Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Gutenberg 14.4 Rilis, Bawa Distraction Free Mode & Banyak Lagi!

3 min read

22_8_15_Gutenberg 13.7 Sudah Rilis, Apa Saja Fitur Barunya

Gutenberg 14.4 resmi dirilis pada tanggal 26 Oktober 2022 lalu. Meski bukan merupakan update besar-besaran, versi terbaru dari editor resmi WordPress ini membawa beberapa perubahan menarik.

Salah satunya yaitu Distraction Free Mode, yang digadang-gadang bakal meningkatkan pengalaman menulis penggunanya. Nah, Anda penasaran apa saja fitur baru dan perbaikan Gutenberg 14.4?

Langsung saja, ini dia informasi selengkapnya!

Fitur Baru dan Perubahan Gutenberg 14.4

Gutenberg 14.4 membekali diri dengan sederet fitur baru dan perubahan yang membuatnya lebih unggul dibanding pendahulunya, seperti:

1. Distraction Free Mode guna Meningkatkan Fokus

Fitur baru Gutenberg 14.4 yang paling menarik perhatian adalah Distraction Free Mode. Distraction Free adalah mode tampilan editor yang menyembunyikan beberapa elemen interface, seperti sidebar dan toolbar bagian atas.

gutenberg 14.4 distraction free mode

Fitur yang bisa ditemukan di toolbar atas ini bermanfaat untuk meningkatkan fokus Anda ketika menulis. Sebab, isi konten Anda akan ditempatkan lebih ke tengah dan Anda terhindar dari distraksi untuk mengotak-atik aspek tampilan lain.

Baca juga: Cara Menggunakan Editor Gutenberg 

2. Preview Pattern yang Lebih Besar di Inserter

Perubahan besar lainnya di Gutenberg 14.4 adalah Inserter Pattern yang didesain ulang. Kini, masing-masing Pattern akan dipisahkan menurut kategorinya. Misalnya, Header, Button, Column, dan sebagainya.

gutenberg 14.4 preview pattern

Selain itu, preview Pattern juga dibuat lebih besar dari sebelumnya. Sehingga, Anda punya gambaran lebih bagaimana tampilan Pattern tersebut. Setelah memilih Pattern, Anda bisa menambahkannya ke editor secara mudah dengan cara drag and drop.

3. Setting Image Caption dari Block Toolbar

Selama ini Anda kesulitan menambahkan caption gambar? Tenang! Di Gutenberg 14.4 Anda bisa dengan mudah menambahkan, mengedit, atau menghapus Image Caption langsung dari Block Toolbar.

gutenberg 14.4 image caption

Oh ya, jika Anda sudah pernah mensetting caption ke gambar sebelumnya, maka caption tersebut akan diikutsertakan setiap kali Anda menambahkan gambar yang sama ke konten.

Baca juga: Gutenberg 14.2

4. Lock Navigation Block untuk Membatasi Pengeditan

Navigation Block juga salah satu fitur yang dipermak di Gutenberg 14.4. Kini, ia menyediakan opsi Lock Navigation yang berguna untuk membatasi pengeditan konten dan perubahan tampilan di block-block turunan, seperti Link dan Submenu.

Opsi ini sangat berguna, terutama jika Anda ingin menggunakan komponen Block Template di tema WordPress berjenis Classic.

5. Perbaikan Fluid Typography pada Ukuran Font

Fluid Typography adalah kemampuan font dalam menyesuaikan size, mengikuti besar kecilnya ukuran jendela layar. Fluid Typography ini sebenarnya sudah dikenalkan sejak Gutenberg 13.8 dirilis.

fluid typography before
Teks ukuran default
fluid typography after
Teks ukuran fluid

Bedanya di Gutenberg 14.4, ukuran font akan otomatis dikonversi dari custom size menjadi fluid, setiap kali Anda mengaktifkan opsi Fluid Typography.

6. Peningkatan Loading Time di Gutenberg 14.4

Perbaikan terakhir di Gutenberg 14.4 adalah dari segi performa. Terutama, jika diukur berdasarkan Loading Time dan Keypress Event (kecepatan pengetikan). Nah, berikut hasil uji performa Gutenberg 14.4 vs Gutenberg 14.3:

Post Editor

Versi GutenbergLoading TimeKeypress Event
Gutenberg 14.414.9 detik78.81 milisekon
Gutenberg 14.315.3 detik84.59 milisekon

Site Editor

Versi GutenbergLoading TimeKeypress Event
Gutenberg 14.41.5 detik77.73 milisekon
Gutenberg 14.34.7 detik75.05 milisekon

Sebenarnya, masih ada beberapa perubahan lain yang dijejalkan di Gutenberg 14.4. Namun, enam poin di atas adalah yang paling menonjol di antara yang lain. Nah, Anda sudah tidak sabar ingin menjajal Gutenberg versi mutakhir ini?

Yuk meluncur ke poin selanjutnya!

Baca juga: Easy Digital Downloads 3.1

Bagaimana Cara Menggunakan Gutenberg 14.4 Terbaru?

Gutenberg adalah fitur bawaan yang tertanam langsung di core WordPress, sejak perilisan WordPress 5.0. Maka seharusnya, WordPress versi terbaru nantinya akan menghadirkan Gutenberg 14.4.

Namun jika Anda sudah tidak sabar ingin merasakan kecanggihan Gutenberg 14.4, Anda bisa menginstallnya sebagai plugin terpisah, kok. Caranya juga sama persis seperti ketika Anda memasang plugin lain.

Pertama, pastikan Anda sudah masuk ke dashboard WordPress. Kemudian, akses menu Plugins > Add New dari sidebar sebelah kiri.

dashboard plugins

Di halaman Add Plugins, cukup tuliskan Gutenberg di kotak pencarian. Jika plugin Gutenberg sudah muncul, cukup klik Install lalu Activate untuk menginstall plugin yang satu ini.

install gutenberg

Namun jika Anda ragu kalau Gutenberg ini merupakan versi terbaru atau bukan, silakan pilih opsi More Details terlebih dahulu. Nantinya, akan muncul pop up berisi versi terbaru Gutenberg. Baru setelahnya, Anda bisa klik Install.

more details gutenberg 14.4

Selamat! Anda sudah berhasil menginstall Gutenberg 14.4 terbaru. Mudah sekali, bukan? Kini, Anda bisa mencoba sendiri fitur-fitur baru yang ditawarkan editor WordPress ini.

Baca juga: WooCommerce Blocks 8.6.0

Dapatkan Fitur Terbaru dengan Rutin Update WordPress!

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui info seputar perilisan Gutenberg 14.4 dan fitur-fitur barunya. Anda juga sudah paham bagaimana cara untuk menjajal Gutenberg versi mutakhir ini di website WordPress Anda.

WordPress memang platform yang sering menerima pembaruan. Makanya, Anda juga harus rutin mengupdate WordPress agar bisa menikmati fitur-fitur baru yang mereka sediakan.

Bicara soal memperbarui WordPress, Anda sebenarnya bisa melakukannya secara manual via menu Updates di dashboard. Hanya saja, cara ini agak merepotkan karena harus dilakukan berulang kali setiap update terbaru muncul.

Untungnya, sekarang sudah ada solusi praktisnya, yaitu dengan mengaktifkan fitur Auto Update WordPress. Dengan fitur ini, komponen WordPress seperti plugin, tema, maupun core WordPress akan diperbarui secara otomatis.

Fitur ini bisa Anda nikmati dengan berlangganan layanan Niagahoster. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah.

Anda tinggal login ke Member Area Niagahoster. Kemudian, klik WordPress Management > Website dari sidebar sebelah kiri. Di halaman selanjutnya, klik menu Auto Update dan lakukan pengaturan seperti berikut:

fitur auto update wordpress

Bagi Anda pelanggan hosting Niagahoster yang saat ini menggunakan WordPress, silakan langsung memanfaatkan fitur yang satu ini.

Nah, kalau Anda ingin mendapatkan manfaat lebih dari WordPress, tak ada salahnya menjajal layanan WordPress Hosting Niagahoster. Tak cuma kemudahan mengupdate WordPress lewat Auto Update WordPress, fitur lainnya juga tak kalah ciamik.

Misalnya Single Click Admin Login untuk login ke WordPress tanpa menginput username dan password, Plugin & Theme Management guna mengelola plugin dan tema secara mudah, hingga WordPress Accelerator untuk mempercepat website secara instan.

Jadi tunggu apa lagi, yuk beralih ke WordPress Hosting Niagahoster sekarang!

Sumber

Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *