Bisnis Online

Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

Apa yang muncul di hasil pencarian Google ketika orang-orang mengetikkan nama bisnis atau produk Anda? Apakah sudah muncul informasi seperti gambar di bawah ini?

Informasi bisnis yang muncul di samping kanan hasil pencarian Google adalah fitur Google Bisnisku atau Google My Business untuk para pemilik bisnis.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah aplikasi bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Baca juga: Cara Menambahkan Google Maps di WordPress

Manfaat Google Bisnisku

Jika belum muncul informasi bisnis seperti gambar di atas, sebaiknya bisnis Anda segera memilikinya. Sebab Google Bisnisku memiliki sejumlah manfaat yang bisa menunjang kesuksesan bisnis Anda. Berikut adalah manfaat dan fungsi Google Bisnisku:

1. Menyediakan Informasi yang Valid

Di era digital orang-orang memiliki kebiasaan untuk melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Di Indonesia, 95 persen konsumen melakukan riset secara online melalui smartphone sebelum melakukan pembelian.

Jadi ketika para konsumen membeli produk, menggunakan jasa, mendatangi toko atau restoran Anda hampir bisa dipastikan mereka sudah mencarinya di Google. Banyaknya orang yang melakukan riset online sebelum membeli tentu menuntut Anda sebagai pemilik bisnis untuk memberikan online presence yang terbaik.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan informasi bisnis yang valid dan terpercaya. Google Bisnisku memungkinkan Anda untuk memberikan informasi bisnis yang valid dan terpercaya. Sebab, hanya pemilik bisnis terverifikasi yang bisa membuat Google Bisnisku.

2. Memberikan Informasi Lengkap dan Aktual

Selain informasi valid dan terpercaya, Anda juga harus memberikan informasi yang lengkap dan aktual. Di Google Bisnisku Anda bisa menampilkan informasi dari nama, deskripsi, jam operasional, sampai review pelanggan.

3. Bisnis Anda Muncul di Google Maps

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, kantor, restoran, atau perusahaan Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

Baca Juga: Panduan Lengkap Local SEO untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

4. Memudahkan Konsumen Menemukan Bisnis Anda

Selain muncul Google Maps, bisnis Anda juga akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google. Ketika orang-orang mencari nama bisnis Anda di Google, Google akan menampilkan informasi bisnis Anda di sebelah kanan hasil pencarian.

Saat orang-orang mencari kata kunci produk yang berkaitan dengan produk Anda pun, bisnis Anda juga bisa muncul di hasil pencarian.

Baca Juga: Strategi SEO Off Page

5. Mendapatkan Review dari Pelanggan

Manfaat yang satu ini juga penting untuk bisnis Anda, yaitu review pelanggan. Berdasarkan riset Trustklik 70 persen konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain. Bahkan mereka 12 kali lebih percaya kepada review online pelanggan lain dibanding keterangan dari produk itu sendiri.

Jika Anda berhasil memberikan produk dan pelayanan yang memuaskan, review pelanggan di Google Bisnisku bisa menjadi salah satu alat promosi bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Engagement Rate: Pengertian, Cara Mengukur, dan Tips Meningkatkannya!

6. Menjadi Media Komunikasi Pelanggan

Google Bisnisku tidak hanya menyediakan review pelanggan, tetapi juga fitur tanya jawab pelanggan. Pelanggan bisa mengajukan pertanyaan tentang bisnis Anda di Google Bisnisku. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh pelanggan lain atau oleh pemilik bisnis. 

7. Menjadi Alat Analisis Pelanggan

Di Google Bisnisku, Anda juga bisa melakukan analisis pelanggan dengan fitur Analytics. Dengan analisis sederhana dari Google Bisnisku, Anda bisa melihat performa marketing Anda, jumlah pelanggan yang menemukan bisnis Anda, dan interaksi pelanggan dengan bisnis Anda. 

Tapi, kalau Anda ingin memantau performa website bisnis Anda, coba gunakan tools Google Analytics atau Google Search Console. Tools tersebut akan memberikan analisis lebih lengkap soal kinerja website Anda.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing

Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

Berikut adalah cara daftar Google Bisnisku:

Langkah 1. Buka Google Bisnisku, lalu klik Mulai Sekarang

Langkah 2. Tulis nama bisnis Anda

Langkah 3. Isi lengkap alamat kantor, toko, atau restoran Anda.

Langkah 4. Sesuaikan alamat kantor Anda di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi alamat yang sudah Anda tulis.

Langkah 5. Tulis kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda mengelola sebuah restoran makanan Padang di Yogyakarta maka pilihlah kategori “Restoran”. Kategori bisnis ini akan memudahkan Google untuk mengelompokkan bisnis Anda di hasil pencarian. Ketika orang mencari “Restoran di Jogja” informasi bisnis Anda bisa muncul di hasil pencarian tersebut.

Langkah 6. Selanjutnya, isi no telepon atau HP yang khusus untuk menerima telepon dari pelanggan. Jika Anda sudah memiliki website, Anda bisa menuliskan alamat website Anda di bagian ini.

Jika belum memiliki website, Anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan WordPress. Website penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda.

Langkah 7. Anda bisa memilih untuk menerima newsletter dari Google atau tidak.

