Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

10+ Halaman Penting yang Harus Ada di Website Anda

4 min read

Jika Anda baru-baru ini mulai belajar apa itu website dan mempraktikkan cara membuat website, mungkin Anda bertanya-tanya halaman (page) apa saja yang paling penting dan harus dimiliki sebuah web?

Halaman-halaman tersebut berguna untuk memberikan informasi berguna tanpa  mempengaruhi halaman blog post lain. Pada artikel ini kami akan membagikan beberapa halaman penting yang seharusnya setiap website WordPress memilikinya.

Kenapa Harus Menambahkan Halaman pada Website?

WordPress menggunakan dua tipe konten yang default, yaitu posts dan pages. Posts digunakan untuk menulis artikel blog, sedangkan pages digunakan untuk membuat konten yang tidak termasuk ke dalam jadwal posting blog secara berkala.

Pages biasanya digunakan untuk membuat konten statis yang tidak sering berubah. Sebagai contoh Anda dapat melihat halaman Web Hosting Indonesia milik Niagahoster.

Memisahkan antara konten pages dengan blog membantu user untuk lebih mudah menjelajah website. Anda juga dapat mengelola halaman pages dengan mudah, menyusunnya, menambahkan menu navigasi, dan bahkan menggunakan page builders untuk membuat layouts sesuai dengan keinginan Anda di setiap halaman (page).

Maka dari itu, kita lihat beberapa ide halaman penting pada blog yang bisa Anda gunakan di website Anda yang menggunakan WordPress.

  • Halaman “Term of Service”

Jika Anda menjalankan toko online atau menawarkan layanan di website, tentu Anda membutuhkan halaman ketentuan layanan (term of service). Halaman ini berisi dokumen legal (hukum) yang bisa dijadikan sebagai alat hukum jika terjadi masalah yang berhubungan dengan hukum. Terdapat juga beberapa template yang bisa Anda gunakan, tapi kami menyarankan untuk menuliskan dokumen legal ini sendiri. Supaya isi dari dokumen sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh layanan atau perusahaan.

Ini memungkinkan Anda untuk membatasi tanggung jawab Anda jika terjadi penyalahgunaan informasi dan layanan yang disediakan di situs Anda. Halaman ini juga dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau klien mengenai merek dagang, hak cipta, dan bagaimana mereka dapat menggunakan situs web, produk, atau layanan yang Anda sediakan.

  • Halaman “Tentang Kami”

Halaman about atau biasa dikenal dengan halaman “Tentang Kami” ini wajib dimiliki oleh hampir semua website, misalnya ketika Anda membuat website perusahaan. Anda dapat memberikan nama pada page ini dengan “Tentang Kami”, “About Us”, atau yang lainnya, tergantung website yang Anda kelola. Di Niagahoster sendiri halaman about ini digabungkan dengan halaman kontak.

Fungsi dari halaman ini adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung mengenai pemilik website, tujuan, visi dan misi, kegunaan, dan apa yang bisa pengunjung dapatkan ketika mengunjungi halaman website ini.

Selain itu, halaman about ini dapat membangun kepercayaan pengunjung karena mengenai pengelola dari website.

  • Halaman Kontak
halaman kontak

Pengunjung blog atau klien yang berpotensi membeli layanan atau menggunakan jasa yang kita biasanya akan mencari informasi kontak yang dapat dihubungi. Halaman kontak mempermudah pengunjung untuk lebih cepat dan mudah mengirim anda pesan atau mempelajari bagaimana terhubung dengan Anda tanpa harus meninggalkan komentar di blog. Anda juga sering melihat halaman ini dengan nama “Contact” untuk website dengan berbahasa inggris.

Anda akan membutuhkan untuk menambahkan form kontak untuk mempermudah user untuk menghubungi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan alamat email, lokasi, profil sosial media untuk menawarkan beberapa pilihan untuk terhubung dengan Anda.

  • Halaman “Disclaimer”

Jika website yang Anda kelola digunakan untuk menghasilkan uang, seharusnya Anda menambahkan halaman disclaimer pada website. Di halaman ini Anda dapat mengisinya dengan informasi mengenai bagaimana Anda mendapatkan uang dari website tersebut. Contohnya menampilkan iklan atau menggunakan produk afiliasi. Ini akan menaikan kepercayaan pengunjung karena Anda lebih terbuka bagaimana website tersebut dikelola dan dijalankan.

  • Halaman “Privacy Policy”

Halaman privacy policy biasanya digunakan untuk menginformasikan bagaimana website mengelola informasi pengunjung, seperti bagaimana Anda dan pihak ketiga kemungkinan menggunakan data mereka (pengunjung). Meskipun Anda tidak mengumpulkan atau menggunakan data, aplikasi pihak ketiga terkadang mengatur cookies pada browser pengunjung.

Contohnya ketika menggunakan Google AdSense, maka Anda harus menambahkan halaman privacy policy pada website.

Anda dapat menggunakan privacy policy generator seperti PrivacyPolicies.com atau FreePrivacyPolicy.com untuk mendapatkan teks dan kemudian menyesuaikan dengan website yang Anda kelola.

  • Halaman “Start Here”

Seiring website Anda yang terus tumbuh dan berkembang, akan ada banyak konten yang ditampilkan pada halaman depan. Ini mungkin akan membuat pengunjung sedikit kebingungan tentang bagaimana mereka dapat memaksimalkan untuk memperoleh informasi di dalam website. Inilah fungsi halaman “Start Here”, yaitu untuk memberikan panduan bagaimana menggunakan website dan yang seharusnya dilakukan oleh pengunjung untuk menggunakan website secara maksimal.

Tujuan lain dari adanya halaman ini adalah untuk mengenalkan konten-konten yang paling berguna. Ini memberikan pengunjung pencerahan tentang bagaimana mereka mengambil keuntungan dari konten mereka dan konten apa yang seharusnya buka untuk pertama kali.

  • Halaman Layanan/Produk
halaman produk

Jika Anda menggunakan platform ecommerce seperti WooCommerce untuk menjual produk, platform tersebut secara otomatis akan membuat halaman shop dan ditambahkan pada navigasi menu.

Dengan kata lain, jika Anda menjual produk atau menawarkan layanan tanpa menggunakan plugin eCommerce, dibutuhkan halaman untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa. Anda juga dapat menambahkan parent page untuk menampilkan produk-produk yang ditawarkan dan child page untuk menampilkan detail setiap produk.

Anda dapat melihat halaman Cloud VPS Hosting milik Niagahoster sebagai contohnya.

  • Halaman “Write for Us”

Jika Anda menjalankan WordPress untuk umum di mana semua orang dapat berkontribusi untuk penulisan konten, Anda memerlukan halaman page untuk memberikan informasi terkait layanan tersebut. Halaman ini biasanya dinamakan dengan “Write for Us”. Anda juga bisa memberikan nama yang lain, contohnya, “Gabung Kontributor” atau semacamnya.

Anda juga dapat menggunakan halaman page ini untuk memberikan informasi kepada user apa kegunaan dari website dan konten apa saja yang bisa didapatkan di dalamnya. Hal yang paling penting, biarkan mereka mengetahui bagaimana mendapatkan keuntungan dari menulis di blog yang Anda kembangkan. Jangan lupa untuk menghubungi atau memberikan feedback kepada mereka secepatnya.

  • Halaman “Custom 404”
halaman 404

Terkadang website tidak mempunyai atau tidak dapat menampilkan konten yang pengunjung cari. Supaya tidak memunculkan error yang tidak semestinya, perlu ditampilkan halaman khusus agar hal itu tidak terlihat sebagai masalah server. Kebanyakan pengembang website menggunakan template halaman 404 di WordPress.

Meskipun menggunakan template, Anda dapat menyesuaikan halaman yang ditampilkan agar pengunjung mendapatkan opsi lain selain menutup tab di browser.  

  • Halaman Arsip

WordPress secara otomatis membuat tanggal, kategori, dan tag berdasarkan arsip (archive). Namun, informasi masih tersebar di page yang berbeda dan mungkin tidak mengizinkan pengunjung website Anda untuk mendapatkan informasi terkait dengan konten yang paling menarik atau populer.

Halaman arsip (archives page) dapat Anda manfaatkan untuk menampilkan post yang populer, kategori terfavorit, tags, dan lain sebagainya.

  • Halaman Promosi/Iklan

Kebanyakan website hanya mengandalkan iklan untuk mendapatkan uang. Cara yang paling mudah untuk melakukan ini adalah dengan mendaftarkannya ke Google AdSense. Namun, Anda juga dapat menjual halaman iklan sendiri kepada pengiklan langsung.

Untuk menjalankan strategi ini, Anda memerlukan halaman promosi/iklan dengan informasi mengenai ketersediaan spot untuk iklan atau berisi informasi produk yang Anda tawarkan. Jika Anda menawarkan tempat untuk pengiklan, informasikan juga trafik yang sudah dihasilkan oleh website. Ini akan meyakinkan calon klien untuk menggunakan jasa Anda untuk mengiklankan produk mereka.

Selain informasi di atas, jangan lupa untuk menambahkan informasi terkait dengan kontak yang bisa dihubungi. Agar calon klien bisa langsung menghubungi kapan saja.

Kesimpulan

Semoga artikel terkait dengan halaman penting yang harus ada pada website WordPress ini dapat menjadi panduan Anda untuk memulai membuat website. Anda mungkin membutuhkan informasi lain terkait dengan pengembangan website WordPress. Berikut kami informasikan beberapa artikel yang mungkin Anda tertarik juga untuk membacanya:

Atau dapat mengunduh ebook kami mengenai panduan lengkap membangun website WordPress.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru dari kami, jangan lupa klik subscribe pada halaman ini. Jangan lupa juga selalu menggunakan layanan hosting, cloud hosting hingga VPS Indonesia terbaik harga terjangkau kualitas maksimal dari Niagahoster.

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

One Reply to “10+ Halaman Penting yang Harus Ada di Website Anda”

  1. Bermanfaat Niaga hoster memang selalu up to date dan melayani pelanggan seperti saya merasa aman bersama niaga hoster . Top markotob deh mas sama mba mba nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *