Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Cara Transfer Google Domains ke Niagahoster (Cuma 4 Langkah!)

2 min read

Google Domains tutup! Eits, jangan khawatir. Kalau sedang mencari alternatif lain, Anda bisa mencoba segala keunggulan yang ditawarkan oleh Niagahoster. Termasuk cara transfer Google Domains ke Niagahoster yang anti ribet.

Nah, di artikel ini, kami akan memandu Anda mentransfer domain ke Niagahoster dari Google Domain. Tak perlu berbasa-basi lagi, yuk meluncur ke tutorialnya!

Apa Itu Google Domain?

Google Domain adalah layanan dari Google yang menyediakan pendaftaran domain yang dirilis pada tahun 2014. Layanan ini menyediakan platform yang mudah digunakan dan ramah pengguna bagi bisnis dan individu untuk mendaftar dan mengelola domain mereka. 

Namun, Google memutuskan untuk menutup layanan ini pada Juni 2023. Dengan ditutupnya Google Domains, banyak pengguna yang mencari alternatif penyedia domain lain dengan fitur dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan.

Kalau mencari proses yang mudah, Anda bisa mencoba cara transfer domain ke Niagahoster. Di Niagahoster, Anda akan menikmati keunggulan seperti proses transfer yang mudah dan cepat, harga transfer yang ramah di kantong, hingga dukungan CS yang siap sedia selama 24 jam penuh!

Mau tahu cara memindahkan Google Domains ke Niagahoster? Simak tutorial lengkapnya berikut ini!

Cara Transfer Google Domains ke Niagahoster

Ini dia cara memindahkan Google Domains ke Niagahoster yang bisa Anda ikuti:

  1. Unlock Domain di Google Domains
  2. Dapatkan Kode Otorisasi
  3. Transfer Google Domain ke Niagahoster
  4. Periksa email dan lakukan otorisasi

Mari simak cara transfer Google Domains Niagahoster selengkapnya.

1. Unlock Domain di Google Domains

Langkah pertama dalam cara transfer Google Domains ke Niagahoster adalah membuka kunci domain. 

Penguncian domain adalah tindak keamanan yang umum dilakukan oleh registrar untuk melindungi domain dari upaya transfer yang tidak sah atau tanpa izin dari pemiliknya.

Untuk melakukan unlock domain, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Akses situs Google Domains dan klik tombol Sign In. Isi alamat email dan password di kolom yang tersedia untuk login ke akun Anda.
  1. Masuk ke menu My domains dan pilih domain yang akan ditransfer dengan klik tombol Manage.
  1. Setelah masuk ke halaman pengelolaan Domain, klik menu Registration Settings di sidebar.
  1. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan bagian Domain is locked. Klik toggle di sebelah kanan untuk mengubah pengaturan ke Unlock.

2. Dapatkan Kode Otorisasi

Selain unlock domain, cara transfer Google Domains ke Niagahoster yang berikutnya adalah memperoleh kode EPP (Extensible Provisioning Protocol). 

Bagi yang belum tahu, kode EPP adalah kode otorisasi untuk memindahkan domain dari registrar lama ke registrar baru. Registrar memberikan kode ini untuk membantu mengidentifikasi pemilik nama domain yang terdaftar.

Masih di halaman menu Registration Settings, scroll ke bawah sampai Anda menemukan bagian Transfer out. Klik Get Auth Code untuk mendapatkan kode EPP.

3. Transfer Google Domain ke Niagahoster

Setelah berhasil mendapatkan kode EPP, ikuti tutorial berikut ini untuk melakukan transfer Google Domain ke Niagahoster.

  1. Pertama-tama, buka halaman web transfer domain Niagahoster.
  2. Di kolom yang tersedia, masukkan nama domain yang ingin dipindahkan ke Niagahoster, lalu klik Transfer Domain.
  1. Anda akan diarahkan menuju halaman berikutnya. Di sini, masukkan kode EPP dari Google Domains dan klik Simpan.
  1. Apabila kode EPP benar, Anda akan melihat informasi durasi transfer dan biaya yang diperlukan. Untuk melanjutkan prosesnya, klik Transfer Domain.
  1. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan tawaran berbagai pilihan layanan hosting dari Niagahoster. Klik paket hosting sesuai kebutuhan atau klik pilihan Tanpa Hosting jika hanya ingin melakukan transfer domain.
  1. Di sebelah kanan, Anda akan melihat detail total biaya transfer domain. Pastikan detail sudah sesuai, lalu klik tombol Lanjutkan.
  1. Pilih metode pembayaran sesuai preferensi Anda. Jika sudah, klik tombol Masuk untuk Checkout.
  1. Di popup yang muncul, login atau daftar akun Niagahoster untuk melanjutkan proses pembayaran.
  1. Untuk melanjutkan proses transfer domain, ikuti instruksi untuk pembayaran sesuai nominal.

4. Periksa Email dan Lakukan Otorisasi

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan menerima link otorisasi melalui alamat email. Klik link tersebut untuk melakukan verifikasi.

Jika sudah, Anda tinggal menunggu proses transfer Google Domains ke Niagahoster dalam waktu maksimal 5 hari. Dalam jangka waktu tersebut, Anda akan menerima email konfirmasi bahwa transfer domain berhasil.

Dapatkan Domain Terbaik di Penyedia Hosting yang Tepat!

Sampai sini, Anda sudah mengikuti cara transfer Google Domain ke Niagahoster sampai tuntas. Proses transfer ini cukup praktis, asalkan Anda sudah memenuhi persyaratan yang diperlukan. Syarat-syarat tersebut bisa dilihat di gambar berikut:

Tapi, kenapa sih harus transfer domain ke Niagahoster? Apa bedanya dengan penyedia domain yang lain? Sebab, dengan memindahkan Google Domain ke Niagahoster, Anda akan mendapatkan berbagai kelebihan menarik. Apa saja?

Pertama, transfer domain Niagahoster hanya butuh waktu singkat, maksimal 5 hari. Kedua, tersedia berbagai opsi paket transfer domain dengan harga terjangkau.

Ketiga, Niagahoster adalah penyedia layanan domain terpercaya yang sudah terakreditasi ICANN. Terakhir, Anda bisa menghubungi tim CS Niagahoster kapan saja jika perlu bantuan selama proses transfer domain berjalan. Tim CS Niagahoster siap membantu selama 24 jam penuh!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, transfer Google Domain Anda ke Niagahoster sekarang!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *