Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops.

Facebook Shops memiliki tampilan seperti toko online. Pelanggan Anda juga bisa melakukan transaksi langsung di sini. Tentunya, ini akan memudahkan Anda mempromosikan dan menjual produk.

Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung menghubungkan website WooCommerce Anda dengan layanan Facebook for WooCommerce. Setelahnya, Anda bisa mengupload katalog produk secara instan. Plus, ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari platform ini.

Nah, penasaran kan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak lebih lanjut ulasan lengkapnya.

Apa itu Facebook for WooCommerce?

Facebook for WooCommerce adalah sebuah plugin yang bisa menghubungkan website WooCommerce Anda ke halaman Facebook Shops.

Bagi Anda yang belum tahu, Facebook Shops itu sendiri merupakan fitur yang dirilis sejak tahun 2016 silam. Fitur ini memudahkan para pebisnis untuk menampilkan katalog produk di halaman Facebook (Facebook page).

Facebook Shops tentu membawa kesempatan besar bagi Anda yang ingin menjangkau target audiens di Facebook secara mudah. Apalagi 57% pelanggan mengaku media sosial mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli suatu produk.

Tampilan Facebook Shops yang persis seperti toko online inilah yang menjadi keunggulannya. Contohnya seperti ini.

Bisa Anda lihat sendiri, Facebook Shops tidak cuma bisa menampilkan foto tapi juga informasi lainnya seperti harga dan deskripsi produk. Bahkan, pelanggan Anda juga bisa melakukan pembelian langsung di halaman Facebook Shops dengan mudah.

Akan tetapi, bila Anda memiliki website sendiri itu akan jauh lebih baik. Sebab, Anda bisa mengarahkan langsung setiap pelanggan yang ada di Facebook Shops untuk melakukan proses checkout ke website utama Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan data calon pembeli dengan lebih lengkap. Anda pun bisa leluasa melakukan remarketing untuk mempengaruhi calon pembeli Anda.

Berikut adalah contoh halaman Facebook shop milik Adidas yang telah terhubung dengan website mereka.

Nah, berkat adanya fitur Facebook for WooCommerce, Anda tidak perlu lagi mengupload produk satu per satu di Facebook Shops. Sebab, fitur inilah yang akan membantu untuk mensinkronkan seluruh isi katalog produk dari website WooCommerce ke halaman Facebook Shops Anda.

Di luar itu, masih ada banyak keuntungan lain dari fitur ini yang akan kami bahas di bagian berikutnya.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Facebook for WooCommerce?

WooCommerce menawarkan fitur Facebook for WooCommerce untuk mengintegrasikan website Anda dengan Facebook Shops. Lantas, apa saja kelebihan dari fitur ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tidak Repot untuk Mengupload Katalog

Anda tidak perlu lagi kewalahan untuk mengupload katalog di Facebook Shops. Semua produk dan kategori yang ada di website WooCommerce Anda akan muncul secara live di Facebook Shops.

Apabila ada perubahan yang terjadi di website Anda, perubahan tersebut juga akan muncul secara otomatis pada Facebook Shops. Misalnya, ketika Anda mengupdate jumlah stok produk di website. Nantinya info stok yang tertera di Facebook Shops juga akan otomatis terupdate dengan sendirinya.

2. Pemakaian Gratis

Memiliki toko online di Facebook dan website, memungkinkan Anda untuk meraih sales lebih banyak dengan zero investment. Sebab, Anda bisa menggunakan layanan Facebook for WooCommerce secara gratis!

Di samping itu, layanan ini akan menambahkan Facebook pixel ke website Anda. Anda dapat melacak setiap konversi, mengontrol performa Facebook ads, mengetahui customer behavior (perilaku pelanggan), dan menargetkan audiens secara spesifik untuk campaign ads berikutnya.

3. Bersifat Mobile Friendly

Facebook Shops juga bersifat mobile friendly. Fitur ini selalu menjamin pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan mudah untuk di segala perangkat. Sehingga, tampilan halamannya pun dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar baik layar handphone, tablet, dan laptop.

Baca juga: Cara Membuat Website Mobile Friendly dalam 11 Langkah

4. Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Menjaga kualitas hubungan dengan pelanggan sangatlah penting dalam bisnis. Terutama jika eksistensi bisnis Anda telah menjamah ke lebih dari satu jenis platform. Untungnya, Facebook sudah dinobatkan sebagai platform ideal untuk merekatkan hubungan antara bisnis dengan pelanggan.

Secara, tiap postingan yang terpampang, para pelanggan bisa mudah memberikan komentar, like, dan share.

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Messenger melalui fitur Facebook for WooCommerce. Nantinya, kolom chat Messenger akan tampil di halaman utama website dan di halaman Facebook Shops sehingga pelanggan bisa mudah menjangkau Anda.

5. Menganalisa Data dengan Mudah

Facebook menyediakan fitur Facebook Insights yang berfungsi untuk melacak setiap aktivitas pelanggan yang mampir ke halaman Facebook shop Anda. Seperti data jumlah engagement, like, share, klik, dan lain-lain.

Dari data ini pun, Anda bisa memperoleh banyak insight yang bernilai untuk dijadikan bahan dalam membangun strategi. Misalnya, menargetkan waktu yang tepat untuk posting, atau memahami jenis konten seperti apa yang paling disukai pelanggan.

Baca juga: Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda

Cara Menggunakan Facebook for WooCommerce

Menghubungkan Facebook dengan WooCommerce adalah perkara yang mudah. Sebab, semua prosesnya sudah difasilitasi dengan bantuan plugins.

Ada banyak jenis plugin Facebook for WooCommerce yang bisa Anda pilih. Seperti Facebook for WooCommerce (By Facebook), Facebook for WooCommerce (By WooCommerce), StoreYa’s Shop to Facebook for WooCommerce atau WooCommerce to Facebook shop.

Namun di tutorial kali ini, kami akan memilih salah satunya saja yaitu dengan plugin StoreYa’s Shop. Tanpa berlama-lama, yuk langsung ikuti caranya dari awal sampai akhir di bawah ini!

Langkah 1 – Membuat Facebook Page (Halaman Facebook)

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah membuat Facebook Page atau halaman Facebook dengan cara berikut:

  • Login ke akun Facebook bisnis Anda.
  • Setelah login, klik Options yang terletak di pojok kanan atas layar. Dan pilih Create Page.

  • Di halaman berikutnya, Anda diminta untuk memilih salah satu jenis Page yang ingin Anda buat. Ada Page untuk local business, organization, brand, entertainment, dan lain-lain. Di sini, kami memilih jenis Page Brand or Product.

  • Berikutnya, pilih kategori bisnis yang Anda miliki dan berikan nama. Di sini, kami memilih kategori Clothing dengan nama My Shop.
  • Selanjutnya, Anda bisa melengkapi berbagai elemen di Facebook Page seperti; foto profil, cover berupa foto / video, mengisi halaman About dan sebagainya. Bila sudah, klik tombol Save Changes dan Facebook Page Anda sudah siap digunakan.

Langkah 2 – Menginstall Facebook Shop for Woocommerce Plugin by StoreYa

Setelah Anda berhasil membuat Facebook Page, berikutnya Anda bisa langsung menginstall plugin StoreYa. Silakan simak langkahnya di bawah ini.

  • Login akun WordPress Anda.
  • Setelah masuk ke Dashboard WordPress, pilih Plugins di sidebar menu sebelah kiri dan klik Add New.

  • Ketik keyword WooCommerce Shop to Facebook by StoreYa di kolom Search sebelah kanan atas layar. Setelah plugin berhasil ditemukan, klik Acitvate.
  • Jika sudah teraktivasi, tab plugin StoreYa Facebook Store akan otomatis muncul pada menu dashboard WordPress Anda.

Langkah 3 – Buat Akun di StoreYa

Setelah menginstall plugin di WordPress, Anda perlu membuat akun di StoreYa sebelum menghubungkannya dengan Facebook Shop.

  • Kunjungi website StoreYa di http://www.storeya.com/
  • Klik Get Started Now.
  • Pilih Sign up dengan email Anda atau Log in dengan Facebook.
  • Setelah terdaftar dan Anda berhasil masuk ke dashboard StoreYa, klik Read More pada kategori Facebook Shop.
  • Klik Get App Now.
  • Lalu, pilih salah satu ecommerce platform yang ingin digunakan. Sesuai dengan tutorial ini, maka Anda bisa pilih WordPress with WooCommerce.
  • Masukkan URL website WooCommerce Anda dan klik tombol Continue.
  • Klik tombol Preview dan Anda akan menemukan sebuah pop up bertuliskan: “Please log in, and choose the Facebook fan page you wish to connect your store to.” Lalu, klik Continue.

  • Pilih halaman Facebook Page yang sudah dibuat tadi, dan klik Add Page Tab.
  • Anda akan dibawa ke halaman dashboard StoreYa dan mendapatkan pesan bahwa website Anda telah berhasil terhubung dengan Facebook Shop.
  • Setelah berhasil terhubung, secara otomatis katalog produk Anda akan muncul pada Facebook shop seperti contoh gambar di bawah ini.

Berbagai Alternatif Plugin Facebook for WooCommerce

Dari sekian pilihan plugin Facebook for WooCommerce, kami memilih plugin StoreYa untuk bahan tutorial di artikel ini. Namun tentu saja, ini bukan satu-satunya pilihan. Ada beberapa alternatif plugin lain yang bisa Anda coba yaitu:

1. WooCommerce to Facebook Shop

Plugin WooCommerce to Facebook Shop dirancang oleh Premium Themes yang menawarkan layanan secara gratis. Namun, Anda juga bisa mengupgrade ke layanan Pro untuk mendapatkan berbagai fitur tambahan yang mumpuni.

Fitur GratisFitur Pro
Nomor ID produkNama produkHarga asli dan harga promoNama kategoriBanner Facebook shopVariasi produkLink detail produkBanner kustom di Facebook Shops Beragam pilihan bahasaUnlimited katalog produk.Jadwal auto sinkronisasi pada seluruh produk Anda ke Facebook shop.Pilihan skema warna halaman Facebook Shops

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan plugin ini:

  • Penginstalan dan konfigurasi yang mudah.
  • Mensinkronkan otomatis katalog produk dan kategori yang ada di website Anda.
  • Pengguna bisa mudah mencari produk yang diinginkan.
  • Terintegrasi dengan plugin Facebook Social Comments.
  • Mudah dibagikan ke platform media sosial lainnya.
  • Menampilkan related products dari website Anda.

2. Facebook for WooCommerce (By Facebook)

Facebook for WooCommerce by Facebook merupakan plugin resmi buatan Facebook. Secara umum, plugin ini menawarkan kemudahan Anda untuk menginstall Facebook pixel dan mengupload katalog produk dari website.

Kedua fungsi tersebut sangat membantu Anda untuk menjalankan ads yang dinamis seperti:

  • Memaksimalkan performa ads. Dengan setting up Facebook pixel, ads Anda bisa menargetkan audiens secara spesifik. Baik yang sebelumnya pernah membeli produk Anda atau sekedar mampir ke halaman Facebook shop dan website Anda.
  • Memperoleh lebih banyak pelanggan. Karena telah terhubung dengan katalog produk, Anda bisa dengan gampangnya menampilkan ads dengan format carousel. Format ini bisa membuat tampilan ads menjadi lebih menarik, dan membawa potensi untuk menarik banyak pelanggan.

3. Facebook for WooCommerce (By WooCommerce)

Terakhir, adalah plugin Facebook for WooCommerce yang secara resmi dirilis sendiri oleh WooCommerce. Ada banyak macam keunggulan yang bisa didapatkan dari plugin ini yaitu:

  • Mendukung performa ads lebih maksimal dengan bantuan Facebook pixel.
  • Menarik lebih banyak perhatian calon pelanggan dengan tampilan carousel pada ads.
  • Kemudahan untuk melakukan analisis performa ads dengan Facebook Ads Reporting.
  • Melakukan strategi remarketing pada pengunjung website.
  • Tampilan yang mobile-friendly.
  • Mengintegrasikan website dengan Facebook Messenger.

Gunakan Facebook for WooCommerce Sekarang Juga!

Menjalankan bisnis di era digital, sudah semestinya Anda segera memanfaatkan platform media sosial untuk pemasaran dan promosi. Facebook adalah salah satu platform media sosial yang cukup laris untuk melakukan kedua hal ini.

Alasannya karena jutaan pengguna yang terus bertambah di setiap harinya, dan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Facebook. Seperti Facebook Shops, sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengupload katalog produk beserta nama, deskripsi produk, dan harga.

Untungnya, bagi Anda yang memiliki website WooCommerce, Anda bisa mudah menghubungkannya ke Facebook Shops tanpa perlu mengupload katalog secara manual. Cukup dengan menginstall plugins, katalog produk Anda akan otomatis terupload di Facebook shop dan siap diterbitkan!

Buat Anda yang mungkin sudah lebih dulu memiliki akun Facebook shop, tapi belum memiliki website / toko online, inilah saat yang tepat untuk membuatnya. Anda bisa ikuti tutorial kami tentang cara membuat website WooCommerce. Dan jangan lupa untuk install 10+ plugins terbaiknya. Selamat berbisnis!

Sekar Ningtyas

As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Share
Published by
Sekar Ningtyas

Recent Posts

Jelang Black Friday 2020, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Black Friday 2020 akan segera tiba. Event belanja tahunan ini, selalu menawarkan diskon menarik. Anda tentu tak ingin ketinggalan, kan?…

2 hours ago

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

1 day ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

2 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

3 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

3 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

4 days ago