Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Panduan Lengkap Cara Setting Node.js di cPanel

2 min read

Panduan Setting Node.js

Node.js hosting semakin populer saat ini. Ini tak mengherankan, mengingat Node.js memang membawa banyak manfaat bagi pengembangan web. Mulai dari skalabilitas yang tinggi, efisiensi sumber daya, hingga kinerja yang lebih baik.

Sayangnya, tidak semua penyedia hosting menyediakan dukungan untuk Node.js. Namun kabar gembiranya, Niagahoster menyediakan layanan hosting murah yang sudah mendukung Node.js.

Jadi, kalau Anda ingin mengembangkan project Node.js agar bisa diakses online, simak cara hosting Node.js di cPanel pada artikel berikut ini. 

Apa itu Node.js? 

Node.js adalah platform yang digunakan untuk menjalankan aplikasi web berbasis Javascript dari sisi server (server side). Dengan Node.js, file Javascript yang biasanya hanya bisa dijalankan di sisi client, bisa langsung dieksekusi di sisi server. Jadi, performa browser bisa lebih cepat.

Salah satu keunggulan Node.js yaitu fleksibilitasnya untuk dipasang di berbagai sistem operasi dan juga layanan hosting. Sistem operasi yang mendukung Node.js yaitu Windows, Mac, atau Linux. Jika Anda ingin mengetahui cara memasangnya, silakan ikuti tutorial pada Cara Install Node.js di Ubuntu.

Tapi jika Anda ingin membuat website dengan hosting Node.js, kami akan jelaskan cara hosting Node.js di cPanel. Simak pembahasannya di bab berikut ini!

Cara Setting Node.js di Hosting dengan Mudah 

Time needed: 5 minutes

Berikut ini cara setting node.js melalui cPanel yang bisa Anda ikuti:

  1. Login cPanel

    Langkah pertama untuk pengaturan hosting Node.js adalah dengan login ke cPanel dulu. Bagi pengguna Niagahoster, Anda bisa juga masuk melalui member area

    Setelah login, Anda bisa langsung klik Kelola Layanan > Lihat Semua Fitur cPanel seperti contoh berikut:member area niagahoster untuk akses cpanel

  2. Akses Menu Setup Node.js App di cPanel

    Nah, kalau sudah masuk ke cPanel, Anda tinggal cari menu Setup Node.js App di tab Software, lalu klik menu tersebut. 

    Akses Menu Setup Node.js App di cPanel

  3. Buat Aplikasi Node.js

    Langkah cara setting node.js di cPanel selanjutnya ialah membuat aplikasi Node.js. Nantinya, aplikasi tersebut akan menjadi wadah atau tempat file-file Node.js Anda. 

    Setelah klik Setup Node.js App tadi, klik Create Application

  4. Konfigurasi Aplikasi Node.js

    Setelah klik tombol Create Application, Anda perlu melakukan konfigurasi Node.js terlebih dulu. 

    Konfigurasi Aplikasi Node.js
    Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan informasi untuk aplikasi node.js yang ingin Anda buat. Berikut ini detail informasi pada detail isian tersebut: 

    Node.js Version – isi versi node.js yang Anda gunakan. Niagahoster sendiri telah mendukung Node.js versi 12 dan 14. Di sini kami merekomendasikan versi 12.19.1 supaya lebih stabil.
    Application Mode – pilih pengaturan konfigurasi untuk environment. Anda bisa pilih mode production atau development. Secara default akan memunculkan development.
    Application Root – pilih directory untuk tempat penyimpanan file aplikasi yang akan dibuat.
    Application URL – pilih URL yang akan digunakan untuk mengakses website aplikasi node.js Anda. Bisa tulis domain atau subdomain Anda.
    Application Startup File – pilih file yang akan diakses pertama kali. Bagian ini dikosongkan saja. 

    Setelah mengisi semua isian tersebut dengan benar, klik tombol CREATE.

  5. Tunggu Proses Konfigurasi Berhasil

    Setelah mengisi konfigurasi tersebut dan klik Create, tunggulah beberapa saat sampai proses selesai. Jika telah selesai, Anda akan melihat tampilan Node.js yang telah dibuat seperti berikut:

    Konfigurasi Node.js Telah Berhasil
    Jangan lupa copy path yang muncul di tampilan tersebut untuk masuk ke node_env atau virtual environment. Lalu, klik Save di pojok kanan atas.

  6. Uji Coba Akses Node.js

    Selanjuntya, coba akses URL node.js Anda untuk melihat hasilnya. Jika Anda melihat tampilan seperti gambar berikut, berarti proses hosting Node.js telah berhasil.

    Setting Node.js telah berhasil dilakukan

  7. Upload File Node.js 

    Setelah berhasil membuat aplikasi Node.js, sekarang tinggal upload file Node.js Anda di direktori atau folder aplikasi yang Anda buat tadi. Anda bisa menguploadnya lewat File Manager ataupun melalui SSH

    Setelah selesai upload, jangan lupa untuk restart Node.js terlebih dulu dengan perintah: 
    Touch tmp/restart.txt

Sudah Siap Membuat Website dengan Node.js?

Node.js merupakan platform pengembangan aplikasi website berbasis Javascript yang mampu menghasilkan performa lebih ringan dan cepat. Tak heran, Node.js hosting banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi single page dan aplikasi streaming, seperti Netflix. 

Nah, kalau Anda ingin membuat website dengan Node.js, Anda bisa mengikuti cara hosting Node.js yang sudah kami jelaskan.

Oya, jangan lupa juga pakai layanan hosting yang cocok untuk Node.js. Kami rekomendasikan server cloud yang super powerful. Harga cloud hosting sangat terjangkau dan telah mendukung penggunaan Node.js seperti Niagahoster, ya! Apalagi jika Anda bisa mendapatkan beragam fitur untuk keamanan seperti Imunify360 dan didukung server mumpuni LiteSpeed. Tentu website Anda akan kian optimal.

Tunggu apa lagi?  Yuk, bangun website terbaik Anda dengan Node.js! 

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.