Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tahun 2020 memang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bisa dibilang, tahun ini adalah tahun paling menyakitkan bagi bisnis apapun. Tidak sedikit bisnis yang merugi bahkan terpaksa gulung tikar.

Apakah Anda merasa tahun ini kacau balau seperti kalender di bawah?

Tenang saja, kemungkinan semua orang di dunia sedang merasakannya juga. Namun, tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online tahunan terbesar akan segera terselenggara.

Baiklah, saatnya misi penyelamatan bisnis. Mari ikuti tips di artikel ini untuk persiapan Harbolnas yang paripurna…

Sekilas Tentang Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas, pertama kali diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2012. Tanggal yang sangat cantik ya? Memang yang menjadi salah satu daya tarik event ini yaitu mengusung jargon 12.12.12.

Harbolnas dimeriahkan oleh berbagai ecommerce di Indonesia, dengan cara memberikan diskon besar-besaran kepada konsumen secara serempak. Waktu itu, Harbolnas sekaligus acara untuk mengkampanyekan kemudahan dalam berbelanja online. Ajang ini terinspirasi dari festival belanja di luar negeri seperti Black Friday, namun dikemas dengan versi online.

Baca juga: 7+ Perbedaan Ecommerce, Marketplace, dan Online Shop

Dari tahun ke tahun, semakin banyak ecommerce yang bergabung ke festival ini. Hingga pada 2019 lalu, Harbolnas telah diikuti oleh lebih dari 250 platform belanja online. Tingginya animo masyarakat terhadap festival ini membuat Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) turut mengawal pelaksanaan Harbolnas.

Mengapa Bisnis Onlinemu Harus Ikut Harbolnas?

Perkembangan Harbolnas adalah bukti tingginya antusiasme belanja online dan peluang bisnis online di Indonesia. Terbukti pada Harbolnas 2019 yang memiliki pencapaian nilai transaksi lebih dari 9 triliun. Angka tersebut 8,4% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya (2018) dan melampaui prediksi dari idEA yang menargetkan 8 triliun.

Baca juga: Bisnis Online 101: Panduan Lengkap dari Ide Bisnis sampai Promosi Online

Terlebih pada masa pandemi seperti ini. Laporan Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020 dari BPS menunjukkan penjualan online di masa pandemi pada bulan Maret meningkat 320% dan kian melonjak di bulan April hingga tembus 480%.

Berdasarkan fakta dan data di atas, Harbolnas adalah momen yang sangat spesial dan potensial untuk meningkatkan bisnis Anda di tahun ini.

Diperkirakan lonjakan penjualan online akan mencapai puncaknya pada ajang Harbolnas 2020. Bukan tanpa alasan, berikut hal yang bisa mempengaruhi tingginya minat Harbolnas 2020:

  • Masa pandemi membatasi penjualan offline untuk mengurangi interaksi langsung.
  • Kemudahan, keamanan, dan kenyamanan berbelanja online sudah tidak diragukan lagi.
  • Adanya PSBB meningkatkan waktu luang untuk stand by mencari diskon saat Harbolnas.
  • Banyak pihak yang terbuka dengan kerja sama, seperti bank, layanan logistik, dan lain-lain.
  • Adanya kemungkinan besar konsumen berhemat sepanjang tahun demi berbelanja ketika Harbolnas.

Baca juga: 5 Tips Membuka Bisnis Setelah Pandemi

Berpartisipasi dalam Harbolnas bukan semata-mata memberikan diskon besar kepada konsumen. Tetapi juga dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi marketing. Bukan hanya meraih keuntungan, namun juga mendapatkan brand awareness.

Bukan hanya itu, Harbolnas menjadi momen tepat untuk mempelajari kompetitor bisnis Anda, sekaligus mengukur keunggulan dan strategi mereka. Dari sana, Anda dapat meningkatkan kualitas bisnis Anda, baik dari segi produk, layanan konsumen, dan lain sebagainya.

5+ Tips Meningkatkan Bisnis dalam Momen Harbolnas 2020

Untuk dapat lebih meningkatkan bisnis Anda, berikut kami paparkan tips jitu menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan saat momen Harbolnas kali ini.

1. Siapkan Stok Produk

Dalam menghadapi Harbolnas, tentunya Anda harus mempersiapkan produk yang akan dijual. Persiapan ini meliputi tiga hal yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Tentukan produk – Anda dapat memberikan diskon pada produk-produk tertentu. misalnya produk yang sangat sering terjual atau best seller, produk paket atau bundling, dan produk yang sepi peminat untuk meningkatkan penjualan produk tersebut.
  • Pasang Target – Berapa produk yang harus terjual. Harbolnas merupakan momen yang tepat untuk menjual produk atau layanan sebanyak-banyaknya.
  • Siapkan Produk – Untuk menghadapi momen diskon besar ini, Anda harus menyiapkan produk sebanyak yang Anda targetkan dan pastikan jumlah produk sudah sesuai saat mendekati hari H.

Persiapan ini sangat penting karena Harbolnas dapat mendistribusikan produk atau layanan Anda ke banyak orang sekaligus. Meskipun kemungkinan rasio keuntungan per item tidak sebesar penjualan normal. Namun jangan khawatir, karena Anda tetap bisa mendapatkan rasio keuntungan besar dari banyaknya jumlah item yang terjual.

Baca juga: 5+ Cara Memaksimalkan Strategi Marketing dengan User Generated Content

2. Hitung. Hitung. Hitung.

Meski memberi diskon dalam jumlah besar, Anda tetap tidak boleh merugi. Perhitungan diskon saat Harbolnas harus tetap mempertimbangkan titik BEP (break even point) atau balik modal dan juga margin keuntungan.

Pernah dengar istilah, “biar untung kecil namun penjualan ramai jauh lebih baik, ketimbang untung besar tapi sepi pembeli”?

Kemungkinan besar, Anda akan merasakannya pada momentum Harbolnas.

Anda dapat memancing konsumen dengan beberapa teknik diskon berikut:

  • Psikologi harga – Antara 7,999 dibandingkan 8,000, mana yang lebih membuat Anda tertarik? Jika Anda lebih memilih yang pertama, begitulah kira-kira psikologi harga. Karena, konsumen cenderung melihat angka yang paling depan saat membandingkan harga.
  • Persentase diskon – Anda dapat memberikan diskon sesuai produk. Misalnya jika Anda mengeluarkan produk baru, Anda dapat memberikan diskon yang relatif kecil atau berkisar 10% sampai 20%. Namun, jika Anda ingin menghabiskan stok produk lama yang menumpuk, Anda boleh memberikan diskon yang besar, misalnya 25% hingga 70%.
  • Promo bundle – Trik ini dapat Anda gunakan untuk menjual beberapa produk sekaligus dengan memberikan kesan harga terjangkau kepada konsumen. Tiap bisnis, pastinya terdapat produk yang laris manis, dan ada pula produk yang sepi pembeli. Anda dapat menggabungkan keduanya atau menggunakan metode beli satu gratis satu.

3. Rangkul Semua Pihak

Banyak pihak yang ingin memanfaatkan momen Harbolnas sebaik-baiknya. Mulai dari bisnis online, layanan pengiriman logistik, ecommerce, lembaga keuangan, dan lain masih banyak lagi.

Agar bisnis online Anda makin ramai pembeli, ada beberapa pihak yang dapat membantu menyukseskan Harbolnas pada bisnis online Anda, sebagai berikut:

  • Pembayaran – Anda dapat bekerja sama dengan berbagai bank dan platform pembayaran online untuk memberikan opsi pembayaran yang lebih bervariasi. Biasanya pada momen Harbolnas, mitra pembayaran akan memberikan tambahan diskon kepada konsumen Anda, jika bertransaksi menggunakan layanan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan layanan virtual account, sehingga konsumen dapat bertransaksi lebih mudah dan Anda tidak perlu mengecek satu per satu bukti pembayaran.
  • Promosi – Kekuatan media sosial dapat sangat memberikan pengaruh pada bisnis Anda, salah satunya contohnya dengan menggaet influencer sebagai marketing channel Anda dengan mencocokkan target pasar. Anda dapat menjadikan influencer tertentu sebagai brand ambassador event Harbolnas Anda, atau bisa juga dengan memberikan kode voucher diskon atau kode kupon khusus untuk konsumen.

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing 2020

  • Pengiriman – Ekspedisi atau layanan pengiriman barang juga dapat menjadi pihak yang Anda rangkul. Anda dapat bekerja sama dengan pihak pengiriman untuk memberikan potongan atau gratis ongkos kirim, jika ada pelanggan yang menggunakan layanan pengiriman tersebut.

4. Kuatkan Internal Tim

Istilah mens sana in corpore sano sepertinya harus juga Anda terapkan di tim internal. Dengan tim yang solid, Harbolnas pun dapat dilaksanakan dengan lancar.

Pastikan tim Anda siap pada sebelum, sesaat, dan setelah ajang Harbolnas. Karena event besar, Harbolnas membutuhkan perhatian yang lebih dibanding biasanya, Anda dapat membuat tim khusus supaya lebih fokus dan dapat mempersiapkan Harbolnas lebih baik lagi.

Terdapat beberapa hal krusial yang dapat ditangani oleh tim khusus Harbolnas, sebagai berikut:

  • Marketing – Proses ini meliputi sebelum hingga pasca Harbolnas. Ada banyak hal yang harus dilakukan, seperti membuat marketing plan, mengurus iklan, social media marketing, dan lain sebagainya.
  • Partnership – Berbeda dengan hari biasa, pada momen Harbolnas akan ada banyak pihak yang bersedia bekerja sama dengan bisnis online Anda.
  • Memantau Stok Produk – Agar tidak terjadi selisih jumlah produk, maka harus ada pemantauan khusus selama Harbolnas. Hal ini penting karena pada saat yang bersamaan, banyak orang akan dapat menambah produk ke keranjang belanja, checkout, dan melakukan pembayaran. Jangan sampai terjadi transaksi, namun produk sudah sold out.
  • Customer Service – Untuk lebih memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan, pastikan tim customer service selalu siap sedia membantu konsumen selama masa Harbolnas.
  • Optimasi Website – Poin ini salah satu yang aspek penentuan sukses atau tidaknya Harbolnas Anda. Pastikan website Anda dalam kondisi optimal untuk menampung banyak traffic sekaligus. Saking pentingnya, kami akan membahas pada poin tersendiri.

