WordPress & News

Gutenberg 14.6 Rilis, Ini Dia Perubahan yang Jadi Sorotan

Ada yang baru nih bagi Anda pengguna Gutenberg di WordPress! Gutenberg 14.6 resmi diluncurkan pada 23 November 2022. Sederet fitur baru dikenalkan, sekaligus melengkapi update versi 14.5 yang rilis di bulan sama.

Apa saja sih fitur yang dihadirkan Gutenberg 14.6? Langsung saja, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Perubahan yang Dihadirkan Gutenberg 14.6?

Berikut beberapa pembaruan yang menjadi highlight di update Gutenberg 14.6:

1. Pilihan Variasi di Group Block Placeholder

Group Block menjadi salah satu fitur yang dipermak oleh Gutenberg 14.6. 

Saat menambahkan Group Block, Anda akan langsung disuguhkan dengan variation picker. Fitur baru ini memungkinkan Anda memilih tipe layout yang Anda inginkan secara langsung.

Salah pilih tipe layout? Tenang, Anda masih bisa menggantinya di menu Row dalam Global Style. 

2. Mengatur Heading Jadi Lebih Praktis

Kali ini, Gutenberg juga memperkenalkan shortcut baru untuk memberikan workflow yang lebih baik bagi penggunanya. 

Hanya dengan tekan tombol Ctrl + Option (Alt) + [1-6], Anda bisa mengubah block paragraf menjadi sebuah heading. Canggih sekali, ‘kan?

3. Tambahan Minimum Height Control

Pengguna Gutenberg melaporkan bahwa setiap kali mereka menambahkan footer pada halaman yang tidak memiliki konten, posisi footer yang seharusnya ada di dasar halaman justru berada di bagian tengah. 

Itulah mengapa Gutenberg 14.6 menghadirkan Minimum Height control supaya pengguna bisa mengatur tinggi block keinginan. 

Untuk sekarang, kontrol ini baru tersedia di Group dan Post Content block

4. Opsi Baru di Menu Columns

Menu Columns juga menjadi target pembaruan Gutenberg 14.6. Kini, Anda bisa mengubah sebuah kolom menjadi block yang terpisah dengan fitur Unwrap. 

Fitur ini akan memudahkan Anda kalau ingin memisahkan sebuah kolom. Setelah klik kolom yang ingin dipisah, Anda tinggal klik icon Columns, lalu pada menu Transform to pilihlah Unwrap

5. Lebih Mudah Mengedit Navigation Block

Mengelola urutan item di Navigation Block kini jadi lebih mudah! Gutenberg 14.6 memungkinkan Anda memodifikasi urutan item melalui pengaturan block yang ada di sidebar. 

Hampir mirip dengan List View di Document Overview, bedanya fitur ini hanya dipergunakan untuk mengelola Navigation Block yang sedang diedit. 

6. Tampilan Baru Document Outline

Di versi Gutenberg 14.4, List View dan Details berada pada icon yang terpisah di panel Document Overview. Icon Details menunjukkan informasi seperti jumlah kata, karakter, hingga paragraf. 

Kini, icon Details dihilangkan dan keterangan jumlah kata hingga waktu baca dipindahkan di bagian bawah panel Document Outline. Hal ini membuat tampilan panel terlihat lebih rapi dibanding versi sebelumnya.

7. Block Spacing Control Punya Visualisasi yang Lebih Oke

Gutenberg juga membawa pembaruan pada block spacing control yaitu peningkatan tampilan visual pada editor. Dengan tambahan visualisasi ini, pengguna bisa melihat secara langsung perubahan yang terjadi saat mengotak-atik tombol kontrol.

8. Page List dalam Anakan Container Block Bisa Diedit

Seorang pengguna melaporkan bahwa dia tidak bisa mengedit Page List yang berada dalam anakan dari Container Block seperti Navigation Block. Pengguna tersebut harus melakukan beberapa kali klik sebelum tombol edit muncul di atas block tersebut. 

WordPress merespon kendala yang terjadi pada pengguna tersebut.

Nah, update ke Gutenberg versi terbaru akan memungkinkan pengguna mengedit Page List hanya dalam satu kali klik.

9. Perubahan Design Font Size Picker

Terakhir, ada penambahan slider bar pada font size picker untuk memudahkan kustomisasi ukuran font di Gutenberg. 

Perubahan ini diterapkan pada panel Global Style dan Storybook. Perbedaan di antara keduanya adalah font size picker di Storybook memiliki reset button.

Nah, itu dia beberapa perubahan pada Gutenberg yang layak Anda ketahui. Sebetulnya, masih banyak perubahan yang dihadirkan versi terbaru editor ini. Namun, sederet pembaruan di atas-lah yang paling menonjol di antara yang lain.

Nah, kalau Anda ingin mencoba Gutenberg versi teranyar, ketahui cara update-nya di poin berikut ini.

Baca juga: Rilis Update Maintenance, WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Mau Menikmati Fitur Baru di Gutenberg 14.6? Update Sekarang!

Gutenberg adalah editor resmi WordPress yang sudah langsung tertanam  di core WordPress. Untuk bisa menikmati fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh Gutenberg, Anda harus rutin mengupdate WordPress .

Update WordPress bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti dilakukan manual melalui menu Updates di dashboard. Namun, ada cara yang lebih praktis yaitu dengan fitur Auto Update WordPress di Member Area Niagahoster.

Nah, kalau Anda ingin merasakan kemudahan dari fitur Auto Update WordPress, Anda bisa langsung mencobanya dengan berlangganan WordPress Hosting dari Niagahoster. 

Tak hanya menyediakan Auto Update WordPress, layanan hosting ini punya keunggulan lain yang tak kalah keren lho…

Ada WordPress Management yang memudahkan Anda mengelola WordPress, Plugin & Theme Management untuk mengelola plugin dan tema dengan mudah, sampai WordPress Accelerator yang membuat akses website jadi super gesit. 

Menarik, ‘kan? Tunggu apa lagi, yuk langganan WordPress Hosting Niagahoster sekarang!

Sumber: Gutenberg 14.5, Gutenberg 14.6

Aura Nisrina Hesanty

I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Share
Published by
Aura Nisrina Hesanty
Tags: gutenberg

Recent Posts

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

2 days ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

2 days ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

3 days ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

3 days ago

Produk Unggulan Niagahoster sebagai Alternatif Layanan EazyLink

Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!

6 days ago

Apa Itu Reseller? Contoh, Cara Kerja, dan Tips Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…

1 week ago