Tutorial

Membuat Formulir Kontak WordPress dengan Contact Form 7

Formulir kontak pada website memiliki manfaat besar bagi website Anda. Pengunjung Anda jadi lebih mudah menghubungi Anda lewat website. Selain itu, formulir kontak juga dapat mengurangi pesan masuk ke spam. 

Nah, membuat formulir kontak WordPress lebih mudah menggunakan plugin. Salah satunya yang terbaik adalah Contact Form 7. Plugin ini merupakan salah satu plugin yang paling banyak digunakan hingga saat ini. 

Nah, di artikel ini, kami akan jelaskan cara setting Contact Form 7 untuk membuat formulir kontak. Langsung saja simak pembahasannya! 

Cara Setting Contact Form 7 Untuk Membuat Formulir di WordPress

Berikut ini cara menggunakan Contact Form 7 yang bisa Anda ikuti.

1. Login Dashboard WordPress

Langkah pertama cara setting Contact Form 7 adalah login ke dashboard admin WordPress dengan username dan password Anda.

2. Install dan Aktifkan Plugin Contact Form 7

Jika sudah, klik menu Plugins > Add New. Cari plugin Contact Form 7 di kolom pencarian. Kemudian klik tombol Install Now > Activate.

3. Buat Formulir Kontak Baru

Setelah plugin aktif, klik menu Contact > Add New untuk membuat formulir kontak baru.

Buat judul untuk formulir kontak Anda, misalnya WordPress Contact Form.

Lalu perhatikan tab Form di bawahnya. Itu adalah daftar label form input yang akan ditampilkan. Anda dapat menambah dan mengurangi elemen sesuai dengan kebutuhan Anda, Untuk yang bertanda bintang nantinya berarti wajib diisi oleh pengunjung.

4. Konfigurasi Format Email

Ketika pengunjung mengirimkan email melalui formulir kontak, secara otomatis Anda akan menerima email yang berisi nama, detail kontak, serta body dari pesan Anda.

Anda bisa melakukan pengaturan atau konfigurasi formai email melalui tab Mail. 

[ecko_alert color=”gray”]PENTING – Pastikan Anda memasukkan alamat email aktif pada form To. Ini adalah email untuk menerima pesan.[/ecko_alert]

5. Atur Tampilan Formulir Kontak

Langkah selanjuntya cara setting Contact Form 7 ialah mengatur tampilan formulir. Untuk mengatur pesan yang ingin ditampilkan di form, klik tab Message.

Anda bisa tambahkan pesan untuk notifikasi ketika pesan telah terkirim atau gagal terkirim.

6. Simpan Konfigurasi Formulir Kontak

Jika sudah melakukan pengaturan, klik tombol Save. Setelah berhasil disimpan, akan ada shortcode yang terlihat seperti berikut.

7. Publish Formulir

Untuk mempublish formulir, tinggal klik menu Contact Form > nama kontak form Anda. Kemudian, salin shortcode tersebut.

Paste shortcode ke dalam halaman, postingan, maupun widget tempat Anda ingin menampilkannya. Pada contoh ini kami meletakkannya di suatu halaman dengan memilih menu Pages > Add New.

Hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini.

8. Tes Formulir Kontak

Jika sudah terpublish, cobalah isi formulir tersebut. Tujuannya, untuk memastikan formulir telah berfungsi dengan baik. Jika pesan berhasil terkirim, Anda akan melihat notifikasi seperti gambar di bawah ini.

Baca juga: Baca juga 10 Plugin Email Marketing Terbaik WordPress

Yuk Buat Formulir Kontak Website Lebih Mudah dengan Contact Form 7

Bagaimana? Ternyata cara setting Contact Form 7 itu mudah, bukan?

Lewat formulir kontak yang dibuat, pengunjung bisa lebih mudah menghubungi Anda. Nah, selain membuat formulir kontak Anda juga bisa membuat formulir lainnya, seperti form subscribe, pendaftaran, dan lainnya.

Data yang terkumpul bisa Anda manfaatkan untuk strategi email marketing Anda. Nah, untuk pelajari lebih lanjut mengenai email marketing, Anda bisa baca dulu artikel berikut –> Panduan Lengkap Membuat Email Marketing Efektif 2020.

Sekian artikel tutorial ini, selamat mencoba 🙂

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

8 hours ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

21 hours ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

2 days ago

Anda Pengguna WP Fastest Cache? Segera Update Agar Aman!

Gawat nih, tim security research dari Jetpack menemukan dua celah keamanan di plugin WP Fastest Cache. Hal itu bisa membuat…

3 days ago

Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

Pada website CodeIgniter, setiap file punya fungsi manfaatnya masing-masing, termasuk file default .htaccess. Bahkan, file tanpa ekstensi ini sangat vital…

4 days ago

Cara Membuat Website di WordPress (Tutorial Lengkap)

Membuat website sangatlah mudah. Apalagi jika Anda menggunakan platform yang tepat. Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap…

5 days ago