Meskipun memberikan diskon, tetap tanamkan pada tim internal Anda untuk memberikan produk atau layanan yang maksimal. Hal tersebut dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, sehingga semakin banyak review positif dari konsumen alias marketing gratis yang paling ampuh!

5. Promosi dari Jauh-Jauh Hari

Meski puncak Harbolnas adalah 12 Desember, ada beberapa bisnis yang merayakannya beberapa hari dengan tujuan meningkatkan penjualan. Hal tersebut harus dibantu dengan yang konsisten beberapa saat sebelum Harbolnas.

Lakukanlah promosi minimal satu bulan sebelum tanggal pelaksanaan Harbolnas. Cara ini dilakukan agar Harbolnas yang Anda gelar dapat meraup perhatian lebih banyak orang. Semakin sering melihat promosi Anda, semakin pula konsumen familiar dengan brand Anda dan penasaran dengan diskon yang Anda beri.

Baca juga: Digital Marketing: Upaya Jitu Promosi Bisnis [Panduan Terbaru]

Agar semakin menarik, Anda dapat membuat promosi spoiler atau bocoran informasi diskon kepada konsumen. Misalnya, memberi tahu sekilas barang apa yang akan diberikan diskon atau seberapa besar potongan diskon saat Harbolnas.

Tentunya promosi tersebut harus dikemas dengan strategi konten marketing yang menarik. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan berbagai channel iklan online, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter marketing, dan Google Ads.

Baca juga: 5 Jenis Iklan Online Paling Ampuh untuk Mendatangkan Profit

6. Optimalkan Website

Memiliki website adalah hal yang wajib bagi bisnis online. Apalagi ketika Harbolnas, website menjadi hal paling utama sebagai senjata Anda. Dengan website, memungkinkan Anda mengatur dan menyesuaikan produk yang termasuk dalam kategori diskon atau sale.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis, Gak Pake Lama!

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan website demi menyuguhkan pengalaman Harbolnas kepada konsumen:

  • Halaman Promo – Anda dapat dengan bebas membuat halaman promosi di website. Sebarkan informasi terkait kapan dan bagaimana Harbolnas dilaksanakan pada website Anda. Seperti Niagahoster yang akan mengadakan promo Harbolnas tanggal 12 Desember 2020 nanti.
  • Pop Up – Anda dapat menampilkan pop up kepada pengunjung website Anda. Isinya dapat berupa informasi Harbolnas, reminder event dengan subscription, dan masih banyak lagi.
  • Katalog Produk – Halaman ini yang akan menginformasikan produk atau layanan apa saja yang sedang diskon kepada konsumen. Atau Anda juga dapat menonjolkan produk unggulan Anda, dan lain sebagainya.
  • Countdown – Menggunakan fitur hitung mundur secara real time dapat sangat ampuh mempengaruhi konsumen secara psikologis. Contohnya seperti countdown yang digunakan Niagahoster di bawah ini.
  • Tingkatkan Kecepatan Website – Salah satu hal yang membuat pelanggan kabur adalah pelayanan yang kurang cepat, sama seperti website. Sebelum Harbolnas tiba, cek secara berkala kecepatan website Anda.

Baca juga: Website Lambat? Pahami Sebab & Solusinya agar Bisnis Selamat!

  • Antisipasi Lonjakan Trafik – Jangan sampai website Anda down karena traffic yang meningkat secara signifikan saat Harbolnas. Bukannya untung, malah buntung! Anda dapat upgrade hosting website Anda agar dapat menangani traffic yang tinggi, salah satunya dengan menggunakan Cloud Hosting Niagahoster.

Persiapkan Bisnismu dari Sekarang!

Mari cek kalender, Harbolnas hanya tinggal hitungan hari. Saat Anda membaca artikel ini, mungkin saja para calon konsumen Anda sedang melihat iklan Harbolnas kompetitor Anda! Jadi, jangan mau ketinggalan dan persiapkan festival Harbolnas yang mengagumkan tahun ini.

Jangan lupa juga intip promo spesial Harbolnas dari Niagahoster!

Naning Nur Wijayanti

A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Share
Published by
Naning Nur Wijayanti

Recent Posts

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? (Edisi 2021)

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google? Itulah kenapa persaingan di halaman pertama…

17 hours ago

Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

Apa persamaan pemilik website dan pembalap? Keduanya sama-sama menganggap penting hitungan detik.  Jika pembalap memanfaatkan selisih detik untuk memenangkan pertandingan,…

2 days ago

Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

Ketika mengelola website, redirect PHP kadang diperlukan. Tujuannya agar pengunjung dapat dialihkan dari suatu halaman ke halaman lainnya sesuai kebutuhan. …

3 days ago

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

4 days ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

5 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

5 days ago