Domain

Fungsi dan Cara Kerja DNS yang Harus Anda Ketahui

Mengakses sebuah website kini lebih mudah berkat adanya DNS (Domain Name System). Fungsi DNS adalah mencocokkan IP address website dengan nama domainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghafalkan angka-angka seperti 172.217.20.4 ketika akan mengakses google.com, misalnya.

Kenapa bisa begitu? Bagaimana cara kerja DNS dan fungsi DNS lainnya? Mari pelajari selengkapnya di artikel berikut!

Fungsi DNS

Ada beberapa fungsi DNS tercepat, yaitu:

1. Menerjemahkan Domain menjadi IP Address

Fungsi DNS itu seperti daftar kontak di smartphone Anda.

Ketika ingin menelepon seseorang, Anda cukup menekan namanya di daftar kontak. Sebab, nomornya sudah tersimpan. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengingat nomor telepon setiap kali ingin membuat panggilan.

Nah, DNS menyimpan IP address berbagai website dan domain mereka masing-masing. Itulah mengapa, Anda bisa mengakses website dengan mengetikkan alamatnya di browser. Misalnya, Anda bisa masuk ke Facebook dengan mengetikkan facebook.com alih-alih IP addressnya, yaitu 31.13.84.36.

2. Mengidentifikasi IP Address Perangkat

Semua perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet memiliki IP address agar bisa diakses. Nah, setiap kali ada IP address baru, fungsi DNS adalah mengidentifikasi dan menyimpannya. 

Ini seperti memasukkan nomor telepon baru ke dalam kontak telepon Anda. Jadi, nantinya Anda bisa mengakses website, aplikasi, atau jaringan komputer baru.

Baca juga: Apa itu DDNS

3. Menyimpan A Record Domain

Ketika Anda mengakses website, DNS menyimpan A record-nya, yaitu catatan tentang hostname, IP Address dan Time to Live (TTL). 

Dengan begitu, DNS tidak perlu mencocokkan domain dengan IP address lagi ketika Anda kembali mengakses website yang sama. Itulah alasan kenapa proses mengakses website bisa lebih cepat dengan adanya DNS ini.

4. Membantu Pengiriman Email

Pengiriman email yang mudah tidak lepas dari peran DNS. Sebab, semua alamat email terhubung dengan domain yang alamatnya terikat dengan server email Anda.

Nah, saat seseorang mengirimkan email ke inbox Anda, DNS mencocokkan alamat email dengan IP address server email Anda. Dengan bantuan DNS, Anda bisa menerima dan mengirim email dengan lancar.

Baca juga: Cara Setting DNS

Cara Kerja DNS

DNS bekerja dalam enam tahap. Nah, ini dia urutan cara kerja DNS ketika Anda mengakses sebuah website:

  1. Anda mengetikkan domain sebuah website di address bar browser.
  2. Browser mengirimkan recursive DNS query ke recursive DNS server yang dikelola penyedia layanan internet. Tujuannya, untuk mencari tahu IP address yang terhubung dengan domain tadi.
  3. Recursive DNS server mencocokkan domain yang Anda akses dengan IP address-nya. Jika server berhasil menemukan IP address yang sesuai, ia akan mengirimkan IP address itu ke browser.
  4. Jika recursive DNS server tidak berhasil menemukan IP address, ia akan meneruskan kueri ke DNS root name server, top-level domain name server, dan authoritative name server. Ketiga jenis server itu mencari IP address yang sesuai untuk domain yang Anda akses, kemudian mengirimkannya ke recursive DNS server.
  5. Recursive DNS server meneruskan IP address ke browser. Di saat yang sama, server tersebut menyimpan A record milik IP address. Dengan demikian, server tidak perlu mencari IP address dari domain yang Anda ketikkan.
  6. Browser menerima IP address dan mengirimkan HTTP request ke server yang memiliki IP address tersebut untuk memuat halaman website yang Anda minta.

Baca juga: Propagasi DNS

Sudah Tahu Fungsi dan Cara kerja DNS, kan?

Demikian penjelasan tentang fungsi dan cara kerja DNS. Fungsi DNS berkaitan erat dengan kemudahan akses ke sebuah website.

Dengan adanya DNS, Anda cukup mengetikkan domain situs web untuk mengaksesnya. Cara itu lebih praktis daripada Anda harus mengingat-ingat IP address website. Apalagi kalau domain Anda mudah diingat dan berkualitas sehingga memudahkan akses dan pengelolaannya. 

Ingin memiliki domain dengan harga terjangkau dan pengelolaan yang mudah?  Niagahoster adalah penyedia layanan domain yang tepat sebagai pilihan Anda . Anda bisa mendapatkan berbagai domain, mulai dari domain .com yang terkenal, hingga domain unik seperti .site dan .online.

Selain itu, Anda juga mendapatkan fitur pengelolaan domain yang lengkap, termasuk domain forwarding, unlock domain, dan DNS management yang mudah digunakan. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp14.000/bulan saja.

Menarik, kan? Segera pilih domain Anda sebelum digunakan orang lain!

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan
Tags: dns

Recent Posts

Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing, Jangan Salah Pilih!

Cloud Hosting dan Cloud Computing adalah dua istilah yang serupa tapi tak sama. Yuk ketahui perbedaan Cloud Hosting dan Cloud…

15 hours ago

Cara Mengganti Nama Domain Dengan Cepat dan Mudah

Anda ingin tahu cara mengganti nama domain? Tapi, sebenarnya bisakah mengganti nama domain website dengan nama lain? Tenang, Anda sudah…

18 hours ago

Cara Backup dan Restore Database MySQL dengan Mysqldump

SQL Dump adalah tools CI untuk membackup database MySQL. Yuk ketahui cara backup MySQL dengan Mysqldump di sini!

5 days ago

Hosting Murahan vs Niagahoster: Teliti Sebelum Beli Hosting!

Ingin membeli hosting? Awas, jangan terkecoh hosting abal-abal! Yuk ketahui dulu perbedaan hosting murahan vs Niagahoster di sini!

7 days ago

Jejak Digital Adalah: Pengertian, Bahaya, Cara Menghapus, dan Tips Mengelolanya

Jejak digital adalah informasi yang ditinggalkan seseorang saat menggunakan internet. Informasi ini sulit dihilangkan dan bisa saja disalahgunakan oleh orang…

1 week ago

Apa Itu Dropshipper? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Anda ingin memulai bisnis online dengan modal kecil? Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, apalagi bagi…

1 week ago