Categories: DevWordPress

Cara Mengatasi Error 521 Web Server Is Down [Terlengkap]

Error 521 adalah error paling umum pada Cloudflare. Bahkan, tak berlebihan untuk mengatakan kalau semua pengguna Cloudflare akan mengalami error ini setidaknya sekali.

Untungnya karena sifatnya yang umum, Anda bisa mengatasi error 521 ini dengan mudah. Namun sebelum itu, yuk ketahui lebih dulu apa itu error 521 dan kenapa ia bisa tiba-tiba muncul.

Apa Itu Error 521 Web Server is Down?

Singkatnya, error 521 adalah error yang terjadi saat server WordPress Anda menolak tersambung dengan Cloudflare. Efeknya, Cloudflare akan menampilkan kode error 521 seperti ini kepada pengunjung:

Bisa Anda lihat dari gambar di atas bahwa browser sudah berhasil menyambung dengan server Cloudflare. Namun, saat Cloudflare ingin meneruskan sambungan tersebut ke website Anda, justru mendapatkan penolakan.

Apa Penyebab Error 521?

Biasanya, penyebab error 521 itu karena dua hal, yaitu:

1. Server Down

Kode error 521 sering muncul karena server WordPress Anda memang sedang down. Sehingga tak peduli seberapa keras Cloudflare mencoba terhubung, website Anda akan menolaknya karena server mati.

2. Salah Deteksi (False Alarm)

Cloudflare merupakan Content Delivery Network. Ia bekerja sebagai penghubung (proxy) antara browser pengunjung dengan website Anda. Karena sifatnya sebagai proxy, Cloudflare mengakses server WordPress Anda dengan IP yang seringnya sama. Padahal, IP setiap pengunjung itu seharusnya berbeda-beda.

Nah, karena itulah sistem keamanan server Anda bisa saja menganggapnya sebagai serangan hacker. Sebab, server mendeteksi banyaknya trafik berdatangan dari IP yang mirip satu sama lainnya. Hasilnya, server akan memblokir IP Cloudflare tersebut dan muncullah kode error 521.

Cara Mengatasi Error 521 Web Server is Down

Setelah Anda mengenal lebih dekat dengan error 521, berikut kami berikan tiga cara mudah mengatasinya:

1. Cek Apakah Server Online

Karena umumnya penyebab 521 adalah server yang mati, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek status server. Sebab, jika server memang mati, cara nomor dua dan tiga tak akan bisa berhasil.

Nah, untuk mengecek status server, Anda perlu menjalankan Curl Command. Jika menggunakan Linux atau Mac, Anda bisa langsung menjalankannya melalui Terminal. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti panduannya di artikel → Curl Command: Pengertian dan Penggunaannya

Namun, jika menggunakan Windows, Anda bisa mengeceknya melalui situs ini. Anda tinggal masukkan saja alamat IP server WordPress Anda (diawali http://) di kotak ini lalu klik Check:

Oh ya, untuk mengetahui alamat IP, ada dua cara yang bisa Anda coba:

  • Jika menggunakan hosting Niagahoster, Anda bisa menemukannya melalui Pengaturan Hosting di panel seperti gambar di bawah ini:

Anda juga bisa melihat alamat IP website dengan masuk ke menu DNS di Cloudflare, lalu masukkan nama website di kotak pencarian:

Nah, setelah Anda mengklik Check akan muncul laporan mengenai status server. Jika server online, Anda akan mendapatkan Response Header HTTP 200. Sedangkan saat server down akan muncul Host Not Found atau Failed to connect, seperti gambar di bawah ini:

Jika server sedang down dan Anda tak tahu penyebabnya, segera hubungi penyedia hosting. Mungkin memang sedang bermasalah dari sananya sehingga Anda hanya bisa menunggu sampai masalah diperbaiki oleh penyedia hosting.

2. Berikan Akses Pada IP Cloudflare

Bagaimana kalau server online dan error 521 tetap saja muncul? Nah, berarti Anda harus memberikan akses atau whitelist semua IP Cloudflare sehingga tak diblokir oleh server.

Anda bisa melakukannya dengan mengedit file .htaccess dan pastikan bahwa semua IP Cloudflare tidak terblokir. Untuk daftar lengkap IP Cloudflare bisa Anda temukan di sini. Sedangkan untuk panduan edit IP di .htaccess, Anda bisa membacanya di →Panduan Lengkap Penggunaan .htaccess Pemula

Oh ya, jika Anda bingung atau ragu-ragu mengedit file .htaccess, langsung hubungi saja penyedia hosting. Anda bisa minta bantuan mereka untuk mengeditnya.

3. Ubah Pengaturan SSL

Jika Anda merupakan pengguna baru HTTPS Cloudflare, server Anda mungkin belum diatur untuk menerima akses dari alamat IP Cloudflare di port 443. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menggunakan Flexible SSL di Cloudflare, alih-alih Full SSL.

Anda bisa mengubah SSL dengan log in ke dashboard Cloudflare, lalu menu SSL/TLS dan pilih Flexible.

Perbaiki Error 521 Anda Sekarang!

Bisa Anda lihat di atas bahwa error 521 itu berhubungan erat dengan server website. Di mana biasanya Anda diharuskan untuk menghubungi penyedia hosting. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih hosting dengan customer support yang siap siaga 24 jam apabila error 521 ini tiba-tiba muncul.

Jika Anda pengguna hosting Niagahoster dan masih mengalami error 521, segera hubungi kami lewat livechat yang tersedia ya! Kami akan segera membantu kapan pun Anda membutuhkan bantuan—walau pukul dua pagi sekalipun.

Oh ya, apakah Anda juga mengalami error WordPress lain dan bingung cara mengatasinya? Tak perlu khawatir! Kami sudah menuliskan semua error WordPress beserta solusinya di artikel → 40+ Error WordPress dan Cara Cepat Mengatasinya

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk klik subscribe agar mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap tentang WordPress langsung ke email Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

17 hours ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

2 days ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

3 days ago

10 Rekomendasi CSS Framework Terbaik untuk Developer

Desain front-end menjadi bagian yang sangat penting di website atau aplikasi. Bukan cuma untuk meningkatkan impresi positif suatu brand saja.…

3 days ago

Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Pernahkah Anda mengunjungi blog dengan tampilan yang memukau dan konten yang menarik? Saking bagusnya blog tersebut, Anda jadi terinspirasi untuk…

4 days ago

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

5 days ago