Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Jenis Hosting untuk Website Pemerintahan yang Harus Anda Tahu

3 min read

featured image hosting untuk website pemerintahan

Website merupakan sarana yang mampu mendukung instansi pemerintah dalam menyediakan informasi dan pelayanan masyarakat yang baik.

Web instansi pemerintah harus selalu online dan bisa diakses cepat dengan banyak pengunjung sekalipun. Itulah kenapa beli hosting untuk website pemerintahan tidak boleh sembarangan. 

Nah, apa jenis hosting yang tepat untuk website pemerintahan, ya? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari simak penjelasan di artikel ini.

Tapi sebelumnya, yuk ketahui dulu alasan-alasan instansi pemerintahan perlu website!

Apa Pentingnya Website Pemerintahan?

Website untuk instansi pemerintahan seringkali digunakan untuk menampilkan profil instansi, menjelaskan visi misi, dan mengumumkan informasi penting. Tapi, web pemerintah juga memiliki manfaat penting sebagai berikut:

1. Menyosialisasikan Kebijakan atau Program Pemerintah

Pemerintah selalu membuat kebijakan atau program baru untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Agar rakyat paham dengan rencana tersebut, pemerintah harus memberikan sosialisasi.

Nah, pemerintah bisa memanfaatkan website sebagai tempat untuk mengumumkan kebijakan-kebijakan terkini, terutama kepada masyarakat yang memiliki akses internet. Dengan begitu, pemerintah bisa menghemat waktu dan tenaga dalam melaksanakan sosialisasi tersebut.

2. Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata, baik itu wisata alam, kuliner, maupun budaya. Sayangnya, tanpa promosi yang baik, potensi tersebut bisa saja sulit dikembangkan.

Dengan adanya website, pemerintah bisa dengan mudah mengenalkan objek-objek wisata daerah ke audiens yang lebih luas. Contohnya, dengan menceritakan tentang objek tersebut dengan tulisan dan foto yang mendukung narasinya.

Ketika potensi wisata setempat dimanfaatkan dengan baik dan mampu menarik pengunjung, pemerintah daerah dapat membantu ekonomi rakyat dengan lebih baik.

3. Menjadi Media Publikasi Kegiatan Pemerintah

Masyarakat perlu tahu berbagai program pemerintah dan pelaksanaannya. Misalnya, pembangunan fasilitas umum, seperti jembatan dan puskesmas.

Dengan menggunakan website, pemerintah bisa menginformasikan kegiatan tersebut dan anggaran yang digunakan. Selain mendukung upaya transparansi anggaran, hal ini juga membantu masyarakat yang ingin ikut serta mengawasi aktivitas pemerintah.

4. Sebagai Wadah Masukan Masyarakat

Pemerintah patut terbuka terhadap masukan dari masyarakat. Nah, website membantu memudahkan proses penyampaian saran dan kritik tersebut.

Dengan website, instansi pemerintah bisa menambahkan halaman khusus berisi formulir masukan. Nantinya, semua pesan tersebut bisa diarahkan ke inbox email resmi pemerintah.

5. Sebagai Sarana Pelayanan Administrasi

Di zaman serba digital, sudah selayaknya masyarakat bisa mengakses berbagai pelayanan administrasi, termasuk dokumen kependudukan dan perizinan, secara online. Jadi, masyarakat tak perlu datang ke kantor administrasi pemerintah.

Nah, website pemerintah bisa dimanfaatkan untuk memberikan layanan administrasi tersebut. Selain memudahkan proses pelayanan, penggunaan website juga bermanfaat untuk mengurangi praktik pungli.

Apa Jenis Hosting yang Tepat untuk Website Pemerintahan?

Tidak semua layanan hosting cocok untuk website pemerintah karena adanya kebutuhan untuk mengelola banyak data dan pengunjung bersamaan. Nah, VPS dan cloud hosting bisa menjadi pilihannya. Kenapa?

1. VPS

VPS adalah jenis hosting yang sumber dayanya besar, sehingga memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menunjang kebutuhan website berisi banyak data, seperti web pemerintah.

Data tersebut meliputi beberapa hal, seperti halaman web dan kontennya. Mengingat fungsi website pemerintah sebagai sarana publikasi informasi resmi, wajar jika ada banyak foto di dalamnya. 

contoh website untuk mendukung penjelasan jenis hosting untuk website pemerintahan

Kebutuhan di atas tentu kurang sesuai jika hanya mengandalkan jenis shared hosting. 

Yang tidak kalah penting, performa VPS stabil karena sumber dayanya terdedikasi. Jadi, VPS bisa menampung banyak pengunjung bersamaan. Hal itu penting bagi website instansi pemerintah yang harus bisa diakses setiap saat.