Langkah 8. Langkah terakhir ini adalah cara verifikasi Google Bisnisku. Verifikasi Google Bisnisku penting untuk melindungi bisnis Anda dari pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi bisnis Anda. Selain itu, bisnis yang telah diverifikasi dianggap bisnis dengan reputasi baik di mata pelanggan dibanding yang tidak.

Jika Anda sudah memasukkan informasi yang lengkap dan benar pilih verifikasi saat itu juga dengan mengisi nama penerima surat. Lalu klik Kirim Kartu Pos. Setelah itu tunggu surat dari Google datang ke alamat Anda. Selama proses verifikasi, Anda tidak bisa mengganti informasi yang sudah Anda tulis sebelumnya.

Langkah 9. Proses pengiriman surat Google berbeda-beda tergantung lokasi. Setelah mendapatkan suratnya, Anda bisa melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang terdapat dalam surat.

Langkah 10. Buka Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Verifikasi Google Bisnisku selesai.

Lengkapi Profil Google Bisnisku

Setelah selesai verifikasi, Anda bisa melengkapi informasi bisnis Anda. Saat pendaftaran, Anda baru mengisi alamat bisnis, kategori bisnis, informasi kontak, dan website. Setelah verifikasi Anda bisa menambahkan berbagai informasi pendukung. Berikut informasi-informasi yang perlu Anda tambahkan:

1. Deskripsi Bisnis

Tuliskan deskripsi bisnis Anda dalam 750 karakter. Manfaatkan fitur ini untuk menjelaskan bisnis Anda kepada para calon pelanggan. Berikan deskripsi singkat dan jelas. Bisnis Anda bergerak di bidang apa, produk unggulan Anda, dan berbagai informasi penting lainnya. Anda juga dapat melakukan edit deskripsi Google Bisnisku jika dilain  waktu terdapat perubahan.

2. Foto

Meskipun foto bersifat opsional, foto adalah salah satu komponen penting di Google Bisnisku. Tambahkan foto kantor, perusahaan, pabrik, atau restoran Anda. Foto yang Anda unggah dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

3. Jam Operasional

Tambahkan juga jam operasional bisnis Anda agar memudahkan pelanggan untuk menentukan kapan mereka bisa datang ke tempat bisnis Anda. Terutama bagi bisnis-bisnis seperti restoran atau rumah makan.

4. Fasilitas

Agar pelanggan bisa mengetahui apa fasilitas yang ada di bisnis Anda, tambahkan juga informasi fasilitas yang Anda tawarkan. Misalnya, fasilitas-fasilitas seperti lounge khusus, tempat penitipan anak, outdoor dining, apakah bisnis Anda ramah untuk orang-orang disabilitas, dan lain-lain.

5. Menu

Anda juga bisa menampilkan menu di Google Bisnisku. Tampilkan menu atau produk andalan Anda di Google Bisnisku agar pelanggan bisa mengetahui apa saja yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Update Google Bisnisku Saat Corona

Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis, Anda dituntut untuk selalu terus belajar bisnis online supaya up to date dengan perkembangan perilaku target pasar Anda. Salah satunya adalah kebiasaan pelanggan yang selalu melakukan riset online sebelum melakukan pembelian.

Dengan adanya kebiasaan baru tersebut, Anda harus bisa mempromosikan bisnis Anda di tempat yang sering dikunjungi pelanggan untuk melakukan riset online sebelum pembelian, yaitu Google.

Bahkan, Google menyediakan Google tools khusus untuk para pemilik bisnis untuk dengan mudah mempromosikan bisnisnya, yaitu Google Bisnisku. Jadi, maksimalkan potensi Google Bisnisku untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di era digital.

Namun, menggunakan Google Bisnisku saja tidak cukup. Supaya komunikasi antar rekan kerja tetap lancar, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis seperti Slack atau Trello. Selamat mencoba, ya!

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok

Recent Posts

PTR Record: Pengertian dan Bagaimana Cara Melakukan PTR Record Check

Apakah email yang Anda kirim sering masuk ke folder spam penerima email? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah Anda belum…

2 days ago

Cara Membuat Plugin WordPress Sendiri dengan Mudah

Ingin belajar cara membuat plugin WordPress sendiri? Yuk baca artikel ini untuk bisa praktik membuat plugin WordPress sederhana!

2 days ago

Rayakan Hari Jadi ke-9, Niagahoster Adakan Charity di Berbagai Kota di Indonesia

9 tahun sudah perjalanan perusahaan web hosting Niagahoster dalam menyediakan layanan terbaik, stabil, cepat, dan mudah bagi semua orang. Dalam…

3 days ago

9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow

Sedang kehabisan inspirasi ngeblog? Jangan sedih. Seringkali untuk mengatasi writer’s block, Anda hanya perlu mengunjungi blog-blog lain atau blogwalking. Apalagi…

4 days ago

Cara Pasang Iklan di Google Ads untuk Pemula (Terbaru)

Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho. Perlu…

1 week ago

4 Cara Install Plugin WordPress dengan Mudah [Terlengkap]

Cara install plugin WordPress bisa dilakukan dengan 4 metode berbeda. Yuk praktikkan cara memasang plugin di WordPress pada artikel ini!

1 week ago