Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Horde vs Roundcube: Mana Aplikasi Webmail Terbaik?

6 min read

horde vs roundcube

Ketika Anda ingin mengelola email dengan alamat domain sendiri, biasanya Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan layanan webmail. Namun, di cPanel, hanya ada dua pilihan webmail yang bisa Anda pilih yaitu Horde vs Roundcube. 

Tapi pertanyaannya, manakah yang lebih baik di antara keduanya? Horde atau Roundcube?

Jika Anda masih kebingungan mana yang harus dipilih, artikel ini akan membantu Anda. Kami akan mengupas tuntas soal webmail Horde vs Roundcube — baik membahas tentang interfacenya, maupun fitur-fitur yang ditawarkan. 

Jadi, pastikan Anda membacanya sampai selesai supaya Anda bisa menentukan webmail yang tepat. Silahkan disimak!

Webmail Horde

Horde adalah aplikasi webmail client populer dengan layanan gratis berbasis open source. Secara keseluruhan, Horde memudahkan Anda untuk bisa menerima, mengirim dan mengorganisir setiap email yang ada di dalamnya.

Webmail client ini memiliki dukungan PGP Encryption dan Signing, yaitu fitur-fitur yang bisa memberikan Anda jaminan keamanan dan privasi secara penuh. Anda bisa mudah mengaksesnya dari segala browser, baik dari desktop atau pun mobile.

Nah, supaya lebih jelas lagi, berikut kami jabarkan secara detail mengenai keunggulan Horde:

1. Interface Horde

Interface Horde

Kalau dilihat dari gambar di atas, Horde ini memiliki dashboard dengan interface (antarmuka) yang sederhana, namun cukup menarik.

Yang membuatnya menarik adalah Anda dapat melihat preview setiap informasi dari setiap menunya. Misalnya dari bagian kiri atas, Anda dapat melihat kolom bertulisan Mail yang menunjukkan ada berapa jumlah email di inbox dan berapa jumlah email yang belum dibuka.

Kemudian di bagian paling bawah kiri, Anda bisa mengetahui info soal cuaca berdasarkan lokasi negara. Bahkan, dari dashboard ini Anda pun bisa tahu event dan task apa saja yang perlu dituntaskan — yaitu melalui kolom Calendar dan Task.

Intinya, dengan adanya fitur preview di dashboard ini, Anda bisa mendapatkan banyak informasi penting secara ringkas tanpa harus membuka menu tab satu per satu. 

Oh iya, di sini Anda juga bisa mengcustom setiap kolom yang ingin ditampilkan. Misalnya, Anda ingin menampilkan daftar website yang ada di menu Bookmarks. Caranya adalah dengan mengklik tombol hijau yang bertuliskan Add Content.

Add Content Horde

Kemudian, klik menu dropdown Portal dan pilih Bookmarks.

horde vs roundcube

Sisanya, Anda tinggal mengatur setiap posisi dan ukuran kolom sesuai keinginan. Yang pasti dalam satu halaman dashboard, Anda hanya bisa menampilkan maksimal 12 jenis kolom preview dengan ukuran 3×4. 

2.  Komposisi Email

horde vs roundcube

Untuk menulis pesan baru, Anda bisa memilih menu Mail pada top bar yang tertera di dashboard. Kemudian pilih To Write.

Setelah masuk ke halaman penulisan pesan, Anda akan melihat tampilan yang bersih dan ringkas. Di dalamnya juga telah tersedia fitur editor untuk memudahkan Anda menulis pesan — sebagaimana ditemukan pada layanan webmail lainnya. 

Seperti fitur untuk menambahkan Attachment, pengatur jenis dan ukuran font, tabel dan lain-lain.

Kalau Anda ingin menulis pesan dalam bahasa yang berbeda, Anda bisa menggunakan fitur Spell Checker untuk membantu mengecek ejaan. Anda bisa memilih satu dari 19 jenis bahasa yang tersedia. Selain itu, Horde juga dilengkapi fitur WYSIWYG editor yang memungkinkan Anda untuk menuliskan pesan email dalam format HTML.

3. Fitur Pengaturan Email

Di Horde, Anda bisa mengatur setiap pesan email masuk dan keluar secara terorganisir. Misalnya dengan membuat folder yang berisi berisi pesan-pesan penting, email yang sudah terbaca, dan lain-lain.

Caranya adalah dengan mengklik Folder Actions, pilih Create Mailbox, lalu buat nama folder. Setiap folder yang sudah dibuat akan otomatis muncul pada halaman dashboard Mail sebelah kiri.

horde vs roundcube

Kemudian Horde juga memiliki fitur Mail Filters, yang memudahkan Anda untuk menyortir pesan berdasarkan alamat pengirim, memindahkan pesan ke folder, hingga memasukkan pesan ke daftar Whitelist / Blacklist. Dengan adanya fitur Whitelist / Blacklist ini, Anda bisa memilah mana saja alamat tertentu yang penting untuk disimpan. Dan memblokir alamat mana saja yang tidak dikenali.

4. Fitur Pendukung Lainnya

Horde juga menyediakan beberapa fitur pendukung lain seperti Calendar, Task List, Notes dan Address Book. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Horde Calendar

horde vs roundcube

Fitur kalender Horde ini dikenal dengan sebutan Kronolith. Di fitur ini, anda bisa bebas membuat agenda penting seperti event, meeting, atau tugas — yang dilengkapi informasi tanggal, lokasi dan kolom deskripsi. 

Tentu, fitur ini sangatlah penting karena selain bersifat sebagai reminder, Anda juga membagikannya kepada orang lain melalui alamat email. 

2. Horde Task List

Selain kalender, Horde juga memiliki fitur task list atau dikenal sebagai Nag. Nag membantu Anda untuk membuat daftar aktivitas yang perlu Anda lakukan dalam per hari atau per minggu. Supaya memastikan tidak ada yang terlewatkan, Anda bisa menggunakan bantuan filter berupa incomplete tasks, future tasks dan view completed tasks. 

Sama dengan Kronolith, Anda juga dapat membagikan task list Anda kepada orang lain dengan mudah melalui email.

3. Horde Notes

Fitur unggul Horde lainnya adalah Mnemo. Mnemo merupakan aplikasi note untuk menyimpan catatan penting dalam bentuk teks. Dengan Mnemo, Anda bisa membuat kategori di setiap note, mencari note penting melalui kolom search dan membagikannya kepada rekan Anda melalui email.

Bahkan, aplikasi ini juga mendukung pengunduhan file dalam format CSV dan vNote. Anda pun bisa membuat kata sandi untuk memberikan proteksi pada setiap catatan penting Anda.

4. Address Book

Address Book Horde untuk menyimpan kontak

Terakhir, Horde memiliki fitur berupa address book, alias buku alamat yang bernama Turba. Dengan fitur ini Anda bisa menyimpan berbagai alamat email dan kontak orang lain secara aman. Di dalamnya, Anda dapat menambahkan informasi identitas yang spesifik seperti tempat tanggal lahir, alamat, tempat bekerja dan foto.

Webmail Roundcube

Sama seperti Horde, RoundCube adalah aplikasi webmail client gratis yang berbasis open source. Pemakaiannya pun sangat mudah berkat fitur drag and drop yang dimilikinya. 

Untuk masalah keamanan, Roundcube selalu menjaminkan privasi dan proteksi secara penuh dengan dukungan enkripsi PGP (Pretty Good Privacy). Dan demi mendukung kebutuhan bisnis, RoundCube menawarkan plugin API untuk extensions yang fleksibel dan disertai fitur Caching internal yang membantu mengurangi beban server. 

Buat cara penginstalan dan konfigurasi Roundcube, Anda bisa ikuti panduan mudahnya di→ Roundcube: Cara Install dan Konfigurasi Webmail Gratis.

Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki Roundcube? Di bawah ini kami sudah menguraikan setiap fiturnya secara lengkap. Mari kita simak!

1. Interface Roundcube 

Sedikit berbeda dengan Horde yang memiliki dashboard utama, Roundcube akan langsung membawa Anda ke halaman email inbox saat login Webmail. Jadi, Anda tidak akan menemukan dashboard yang berisikan kolom preview dari email, kontak, to do list dan lain-lain seperti yang ditemui pada Horde.

Namun biarpun begitu, tampilan email inbox milik RoundCube terlihat lebih modern dan bersih dengan dukungan fitur drag and drop. Anda bisa membaca isi email hanya dengan mendrag pesan ke kolom ketiga tanpa harus membukanya. 

Interface Roundcube

Selain itu, Anda juga bisa menemukan kolom sidebar yang menunjukkan beberapa info tambahan seperti Today’s Agenda, Last login, kolom berita, Daily Quote dan Weather (cuaca). Sidebar ini juga bisa bersifat on-off, alias bisa Anda sembunyikan jika ingin halaman Anda tidak terlihat penuh.

Oh iya, kalau Anda mau nuansa halaman yang terlihat berbeda, Roundcube menyediakan fitur pengaturan background. Di fitur ini Anda bisa bebas menggonta-ganti warna atau memakai gambar pada background.

2. Komposisi Email

horde vs roundcube

Di halaman penulisan pesan baru, Roundcube mempunyai berbagai fitur editor yang kurang lebih sama dengan milik Horde. Mulai dari pengaturan font, penambahan Attachment, menulis pesan dengan format HTML, menambahkan signature dan lain-lain.

Akan tetapi yang paling menonjol di sini adalah fitur Spell Checker-nya. Di Horde Anda hanya bisa mengecek ejaan pada 19 jenis bahasa saja. Sedangkan di Roundcube, Anda bisa mengecek ejaan dalam 40 jenis bahasa. 

3. Fitur Pengaturan Email

Tak kalah dengan Horde, Roundcube menyediakan aneka fitur untuk membuat email Anda bisa terorganisir. Misalnya memindahkan pesan email ke Trash, ke Junk, atau Archive hanya dengan drag-and-drop.

Atau mengelompokkan dan menyusun pesan-pesan tertentu dalam satu folder yang bisa Anda buat sendiri. Cara membuat folder pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka menu Settings, lalu pilih Folders, dan Create New di ikon bergambar pensil.

4. Fitur Pendukung Lainnya

Pada Horde, Anda bisa menemukan beberapa fitur pendukung seperti Calendar, Task List, Notes dan Address Book. Sedangkan Roundcube hanya terdiri dari dua fitur pendukung berupa Calendar dan Contact Management. Berikut adalah ulasan lengkapnya. 

1. Roundcube Calendar

horde vs roundcube

Kurang lebih sama sama seperti fitur kalender milik Horde, di fitur ini Anda bisa membuat agenda per tanggal, membagikannya ke pengguna lain, membuat undangan, menghubungkan ke Google calendar, menandai dengan warna dan sebagainya.

Akan tetapi, dari segi tampilan, interface Roundcube memang nampak lebih minimalis dibandingkan Horde yang sedikit terlihat penuh dengan banyak elemen.

2. Contact Management 

horde vs roundcube

Fitur manajemen kontak yang terdapat di Roundcube juga sama persis dengan milik Horde. Anda bisa menyimpan kontak pengguna lain dengan informasi yang lengkap seperti alamat email, informasi pekerjaan, foto, personal notes, nama instant messenger yang digunakan dan sebagainya. 

Baca juga: 10+ Email Client Terbaik yang Bisa Anda Coba

Horde vs Roundcube, Manakah yang Terbaik?

Menentukan webmail mana yang tepat di antara Horde vs Roundcube, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, demi mendapatkan gambaran yang lebih eksplisit terkait Horde vs Roundcube, kami mencoba merangkumnya dalam bentuk tabel berikut ini:

HordeRoundcube
InterfaceDesain interface yang sederhana.Dashboard memiliki kolom preview yang berisi ringkasan isi Inbox, Task List, Notes dan lain-lain.Dapat menambahkan kolom preview secara kustom.Tidak mempunyai dashboard utama. Saat login pengguna akan langsung masuk ke halaman Inbox.Memiliki fitur drag-and-drop untuk melihat isi pesan email.Terdapat kolom sidebar yang terdiri dari info tambahan seperti Today’s agenda,  Last login, kolom berita, Daily Quote dan Weather (cuaca).Memiliki Interface yang minimalis dan modern.
Komposisi emailTersedia fitur editor yang lengkap (ukuran / jenis font, bold, attachment, link, dan lain-lain).Dapat menulis pesan dalam format HTML.Menyediakan fitur Spell Checker 19 jenis bahasa.Tersedia fitur editor yang lengkap (ukuran / jenis font, bold, attachment, link, dan lain-lain).Dapat menulis pesan dalam format HTML.Menyediakan fitur Spell Checker 40 jenis bahasa.
Fitur Pengorganisir EmailDapat membuat folder untuk mengelompokkan setiap pesan email.Tersedia Mail Filters, termasuk folder Whitelist / Blacklist.Dapat membuat folder untuk mengelompokkan setiap pesan email.Fitur drag-and-drop untuk memindahkan pesan ke folder tertentu.
Fitur Pendukung LainnyaHorde CalendarHorde Task ListHorde NotesAddress BookRoundcube CalendarContact Management

Oke, setelah Anda melihat tabel di atas, terlihat jelas perbandingan fitur antara webmail Horde vs Roundcube. 

Secara garis besar, sebenarnya Horde dan Roundcube sama-sama memberikan Anda kemudahan untuk mengirimkan, menerima dan mengatur email. Hanya saja dari sisi fitur, Horde memang dibekali dengan lebih banyak fitur dibanding Roundcube.

Namun, dari sisi interface dan pemakaian, Roundcube memang lebih minimalis dan user friendly. Apalagi berkat adanya fitur drag-and-drop yang membuat penggunaan menjadi lebih praktis.

Akan tetapi, kami ingatkan kembali bahwa tidak ada webmail yang lebih unggul atau mana yang lebih buruk. Anda bisa bebas menentukan webmail client apa saja yang sekiranya mudah, nyaman dan pas untuk memenuhi kebutuhan.

Oh iya, kalau Anda membutuhkan email bisnis profesional dengan pengiriman yang cepat dan mudah, Anda bisa berlangganan email hosting Niagahoster. Selain bisa menggunakan email Horde atau Roundcube, Anda juga bisa mendapatkan banyak fitur tambahan.

Mulai dari backup mingguan, proteksi SpamExpert, kapasitas 9600 email per hari dan masih banyak lagi. 

Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *