Categories: Dev

Cara Memperbaiki Error Missing a Temporary Folder di WordPress

Apakah WordPress Anda mengalami error dengan menampilkan pesan missing a temporary folder? Error biasanya muncul ketika Anda mengunggah gambar dan memperbarui template maupun plugin. Pada ulasan ini kami akan menjelaskan penyebab berikut solusi perbaikan error tersebut dengan mudah.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke akun hosting melalui FTP atau cPanel

Penyebab Error Missing a Temporary Folder

Error ini biasanya muncul karena terjadi kesalahan hak akses folder yang ada di akun hosting Anda. WordPress menggunakan folder temporary (sementara) untuk menyimpan berbagai file sebelum menyimpannya pada lokasi yang dituju.

Ketika hak akses pada folder temporary tidak sesuai, pesan error “Missing a Temporary Folder” akan muncul. Hal ini dapat menyulitkan Anda mengunggah file, memperbarui template, maupun update WordPress.

Hal tersebut biasanya terjadi karena folder temp terhapus secara tidak sengaja atau masalah lainnya.

Pada bagian ini, Anda sudah memahami hal dasar yang menjadi penyebab error tersebut muncul. Langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan.

Memperbaiki Error Missing a Temporary Folder

Cara memperbaiki missing a temporary folder pada WordPress dapat cukup mudah Anda lakukan. Anda hanya perlu edit file wp-config.php yang ada pada direktori utama WordPress saja. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki error.

1. Silakan akses file website Anda melalui FTP Client maupun File Manager.

2. Selanjutnya, pilih file wp-config.php (biasanya berada pada folder public_html). Kemudian, klik kanan dan pilih View/Edit.

3. Setelah file berhasil dibuka, silakan paste baris kode di bawah ini sebelum tulisan “That’s all, stop editing! Happy blogging”.

define(‘WP_TEMP_DIR’,dirnname(_FILE_). ‘/wp-content/temp/’);

4. Selanjutnya simpan dan unggah kembali file wp-config.php.

5. Silakan buka folder wp-content dan buat folder baru di dalamnya dengan nama temp.

6. Seteleh folder temp berhasil dibuat, silakan cek website dengan cara login ke dashboard WordPress. Kemudian, silakan coba lakukan upload file kembali.

Baca Juga : Memperbaiki Error “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons.”

Kesimpulan

Kami berharap tutorial cara memperbaiki error missing a temporary folder ini dapat menyelesaikan permasalahan pada website Anda.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang kami sediakan. Klik Subscribe sekarang untuk terus mendapatkan artikel terbaru langsung melalui inbox email Anda! ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Mengenal DHCP Server: Fungsi dan Cara Kerjanya

Dalam dunia internet, ada banyak hal yang bisa memudahkan pengelolaan jaringan. Salah satunya, DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Protokol ini…

20 hours ago

Pikat Pembaca Anda dengan 11+ Contoh Copywriting Headline Ini!

Ada banyak cara untuk membuat pembaca jatuh cinta pada pandangan pertama. Salah satunya dengan ramuan copywriting. Pelajari berbagai tipe copywriting…

2 days ago

Backend Developer: 5+ Skill yang Harus Dikuasai untuk Jadi Profesional

Kebutuhan website yang kian besar dan kompleks membuat seorang developer harus memiliki skill mumpuni. Inilah yang mendorong munculnya keahlian khusus…

3 days ago

Belajar Membangun Personal Branding yang Menarik di Niagahoster Lite Bites

Percaya tidak? Setiap orang itu memiliki personal branding. Terlepas mereka sengaja membangunnya atau tidak. Anda perlu menggali sisi yang khas…

4 days ago

Hanya di Niagahoster Lite Bites! Belajar Menggunakan Podcast untuk Strategi Branding!

Tahukah Anda? Hasil riset membuktikan kalau popularitas Podcast di Indonesia terus meningkat di kalangan anak muda. Tren pencarian podcast di…

4 days ago

Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

Ketika berencana untuk membangun bisnis rumahan. Barangkali Anda berpikir untuk menggunakan platform media sosial. Terutama untuk aktivitas pemasarannya. Tapi, apakah…

4 days ago