Categories: Company

Geliat Kemajuan Digital di Kampoeng Cyber Yogyakarta

Digitalisasi sudah memasuki segala lini aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Pada bulan Februari lalu, McKinsey & Company merilis data riset yang telah dilakukan kepada 17.000 orang di 15 negara di Asia. Hasil riset tersebut menyatakan Indonesia tercatat sebagai negara tercepat yang melakukan adopsi digital.

Selain aspek komunikasi dan transportasi, perekonomian juga menjadi sektor yang paling terkena dampak digitalisasi. Pertumbuhan e-commerce, toko online, dan transaksi digital menjadi pendorong penetrasi teknologi di sektor ekonomi. Hal ini pun disadari oleh warga RT 36 RW 09, Kelurahan Patehan Yogyakarta atau dikenal dengan Kampoeng Cyber.

Sejak pertama berdiri di tahun 2006 silam, Kampoeng Cyber Yogyakarta menarik perhatian Indonesia dan dunia dengan semangatnya membangun komunitas masyarakat lokal yang melek pada teknologi dan pemanfaatan internet. Kampung ini memulai proses go online dengan memasang koneksi internet di tiap rumah warga. Akses internet ini kemudian diperluas untuk umum mengingat lokasi Kampoeng Cyber ini yang berdekatan dengan obyek wisata Taman Sari.

“Kami sadar bahwa kehidupan bermasyarakat di era digital pun tidak lepas dari pengaruh teknologi. Kami berusaha mengejar ketertinggalan itu dengan beradaptasi dan memanfaatkan internet juga untuk berkomunikasi dengan sesama warga, hingga mempromosikan Kampoeng Cyber ke masyarakat yang lebih luas.”

Antonius Sasongko, Ketua RT 36 RW 09, Kelurahan Patehan, Kampoeng Cyber

Pembuatan Etalase Bisnis Bersama Kampoeng Cyber

Seiring berjalannya waktu, manfaat internet semakin besar dirasakan oleh setiap warga Kampoeng Cyber Yogyakarta. Warga semakin mudah berinteraksi, Kampoeng Cyber semakin dikenal oleh masyarakat luas. Banyak turis singgah untuk sekedar berfoto hingga membeli oleh-oleh khas Yogyakarta yang dijajakan oleh warga.

Beberapa warga Kampoeng Cyber merupakan pemilik usaha kecil rumahan yang memiliki bisnis keluarga yang unik dan khas Kota Yogyakarta. Melihat hal tersebut, tercetus ide dari Ketua RT Kampoeng Cyber, untuk membuat sebuah laman etalase bisnis bersama warga Kampoeng Cyber.

Pada Jumat, 10 Mei 2019, Kampoeng Cyber meluncurkan website Etalase Bisnis Bersama Kampoeng Cyber, www.kampoengcyberdaya.com. Etalase bisnis bersama ini adalah sebuah situs yang memuat tentang katalog produk dan informasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimiliki warga Kampoeng Cyber. Hal ini pun disambut baik oleh seluruh warga dan Dinas Koperasi & UMKM DIY yang hadir saat acara launching ini.

“Kami menyambut baik upaya dari Kampoeng Cyber untuk membuat UMKM go online melalui website ini. Ini merupakan percontohan agar UMKM di sektor lokal pun dapat diberdayakan melalui teknologi.”

Wahyu Tri Atmojo, Konsultan PLUT SDM Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UMKM DIY

Dalam eksekusinya laman www.kampoengcyberdaya.com ini dibuat dan dikembangkan oleh Niagaweb yang merupakan web-agency milik perusahaan penyedia web hosting, Niagahoster. Pembuatan etalase bisnis bersama Kampoeng Cyber ini sejalan dengan misi perusahaan Niagahoster yaitu membantu jutaan orang memanfaatkan potensi internet.

“Kampoeng Cyber sudah memulai digitalisasi dengan benar, yaitu dengan memasang koneksi internet di setiap rumah warga. Itu (koneksi internet) adalah hal penting dalam proses go online. Selanjutnya, internet itu harus digunakan untuk mendukung kehidupan sehari-hari warga. Semoga etalase bisnis bersama ini dapat membantu perekonomian warga Kampoeng Cyber.”

Aji Gustiawan, Manager Niagaweb.

Peluang Perkembangan Wisata Lokal dan UMKM di Daerah

Sektor UMKM menjadi sektor yang diandalkan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. Saat ini, ada 60 juta UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi dan berkontribusi bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Jumlah ini semakin diprediksi semakin meningkat seiring dengan akses terhadap modal dan ide usaha yang semakin mudah saat ini.

Potensi yang besar ini saat ini juga telah didukung dengan digitalisasi bisnis yang memberi kesempatan UMKM untuk bersaing dan menjangkau pelanggan lebih luas. Termasuk yang dilakukan oleh Kampoeng Cyber dalam kegiatan promosi wisata daerah dan UMKM milik warganya.

Branding secara offline dan online yang dilakukan Kampoeng Cyber dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain. Secara offline, Kampoeng Cyber terbantu dengan letaknya yang strategis dan berdekatan dengan kawasan wisata. Kreativitas warga untuk menghias kampung dengan mural-mural dan hiasan instagrammable menjadi daya tarik tersendiri bagi turis.

Dari sisi online, Kampoeng Cyber secara bertahap melakukan proses digitalisasi dengan pendekatan kelokalan yang membuat teknologi ramah bagi setiap warganya.

“Kami biasakan untuk menggelar rapat warga via WhatsApp, membuat pengumuman dengan Facebook, memanfaatkan internet untuk sarana belajar bagi anak-anak di Kampoeng Cyber.”

Antonius Sasongko, Ketua RT 36 RW 09, Kelurahan Patehan, Kampoeng Cyber

Dengan diluncurkannya website www.kampoengcyberdaya.com, Kampoeng Cyber sedang selangkah lebih maju untuk membawa warganya mendapatkan akses terhadap pasar dengan lebih mudah. Website pada dasarnya diperlukan sebagai sarana pemasaran yang efektif untuk membuat bisnis lebih kredibel dan dipercaya oleh calon pelanggan. Kini UMKM di Kampoeng Cyber pun dapat merasakan manfaat ekonomi lebih dari website etalase bisnis tersebut.

Kemajuan teknologi membantu UMKM pun berkembang dan mendapat peluang bersaing yang sama dengan bisnis lainnya. UMKM yang digambarkan dengan bisnis rumahan berpenghasilan kecil, kini dapat meraih keuntungan yang lebih besar dengan digitalisasi.

Elisabeth W. Alfanisa @https://www.twitter.com/alfanisaew

A public relations enthusiast who loves to write and read. A girl behind Niagahoster's good news on media. A cool kid you'll find spacing out in the backyard.

Share
Published by
Tags: bisnis online digitalisasi go online kampoeng cyber launching etalase bisnis niagahoster niagaweb ukm UMKM yogyakarta

Recent Posts

  • Website & Blog

9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow

Sedang kehabisan inspirasi ngeblog? Jangan sedih. Seringkali untuk mengatasi writer’s block, Anda hanya perlu mengunjungi blog-blog lain atau blogwalking. Cara…

8 hours ago
  • Featured Post
  • Website & Blog

Cara Membuat Blog (Plus 9 Tips Jadi Blogger Sukses)

Membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Siapa pun bisa membuat blog, termasuk Anda. Cara membuat blog…

9 hours ago
  • Bisnis Online

Cara Mendaftar Youtube Adsense (Terbaru)

YouTube berhasil menarik perhatian pengguna internet di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Kepopuleran YouTube tidak lepas dari para influencer yang…

1 day ago
  • Bisnis Online

Cara Membangun Startup dan Tips untuk Mengembangkan Startup

Merintis sebuah startup adalah perkara mudah. Siapa saja bisa mulai membangun startup digital. Akan tetapi, hal yang sulit justru adalah…

2 days ago
  • Website & Blog

Apa itu URL? Temukan Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Anda pasti sering menemui istilah URL. Istilah ini hampir selalu bisa ditemukan ketika berselancar di internet. Tapi, apakah Anda sudah…

3 days ago
  • Website & Blog

Ciptakan Website Aman Dengan Imunify360!

Keamanan website merupakan bagian yang penting dan mempunyai resiko yang tinggi. Supaya website Anda bisa lebih aman terkadang tidak cukup…

4 days ago