Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Lengkap Menjadi Food Blogger (+ Contoh Blog Makanan)

5 min read

Featured image cara menjadi food blogger

Dalam dunia blogging ada berbagai niche populer, salah satunya adalah blog makanan alias blog kuliner. Salah satu lasan mengapa blog tentang makanan tetap eksis adalah karena aktifnya perilaku konsumen kuliner yang kerap mencari review kuliner atau resep makanan.

Apakah Anda juga tertarik untuk mengembangkan blog makanan? Jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan menunjukkan Anda cara menjadi food blogger. Ga cuma itu, kami juga akan tunjukkan beberapa contoh blog makanan yang bisa jadi inspirasi untuk Anda.

Penasaran kan? Yuk simak selengkapnya!

4 Langkah untuk Membangun Blog Makanan dan Jadi Food Blogger

Untuk menjadi food blogger yang sukses, Anda perlu mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Di bawah ini kami menjelaskan empat langkah utama yang diperlukan untuk menjadi food blogger sukses:

1. Riset

Sebelum memulai membuat konten blog makanan, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah riset.

Ada dua tahap dalam riset ini. Pertama, tentukan sub-niche yang cocok dengan Anda. Tidak hanya sekedar website resep makanan saja, terdapat banyak pilihan sub-niche dalam blog kuliner, dari resep hingga review makanan. Anda bebas memilih sub-niche mana saja yang cocok dengan minat Anda.

Sub-niche resep adalah blog kuliner yang isinya adalah resep-resep makanan. Blog resep makanan kontennya harus lengkap dari bahan-bahan yang diperlukan sampai cara memasak suatu makanan.

Selain itu, ada sub-niche review makanan dan restoran. Sub-niche ini berisi konten ulasan mengenai makanan dan restoran tertentu. Anda menilai makanan dan restoran yang Anda cicipi.

Cara menjadi food blogger - ilustrasi riset niche

Tahap kedua di langkah riset adalah menemukan keunikan yang bisa Anda tampilkan. Riset ini diperlukan agar Anda bisa membuat blog kuliner yang unik dan berbeda dari blog kuliner lainnya.

Blog yang unik akan lebih disukai dan cenderung bisa bertahan lebih lama. Jika perlu buat branding yang kuat sehingga mudah diingat orang.

Baca Juga: 9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Anda Follow

2. Buat Blog yang Profesional

Jika ingin membangun blog makanan yang sukses, Anda harus menjalankannya dengan profesional. Salah satu cara untuk menunjukkan profesionalitas Anda adalah dari tampilan blog yang Anda buat.

Lalu, bagaimana cara membuat blog yang profesional?

Cara menjadi food blogger - ilustrasi WordPress

Pertama, pilih platform terbaik. Terdapat berbagai macam platform pembuatan blog, dari Blogger, Wix, sampai WordPress. Lalu mana platform terbaik untuk membuat blog kuliner profesional? Bisa dibilang WordPress adalah platform terbaik untuk semua jenis website dan blog. Saat ini lebih dari 30 persen website di dunia ditenagai oleh WordPress.

Kedua, pilih nama domain yang unik. Nama domain ini menjadi identitas Anda di dunia maya yang akan mengantarkan orang-orang ke blog Anda. Pilihlah nama domain yang singkat, mudah dieja, dan mudah diingat orang sehingga memudahkan orang-orang untuk mengetik nama domain blog makanan Anda.

Ketiga, pilih web hosting terpercaya. Untuk menggunakan WordPress.org Anda membutuhkan web hosting. Web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, konten, dan gambar di blog kuliner Anda.

Keempat, pilih tema yang sesuai dengan niche Anda, yaitu blog makanan. Anda bisa memilih berbagai tema gratis atau berbayar di WordPress.org. Jika dana Anda terbatas, menggunakan tema gratis pun tidak masalah. Tersedia banyak tema gratis dengan kualitas terbaik di WordPress.

Kelima, install plugin-plugin penting. Salah satu kelebihan WordPress.org dibanding WordPress.com adalah bisa memasang plugin. Plugin memudahkan Anda untuk menambahkan berbagai fitur penting di blog kuliner, dari plugin SEO sampai plugin galeri. Plugin apa saja yang Anda butuhkan? Simak penjelasan lengkapnya di artikel plugin WordPress terbaik.

Baca Juga: Daftar Blog Gratis

3. Buat Konten

Elemen paling penting di blog Anda adalah content marketing. Konten tidak harus selalu artikel, Anda juga bisa membuat konten berbentuk foto, infografik, video, podcast, atau ilustrasi.

Jangan memaksakan diri Anda untuk membuat semua jenis konten. Mulailah membuat jadwal konten yang tidak membebani Anda, bisa seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Cara menjadi food blogger - ilustrasi pembuatan konten

Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten untuk blog kuliner. Pertama, konten Anda harus original. Misalnya, Anda ingin membuat konten blog tentang ayam goreng. Anda bisa berkreasi membuat resep ayam goreng yang belum dicoba oleh banyak orang.

Jangan sekali-kali mengandalkan copy-paste dari blog lain. Konten plagiat akan merugikan Anda, dari bermasalah dengan pemilik konten asli sampai kehilangan kepercayaan dari pembaca.

Hal lain yang penting dalam blog kuliner adalah foto yang menarik. Pembaca ingin melihat foto-foto makanan yang bagus untuk meyakinkan mereka untuk mencoba resep Anda atau mencoba makanan yang Anda review.

Sebelum membuat konten, ada baiknya untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu. Riset keyword membantu Anda untuk menemukan kata kunci populer di topik kuliner. Anda bisa melakukan riset keyword menggunakan berbagai platform, dari Ubersuggest, Google Trends, sampai Ahrefs.

Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

4. Promosi

Membuat konten saja tidak cukup. Anda perlu mempromosikan konten di blog kuliner Anda agar dibaca oleh banyak orang. Ada beberapa cara promosi efektif untuk blog Anda.

Baca juga: 10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

Optimasi SEO

Sebelum melakukan kegiatan promosi lainnya, Anda perlu mengoptimasi SEO blog kuliner Anda terlebih dahulu. Optimasi SEO ini perlu dilakukan agar blog Anda lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.

Jadi ketika orang mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan kuliner, blog Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian. Berikut panduan SEO lengkap yang dapat Anda pelajari di Belajar SEO Pemula : On Page dan Off Page.

Bagikan di Media Sosial

Cara menjadi food blogger - ilustrasi media sosial

Cara termudah untuk membagikan konten blog kuliner Anda adalah dengan membagikannya di media sosial. Pilihan media sosial pun beragam, dari Facebook, Instagram,TikTok, hingga Twitter.

Gunakan hashtag yang berkaitan dengan konten Anda agar lebih mudah ditemukan para pengguna media sosial. Anda juga perlu bergabung dengan grup yang berkaitan dengan kuliner supaya konten yang Anda bagikan langsung sampai kepada orang-orang yang relevan.

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing

Buat Guest Posting

Guest posting adalah Anda menulis artikel, tetapi Anda menerbitkannya di blog atau website lain. Biasanya guest posting diterbitkan di website atau blog yang lebih populer dari blog penulis karena tujuannya adalah untuk publikasi. Anda bisa bekerja sama dengan media online, blog kuliner terkenal, atau food blogger lainnya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Traffic Blog

Bangun Relasi dengan Sesama Food Blogger

Dalam dunia blogging, apa pun niche-nya, membangun relasi dengan sesama blogger dalam satu niche adalah langkah penting. Manfaat dari relasi dengan sesama food blogger ini tidak terbatas pada saling berbagi konten saja, tetapi juga berbagi informasi dan update tentang hal-hal yang berkaitan dengan kuliner. Jadi Anda tidak akan ketinggalan update terbaru tentang perkembangan industri kuliner.

Baca Juga : Tips Digital Marketing Untuk Usaha Kuliner

Kirimkan Email Marketing

Jika Anda sudah mengumpulkan banyak subscriber blog, Anda bisa mengirimkan email marketing berisi artikel-artikel terbaru Anda kepada para subscriber. Dengan begitu, para pembaca setia Anda tidak akan ketinggalan konten-konten terbaru blog kuliner Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Email Marketing Efektif

Contoh Blog Makanan yang Inspiratif

Berikut beberapa contoh blog makanan dari para food blogger sukses asal Indonesia yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Anakjajan

Anakjajan merupakan contoh food blogger sukses

Siapa yang tak kenal Anakjajan? Pasangan suami-istri Mr. Jajan (Marius Tjenderasa) dan Mrs. Jajan (Julia Veronica) ini tak pernah gagal membuat ngiler setiap pengunjung melalui blognya.

Dikemas dengan gaya bahasa yang ringan dan foto-foto menggugah selera, Anakjajan berhasil mengukuhkan diri sebagai salah satu food blogger tersukses di Indonesia. Bahkan, ulasannya pun sudah merambah ke berbagai negara di seluruh dunia, lho!

2. Heytheresia

Berawal dari sekedar posting video makanan di Instagram, Tere merambah dunia blog dengan Heytheresia. Melalui blognya, Tere rajin posting mengenai makanan yang ia konsumsi sehari-hari. Mulai dari sarapan, hingga makan malam.

Selain itu, Tere juga rajin berbagi resep. Resepnya juga tak melulu soal makanan besar, lho. Tapi bermacam-macam, mulai dari pudding, hingga shakes. Penjelasannya juga mudah diikuti oleh siapapun.

3. Food Escape

Food Escape digagas oleh dua orang, yaitu Daisy sebagai penulis dan Kato sang fotografer. Kombinasi keduanya cukup ciamik. Daisy dengan gaya tulisannya yang khas didukung oleh foto-foto berkualitas dari Kato. Tak heran kalau mereka merupakan salah satu top food blogger di Indonesia.

Ulasan makanannya pun juga sangat beragam. Utamanya mengenai kuliner di Jakarta. Sepertinya tak ada satupun tempat makan yang terlewat oleh Food Escape. Selain itu, mereka juga sering mengulas tentang event atau pameran makanan di Indonesia.

4. Tukang Jalan Jajan

Salah satu contoh food blogger Indonesia adalah Tukang Jalan Jajan

Termasuk pendatang baru di dunia food blogger, Tukang Jalan Jajan sangat rajin posting di blognya. Gaya tulisannya juga sangat ringan bagaikan mendengarkan cerita. 

Tak heran karena blog ini digagas oleh Eko Dony Prayudi yang sudah kenyang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, ulasan makanannya juga cukup bervariasi. Mulai dari kopi, seafood, hingga dimsum.

Siap Membangun Blog Makanan dan Jadi Food Blogger Sukses?

Demikian cara lengkap menjadi food blogger sukses. Sebenarnya tidak sulit, kan?

Memang, untuk mengelola blog itu sebenarnya hanya butuh niat dan kerja keras. Selain itu, perlu juga kreativitas agar konten selalu original dan unik.

Supaya blog makanan Anda terhindar dari berbagai kendala, Anda perlu menggunakan layanan hosting yang sudah teruji kualitasnya.

Untungnya, dengan WordPress Hosting Niagahoster, Anda tidak perlu lagi pusing dengan performa kecepatan, keamanan, dan resource website. Sebab, layanan ini memang telah dioptimalkan sedemikian rupa untuk website WordPress.

Plus, Anda juga bebas utak-atik website semau Anda. Mulai dari memberi nama domain yang catchy, install plugin untuk tambah fitur, sampai ubah tampilan website dengan tema. Semuanya bisa dilakukan, dengan fitur WordPress Management terdedikasi!

13 wordpress seo friendly wordpress hosting niagahoster

Menarik sekali, kan? Jadi tunggu apa lagi? Yuk upgrade blogmu dengan WordPress Hosting Niagahoster!

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *