Salmaa Awwaabiin Dedicate herself to writing and sharing about Digital Marketing, SEO and WordPress.

Giveaway: Strategi Marketing Kekinian Buat Memikat Pelanggan

6 min read

Digital Marketing merupakan Upaya Jitu Promosi Bisnis

Giveaway adalah upaya membagikan hadiah atau sesuatu secara gratis untuk memasarkan bisnis. Bahkan, giveaway telah menjadi salah satu trend marketing andalan saat ini.

Kenapa begitu? Sebenarnya, apa itu giveaway?

Nah, di artikel ini, kami akan mengajak Anda mengenal arti giveaway, manfaat, jenis-jenisnya, serta cara membuat giveaway. Sebagai bonus, kami juga akan memberikan beberapa tips membuat giveaway semakin menarik. 

Sudah tidak sabar, ya? Mari kita mulai saja.

Apa itu Giveaway?

Giveaway adalah strategi promosi dengan membagikan hadiah kepada audiens dengan syarat tertentu. Biasanya, syaratnya sesuai tujuan giveaway, seperti berkomentar di postingan, hingga melakukan challenge.

Nah, meskipun asal kata give away adalah memberikan sesuatu dengan cuma-cuma, ketentuan program yang jelas merupakan bagian tidak terpisahkan dari aktivitas marketing ini.

Pada perkembangannya, giveaway menjadi sering dimanfaatkan untuk mempromosikan produk. Contoh giveaway yang sering ditemukan adalah giveaway Instagram seperti di bawah ini:

postingan giveaway yang diadakan niagahoster

Pada dasarnya, Anda bisa menjalankan giveaway pada platform digital manapun, entah itu website, forum, atau bahkan email.

Sampai di sini sudah semakin paham giveaway artinya apa? Lalu, jenis-jenis giveaway yang bisa dilakukan apa saja sih? Yuk kita lanjut ke bagian berikutnya.

Baca Juga: Online Marketing

Jenis-jenis Giveaway

Dalam pelaksanaannya, ada 2 jenis giveaway yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Self Giveaway 

Self giveaway adalah jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri. Jadi, semua kegiatan promosi, ketentuan, hingga hadiah, Andalah yang mengaturnya. 

Self giveaway biasanya dilakukan oleh pebisnis yang sudah berpengalaman, memiliki banyak konsumen, atau memiliki anggaran pemasaran khusus.

Syarat yang diminta juga bisa beda-beda sesuai tujuan. Misalnya, meminta peserta untuk follow akun media sosial, atau memberikan challenge berupa unggahan di akun media sosial. 

Begitu pula hadiahnya. Anda bisa memberikan hadiah berupa produk fisik digital sesuai jenis usaha Anda atau diskon dan lainnya. Contohnya, giveaway paket hosting dari Niagahoster.

salah satu contoh self giveaway yang didakan niagahoster

2. Sponsor Giveaway

Ingin membuat giveaway tapi tidak mau repot? Sponsor giveaway bisa jadi pilihan. Sponsor giveaway adalah giveaway yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, biasanya disebut host. 

Seluruh rangkaian acara giveaway, mulai dari informasi adanya program giveaway hingga siapa yang menang giveaway diatur oleh host. Anda cukup membayar jasa tersebut. 

Nah, karena jenis give away ini biasanya diikuti oleh beberapa brand sekaligus, event yang digelar akan tampak besar. 

Sponsor giveaway lebih banyak untuk tujuan brand awareness dan engagement. Tak heran, syarat umum dari jenis ini adalah mendapatkan sebanyak mungkin partisipan. 

Sponsor giveaway cocok bagi online shop pemula dengan audiens yang belum luas. Sebagai contoh, giveaway Instagram yang diselenggarakan oleh akun giveaway.aladdin:

salah satu contoh sponsor giveaway

Manfaat Giveaway

Bagi audiens, giveaway adalah peluang emas untuk mendapatkan hadiah secara cuma-cuma. Tapi, bagi bisnis, strategi give away juga punya banyak manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Jumlah Lead

Salah satu manfaat giveaway adalah bisa meningkatkan jumlah lead. Lead adalah calon konsumen potensial yang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini bisa dilakukan jika syarat mendapat hadiah giveaway adalah memberikan kontak yang bisa dihubungi.

Kontak untuk leads ini tentunya bukan sekadar nama dan nomor telepon, tapi bisa lebih beragam. Contohnya akun instagram, email, hingga nomor WhatsApp.

Berbekal kontak tersebut, Anda bisa mengirimkan informasi seputar bisnis Anda ketika menggelar promo atau merilis produk terbaru.

2. Menambah Engagement

Keuntungan mengadakan giveaway adalah meningkatkan engagement dari audiens. Engagement adalah komunikasi antara Anda dan konsumen.

Makin tinggi engagement di setiap channel pemasaran Anda, makin besar peluang membentuk pelanggan menjadi loyal. Dengan begitu, bisnis jadi lebih mudah berkembang.

meme tentang engagement

Engagement bisa menunjukkan bagaimana konsumen mempercayai produk Anda. Di sisi lain, Anda juga bisa mendapatkan feedback untuk mengembangkan produk jika konsumen mengatakan masih terdapat kekurangan. 

Baca Juga: Strategi Marketing Instagram

3. Menguatkan Brand Awareness

Selanjutnya, manfaat giveaway adalah meningkatkan pemahaman konsumen tentang brand. Dengan program bagi hadiah seperti ini, mereka bisa mengenal bisnis Anda dengan mudah.

Brand awareness adalah kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Mulai dari nama, logo, tagline, warna, dan hal lain terkait brand tersebut. 

Giveaway sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Apa alasannya? 

  • lebih mudah menjaring konsumen baru
  • membangun kepercayaan terhadap brand tersebut 
  • membentuk konsumen yang loyal

Mari ambil contoh lain. Apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar di bawah ini?

brand air mineral yang memiliki awareness tinggi

Seberapa banyak dari Anda menyebut air mineral dengan Aqua? Padahal banyak merek selain itu. Nah, itu karena brand Aqua sudah sangat kuat. Tingkat brand awareness seperti itu yang perlu didapatkan.

Nah, kalau Anda sering menggelar program giveaway untuk mengenalkan produk, brand awareness juga akan ikut terdampak positif.  

4. Ajang Promosi Mulut ke Mulut yang Efektif 

Giveaway juga bisa menjadi salah satu promosi yang menguntungkan. Salah satunya, pemasaran dari mulut ke mulut. 

meme promosi dari mulut ke mulut

Promosi dari mulut ke mulut belum ketinggalan zaman. Faktanya, 90% orang masih membeli barang hasil rekomendasi dari temannya. Semakin sering sebuah brand diperbincangkan, semakin dikenal brand itu.

Pada akhirnya, hal ini akan dapat meningkatkan kepercayaan pada sebuah produk dan mendorong penjualan.

Di era digital seperti sekarang, promosi mulut ke mulut menjadi jauh lebih luas dampaknya. Sebab, bisa dilakukan di berbagai platform dalam bentuk testimoni, review dan lainnya. 

Baca Juga: Cara Sukses Jualan Online

Ngomong-ngomong tentang promosi, Niagahoster juga punya diskon spesial domain & hosting untuk Anda. Yuk dilihat!

5. Hemat Budget

Giveaway itu hemat budget? Lho, bukannya malah boros ya karena bagi-bagi hadiah?

Sekilas memang terlihat demikian. Tapi, sebenarnya dengan anggaran minim, hasil yang Anda dapat lebih optimal lho. Coba bandingkan dengan memasang iklan di baliho. Untuk dapat audiens banyak, harus semakin banyak yang dipasang, bukan?

Dengan giveaway, nilai hadiah bisa disesuaikan, audiensnya jauh lebih spesifik dan engagementnya lebih bisa diukur. Kalau mendapatkan leads, daftar calon konsumennya juga lebih potensial.  

Dengan biaya yang cukup minim, exposure (jangkauan) promosinya bisa lebih luas. 

meme hemat pangkal kaya

6. Program Mudah Dijalankan

Dibandingkan strategi pemasaran lain, giveaway lebih mudah untuk dijalankan. Inilah manfaat giveaway yang paling mudah dikenali. Kenapa demikian?

Program berbagi diskon paling banyak menarik perhatian dengan konsep yang sederhana. Jadi, ketika Anda sudah menentukan target audiens, jenis hadiah giveaway dan persyaratannya, give away bisa langsung digelar.

Bahkan, dengan berbagai channel marketing yang ada, Anda bisa dengan mudah menjalankannya dengan segera. Misalnya, melalui website atau media sosial.

5 Cara Membuat Giveaway yang Menarik

Dengan manfaat give away yang banyak, Anda makin ingin tahu cara membuat giveaway, bukan? Nah, ini dia langkah-langkahnya:

1. Menentukan Tujuan Giveaway 

Langkah pertama untuk membuat giveaway adalah menentukan tujuan. Anda ingin followers tambah banyak, produk tambah laris, atau ingin lebih dekat dengan pelanggan?

Coba perhatikan postingan giveaway di bawah ini:

menentukan tujuan adalah langkah pertama yang harus dilakukan

Kira-kira apa tujuan giveaway yang dilakukan oleh Cakekinian? 

Ya betul, untuk meningkatkan engagement. Inilah contoh giveaway yang paling sering dilakukan untuk produk yang sudah dikenal.

Dengan event tersebut, pelanggan jadi berkesempatan untuk berbagi pengalaman tentang produk cakekinian. Apalagi kalau testimoninya positif, tentu bisa meningkatkan kepercayaan pada brand tersebut.

bukti keberhasilan tujuan giveaway

2. Memilih Hadiah Giveaway yang Pas

Pilihlah hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuan promosi dan audiens Anda.

Katakanlah, Anda ingin mendapatkan leads. Nah, salah satu hadiah yang efektif, tentu membagikan produk Anda sendiri. Kenapa demikian?

Pertama, jika banyak yang menjadi peserta, artinya produk Anda diinginkan konsumen. Jadi, akan banyak leads yang bisa didapatkan. Kedua, Anda memberikan kesempatan peserta menggunakan produk Anda dengan hadiah yang dibagikan. 

Sebagai contoh, giveaway yang dilakukan oleh gamisjumbo.ig. Peserta cukup  mengirim pesan WA ke admin Gamis Jumbo agar berkesempatan mendapatkan produk gamis mereka.  

pilih hadiah yang pas sesuai dengan tujuan

Dengan cara ini, tentu banyak nomor kontak WA yang bisa didapatkan gamisjumbo.ig. Pada akhirnya, nomor ini bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk gamis mereka lebih intensif.

Cek juga : Domain Murah Promo Niagahoster untuk Bisnis Anda!

3. Menentukan Persyaratan Giveaway 

Jika persyaratan sedikit dan hadiahnya banyak, tentu kemungkinan pesertanya makin banyak, kan? Namun, apakah sudah sesuai dengan tujuan give away Anda?

Sebuah event giveaway bisa saja meminta peserta untuk follow, like, komen, dan menandai teman. Syarat ini cocok untuk tujuan engagement. Sebab, akan mendorong interaksi peserta di akun media sosial Anda. 

Namun, jika tujuannya meningkatkan leads atau brand awareness, membuat challenge bisa sebagai syaratnya. Contohnya, event giveaway seperti di bawah ini:

tentukan persyaratan yang pas

Dalam postingan tersebut, Toko Mutiara meminta pesertanya untuk menghubungkan sebuah produk dengan varian yang tepat. Semakin banyak peserta yang menjawab varian produk tersebut, maka semakin banyak pula orang yang melihat. 

Tentu saja hal itu membuat suatu produk semakin familiar bukan? Nah, itulah pentingnya menentukan persyaratan sesuai dengan tujuan Anda. 

4. Menggunakan Hashtag

Anda  pernah kan melihat hashtag seperti #promo1212 atau #jualbajumurah? 

Hashtag berfungsi untuk mengelompokkan konten. Jadi, akan memudahkan audiens menemukan postingan Anda. Selain itu, hashtag bisa digunakan untuk menunjukkan brand atau kampanye promo yang dilakukan. 

Maka dari itu, jangan lupakan hashtag saat melakukan giveaway. Terutama, jika tujuan Anda adalah meningkatkan engagement.

Bahkan, menurut penelitian Simply Measured, hashtag dapat meningkatkan engagement hingga 12,6%. Yakin mau melewatkannya?

5. Mengumumkan Pemenang Giveaway

Di akhir periode giveaway, saatnya mengumumkan pemenangnya. 

Idealnya, pengumuman bisa menggunakan platform pada saat memulai event. Namun, bagi bisnis, akan lebih baik jika informasi tersebut juga ditampilkan di website resmi. Tujuannya, menghindari adanya upaya penipuan oleh pihak lain. 

Buatlah pengumuman yang resmi menggunakan brand Anda agar lebih terpercaya. Selain itu, jangan lupa segera hubungi pemenang untuk cara mendapatkan hadiahnya. 

