Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Panduan Install Python di cPanel dengan Mudah dan Cepat!

2 min read

Panduan Setting Python di cPanel

Python telah banyak digunakan untuk pengembangan website karena dianggap cukup ringkas dan multiguna. Sayangnya, belum banyak penyedia layanan hosting Python yang dapat diandalkan. Padahal, penting untuk memastikan website bisa terus diakses dengan mudah.

Untungnya, Niagahoster memungkinkan pengguna layanan hosting untuk menginstall Python di cPanel mereka. Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika ingin mengembangkan website Python dan membuatnya dapat diakses online.

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan panduan install Python di cPanel dengan beberapa langkah mudah. Mari simak lebih lanjut!

Sekilas Tentang Python

Bahasa pemrograman Python adalah salah satu bahasa pemrograman multiguna. Bahasa pemrograman ini sering digunakan untuk pengembangan website, aplikasi, dan system scripting

Selain itu, Python juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun server dan sistem database.

Bahasa pemrograman ini juga relatif mudah dipelajari karena sistem sintaksis yang sederhana. Bukan hanya itu, Python juga dapat bekerja di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Raspberry Pi, dan lainnya. 

Semua kelebihan yang dimiliki Python bisa Anda dapatkan secara gratis karena bahasa pemrograman ini bersifat open source. Selain itu, terdapat banyak Python framework yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah.

Dengan menggunakan Python, Anda bisa saja membuat website atau aplikasi sebesar Dropbox atau Reddit yang lebih dahulu menggunakannya. 

Namun, bagaimana sih cara menggunakan python ke hosting?

Cara Mudah Install Python di cPanel 

Untuk menggunakan python ke hosting sesuai dengan website yang dibuat, Anda perlu melakukan langkah berikut:

  1. Login ke cPanel Hosting

  2. Cari Menu Setup Python App

  3. Buat Aplikasi Python di cPanel 

  4. Lakukan Konfigurasi Aplikasi 

  5. Tes Hasil Pembuatan Aplikasi 

Berikut ini penjelasan lengkap cara install Python di cPanel:

1. Login ke cPanel Hosting 

Pertama-tama, login terlebih dulu ke cPanel Hosting Anda. Jika Anda pengguna Niagahoster, Anda juga bisa login ke cPanel melalui member area.  

Di halaman member area, Anda tinggal klik menu Layanan Anda, lalu Hosting, dan Kelola Layanan. Kemudian, Anda akan langsung diarahkan ke halaman hosting. Lalu, klik Lihat Semua Fitur cPanel.

kotak quick shortcut ke cpanel di member area niagahoster

2. Cari Menu Setup Python App 

Nah, setelah masuk ke halaman cPanel, cari menu Setup Python App pada tab software atau langsung ketik “Setup Python” pada kolom pencarian. Lalu, klik menu tersebut. 

Cari Menu Setup Python App

3. Buat Aplikasi Python di cPanel 

Langkah selanjutnya di panduan hosting Python ini adalah membuat contoh program Python. Anda bisa klik tombol Create Application di pojok kanan atas. 

Create Aplikasi Python

4. Lakukan Konfigurasi Aplikasi 

Selanjutnya, Anda perlu lakukan konfigurasi aplikasi/website Python tersebut terlebih dulu. 

Lakukan Konfigurasi Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa informasi untuk aplikasi Python yang harus Anda isi: 

  • Python version – pilih versi python yang Anda gunakan. Niagahoster sendiri telah mendukung Python versi 3.6, 3.7, dan 3.8. Nah, Anda bisa memilih versi yang bertanda (recommended) untuk penggunaan yang lebih stabil. 
  • Application root – buat nama folder untuk meletakkan file aplikasi Python yang akan Anda buat. Pastikan penulisan nama folder tidak memakai spasi. 
  • Application URL – pilih URL untuk mengakses aplikasi yang Anda buat.  

Untuk bagian Application startup file dan Application entry point, Anda bisa mengosongkannya. Setelah memastikan informasinya sesuai, klik CREATE.

5. Tes Hasil Pembuatan Aplikasi 

Anda bisa menunggu proses pembuatan aplikasi Python selesai. Jika berhasil, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:  

Pembuatan Aplikasi Telah Berhasil

Pada baris “Enter to the virtual environment” terdapat source command yang bisa Anda copy. Perintah tersebut Anda gunakan untuk masuk ke path virtual environment

Selanjutnya, coba akses URL Python yang telah Anda buat. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti proses hosting Python Anda telah berhasil! 

Install Python di Hosting Telah Berhasil

Selanjutnya, Anda tinggal mengupload file aplikasi atau website Python Anda.

Kesimpulan 

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman populer yang sudah banyak digunakan untuk pengembangan website dan aplikasi. Beberapa nama besar seperti Google dan Spotify telah menggunakannya.  

Tak perlu ragu untuk terus mengembangkan project website Python Anda. Kalau ingin bisa diakses online, Anda bisa mengikuti panduan install Python di cPanel hosting seperti kami jelaskan di atas. 

Oh ya, Niagahoster sudah mendukung deploy website Python dengan baik. Paket Bisnis Unlimited Web Hosting dan semua paket Cloud Hosting Niagahoster bisa Anda pilih sesuai kebutuhan website Anda. 

Didukung dengan server mumpuni LiteSpeed yang memiliki kecepatan yang baik serta perlindungan fitur keamanan Imunify360, website Anda tentu akan mudah diakses dan aman

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan website Python terbaik Anda sekarang! 

Cloud Hosting CTA Button

FYI, Niagahoster juga menyediakan Cpanel VPS Indonesia murah dengan kualitas yang bisa diandalkan, untuk Anda yang membutuhkan resource lebih besar!

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.