Web Development & Design

Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

Pada website CodeIgniter, setiap file punya fungsi manfaatnya masing-masing, termasuk file default .htaccess. Bahkan, file tanpa ekstensi ini sangat vital bagi sebuah website.

Kesalahan konfigurasi pada file .htaccess bisa menyebabkan error pada website CodeIgniter.

Untungnya, cara mengatasi error ini sangat mudah dan langkah membuat .htaccess juga perlu waktu yang singkat.

Yuk, pelajari apa itu file default .htaccess dan manfaatnya, serta cara membuat .htaccess di CodeIgniter dan cara mengatasi error akibat kesalahan konfigurasi file .htaccess.

Langsung saja, ini dia penjelasan selengkapnya.

Apa itu File Default .htaccess pada CodeIgniter?

.htaccess adalah sebuah file konfigurasi sederhana berformat American Standard Code for Information Interchange (ASCII). File penting ini banyak ditemukan pada website, termasuk yang dibangun dengan bahasa PHP dan framework CodeIgniter.

File .htaccess berguna untuk mengatur konfigurasi yang terjadi pada web server Apache. Dengan konfigurasi yang ditentukan, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi-fungsi yang disediakan oleh Apache, misalnya Redirects. 

Nah, manfaat file default htaccess pada CodeIgniter antara lain sebagai berikut:

  • Meringkas URL Website.htaccess dapat meringkas URL website dengan cara menghilangkan index.php dari URL tersebut.
  • Mengaktifkan SSL Website.htaccess dapat mengaktifkan SSL website yang digunakan dengan melakukan force HTTPS pada website tersebut.
  • Melakukan Redirect Website.htaccess dapat melakukan redirect website melalui empat metode, salah satunya dari www ke non www.
  • Membatasi Akses Website.htaccess dapat membatasi akses website dengan cara memblokir IP Address secara spesifik.

Setelah paham apa itu file default .htaccess CodeIgniter dan manfaatnya, berikutnya mari mempraktikkan cara membuat .htaccess CodeIgniter.

Baca juga: Panduan Lengkap CodeIgniter 4

Cara Membuat .htaccess di CodeIgniter

Cara membuat file .htaccess pada CodeIgniter sangat mudah dan bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 menit! Berikut langkah-langkah yang harus Anda kerjakan:

Pertama, buka text editor yang Anda gunakan dan buat sebuah file baru. Kemudian, salin skrip berikut:

<IfModule mod_rewrite.c>
    RewriteEngine On
    RewriteBase /

    RewriteCond %{REQUEST_URI} ^system.*
    RewriteRule ^(.*)$ /index.php?/$1 [L]

    RewriteCond %{REQUEST_URI} ^application.*
    RewriteRule ^(.*)$ /index.php?/$1 [L]

    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule ^(.*)$ index.php?/$1 [L]
</IfModule>

<IfModule !mod_rewrite.c>
    ErrorDocument 404 /index.php
</IfModule

Kedua, simpan file dengan nama .htaccess tanpa ekstensi apapun di root folder website CodeIgniter Anda. Jangan lupa ya, tanpa menambahkan ekstensi!

Selesai! Mudah dan cepat sekali bukan? Di bagian berikutnya, Anda belajar cara mengatasi error No input file specified pada CodeIgniter.

Baca juga: Tutorial Upload File dengan CodeIgniter

Cara Mengatasi Error No Input File Specified pada CodeIgniter

Error no input file specified adalah salah satu error yang sering terjadi di CodeIgniter. Penyebab error no input file specified karena terjadi kesalahan konfigurasi pada file .htaccess.

Nah, kesalahan konfigurasi .htaccess tersebut biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu penggunaan file .htaccess yang tidak tepat dan skrip .htaccess yang kurang lengkap.

Baca juga: Cara Berkirim Email dengan CodeIgniter

Berikut adalah cara mengatasi error no input file specified pada CodeIgniter sesuai dengan jenis kesalahan konfigurasi .htaccess:

1. Menggunakan File .htaccess Versi Lengkap

Anda akan mengalami error jika  menggunakan file .htaccess versi simpel seperti contoh skrip berikut:

RewriteEngine On
#RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule (.*) index.php/$1

Solusinya, gunakan skrip file .htaccess versi lengkap seperti yang dibahas pada poin sebelumnya.

Baca juga: Cara Install CodeIgniter di Hosting

2. Melengkapi Skrip File .htaccess

Error juga bisa  terjadi kalau Anda lupa memberi tanda ? di akhir index.php. Contohnya pada skrip berikut:

RewriteRule ^(.*)$ /index.php/$1 [L]

Solusinya, dengan menambahkan tanda ? pada skrip tersebut seperti ini:

RewriteRule ^(.*)$ /index.php?/$1 [L]

Lakukan hal yang sama pada baris kode lain yang juga mengandung index.php. Kemudian simpan file .htaccess.Jika sudah, silakan refresh browser Anda. 

Apabila website menampilkan halaman yang seharusnya, artinya Anda telah berhasil mengatasi error no input file specified di CodeIgniter.

Memang, cara mengatasi error no input file specified sangat mudah. Tapi yang harus diingat bahwa error ini sebenarnya bisa dihindari, asalkan Anda selalu menggunakan skrip .htaccess yang tepat.

Baca juga: Cara Mengatasi A Database Error Occurred pada CodeIgniter

Kesimpulan

File default .htaccess adalah file sederhana pada website berbasis CodeIgniter. Pun demikian, sedikit saja ada kesalahan dalam konfigurasi file ini bisa menyebabkan masalah. Contohnya, error no input file specified yang bisa membuat website tidak dapat diakses.

File .htaccess memang sangat penting bagi website CodeIgniter. Baik dalam hal kemudahan seperti URL website yang lebih ringkas, atau pada aspek keamanan seperti aktivasi SSL dan pembatasan akses.

Manfaat di atas akan lebih dirasakan ketika website sudah online. Jadi, upload website berbasis CodeIgniter Anda ke layanan hosting yang dapat diandalkan.

Agar performa website CodeIgniter Anda lebih optimal, layanan hosting yang menawarkan server cepat, seperti Niagahoster, bisa menjadi pilihan utama.

Niagahoster menggunakan web server tercepat di dunia, LiteSpeed, yang performanya tidak perlu diragukan. Selain itu, Anda bisa dengan mudah mengelola website CodeIgniter di cPanel melalui fitur Advance for Web Developer.

Tunggu apalagi, yuk berlangganan layanan Web Hosting Terbaik Niagahoster dan bangun website CodeIgniter impian Anda!

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika masih ada kendala, tanyakan saja melalui kolom komentar. Sampai jumpa lagi!

Muhammad Ariffudin (Ariffud)

Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Share
Published by
Muhammad Ariffudin (Ariffud)

Recent Posts

Memahami Pentingnya Peran Data Center Pasca Peristiwa Kebakaran

Tanggal 2 Desember 2021 lalu, beberapa layanan internet serta beberapa situs dan aplikasi sempat lumpuh selama beberapa saat. Wah, kenapa…

4 hours ago

Apa Itu Traction? Hal Penting Saat Membangun Startup

Sedang membangun startup? Pahami dulu fase traction agar startup Anda dapat berkembang! Selengkapnya ada di artikel ini.

12 hours ago

Produk & Fitur Update November 2021

Selama bulan November 2021, kami telah melakukan beberapa update produk dan layanan Niagahoster. Hal ini tentunya untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.…

24 hours ago

Apa Itu Programmer? Berikut Jenis, Tugas, dan Skill yang Wajib Dikuasai!

Dengan berkembangnya penggunaan teknologi, programmer menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan! Mau jadi programmer? Simak dulu artikel ini!

1 day ago

Apa Itu CMS? Yuk Kenali Lebih Dekat!

Bagi Anda yang ingin membuat website tanpa coding, menggunakan CMS adalah solusi yang tepat. Dalam beberapa langkah mudah, website Anda…

2 days ago

8 Cara Install WordPress Terlengkap [Ga Pake Ribet!]

Sedang mencari tahu cara install WordPress? Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Di sini Anda akan menemukan berbagai caranya, mulai…

3 days ago