Kelebihan VPS yang bermanfaat untuk web pemerintahan tidak hanya itu. Jenis hosting ini memberi kebebasan untuk menentukan pengaturan hosting. Sehingga, Anda bisa memilih sistem operasi dan panel kontrol hosting yang Anda kuasai.

Selain itu, VPS memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi tambahan di hosting untuk kebutuhan website. Misalnya, untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan website.

Singkatnya, dengan VPS Anda bisa mendapatkan performa terbaik dari sisi sumber daya dan teknologi, tanpa harus mengeluarkan dana lebih untuk menyewa dedicated hosting. 

Untuk memanfaatkan kebebasan pengaturan itu, staf IT instansi Anda harus paham tentang berbagai perintah Linux atau Windows. Sebab, konfigurasi dan pengelolaan VPS membutuhkan pengetahuan teknis tersebut.

Jika staf IT instansi Anda belum ahli, tidak masalah. Anda bisa menggunakan cloud hosting yang sama tangguhnya dengan VPS, tetapi lebih mudah dikelola.

2. Cloud Hosting

Seperti VPS, cloud hosting adalah hosting dengan sumber daya yang terdedikasi. Bedanya, jika menggunakan jenis layanan hosting ini, data website instansi Anda disimpan di beberapa server sekaligus.

Ketika salah satu server cloud hosting mengalami gangguan, server yang lain menggantikannya. Dengan begitu, website bisa selalu online. Fungsi seperti ini tentu mendukung website pemerintah yang harus tersedia setiap saat untuk masyarakat.

Cloud hosting juga punya keunggulan lainnya, yaitu lebih mudah dikelola orang awam. Sebab, konfigurasi hosting, termasuk instalasi sistem operasi dan panel kontrol, dilakukan penyedia hosting. Dengan begitu, satf IT Anda bisa langsung tidak perlu melakukan pengaturan dulu.

Soal kecepatan dan keamanan cloud hosting, Anda tidak perlu khawatir. Penyedia cloud hosting juga mengoptimalkan kedua hal tersebut, sehingga Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan sendiri.

Karena bisa langsung digunakan tanpa konfigurasi terlebih dahulu, cloud hosting sangat cocok untuk instansi pemerintah yang staf IT-nya belum mahir menggunakan perintah Linux atau Windows untuk mengelola hosting.

Baca Juga: Cara Membuat Website Desa, Manfaat, dan Contohnya

Buat Website Pemerintahan dengan Layanan Hosting Niagahoster

Penggunaan website untuk membantu tugas pemerintah dalam melayani kebutuhan masyarakat sangat penting. Website untuk instansi pemerintahan seringkali digunakan untuk:

  • Memberikan penyuluhan tentang kebijakan atau program kerja baru
  • Mempromosikan potensi wisata yang dimiliki suatu daerah untuk membantu ekonomi rakyat
  • Menampilkan berita-berita kegiatan pemerintah
  • Menampung kritik dan saran masyarakat
  • Melayani kebutuhan administrasi publik

Untuk mendukung website dengan sejumlah fungsi tersebut, diperlukan web hosting untuk website pemerintahan yang tepat. Pilihannya ada dua, yaitu VPS dan cloud hosting.

Kedua jenis hosting sama-sama menawarkan sumber daya besar untuk menyimpan banyak data dan menampung traffic tinggi. Selain itu, sumber daya keduanya bersifat terdedikasi, sehingga performa hosting Anda tidak terganggu aktivitas pengguna lain.

Bedanya, pengaturan VPS memerlukan kemampuan teknis, sedangkan cloud hosting mudah untuk digunakan orang awam.

Nah, apapun jenis hosting yang Anda pilih untuk membuat website instansi pemerintah, layanan hosting web Niagahoster adalah tempat yang tepat untuk mendapatkannya. Sebab, Niagahoster menawarkan fitur-fitur unggulan untuk membantu staf IT Anda mengelola hosting dan website, seperti:

  • Jaminan uptime 99,99%, sehingga website selalu online untuk melayani pengunjung
  • Backup otomatis mingguan (VPS) atau harian (cloud hosting) agar Anda punya duplikat data website terkini untuk dipulihkan jika terjadi error
  • Bantuan customer support 24 jam melalui live chat dan sarana lainnya untuk pengguna cloud hosting.
  • Sistem RAID-10 yang menggunakan beberapa disk drive untuk mencegah kehilangan data website pengguna VPS.

Mulai dari Rp104.000/bulan (VPS) atau Rp120.000/bulan (cloud hosting), Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur di atas. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih hosting untuk website pemerintahan!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *