counter easy hit
Fitur WordPress Baru Versi 4.8 yang Wajib Anda ketahui - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Saat artikel ini diterbitkan, versi WordPress sudah berada pada versi 4.8.1.  Ada beberapa fitur baru yang cukup menarik untuk Anda gunakan. Nah, dalam artikel ini kami akan membahas sebagian fitur menarik yang ditawarkan oleh WordPress versi 4.8.

Perubahan pada versi paling baru WordPress ini terutama terlihat pada widget yang sebelumnya telah ada, di samping beragam fitur baru lain. Fitur baru memang tidak terlalu banyak, namun tetap akan membuat website Anda lebih menarik dari sebelumnya.

Berikut adalah Fitur WordPress Versi 4.8 Terbaru

1. Editor Visual di Widget Text

Pertama-tama, terdapat penambahan fitur berupa visual editor pada widget text. Hal ini terbilang baru karena sebelumnya Anda hanya dapat memasukan text atau HTML saja. Kini Anda dapat menambahkan style pada tulisan seperti bold, italics dan menambahkan/mengedit hyperlink.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat memperhatikan gambar di bawah ini. Untuk WordPress 4.7 hanya dapat memasukkan text saja, sedangkan untuk WordPress 4.8 hasilnya langsung dapat Anda lihat.

wordpress 4.8

2. Widget Gambar

Fitur selanjutnya adalah berupa widget gambar. Hal ini memungkinkan Anda menampilkan gambar pada widget seperti logo atau banner afiliasi. Untuk menambahkan link, silakan klik tombol Edit Image.

widget gambar

Berikut ini adalah contoh tampilan gambar pada widget WordPress versi 4.8

3. Widget Video

Hampir sama dengan widget gambar, fitur WordPress selanjutnya adalah widget video. Jika Anda memiliki video profile perusahaan atau video lain, Anda dapat meletakkannya pada widget tersebut. Format videonya adalah .mp4, .m4v, .webm, .ogv, and .flv.

widget video

Berikut ini adalah tampilannya pada website.

fitur wordpress

4. Widget Audio

Selain widget untuk gambar dan video, Anda juga dapat menambahkan widget berupa audio. Cara menambahkannya hampir sama seperti membuat widget untuk gambar atau video.

widget audio

Berikut ini untuk contoh tampilan pada website

audio pada wordpress

5. Link Boundaries

Link boundaries atau batas link pada editor visual berguna ketika Anda ingin mengedit link serta menentukan kata mana yang ingin Anda beri link. Walaupun fungsinya sesederhana itu, tapi akan cukup membantu Anda yang sering menerbitkan artikel.

link boundaries

6. Perubahan dari Sisi Developer

Sebagian besar perubahan WordPress versi 4.8 ini lebih ke penambahan fitur tampilan. Meskipun demikian, terdapat juga perubahan dari sisi developer. Salah satunya adalah API baru untuk widget. Silakan kunjungi dokumentasi developer berikut untuk lebih detailnya: Widget Text TinyMCE dan Widget Gambar dan Audio.

Kesimpulan

Apakah website Anda sudah menggunakan WordPress versi 4.8? Kini giliran Anda. Nikmati segala kemudahan versi terbaru WordPress sekarang juga.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar WordPress, silakan beri komentar pada kolom yang telah kamis sediakan. Jangan lupa klik Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung dari inbox email Anda!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.