Web Development & Design

Mengatasi Error 404 Not Found di Laravel

Saat mengembangkan website dengan framework Laravel, Anda mungkin menjumpai error 404 not found, yaitu error yang muncul ketika browser tidak dapat menemukan halaman yang Anda tuju.

Error 404 not found di Laravel bisa terjadi karena ada kesalahan pada routing ataupun kesalahan setting web server. Tapi, jangan khawatir, error tersebut bisa diatasi dengan mudah, kok.

Bagaimana caranya?

Nah, Anda sudah berada di halaman yang tepat. Yuk, langsung simak penjelasan cara mengatasi error 404 not found di Laravel!

Cara Mengatasi Error 404 Not Found Laravel

Untuk mengatasi error 404 di Laravel, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Cek File Routing
  2. Konfigurasi Web Server

Ini dia penjelasan lengkapnya!

1. Cek File Routing

Langkah pertama mengatasi error 404 di Laravel adalah memastikan URL yang Anda gunakan untuk mengakses halaman sudah didaftarkan pada file routes/web.php. Kemudian, pastikan juga Anda sudah mengarahkan routingnya dengan benar. 

Ikuti langkahnya menggunakan contoh berikut ini: 

Pertama, buatlah file controller dengan nama CobaController.php pada direktori app/Http/Controllers. Kemudian, salinlah kode berikut ini :

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;

class CobaController extends Controller
{
    public function index()
    {
        return "Selamat Routing Anda Sudah Benar";
    }
}

Kedua, Anda perlu mendaftarkan route pada file web.php.

Route::get('/coba', 'App\Http\Controllers\CobaController@index');

Nah, ketika Anda mengakses localhost:8000/coba, Anda akan diarahkan langsung ke fungsi index() pada file controller yang telah Anda buat. Nantinya, tampilannya akan seperti ini :

Ketiga, pastikan Anda mengakses URL sesuai dengan yang Anda daftarkan pada web.php. Karena jika tidak sesuai, Anda akan mendapatkan tampilan error 404 not found seperti ini lagi:

2. Konfigurasi Web Server

Jika routing Anda sudah benar, tapi error 404 masih saja muncul, bisa saja ada kesalahan pada konfigurasi web server. Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan mod_rewrite pada web server Anda.

Bagi pengguna XAMPP, bukalah file httpd.conf pada direktori C:\xampp\apache\conf. Kemudian, carilah line berikut ini:

#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Hapus tanda # untuk mengaktifkan module. Selanjutnya, temukanlah line berikut ini :

Ubah AllowOverride none menjadi AllowOverride all. Kemudian, restart XAMPP Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 500 Laravel

Kesimpulan

Bagaimana, apakah error 404 not found di Laravel Anda sudah teratasi? Selama langkah di atas sudah diikuti dengan baik, harusnya tidak muncul pesan error lagi, ya.

Penanganan error 404 memang butuh ketelitian, terutama saat melakukan pengecekan pada file routing.

Nah, kalau website Laravel Anda sudah terbebas dari error, pengembangan website Anda bisa dilanjutkan. Salah satunya, membuatnya bisa diakses online menggunakan layanan hosting!

Saat ini berlangganan layanan hosting cukup terjangkau, kok. Cukup dengan Rp10rb/bulan, Anda sudah bisa menikmati  layanan Unlimited Hosting Niagahoster.

Menariknya, Anda sudah mendapatkan berbagai fitur menarik mulai dari gratis SSL untuk keamanan website, server LiteSpeed Enterprise yang meningkatkan performa kecepatan website Anda, serta dukungan layanan pelanggan 24 jam penuh.

Nah, ingin segera mengonlinekan website Laravel Anda? Yuk, langsung saja berlangganan layanan hosting termurah di Indonesia!

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

Tutorial Nextcloud: Fitur, Keunggulan dan Cara Install Nextcloud di Cloud VPS

Anda sampai di artikel ini karena ingin tahu cara install Nextcloud di VPS? Selamat, Anda berada di halaman yang tepat!…

18 hours ago

Panduan Deploy Website Berbasis Python di cPanel

Banyak website yang dibangun menggunakan Python, contohnya Google. Selain menawarkan performa yang baik, pilihan cara deploy website berbasis Python juga…

2 days ago

Iptables: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anda khawatir server Anda akan mendapat serangan kejahatan online? Jika iya, cobalah menggunakan iptables firewall untuk meningkatkan keamanan server tersebut.…

3 days ago

Gambar Tidak Muncul di Web? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Sudah habis banyak waktu untuk upload gambar, eh malah gambar tidak muncul di web. Belum lagi, tampilan website pun jadi…

4 days ago

Apa itu Pitch Deck? Trik Membuat Pitch Deck untuk Menarik Investor

Apakah Anda tahu bahwa 29% startup gagal karena kekurangan modal? Jangan sampai startup Anda tumbang karena sebab yang sama. Solusi…

5 days ago

Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis Online

Referral marketing adalah salah satu strategi word of mouth terampuh untuk menghasilkan konsumen baru. Bagaimana caranya? Simak disini!

5 days ago