Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Mengatasi Error 404 Not Found di Laravel

1 min read

[FI] Mengatasi Error 404 Not Found di Laravel

Saat mengembangkan website dengan framework Laravel, Anda mungkin menjumpai error 404 not found, yaitu error yang muncul ketika browser tidak dapat menemukan halaman yang Anda tuju.

Error 404 not found di Laravel bisa terjadi karena ada kesalahan pada routing ataupun kesalahan setting web server. Tapi, jangan khawatir, error tersebut bisa diatasi dengan mudah, kok.

Bagaimana caranya?

Nah, Anda sudah berada di halaman yang tepat. Yuk, langsung simak penjelasan cara mengatasi error 404 not found di Laravel!

Cara Mengatasi Error 404 Not Found Laravel

Untuk mengatasi error 404 di Laravel, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Cek File Routing
  2. Konfigurasi Web Server

Ini dia penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Cara Install Laravel di Ubuntu

1. Cek File Routing 

Langkah pertama mengatasi error 404 di Laravel adalah memastikan URL yang Anda gunakan untuk mengakses halaman sudah didaftarkan pada file routes/web.php. Kemudian, pastikan juga Anda sudah mengarahkan routingnya dengan benar. 

Ikuti langkahnya menggunakan contoh berikut ini: 

Pertama, buatlah file controller dengan nama CobaController.php pada direktori app/Http/Controllers. Kemudian, salinlah kode berikut ini :

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;

class CobaController extends Controller
{
    public function index()
    {
        return "Selamat Routing Anda Sudah Benar";
    }
}

Kedua, Anda perlu mendaftarkan route pada file web.php.

Route::get('/coba', 'App\Http\Controllers\CobaController@index');

Nah, ketika Anda mengakses localhost:8000/coba, Anda akan diarahkan langsung ke fungsi index() pada file controller yang telah Anda buat. Nantinya, tampilannya akan seperti ini :

Berhasil membuat routing

Ketiga, pastikan Anda mengakses URL sesuai dengan yang Anda daftarkan pada web.php. Karena jika tidak sesuai, Anda akan mendapatkan tampilan error 404 not found seperti ini lagi:

error 404 karena salah routing

Baca Juga: Cara Mengatasi Fatal Error Allowed Memory Size

2. Konfigurasi Web Server

Jika routing Anda sudah benar, tapi error 404 masih saja muncul, bisa saja ada kesalahan pada konfigurasi web server. Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan mod_rewrite pada web server Anda.

Bagi pengguna XAMPP, bukalah file httpd.conf pada direktori C:\xampp\apache\conf. Kemudian, carilah line berikut ini:

#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Hapus tanda # untuk mengaktifkan module. Selanjutnya, temukanlah line berikut ini :

Konfigurasi web server

Ubah AllowOverride none menjadi AllowOverride all. Kemudian, restart XAMPP Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 500 Laravel

Kesimpulan

Bagaimana, apakah error 404 not found di Laravel Anda sudah teratasi? Selama langkah di atas sudah diikuti dengan baik, harusnya tidak muncul pesan error lagi, ya.

Penanganan error 404 memang butuh ketelitian, terutama saat melakukan pengecekan pada file routing.

Nah, kalau website Laravel Anda sudah terbebas dari error, pengembangan website Anda bisa dilanjutkan. Salah satunya, menerapkan cara hosting Laravel supaya bisa diakses online!

Saat ini berlangganan layanan hosting cukup terjangkau, kok. Cukup dengan Rp10rb/bulan, Anda sudah bisa menikmati  layanan Unlimited Hosting Niagahoster.

Menariknya, Anda sudah mendapatkan berbagai fitur menarik mulai dari gratis SSL untuk keamanan website, server LiteSpeed Enterprise yang meningkatkan performa kecepatan website Anda, serta dukungan layanan pelanggan 24 jam penuh.

Nah, ingin segera mengonlinekan website Laravel Anda? Yuk, langsung saja berlangganan layanan hosting termurah di Indonesia!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *