Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Cara Mengatasi Error 521 Web Server Is Down [Terlengkap]

2 min read

Featured Image Cara Mengatasi Error 521 Web Server Is Down

Error 521 adalah error paling umum pada Cloudflare. Bahkan, tak berlebihan untuk mengatakan kalau semua pengguna Cloudflare akan mengalami error ini setidaknya sekali.

Untungnya karena sifatnya yang umum, Anda bisa mengatasi error 521 ini dengan mudah. Namun sebelum itu, yuk ketahui lebih dulu apa itu error 521 dan kenapa ia bisa tiba-tiba muncul.

Apa Itu Error 521 Web Server is Down?

Singkatnya, error 521 adalah error WordPress yang terjadi saat server WordPress Anda menolak tersambung dengan Cloudflare. Efeknya, Cloudflare akan menampilkan kode error 521 seperti ini kepada pengunjung:

tampilan error 521

Bisa Anda lihat dari gambar di atas bahwa browser sudah berhasil menyambung dengan server Cloudflare. Namun, saat Cloudflare ingin meneruskan sambungan tersebut ke website Anda, justru mendapatkan penolakan.

Apa Penyebab Error 521?

Biasanya, penyebab error 521 itu karena dua hal, yaitu: 

1. Server Down

Kode error 521 sering muncul karena server WordPress Anda memang sedang down. Sehingga tak peduli seberapa keras Cloudflare mencoba terhubung, website Anda akan menolaknya karena server mati.

2. Salah Deteksi (False Alarm)

Cloudflare merupakan Content Delivery Network. Ia bekerja sebagai penghubung (proxy) antara browser pengunjung dengan website Anda. Karena sifatnya sebagai proxy, Cloudflare mengakses server WordPress Anda dengan IP yang seringnya sama. Padahal, IP setiap pengunjung itu seharusnya berbeda-beda.

Nah, karena itulah sistem keamanan server Anda bisa saja menganggapnya sebagai serangan hacker. Sebab, server mendeteksi banyaknya trafik berdatangan dari IP yang mirip satu sama lainnya. Hasilnya, server akan memblokir IP Cloudflare tersebut dan muncullah kode error 521.

Cara Mengatasi Error 521 Web Server is Down

Setelah Anda mengenal lebih dekat dengan error 521, berikut kami berikan tiga cara mudah mengatasinya:

1. Cek Apakah Server Online

Karena umumnya penyebab 521 adalah server yang mati, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek status server. Sebab, jika server memang mati, cara nomor dua dan tiga tak akan bisa berhasil.

Nah, untuk mengecek status server, Anda perlu menjalankan Curl Command. Jika menggunakan Linux atau Mac, Anda bisa langsung menjalankannya melalui Terminal. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti panduannya di artikel → Curl Command: Pengertian dan Penggunaannya

Namun, jika menggunakan Windows, Anda bisa mengeceknya melalui situs ini. Anda tinggal masukkan saja alamat IP server WordPress Anda (diawali http://) di kotak ini lalu klik Check:

langkah pertama cara mengatasi error 521 web server is down adalah mengecek HTTP header checker

Oh ya, untuk mengetahui alamat IP, ada dua cara yang bisa Anda coba:

  • Jika menggunakan hosting Niagahoster, Anda bisa menemukannya melalui Pengaturan Hosting di panel seperti gambar di bawah ini:
cek alamat untuk mengatasi error 521 lewat member area Niagahoster

Anda juga bisa melihat alamat IP website dengan masuk ke menu DNS di Cloudflare, lalu masukkan nama website di kotak pencarian:

cek alamat IP untuk memperbaiki error 521 dari menu DNS Cloudflare

Nah, setelah Anda mengklik Check akan muncul laporan mengenai status server. Jika server online, Anda akan mendapatkan Response Header HTTP 200. Sedangkan saat server down akan muncul Host Not Found atau Failed to connect, seperti gambar di bawah ini:

laporan status server yang berarti sedang error 521

Jika server sedang down dan Anda tak tahu penyebabnya, segera hubungi penyedia hosting. Mungkin memang sedang bermasalah dari sananya sehingga Anda hanya bisa menunggu sampai masalah diperbaiki oleh penyedia hosting.

Baca juga: 10+ Cara Cek Website Down atau Tidak dengan Mudah [Terlengkap]

2. Berikan Akses Pada IP Cloudflare

Bagaimana kalau server online dan error 521 tetap saja muncul? Nah, berarti Anda harus memberikan akses atau whitelist semua IP Cloudflare sehingga tak diblokir oleh server.

Anda bisa melakukannya dengan mengedit file .htaccess dan pastikan bahwa semua IP Cloudflare tidak terblokir. Untuk daftar lengkap IP Cloudflare bisa Anda temukan di sini.

Oh ya, jika Anda bingung atau ragu-ragu mengedit file .htaccess, langsung hubungi saja penyedia hosting. Anda bisa minta bantuan mereka untuk mengeditnya.

3. Ubah Pengaturan SSL

Jika Anda merupakan pengguna baru HTTPS Cloudflare, server Anda mungkin belum diatur untuk menerima akses dari alamat IP Cloudflare di port 443. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menggunakan Flexible SSL di Cloudflare, alih-alih Full SSL.

Anda bisa mengubah SSL dengan log in ke dashboard Cloudflare, lalu menu SSL/TLS dan pilih Flexible.

ubah pengaturan SSL di Cloudflare untuk cara memperbaiki error 521

Baca juga: 7 Penyebab Server Down dan Cara Mengatasinya

Perbaiki Error 521 Anda Sekarang!

Bisa Anda lihat di atas bahwa error 521 itu berhubungan erat dengan server website. Di mana biasanya Anda diharuskan untuk menghubungi penyedia hosting. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih hosting dengan customer support yang siap siaga 24 jam apabila error 521 ini tiba-tiba muncul.

Jika Anda pengguna webhosting Niagahoster dan masih mengalami error 521, segera hubungi kami lewat livechat yang tersedia ya! Kami akan segera membantu kapan pun Anda membutuhkan bantuan—walau pukul dua pagi sekalipun.

Oh ya, apakah Anda juga mengalami error WordPress lain dan bingung cara mengatasinya? Tak perlu khawatir! Kami sudah menuliskan semua error WordPress beserta solusinya di artikel → 40+ Error WordPress dan Cara Cepat Mengatasinya

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk klik subscribe agar mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap tentang WordPress langsung ke email Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *