non www ke www 

Untuk melakukan redirect non-www ke www,  Anda dapat menambahkan baris perintah berikut pada .htaccess Anda:

RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.namadomainmu.com$ [NC]RewriteRule ^(.*)$ http://www.namadomainmu.com/$1 [L,R=301]

Salin perintah di atas dan tempelkan ke file .htaccess seperti di bawah. Hal ini berlaku baik untuk WWW ke non WWW maupun sebaliknya.

redirect 301 htaccess

Baca juga: Cara Membatasi Akses Website Htaccess

3. Redirect dari Halaman A ke Halaman B

Anda juga dapat melakukan redirect dari satu halaman ke halaman lain. Misalnya, Anda memiliki URL https://www.websiteanda.com/judul-artikel-satu. Kemudian Anda ingin mengarahkan pengunjung halaman tersebut ke halaman lain, misalnya https://www.websiteanda.com/judul-artikel-dua. Untuk itu, Anda bisa melakukan redirect dengan perintah ini:

RedirectMatch 301 /blog/(.*) https://www.websiteanda.com/$1

Begitupun sebaliknya. Jika  ingin melakukan redirect dari https://www.websiteanda.com ke https://www.websiteanda.com/blog,  Anda dapat melakukan redirect menggunakan perintah berikut:

RedirectMatch ^/$ https://www.websiteanda.com/blog

Baca juga: Setting Force HTTPS Htaccess

4. Redirect 301

Perbedaan utama antara Redirect dan RedirectMatch adalah bahwa Redirect hanya menggunakan pola tunggal yang artinya akan meredirect seluruh url. Sedangkan RedirectMatch melakukan redirect sesuai pola yang ditentukan. Misalnya redirect /blog dan seterusnya. Melalui file .htaccess, Anda juga bisa melakukan redirect 301 atau redirect permanen dari domain ke domain lain. Redirect 301 akan memberi tahu pengunjung dan mesin pencari bahwa sebuah halaman telah dipindahkan/diarahkan ke halaman lain di domain yang berbeda

Anda bisa memulainya dengan menggunakan baris perintah berikut: 

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainlama.com [NC,OR]RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.domainlama.com [NC]RewriteRule ^(.*)$ http://domainbaru.com/$1 [L,R=301,NC]

Tempatkan perintah tersebut seperti format di bawah ini:

redirect 301 htaccess format lain

Baca Juga: Cara Perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Kesimpulan

Dengan empat metode .htaccess redirect di atas, kami harap Anda bisa mengarahkan URL yang mengalami broken link atau link tidak terpakai ke halaman yang benar. Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi VPS dan WordPress dari kami

David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *