Tutorial

Ganti Password Gmail dengan Langkah Mudah

Ganti password Gmail perlu Anda lakukan secara berkala untuk melindungi akun Anda dari tangan yang tidak bertanggungjawab.

Apalagi Anda menggunakan password yang sederhana dan mudah ditebak ketika daftar gmail pertama kali. Cara ini memang akan membuat akun Gmail mudah diingat. Hanya saja, password Gmail yang mudah ditebak rentan terhadap pembobolan serangan hacker.

Oleh karena itu, Anda perlu ganti password Gmail guna terus memastikan keamanan akun Anda.

Nah, dalam tutorial ini kami akan membahas cara ganti password Gmail dengan mudah.

Cara Ganti Password Gmail

Untuk mengubah password Gmail Anda harus memiliki akses akun Gmail berupa alamat email dan password. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Login Gmail

Login ke akun Gmail melalui browser dengan memasukkan alamat email dan password lama.

2. Masuk ke Menu Pengaturan

Jika sudah login, klik tombol gear yang berada di bagian kanan, kemudian pilih Lihat Semua Setelan.

Setelah itu silakan pilih menu Akun dan Impor > Ubah sandi.

3. Buat Kata Sandi Baru

Anda akan melihat tab baru. Silakan masukkan password Gmail yang Anda gunakan saat ini untuk verifikasi. Lalu, klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

Kemudian masukkan password baru untuk ubah password gmail Anda sebelumnya. Anda perlu memasukkan password dua kali, kemudian klik tombol UBAH SANDI.

4. Ganti Password Gmail Berhasil

Kini proses ganti sandi Gmail telah selesai dilakukan. Untuk melakukan pengecekan, silakan lakukan login di perangkat atau browser berbeda menggunakan password baru Anda.

Tips Membuat Password Gmail Baru

Bagaimana? Mengganti password Gmail sangatlah mudah, bukan? Bahkan saking mudahnya, semua langkah di atas bisa dilakukan kurang dari lima menit.

Kemudahan ini sesungguhnya membantu Anda untuk mengganti password Gmail secara teratur. Meski terdengar merepotkan, mengganti password secara rutin membantu Anda mengurangi risiko keamanan. Entah itu yang bentuknya peretasan (hacking) ataupun pencurian data.

Maka dari itu, bagian ini akan membahas tips membuat password Gmail yang baru. Dengan tips ini, semoga Anda bisa membuat password yang kuat dan sulit ditebak.

  1. Buat password yang panjang.
  2. Buatlah password dari gabungan kata yang sulit ditebak.
  3. Gunakan angka, simbol, kombinasi huruf kapital, dan hurif kecil.
  4. Jangan masukkan elemen informasi personal yang mudah ditebak.
  5. Jangan gunakan password yang sama untuk akun yang berbeda.

Sekilas semua tips ini juga mudah untuk dipraktikkan. Hanya saja, tetap saja jadi merepotkan. Apalagi kalau Anda perlu mengingat banyak sekali password untuk akun yang berbeda. Masih perlu berganti password lagi.

Maka, ada baiknya Anda menggunakan software password manager. Software ini akan membantu Anda menyimpan semua password akun yang Anda punyai. LastPass dan 1Password adalah dua pilihan software password manager yang bisa Anda pakai,

Kesimpulan

Itu tadi cara mengganti password Gmail yang tidak terlalu sulit dan Anda hanya memerlukan beberapa langkah sederhana saja.

Pastikan password baru telah menggunakan kombinasi angka, simbo, dan huruf kapita, ya. Selain itu, jangan pula memasukkan elemen informasi personal dan pakai password yang sama di akun lain.

Dengan begitu, akun Gmail Anda akan jadi lebih aman dari percobaan pembobolan.

Oya, jika Anda memakai email untuk urusan bisnis, kami menyarankan untuk pakai email dengan domain pribadi. Sebab, akan jauh lebih terlihat profesional dibanding masih menggunakan Gmail. Untuk lebih lengkapnya, langsung baca artikel kami berikut –> cara membuat email dengan nama domain sendiri.

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Marketing Mix: Definisi, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

Tak punya latar belakang pendidikan di bidang marketing bukan berarti Anda tidak bisa tahu tentang dunia marketing. Dengan bantuan internet,…

20 hours ago

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Cara membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Dengan bantuan platform CMS, cara membuat blog pribadi menjadi…

2 days ago

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

3 days ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

4 days ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

5 days ago

Anda Pengguna WP Fastest Cache? Segera Update Agar Aman!

Gawat nih, tim security research dari Jetpack menemukan dua celah keamanan di plugin WP Fastest Cache. Hal itu bisa membuat…

6 days ago