Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

2 min read

[FI] Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter

Pada website CodeIgniter, setiap file punya fungsi manfaatnya masing-masing, termasuk file default .htaccess. Bahkan, file tanpa ekstensi ini sangat vital bagi sebuah website.

Kesalahan konfigurasi pada file .htaccess bisa menyebabkan error pada website CodeIgniter.

Untungnya, cara mengatasi error ini sangat mudah dan langkah membuat .htaccess juga perlu waktu yang singkat.

Yuk, pelajari apa itu file default .htaccess dan manfaatnya, serta cara membuat .htaccess di CodeIgniter dan cara mengatasi error akibat kesalahan konfigurasi file .htaccess.

Langsung saja, ini dia penjelasan selengkapnya.

Apa itu File Default .htaccess pada CodeIgniter?

.htaccess adalah sebuah file konfigurasi sederhana berformat American Standard Code for Information Interchange (ASCII). File penting ini banyak ditemukan pada website, termasuk yang dibangun dengan bahasa PHP dan framework CodeIgniter.

File .htaccess berguna untuk mengatur konfigurasi yang terjadi pada web server Apache. Dengan konfigurasi yang ditentukan, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi-fungsi yang disediakan oleh Apache, misalnya Redirects. 

Nah, manfaat file default htaccess pada CodeIgniter antara lain sebagai berikut:

Setelah paham apa itu file default .htaccess CodeIgniter dan manfaatnya, berikutnya mari mempraktikkan cara membuat .htaccess CodeIgniter.

Cara Membuat .htaccess di CodeIgniter

Cara membuat file .htaccess pada CodeIgniter sangat mudah dan bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 menit! Berikut langkah-langkah yang harus Anda kerjakan:

Pertama, buka text editor yang Anda gunakan dan buat sebuah file baru. Kemudian, salin skrip berikut:

<IfModule mod_rewrite.c>
    RewriteEngine On
    RewriteBase /

    RewriteCond %{REQUEST_URI} ^system.*
    RewriteRule ^(.*)$ /index.php?/$1 [L]

    RewriteCond %{REQUEST_URI} ^application.*
    RewriteRule ^(.*)$ /index.php?/$1 [L]

    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule ^(.*)$ index.php?/$1 [L]
</IfModule>

<IfModule !mod_rewrite.c>
    ErrorDocument 404 /index.php
</IfModule

Kedua, simpan file dengan nama .htaccess tanpa ekstensi apapun di root folder website CodeIgniter Anda. Jangan lupa ya, tanpa menambahkan ekstensi!

file default htaccess

Selesai! Mudah dan cepat sekali bukan? Di bagian berikutnya, Anda belajar cara mengatasi error No input file specified pada CodeIgniter.

Cara Mengatasi Error No Input File Specified pada CodeIgniter

error no input file specified htaccess

Error no input file specified adalah salah satu error yang sering terjadi di CodeIgniter. Penyebab error no input file specified karena terjadi kesalahan konfigurasi pada file .htaccess.

Nah, kesalahan konfigurasi .htaccess tersebut biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu penggunaan file .htaccess yang tidak tepat dan skrip .htaccess yang kurang lengkap.

Berikut adalah cara mengatasi error no input file specified pada CodeIgniter sesuai dengan jenis kesalahan konfigurasi .htaccess:

1. Menggunakan File .htaccess Versi Lengkap

Anda akan mengalami error jika  menggunakan file .htaccess versi simpel seperti contoh skrip berikut:

RewriteEngine On
#RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule (.*) index.php/$1

Solusinya, gunakan skrip file .htaccess versi lengkap seperti yang dibahas pada poin sebelumnya.

2. Melengkapi Skrip File .htaccess

Error juga bisa  terjadi kalau Anda lupa memberi tanda ? di akhir index.php. Contohnya pada skrip berikut:

RewriteRule ^(.*)$ /index.php/$1 [L]

Solusinya, dengan menambahkan tanda ? pada skrip tersebut seperti ini:

RewriteRule ^(.*)$ /index.php?/$1 [L]

Lakukan hal yang sama pada baris kode lain yang juga mengandung index.php. Kemudian simpan file .htaccess.Jika sudah, silakan refresh browser Anda. 

Apabila website menampilkan halaman yang seharusnya, artinya Anda telah berhasil mengatasi error no input file specified di CodeIgniter.

mengatasi error no input file specified htaccess

Memang, cara mengatasi error no input file specified sangat mudah. Tapi yang harus diingat bahwa error ini sebenarnya bisa dihindari, asalkan Anda selalu menggunakan skrip .htaccess yang tepat.

Kesimpulan

File default .htaccess adalah file sederhana pada website berbasis CodeIgniter. Pun demikian, sedikit saja ada kesalahan dalam konfigurasi file ini bisa menyebabkan masalah. Contohnya, error no input file specified yang bisa membuat website tidak dapat diakses.

File .htaccess memang sangat penting bagi website CodeIgniter. Baik dalam hal kemudahan seperti URL website yang lebih ringkas, atau pada aspek keamanan seperti aktivasi SSL dan pembatasan akses.

Manfaat di atas akan lebih dirasakan ketika website sudah online. Jadi, upload website berbasis CodeIgniter Anda ke layanan hosting yang dapat diandalkan.

Agar performa website CodeIgniter Anda lebih optimal, layanan hosting yang menawarkan server cepat, seperti Niagahoster, bisa menjadi pilihan utama dengan teknologi web server tercepat di dunia, LiteSpeed, yang performanya tidak perlu diragukan.

Tunggu apalagi, yuk berlangganan layanan Web Hosting Murah Terbaik Niagahoster dan bangun website CodeIgniter impian Anda!

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika masih ada kendala, tanyakan saja melalui kolom komentar. Sampai jumpa lagi!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *