Muhammad Ariffudin SEO | Content | Tech Writing

Gutenberg 13.7 Sudah Rilis, Apa Saja Fitur Barunya?

3 min read

Featured Image Panduan-Menggunakan-Reusable-Blok-Gutenrberg-di-WordPress

Kabar gembira bagi Anda pengguna WordPress! Pada 20 Juli 2022 lalu, Gutenberg selaku editor resmi dari platform CMS tersebut merilis versi terbarunya yang diberi nama Gutenberg 13.7.

Meski bukanlah update besar-besaran, Gutenberg 13.7 tetap membawa beragam fitur baru yang menarik untuk disimak. Apa saja fitur barunya? Ingin tahu cara update ke Gutenberg 13.7 baru?

Temukan semua jawabannya di artikel kali ini!

Gutenberg 13.7 Terbaru Resmi Dirilis

logo gutenberg

Pada tanggal 20 Juli 2022 waktu setempat, laman resmi WordPress mempublikasikan rilisan terbaru Gutenberg, yaitu Gutenberg 13.7.

Gutenberg adalah editor postingan WordPress yang mengusung konsep UI berbasis block. Itulah mengapa, Gutenberg lebih dikenal dengan nama Block Editor. Nah, Gutenberg sendiri sudah digandeng sebagai editor resmi WordPress sejak WordPress 5.0 diluncurkan ke publik.

Kembali ke Gutenberg 13.7, kami sudah sampaikan bahwa versi teranyar ini bukanlah termasuk major update. Artinya, Anda tidak akan menemukan perubahan drastis di editor yang satu ini.

Pun demikian, Gutenberg 13.7 tetap menyediakan sederetan fitur-fitur baru yang sanggup memanjakan penggunanya. Apa sajakah itu? Jawabannya ada di poin selanjutnya!

Baca juga: Cara Menggunakan Editor Gutenberg

Apa Saja Fitur Baru Gutenberg 13.7?

Berikut beberapa fitur baru Gutenberg 13.7 yang tak hanya menarik, tapi juga menciptakan pengalaman membuat postingan WordPress Anda jadi lebih menyenangkan:

1. Container Block dengan Kunci Sekali Klik

container block lock gutenberg 13.7

Gutenberg 13.7 hadir dengan opsi mengunci satu atau beberapa Block sekaligus hanya dengan sekali klik. Hal itu dapat menghindarkan Anda dari kejadian Block yang tak sengaja berubah, ketika Anda sedang mengotak-atik sesuatu.

Oh ya, fitur ini bisa digunakan untuk beberapa jenis Container Block. Misalnya seperti Cover, Group, dan Column.

Baca juga: Cara Menggunakan Reusable Block Gutenberg

2. Modal Design dengan Tampilan Baru

modal design blur background gutenberg 13.7

Modal, atau menu pop up yang muncul ketika Anda men-setting sesuatu, juga mendapatkan sentuhan baru di Gutenberg 13.7. Kali ini, saat Anda mengakses Modal, tampilan background akan otomatis menjadi blur.

Selain tampak lebih segar, fitur blurring background ini membantu Anda lebih fokus ketika mengkonfigurasi settingan. Sehingga, tidak terdistraksi tampilan di belakangnya.

3. Template System dengan Opsi Lebih Beragam

template system various options gutenberg 13.7

Gutenberg 13.7 juga menghadirkan perubahan pada Template System. Di sini, Anda diberi lebih banyak opsi untuk membuat dan mengedit template baru secara lebih spesifik. Misalnya, Custom Template berdasarkan penulis, jenis topik, dan masih banyak lagi.

Manfaatnya, Anda terhindar dari melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang. Alias, Anda cukup membuat satu template di awal untuk selanjutnya dipakai lagi di kesempatan lain.

featured image media placeholder gutenberg 13.7

Satu lagi fitur baru Gutenberg 13.7 yang akhirnya muncul setelah lama dinantikan. Kini, ada opsi untuk menggunakan gambar sebagai Featured Image, langsung ketika mengupload gambar tersebut.

Hal ini tentu saja jauh lebih praktis dari metode sebelumnya di mana Anda perlu mengakses sidebar sebelah kanan untuk men-setting Featured Image.

5. Time to Read untuk Postingan Blog

time to read gutenberg 13.7

Time to Read adalah fitur baru di Gutenberg 13.7 yang berfungsi untuk memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk membaca sebuah postingan blog hingga tuntas. Perhitungannya berdasarkan jumlah kata, karakter, paragraf, dan lain-lain.

Dengan begitu, pengunjung blog atau website Anda sedikit mendapat spoiler apakah postingan yang akan mereka baca bisa diselesaikan dalam waktu singkat, atau sebaliknya.

6. Sidebar Settings yang Lebih Rapi

sidebar settings gutenberg 13.7

Tak lupa, Sidebar Settings di sebelah kanan juga mendapat modifikasi pada Gutenberg 13.7 ini. Sekarang, tampilan Sidebar Settings terlihat lebih rapi. Terutama opsi Template, Post format, Slug, dan Author yang diatur secara simetris.

Berbeda dengan tampilan Sidebar Settings versi sebelumnya yang, tata letak empat opsi di atas tampak sangat berantakan dan tidak sedap dipandang mata.

Sebenarnya, masih banyak fitur baru yang dimunculkan di Gutenberg 13.7. Hanya saja, rentetan fitur di atas-lah yang kami anggap paling menonjol perubahannya.

Nah, Anda ingin menjajal versi terbaru editor ini? Yuk langsung menuju poin di bawah!

Baca juga: Cara Menggunakan WordPress

Bagaimana Cara Update ke Gutenberg 13.7?

Mengingat statusnya sebagai editor resmi WordPress, Gutenberg otomatis sudah tertanam di core atau inti WordPress. Makanya agar bisa menikmati Gutenberg 13.7, Anda wajib memakai versi WordPress paling mutakhir.

Hingga artikel ini diturunkan, WordPress berada di versi 6.0.1. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengetahui dan memperbarui versi WordPress?

Gampang, kok. Anda cukup masuk ke dashboard WordPress. Lalu, klik menu Update di sidebar sebelah kiri. Jika WordPress Anda sudah diperbarui, berikut tampilan yang muncul:

core wordpress terbaru

Sebaliknya jika Anda melihat tampilan di bawah, artinya Anda perlu mengupdate WordPress. Langsung saja klik tombol Update yang ditandai merah.

versi baru wordpress tersedia

Silakan tunggu, update versi WordPress akan berlangsung. Jika sudah, ini dia outputnya:

update wordpress 6.0 berhasil

Selamat! Anda berhasil mengupdate core WordPress ke versi terbaru. Kini, Anda bisa menjajal fitur-fitur baru Gutenberg 13.7 deh!

Baca juga: WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan & Fitur Baru!

Ingin Lebih Praktis? Aktifkan Fitur Auto Update!

Mengupdate core WordPress memang mudah. Namun terkadang, hal ini lumayan merepotkan. Bagaimana tidak, Anda harus melakukannya secara manual, tiap kali versi terbaru WordPress dirilis.

Untungnya, kami punya solusi yang jauh lebih praktis. Caranya, dengan mengaktifkan fitur Auto Update WordPress. Fitur ini kami ciptakan khusus untuk Anda pelanggan setia Niagahoster.

Cara mengaktifkannya gampang banget. Anda cukup berkunjung ke Member Area Niagahoster > WordPress Management > Website. Di halaman tersebut, klik opsi Auto Update dan lakukan konfigurasi seperti berikut:

fitur auto update wordpress

Selamat, Anda berhasil mengaktifkan Auto Update WordPress! 

Oh ya, selain untuk core atau versi WordPress, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengupdate tema dan plugin WordPress secara otomatis, loh!

Dengan begitu, pengalaman mengelola dan berkreasi di website WordPress Anda menjadi lebih menyenangkan, karena selalu memakai komponen terbaru. Keren banget, kan?

Nah, Anda yang tertarik dengan kemudahan di atas bisa langsung mencoba layanan WordPress Hosting dari Niagahoster. Layanan yang dirancang khusus untuk website WordPress ini punya banyak fitur unggulan.

Selain Auto Update WordPress yang tadi disebutkan, ada juga Single Click Login untuk masuk ke dashboard WordPress tanpa input username dan password. Tak lupa, ada menu WordPress Management yang disiapkan agar Anda mudah mengelola WordPress.

Yuk jajal layanan WordPress Hosting Niagahoster sekarang juga!

Sumber:
What’s new in Gutenberg 13.7? (20 July)
WordPress Releases Gutenberg 13.7 – Focused on Workflow and Better UI

Muhammad Ariffudin SEO | Content | Tech Writing

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]