Tutorial

Panduan Lengkap Cara Setting Node.js di cPanel

Node.js semakin populer di kalangan developer karena mampu membuat website jadi lebih ringan dan cepat. Sayangnya, Node.js masih belum disupport oleh banyak penyedia layanan hosting. 

Niagahoster adalah salah satu penyedia layanan hosting murah gratis domain yang sudah mendukung Node.js. Jadi, kalau Anda ingin mengembangkan project Node.js Anda agar bisa diakses online, simak cara hosting Node.js di cPanel pada artikel berikut ini. 

Apa itu Node.js?

Node.js adalah platform yang digunakan untuk menjalankan aplikasi web berbasis Javascript dari sisi server (server side). Dengan Node.js, file Javascript yang biasanya hanya bisa dijalankan di sisi client, bisa langsung dieksekusi di sisi server. Jadi, performa browser bisa lebih cepat.

Hal itu bisa terjadi karena Node.js memiliki keunggulan sebagai berikut: 

  • Bersifat non-blocking – proses kinerja program jadi bekerja lebih efisien
  • Dapat mengeksekusi kode dengan cepat – Node.js menggunakan engine V8 Google yang membuat kode berjalan cepat
  • Memiliki karakteristik single threaded – program hanya mengalokasikan thread pada proses yang berlangsung. sehingga kinerja program lebih ringan.
  • Tidak melakukan data buffering – tak adanya data buffering akan memberikan ruang yang lebih besar untuk penyimpanan data.

Baca Juga : Next.js: Pengertian, Cara Kerja, dan Tutorial Project Next.js

Karena berbagai keunggulan tersebut, Node.js kian banyak digunakan untuk membuat Application Program Interface (API), Javascript Object Notation (JSON), aplikasi single page (SPA), dan aplikasi streaming data. Terbukti, banyak aplikasi populer yang dibangun menggunakan platform ini, seperti Netflix, LinkedIn, dan Medium. 

Nah, sekarang bagaimana sih caranya hosting node.js di cPanel? Simak pembahasannya di bab berikut ini!

Baca juga: Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

Cara Setting Node.js di Hosting dengan Mudah

Time needed: 5 minutes.

Berikut ini cara setting node.js melalui cPanel yang bisa Anda ikuti:

  1. Login cPanel

    Langkah pertama untuk pengaturan hosting Node.js adalah dengan login ke cPanel dulu. Bagi pengguna Niagahoster, Anda bisa juga masuk melalui member area

    Anda tinggal pilih Layanan Anda > Hosting > Kelola Hosting. Anda akan masuk ke Pengaturan Hosting di cPanel seperti gambar berikut ini. Lalu, klik All Features.

  2. Akses Menu Setup Node.js App di cPanel

    Nah, kalau sudah masuk ke cPanel, Anda tinggal cari menu Setup Node.js App di tab Software, lalu klik menu tersebut. 

  3. Buat Aplikasi Node.js

    Langkah cara setting node.js di cPanel selanjutnya ialah membuat aplikasi Node.js. Nantinya, aplikasi tersebut akan menjadi wadah atau tempat file-file Node.js Anda. 

    Setelah klik Setup Node.js App tadi, klik Create Application

  4. Konfigurasi Aplikasi Node.js

    Setelah klik tombol Create Application, Anda perlu melakukan konfigurasi Node.js terlebih dulu. 


    Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan informasi untuk aplikasi node.js yang ingin Anda buat. Berikut ini detail informasi pada detail isian tersebut: 

    Node.js Version – isi versi node.js yang Anda gunakan. Niagahoster sendiri telah mendukung Node.js versi 12 dan 14. Di sini kami merekomendasikan versi 12.19.1 supaya lebih stabil.
    Application Mode – pilih pengaturan konfigurasi untuk environment. Anda bisa pilih mode production atau development. Secara default akan memunculkan development.
    Application Root – pilih directory untuk tempat penyimpanan file aplikasi yang akan dibuat.
    Application URL – pilih URL yang akan digunakan untuk mengakses website aplikasi node.js Anda. Bisa tulis domain atau subdomain Anda.
    Application Startup File – pilih file yang akan diakses pertama kali. Bagian ini dikosongkan saja. 

    Setelah mengisi semua isian tersebut dengan benar, klik tombol CREATE.

  5. Tunggu Proses Konfigurasi Berhasil

    Setelah mengisi konfigurasi tersebut dan klik Create, tunggulah beberapa saat sampai proses selesai. Jika telah selesai, Anda akan melihat tampilan Node.js yang telah dibuat seperti berikut:


    Jangan lupa copy path yang muncul di tampilan tersebut untuk masuk ke node_env atau virtual environment. Lalu, klik Save di pojok kanan atas.

  6. Uji Coba Akses Node.js

    Selanjuntya, coba akses URL node.js Anda untuk melihat hasilnya. Jika Anda melihat tampilan seperti gambar berikut, berarti proses hosting Node.js telah berhasil.

  7. Upload File Node.js

    Setelah berhasil membuat aplikasi Node.js, sekarang tinggal upload file Node.js Anda di direktori atau folder aplikasi yang Anda buat tadi. Anda bisa menguploadnya lewat File Manager ataupun melalui SSH

    Setelah selesai upload, jangan lupa untuk restart Node.js terlebih dulu dengan perintah: 
    Touch tmp/restart.txt

Baca Juga: Apa itu NPM?

Kesimpulan

Node.js merupakan platform pengembangan aplikasi website berbasis Javascript yang mampu menghasilkan performa lebih ringan dan cepat. Tak heran, Node.js ini banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi single page dan aplikasi streaming, seperti Netflix. 

Nah, kalau Anda ingin mengembangkan website dengan Node.js, Anda bisa mengikuti cara hosting Node.js di hosting yang sudah kami jelaskan.

Baca Juga: Panduan Install Python di cPanel Hosting

Oya, jangan lupa juga pakai layanan hosting dan cloud hosting yang telah mendukung penggunaan Node.js seperti Niagahoster, ya! Apalagi jika Anda bisa mendapatkan beragam fitur untuk keamanan seperti Imunify360 dan didukung server mumpuni LiteSpeed. Tentu website Anda akan kian optimal.

Tunggu apa lagi?  Yuk, bangun website terbaik Anda dengan Node.js! 

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Cara Backup dan Restore Database MySQL dengan Mysqldump

SQL Dump adalah tools CI untuk membackup database MySQL. Yuk ketahui cara backup MySQL dengan Mysqldump di sini!

3 days ago

Hosting Murahan vs Niagahoster: Teliti Sebelum Beli Hosting!

Ingin membeli hosting? Awas, jangan terkecoh hosting abal-abal! Yuk ketahui dulu perbedaan hosting murahan vs Niagahoster di sini!

5 days ago

Jejak Digital Adalah: Pengertian, Bahaya, Cara Menghapus, dan Tips Mengelolanya

Jejak digital adalah informasi yang ditinggalkan seseorang saat menggunakan internet. Informasi ini sulit dihilangkan dan bisa saja disalahgunakan oleh orang…

1 week ago

Apa Itu Dropshipper? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Anda ingin memulai bisnis online dengan modal kecil? Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, apalagi bagi…

1 week ago

Cara Install HestiaCP di VPS Ubuntu dan Debian

HestiaCP adalah alternatif control panel gratisan yang bisa Anda pakai di VPS. Yuk belajar cara install HestiaCP di VPS pada…

1 week ago

Adware: Pengertian, Jenis, Cara Menghindarinya

Adware adalah software yang harus Anda curigai. Meski terlihat seperti iklan biasa, bisa jadi di dalamnya terdapat malware. Biasanya, adware…

1 week ago