Digital Marketing

Giveaway: Strategi Marketing Kekinian Buat Memikat Pelanggan

“It’s Giveaway Time…!!!”

Kira-kira seperti apa ya ekspresi Anda saat mengetahui giveaway akan diadakan? Senang sekaligus bersemangat, bukan? 

Tentu saja! Siapa sih yang tidak mau dapat handphone baru hanya dengan follow sebuah akun instagram?

Belakangan, giveaway memang menjadi trend. Sebab, strategi ini bisa menjadi senjata rahasia untuk memasarkan produk.

Kok bisa? Sebenarnya, apa sih giveaway itu?

Nah, pada artikel ini, kami akan mengajak Anda mengenal apa itu giveaway, manfaat, jenis-jenisnya, serta cara membuat giveaway. Sebagai bonus, kami juga akan memberikan beberapa tips membuat giveaway semakin menarik. 

Sudah tidak sabar, ya? Mari kita mulai saja

Giveaway itu…

Anda pernah melihat postingan seperti di bawah ini? 

Tanpa ragu, Anda akan langsung ikutan berbagi cerita agar bisa mendapatkan hadiah? 

Kalau iya, berarti Anda pernah terlibat dalam sebuah kegiatan marketing ini. 

Giveaway adalah kegiatan membagikan hadiah dengan syarat tertentu.

Peserta harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan sesuai tujuan giveaway. Mulai dari meramaikan sebuah postingan, hingga melakukan challenge tertentu.

Pada perkembangannya, giveaway menjadi sering dimanfaatkan untuk mempromosikan produk.

Sampai di sini sudah semakin paham ya? Lalu, apa saja jenis-jenis giveaway yang bisa dilakukan?

Jenis-jenis Giveaway

Dalam pelaksanaannya, ternyata ada 2 tipe giveaway yang berbeda. Apa saja?

1. Self Giveaway

Self giveaway adalah jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri. Mulai dari promosi, ketentuan, hingga hadiah, Andalah yang mengaturnya. 

Self giveaway biasanya dilakukan oleh pebisnis yang sudah berpengalaman, memiliki banyak konsumen hingga yang memiliki anggaran pemasaran khusus.

Tak heran jenis ini bisa diselenggarakan dengan beragam. Syarat yang diminta juga bisa beda-beda sesuai tujuan. Misalnya, meminta peserta untuk follow akun media sosial, atau memberikan challenge berupa unggahan di akun media sosial. 

Begitu pula hadiahnya. Anda bisa memberikan hadiah berupa produk fisik  digital sesuai jenis usaha Anda. Contohnya, giveaway paket hosting yang digelar oleh Niagahoster.

2. Sponsor Giveaway

Ingin membuat giveaway tapi tidak mau repot? Sponsor giveaway bisa jadi pilihan. Sponsor giveaway adalah giveaway yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, biasanya disebut host. 

Seluruh rangkaian acara giveaway, mulai dari informasi adanya giveaway hingga pengumuman pemenang diatur oleh host. Anda cukup membayar jasa tersebut. 

Nah, karena jenis ini biasanya diikuti oleh beberapa brand sekaligus, event giveaway tampak besar. 

Sponsor giveaway lebih banyak untuk tujuan brand awareness dan engagement. Tak heran, syarat umum dari jenis ini adalah mendapatkan sebanyak mungkin partisipant. 

Sponsor giveaway cocok bagi online shop pemula dengan audiens yang belum luas. Sebagai contoh, giveaway yang diselenggarakan oleh akun giveaway.aladdin:

Kenapa Perlu Mengadakan Giveaway?

Banyak manfaat mengadakan giveaway. Ilustrasinya begini…

Akibat mesin cucinya yang rusak, siang itu Ibu Ida harus mencuci dengan tangan. Karena kelelahan, ia beristirahat sambil bermain Instagram. 

Ternyata, ada postingan giveaway dari toko elektronik, Adakrib. Dan, hadiahnya, mesin cuci! 

“Wah, kesempatan dapat ganti mesin cuci baru nih!” pikir Ibu Ida.

Tanpa keberatan dengan syarat untuk like, komen dan mention tiga teman lain, Ibu Ida langsung melakukannya. Jeng Mirah, Jeng Ijah dan Bude Sri langsung di-mention.

Giveaway tersebut ternyata juga menawarkan hadiah lain seperti kulkas, TV, dan lainnya. Tiga teman Ibu Ida tak kalah semangat ingin ikut giveaway tersebut. 

Bahkan, saking semangatnya, saat ketemu di kios sayur, mereka membahasnya. Semakin banyaklah yang tahu tentang giveaway itu. 

Jadi, kenapa perlu mengadakan giveaway?

1. Meningkatkan Leads

Salah satu manfaat giveaway adalah bisa meningkatkan leads, yaitu calon konsumen potensial. Kalau dalam cerita tadi, ya Ibu Ida dan teman-temannya.

Nah, karena mereka bersedia meninggalkan kontaknya, Adakrib jadi lebih gampang menghubungi mereka lagi, kan?

Kontak untuk leads ini bisa beragam. Akun instagram, email, hingga nomor WhatsApp. Berbekal kontak tersebut, Anda bisa mengirimkan informasi seputar bisnis Anda. Mulai dari promo hingga rilis produk terbaru.

2. Meningkatkan Engagement

Keuntungan lain mengadakan giveaway adalah meningkatkan engagement. Apa itu engagement?

Engagement adalah komunikasi antara Anda dan konsumen yang penting untuk membentuk pelanggan yang loyal. Dengan engagement yang baik, bisnis jadi lebih mudah berkembang.

Kenapa begitu?

Engagement bisa digunakan untuk mendapatkan feedback tentang produk Anda. Jadi, akan berguna untuk mengembangkan produk. 

Selain itu, engagement bisa membangun kepercayaan konsumen dengan value yang diberikan. Salah satunya, apa yang dilakukan Adakrib di atas dengan bagi-bagi produk.

Baca Juga: Strategi Marketing Instagram yang Patut Anda Coba di Tahun 2021

3. Meningkatkan Brand Awareness

Semakin banyak teman Ibu Ida mengikuti giveaway, semakin banyak orang tahu tentang Adakrib. Jadi, tujuan untuk mengenalkan brand tercapai, kan? 

Brand awareness adalah kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Mulai dari nama, logo, tagline, warna, dan hal lain terkait brand tersebut. 

Giveaway sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Apa alasannya? 

  • lebih mudah menjaring konsumen baru
  • membangun kepercayaan terhadap brand tersebut
  • membentuk konsumen yang loyal

Mari ambil contoh lain. Apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar di bawah ini?

Seberapa banyak dari Anda menyebut air mineral dengan Aqua? Padahal banyak merek selain itu. Nah, itu karena brand Aqua sudah sangat kuat. Tingkat brand awareness seperti itu yang perlu didapatkan. 

4. Ajang Promosi dari Mulut ke Mulut

Giveaway juga bisa menjadi salah satu promosi yang menguntungkan. Salah satunya, dari mulut ke mulut. 

Promosi dari mulut ke mulut belum ketinggalan zaman. Faktanya, 90% orang masih membeli barang hasil rekomendasi dari temannya. Contohnya, seperti Ibu Ida dan teman-temannya tadi ketika membicarakan Adakrib.

Semakin sering sebuah brand diperbincangkan, semakin dikenal brand itu. Pada akhirnya, hal ini akan dapat meningkatkan kepercayaan pada sebuah produk.

Nah, kalau di era digital seperti sekarang, promosi mulut ke mulut seperti apa ya? Bisa berupa testimoni, review dan lainnya. 

Baca Juga: Tips Sukses Jualan Online

5. Hemat Budget

Giveaway itu hemat budget? Lho, bukannya malah boros ya karena bagi-bagi hadiah?

Sekilas memang terlihat demikian. Tapi, sebenarnya dengan anggaran minim, hasil yang Anda dapat lebih optimal lho. Coba bandingkan dengan memasang iklan di baliho. Untuk dapat audiens banyak, harus semakin banyak yang dipasang, bukan?

Dengan giveaway, nilai hadiah bisa disesuaikan, audiensnya jauh lebih spesifik dan engagementnya lebih bisa diukur. Kalau mendapatkan leads, daftar calon konsumennya juga lebih potensial.  

Bukankah Adakrib bagi-bagi kulkas dan mesin cuci untuk menjangkau audiens seperti Ibu Ida dan teman-temannya? Dengan biaya yang cukup minim, exposure (jangkauan) promosinya bisa sangat luas, kan? 

