Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Memperbaiki Error Missing a Temporary Folder di WordPress

1 min read

Cara Memperbaiki Error Missing a Temporary Folder di WordPress

Apakah WordPress Anda mengalami error dengan menampilkan pesan missing a temporary folder? Error tersebut biasanya muncul ketika Anda gagal mengunggah gambar dan memperbarui template maupun plugin.

Untuk bisa mengatasi error tersebut dan dapat mengunggah file, Anda perlu melakukan beberapa langkah perbaikannya. Di artikel ini, Anda akan belajar cara memperbaiki error missing a temporary folder dengan tepat.

Namun, sebelumnya mari simak terlebih dulu pengertian dan penyebab dari error tersebut berikut ini!

Pengertian dan Penyebab Error Missing a Temporary Folder

Error Missing a Temporary Folder
sumber: wpbeginner.com

Error missing a temporary folder biasanya muncul karena terjadi kesalahan hak akses folder yang ada di akun hosting Anda. WordPress menggunakan folder temporary (sementara) untuk menyimpan berbagai file sebelum menyimpannya pada lokasi yang dituju.

Ketika hak akses pada folder temporary tidak sesuai, pesan error “Missing a Temporary Folder” akan muncul. Hal ini dapat menyulitkan Anda mengunggah file, memperbarui template, maupun update WordPress.

Hal tersebut biasanya terjadi karena folder temp terhapus secara tidak sengaja atau masalah lainnya.

Pada bagian ini, Anda sudah memahami hal dasar yang menjadi penyebab error tersebut muncul. Langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Error Upload: Failed to Write to Disk

Memperbaiki Error Missing a Temporary Folder

Cara memperbaiki missing a temporary folder pada WordPress dapat cukup mudah Anda lakukan. Anda hanya perlu edit file wp-config.php yang ada pada direktori utama WordPress saja. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki error.

1. Login ke Akun cPanel

Pertama login dulu ke akun cPanel Anda dengan menggunakan username dan password hosting Anda. Jika Anda pengguna hosting Niagahoster, Anda bisa login cPanel lewat member area.

Di halaman member area, klik menu Layanan Anda > Hosting > Kelola Hosting. Selanjutnya Anda akan melihat tampilan menu di cPanel.

Login ke cPanel

2. Pilih File Manager

Setelah masuk ke halaman cPanel, pilih menu File Manager.

Pilih File Manager

3. Cari File wp-config.php

Selanjutnya, buka folder public_html dan cari file wp-config.php. Kemudian, klik kanan dan pilih Edit.

Cari File wp-config di Public_html

Baca juga: Memperbaiki Error “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons.”

4. Edit File wp-config.php

Edit file wp-config

Setelah file berhasil dibuka, silakan paste baris kode di bawah ini sebelum tulisan “That’s all, stop editing! Happy blogging”.

define(‘WP_TEMP_DIR’,dirnname(_FILE_). ‘/wp-content/temp/’);

Selanjutnya simpan dan unggah kembali file wp-config.php.

5. Buat Folder Temp

Silakan buka folder wp-content dan buat folder baru di dalamnya dengan nama Temp.

Setelah folder temp berhasil dibuat, silakan cek website dengan cara login ke dashboard WordPress. Kemudian, silakan coba lakukan upload file kembali.

Baca juga: Cara Mengatasi 40+ Error WordPress

Segera Atasi Error Missing a Temporary Folder, Sekarang!

Error missing a temporary folder memang kerap terjadi akibat kesalahan hak akses folder pada hosting Anda. Akibatnya, Anda tak bisa mengunggah file pada website Anda. Nah, dengan tutorial di atas tadi, sekarang error tersebut sudah teratasi, bukan?

Jika Anda masih mengalami kendala, segera hubungi tim customer service dari layanan hosting Anda untuk mendapatkan bantuan penanganan.

Semisal, Anda menemui error WordPress lainnya, Anda bisa dapatkan panduan mengatasinya melalui ebook. Segera download ebook gratis berikut!

cara mengatasi error wordpress
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

2 Replies to “Cara Memperbaiki Error Missing a Temporary Folder di WordPress”

  1. punya saya masih Missing a Temporary Folder, sudah saya terapkan di atas, saya juga pakai php.ini, saya restore ulang, saya ganti baru semua, tetap Missing a Temporary Folder, kenapa ? apa ada penyebab lain, awalnya baik baik saja.

    1. Coba Anda akses melalui private browsing, jika masih sama silakan coba nonaktifkan semua plugin dengan cara merename folder plugins menjadi nama lain dan silakan kembalikan template ke template default.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *