Ingin tingkatkan SEO website Anda??

Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri

Download Ebook
Tutorial

Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah [Ga Pake Lama!]

Ganti password Gmail perlu Anda lakukan secara berkala untuk melindungi akun Anda dari tangan yang tidak bertanggungjawab.

Apalagi Anda menggunakan password yang sederhana dan mudah ditebak ketika daftar gmail pertama kali. Cara ini memang akan membuat akun Gmail mudah diingat. Hanya saja, password Gmail yang mudah ditebak rentan terhadap pembobolan serangan hacker.

Oleh karena itu, Anda perlu ganti password Gmail guna terus memastikan keamanan akun Anda.

Nah, dalam tutorial ini kami akan membahas cara ganti password Gmail dengan mudah.

Cara Ganti Password Gmail dalam 5 Langkah Mudah!

Untuk mengubah password Gmail Anda harus memiliki akses akun Gmail berupa alamat email dan password. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Login ke akun Gmail melalui browser dengan memasukkan alamat email dan password lama.

Baca Juga: Lupa Password Gmail? Begini Cara Mengatasinya

2. Jika sudah login, klik tombol gear yang berada di bagian kanan, kemudian pilih Lihat semua setelan.

3. Pilih menu Akun dan Impor > Ubah sandi.

4. Anda akan melihat tab baru. Silakan masukkan password Gmail yang Anda gunakan saat ini untuk verifikasi. Lalu, klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

5. Masukkan password baru untuk ubah password gmail Anda sebelumnya. Anda perlu memasukkan password dua kali, kemudian klik tombol UBAH SANDI.

Kini proses ganti sandi Gmail telah selesai dilakukan. Untuk melakukan pengecekan, silakan lakukan login di perangkat atau browser berbeda menggunakan password baru Anda.

Baca juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri dalam 6 Langkah

Tips Membuat Password Gmail Baru

Bagaimana? Mengganti password Gmail sangatlah mudah, bukan? Bahkan saking mudahnya, semua langkah di atas bisa dilakukan kurang dari lima menit!

Tapi, untuk mengamankan akun Anda, mengganti password Gmail saja belum cukup. Anda juga harus memastikan bahwa passwordnya kuat dan sulit ditebak. Caranya mudah, cukup ikuti tips-tips berikut:

  1. Buat password yang panjang.
  2. Buatlah password dari gabungan kata yang sulit ditebak.
  3. Gunakan angka, simbol, kombinasi huruf kapital, dan hurif kecil.
  4. Jangan masukkan elemen informasi personal yang mudah ditebak.
  5. Jangan gunakan password yang sama untuk akun yang berbeda.

Nah, barangkali Anda khawatir lupa password jika isinya terlalu panjang dan sulit ditebak. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan software password manager.

Software ini akan membantu Anda menyimpan semua password akun yang Anda miliki. LastPass dan 1Password adalah dua pilihan software password manager yang bisa Anda pakai.

Baca juga: 8+ Password Manager Terbaik yang Bisa Anda Coba di 2022

Yuk Ganti Password Gmail Anda untuk Cegah Serangan Hack!

Itu tadi cara mengganti password Gmail yang bisa Anda coba. Intinya, pastikan password baru telah menggunakan kombinasi angka, simbol, dan huruf kapital, ya.

Selain itu, jangan memasukkan elemen informasi personal dan pakai password yang sama di akun lain. Dengan begitu, akun Gmail Anda akan jadi lebih aman dari percobaan pembobolan.

Untuk memperkuat keamanan akun email, Anda juga bisa menggunakan layanan email hosting. Contohnya, email hosting di Niagahoster menawarkan fitur keamanan terbaru seperti:

  • SpamAssassin – Untuk mencegah email spam masuk ke inbox Anda.
  • SpamExpert – Untuk mencegah pesan Anda masuk ke kotak spam.

Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika berlangganan email hosting di Niagahoster:

  • Fully managed – Anda tidak perlu khawatir tentang konfigurasi. Karena setup, optimasi, dan pengelolaan server dihandle oleh Niagahoster.
  • Backup Mingguan – Anda bisa menikmati fitur backup mingguan melalui JetBackup.
  • Kapasitas Pengiriman yang Tinggi – Anda bisa mengirim hingga 9600 email per hari.

Tertarik? Yuk klik tombol di bawah ini untuk cari tahu lebih lanjut tentang layanan email hosting Niagahoster:

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Apa Itu Intrapreneur? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Bagi perusahaan yang ingin terus punya daya saing, tak jarang intrapreneurship adalah bagian dari strategi yang dijalankan. Intrapreneurship dianggap mampu…

22 hours ago

Kode Referral: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Anda tentu sering melihat pengguna aplikasi dan influencer membagikan kode-kode unik tertentu, kan? Entah di sosial media, YouTube, atau platform…

2 days ago

Apa Itu ROI? Simak Cara Menghitung dan Penerapannya

Apakah bisnis yang produknya laris terjual sudah pasti menguntungkan? Belum tentu, lho. Coba deh, tengok dulu berapa return on investment-nya…

5 days ago

Apa Itu Telnet dan Bagaimana Cara Mengaktifkan Telnet di Windows?

Jika sering memanfaatkan jaringan untuk mendukung pekerjaan, Anda perlu tahu cara mengaktifkan Telnet. Telnet adalah salah satu protokol untuk akses…

6 days ago

Mengenal Computational Thinking: Metode Cerdas Menyelesaikan Masalah

Computational thinking adalah metode berpikir yang dampaknya besar terhadap segala aktivitas Anda. Dengan pemikiran komputasional, Anda dan siapapun bisa menyelesaikan…

1 week ago

17+ Program Afiliasi Terbaik, Begini Rekomendasinya!

Pernah kah Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mendapat penghasilan tambahan tanpa perlu banyak usaha? Kalau pernah, maka jawabannya adalah dengan mengikuti…

1 week ago