Begini Cara Membuat Giveaway yang Menarik

Dengan manfaatnya yang banyak, semakin ingin tahu cara membuat giveaway yang menarik, kan? Nah, ini dia langkah-langkahnya:

1. Menentukan Tujuan Giveaway

Langkah pertama untuk membuat giveaway adalah menentukan tujuan. Anda ingin followers tambah banyak, produk tambah laris, atau ingin lebih dekat dengan pelanggan?

Coba perhatikan postingan giveaway di bawah ini:

Kira-kira apa tujuan giveaway yang dilakukan oleh Cakekinian? 

Ya betul, untuk meningkatkan engagement. Pelanggan jadi berkesempatan untuk berbagi pengalaman tentang produk cakekinian. Apalagi kalau testimoninya positif, tentu bisa meningkatkan kepercayaan pada brand tersebut.

2. Memilih Hadiah Giveaway yang Pas

Pilihlah hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuan promosi dan audiens Anda.

Katakanlah, Anda ingin mendapatkan leads. Nah, salah satu hadiah yang efektif, tentu membagikan produk Anda sendiri. Kenapa demikian?

Pertama, jika banyak yang menjadi peserta, artinya produk Anda diinginkan konsumen. Jadi, akan banyak leads yang bisa didapatkan. Kedua, Anda memberikan kesempatan peserta menggunakan produk Anda dengan hadiah yang dibagikan. 

Sebagai contoh, giveaway yang dilakukan oleh gamisjumbo.ig. Peserta cukup  mengirim pesan WA ke admin Gamis Jumbo agar berkesempatan mendapatkan produk gamis mereka.  

Dengan cara ini, tentu banyak nomor kontak WA yang bisa didapatkan gamisjumbo.ig. Pada akhirnya, nomor ini bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk gamis mereka lebih intensif.

Cek juga : Domain Murah Promo Niagahoster untuk Bisnis Anda!

3. Menentukan Persyaratan Giveaway

Jika persyaratan sedikit dan hadiahnya banyak, tentu kemungkinan pesertanya makin banyak, kan? Namun, apakah sudah sesuai dengan tujuan Anda?

Sebuah event giveaway bisa saja meminta peserta untuk follow, like, komen, dan menandai teman. Syarat ini cocok untuk tujuan engagement. Sebab, akan mendorong interaksi peserta di akun media sosial Anda. 

Namun, jika tujuannya meningkatkan leads atau brand awareness, membuat challenge bisa sebagai syaratnya. Contohnya, event giveaway seperti di bawah ini:

Dalam postingan tersebut, Toko Mutiara meminta pesertanya untuk menghubungkan sebuah produk dengan varian yang tepat. Semakin banyak peserta yang menjawab varian produk tersebut, maka semakin banyak pula orang yang melihat. 

Tentu saja hal itu membuat suatu produk semakin familiar bukan? Nah, itulah pentingnya menentukan persyaratan sesuai dengan tujuan Anda. 

4. Menggunakan Hashtag

Anda  pernah kan melihat hashtag seperti #promo1212 atau #jualbajumurah? 

Hashtag berfungsi untuk mengelompokkan konten. Jadi, akan memudahkan audiens menemukan postingan Anda. Selain itu, hashtag bisa digunakan untuk menunjukkan brand atau kampanye promo yang dilakukan. 

Maka dari itu, jangan lupakan hashtag saat melakukan giveaway. Terutama, jika tujuan Anda adalah meningkatkan engagement.

Bahkan, menurut penelitian Simply Measured, hashtag dapat meningkatkan engagement hingga 12,6%. Yakin mau melewatkannya?

5. Mengumumkan Pemenang Giveaway

Di akhir periode giveaway, saatnya mengumumkan pemenangnya. 

Idealnya, pengumuman bisa menggunakan platform pada saat memulai event. Contohnya, melalui Instagram seperti Ibu Ida tadi.

Namun, bagi bisnis, akan lebih baik jika informasi tersebut juga ditampilkan di website resmi. Tujuannya, menghindari adanya upaya penipuan oleh pihak lain. 

Buatlah pengumuman yang resmi menggunakan brand Anda agar lebih terpercaya. Selain itu, jangan lupa segera hubungi pemenang untuk cara mendapatkan hadiahnya. 

Oiya, Anda bisa juga lho membuat postingan khusus untuk berterimakasih atas keikutsertaan audiens. Bila perlu, tampilkan hasil karya mereka jika persyaratan-nya berupa pengumpulan foto dan lainnya.

Tips Menggelar Giveaway yang Efektif

Sudah capek bikin giveaway, eh hasilnya tidak memuaskan..

Jangan sampai hal itu terjadi, ya. Nah, berikut ini kami berikan tips menggelar giveaway agar sesuai tujuan:

1. Adakan di Momen Tertentu

Tidak mungkin kan giveaway diadakan tiap hari? Selain akan menghilangkan kesan spesial, Anda juga akan boros anggaran. Jadi, sebaiknya adakan di momen tertentu saja, ya!

Sebagai contoh, saat momen hari raya dan harbolnas

Contoh lain, selenggarakan saat momen pencapaian khusus seperti mendapatkan 100k followers. Nah. jika sudah meraih 200k followers, adakanlah giveaway lagi. Begitu seterusnya. Jadi, terasa spesial, bukan?

Dengan mengadakan pada momen-momen spesial, follower akan terus menantinya. Bukan tidak mungkin mereka akan terus memantau sosial media Anda. Baik sekedar info giveaway atau untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru. 

2. Jangkau Audiens yang Tepat

Meskipun siapa saja bisa menjadi peserta giveaway, harapannya Anda dapat menyasar audiens yang tepat, bukan?

Oleh karena itu, pelajari siapa audiens Anda dengan membuat buyer persona. Lalu, adakan dengan hadiah yang menarik dan momen yang pas untuk mereka. Sebab, mereka inilah yang akan menjadi calon konsumen potensial Anda. 

Sebagai contoh, Lenovo menyelenggarakan giveaway saat launching produk terbarunya, yaitu Yoga Slim 7. 

Dengan target content creator, hadiah berupa laptop dan headphone, tentu cukup relevan, ya? Apalagi, produk terbarunya sendiri, memang unggul dalam hal editing video. 

Bisa dibayangkan jika orang-orang yang akan mengikuti ajang tersebut tentu para content creator yang mengincar keunggulan-keunggulan Yoga Slim 7.   

3. Kerjasama dengan Brand Lain

Nah, tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan bekerja sama dengan brand lain. 

Namun, jangan sembarang memilih brand untuk kerja sama ya. Sebab, Anda perlu bekerja sama dengan brand yang memiliki target market yang sama. 

Sebagai contoh, Nakita.ID adalah platform media dengan audies ibu-ibu yang sudah memiliki anak. Saat mengadakan strategi ini, Nakita bekerja sama dengan Nuby Indonesia, yang menjual kebutuhan ibu dan anak. 

Dengan mengadakan kerja sama tersebut, kedua brand akan menjangkau audiens yang luas dan  tepat.

Kenapa demikian?

Pertama, Nakita bisa lebih menguatkan brand sebagai media ibu dan anak dengan giveaway tersebut. Kedua, Nuby bisa mengenalkan produk perlengkapan kepada audiens Nakita. 

Saling menguntungkan, bukan?

Saatnya Berbagi Hadiah lewat Promo Giveaway!

Giveaway adalah sebuah win-win solution. Pemenang mendapatkan hadiah, Anda mendapatkan engagement, brand awareness atau leads.

Apapun jenis yang akan dibuat, langkahnya harus tepat lho. Anda bisa menggunakan lima cara seperti dijelaskan di atas:

  1. Menentukan tujuan
  2. Memilih hadiah yang pas
  3. Memberikan syarat yang relevan
  4. Menggunakan hashtag
  5. Mengumumkan pemenang di akhir periode

Cukup mudah, kan? Nah, jika Anda juga ingin mengetahui berbagai cara untuk mempromosikan produk secara online, jangan lupa mempelajari digital marketing melalui ebook kami. Anda bisa mendownloadnya secara gratis, kok.

Jadi, tunggu apalagi? Sudah siap mengadakan giveaway yang menarik?

Salmaa Awwaabiin

Dedicate herself to writing and sharing about Digital Marketing, SEO and WordPress.

Share
Published by
Salmaa Awwaabiin

Recent Posts

Apa itu Cloudflare? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Keamanan dan kecepatan merupakan faktor utama dalam mengelola website. Untungnya, ada beberapa langkah mudah untuk memastikan website cepat dan aman.…

13 hours ago

Marketing Mix: Definisi, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

Tak punya latar belakang pendidikan di bidang marketing bukan berarti Anda tidak bisa tahu tentang dunia marketing. Dengan bantuan internet,…

1 day ago

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Cara membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Dengan bantuan platform CMS, cara membuat blog pribadi menjadi…

3 days ago

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

4 days ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

4 days ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

5 days ago