Oiya, Anda bisa juga lho membuat postingan khusus untuk berterimakasih atas keikutsertaan audiens. Bila perlu, tampilkan hasil karya mereka jika persyaratan-nya berupa pengumpulan foto dan lainnya.

Tips Menggelar Giveaway yang Efektif

Sudah capek bikin giveaway, eh hasilnya tidak memuaskan..

Jangan sampai hal itu terjadi, ya. Nah, berikut ini kami berikan tips menggelar giveaway agar sesuai tujuan:

1. Adakan di Momen Tertentu 

mengadakan giveaway di momen tertentu

Tidak mungkin kan giveaway diadakan tiap hari? Selain akan menghilangkan kesan spesial, Anda juga akan boros anggaran.

Jadi, sebaiknya adakan giveaway di momen tertentu saja, ya! Sebagai contoh, saat momen hari raya dan hari promo belanja nasional. 

Contoh lain, selenggarakan saat momen pencapaian khusus seperti mendapatkan 100k followers. Nah. jika sudah meraih 200k followers, adakanlah giveaway lagi. Begitu seterusnya. Jadi, terasa spesial, bukan?

Dengan mengadakan pada momen-momen spesial, follower akan terus menantinya. Bukan tidak mungkin mereka akan terus memantau sosial media Anda. Baik sekedar info giveaway atau untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru. 

2. Jangkau Audiens yang Tepat  

Meskipun siapa saja bisa menjadi peserta giveaway, harapannya Anda dapat menyasar audiens yang tepat, bukan?

Oleh karena itu, pelajari siapa audiens Anda dengan membuat buyer persona. Lalu, adakan dengan hadiah yang menarik dan momen yang pas untuk mereka. Sebab, mereka inilah yang akan menjadi calon konsumen potensial Anda. 

Sebagai contoh, Lenovo menyelenggarakan giveaway saat launching produk terbarunya, yaitu Yoga Slim 7. 

jangkau audiens yang tepat

Dengan target content creator, hadiah berupa laptop dan headphone, tentu cukup relevan, ya? Apalagi, produk terbarunya sendiri, memang unggul dalam hal editing video. 

Bisa dibayangkan jika orang-orang yang akan mengikuti ajang tersebut tentu para content creator yang mengincar keunggulan-keunggulan Yoga Slim 7.   

3. Kerjasama dengan Brand Lain

Nah, tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan bekerja sama dengan brand lain. 

Namun, jangan sembarang memilih brand untuk kerja sama ya. Sebab, Anda perlu bekerja sama dengan brand yang memiliki target market yang sama. 

Sebagai contoh, Nakita.ID adalah platform media dengan audies ibu-ibu yang sudah memiliki anak. Saat mengadakan strategi ini, Nakita bekerja sama dengan Nuby Indonesia, yang menjual kebutuhan ibu dan anak. 

Dengan mengadakan kerja sama tersebut, kedua brand akan menjangkau audiens yang luas dan  tepat.

kerja sama dengan brand lain

Kenapa demikian?

Pertama, Nakita bisa lebih menguatkan brand sebagai media ibu dan anak dengan giveaway tersebut. Kedua, Nuby bisa mengenalkan produk perlengkapan kepada audiens Nakita. 

Saling menguntungkan, bukan?

Saatnya Berbagi Hadiah lewat Promo Giveaway!

Selamat! Sekarang Anda sudah belajar apa itu giveaway. Intinya, giveaway adalah sebuah win-win solution. Pemenang mendapatkan hadiah, Anda mendapatkan engagement, brand awareness atau leads.

Apapun jenis yang akan dibuat, langkahnya harus tepat lho. Anda bisa menggunakan lima cara seperti dijelaskan di atas:

  1. Menentukan tujuan
  2. Memilih hadiah yang pas
  3. Memberikan syarat yang relevan
  4. Menggunakan hashtag
  5. Mengumumkan pemenang di akhir periode

Cukup mudah, kan? Nah, jika Anda juga ingin mengetahui berbagai cara untuk mempromosikan produk secara online, jangan lupa mempelajari digital marketing melalui ebook kami. Anda bisa mendownloadnya secara gratis, kok.

banner ebook panduan digital marketing

Jadi, tunggu apalagi? Sudah siap mengadakan giveaway yang menarik?

Salmaa Awwaabiin Dedicate herself to writing and sharing about Digital Marketing, SEO and WordPress.