Tutorial

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla [Terlengkap]

Masalah err_connection_refused muncul ketika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak server. Error ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah pada firewall atau antivirus maupun kesalahan konfigurasi FileZilla.

Solusi dari connection refused dapat berbeda juga tergantung dari penyebab errornya. Apa saja solusinya dan bagaimana cara memperbaikinya, ya?

Artikel ini menyediakan tutorial bagaimana cara mengatasi err_connection_refused di FileZilla. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Mengatasi Connection Refused FileZilla

Kami menyediakan lima cara mengatasi err_connection_refused di FileZilla, yaitu :

  1. Nonaktifkan Firewall dan Antivirus
  2. Mengganti Port FTP dari 21 ke 22
  3. Mengubah Pengaturan FileZilla Network Configuration Wizard
  4. Menggunakan FTP Hostname
  5. Mengecek Jumlah User yang Sedang Menggunakan Koneksi

Nah, ini dia panduan lengkap cara mengatasi connection refused!

Metode 1 : Nonaktifkan Firewall dan Antivirus

Firewall dan antivirus di komputer Anda dapat memblokir FileZilla untuk membuat koneksi. Hal ini menjadi salah satu kemungkinan penyebab terjadinya error connection refused.

Tapi tenang saja, Anda dapat mengatasinya dengan menonaktifkan firewall dan antivirus di komputer Anda. Bagi pengguna Windows, Anda dapat mengikuti cara berikut ini :

Pertama, masuklah ke menu control panel dengan cara ketikkan Control Panel di kolom pencarian windows Anda.

Kedua, pilih menu System and Security dan klik pada Windows Defender Firewall.

Ketiga, pada menu sebelah kiri, temukan opsi Turn Windows Defender on or off.

Keempat, modifikasi pengaturan untuk mematikan Windows Defender Firewall baik untuk jaringan public maupun pribadi. Klik OK.

Jika err_connection_refused yang Anda alami disebabkan oleh firewall dan antivirus yang memblokir FileZilla, sekarang cobalah sambungkan kembali, harusnya error connection refused sudah dapat teratasi.

Nah, kalau Anda memiliki lebih dari 1 antivirus di komputer, pastikan untuk menonaktifkan semuanya, ya.  Anda dapat mengunjungi website antivirus yang Anda gunakan untuk mengetahui cara menonaktifkannya.

Oh ya, menonaktifkan firewall juga berlaku untuk pengguna MacOS juga lho. Anda dapat menonaktifkan Firewall dengan masuk ke System Preference. Lalu temukan menu Security & Privacy. Buka tab Firewall dan klik Turn Off Firewall.

Sedangkan bagi pengguna Linux, Anda dapat menjalankan perintah di bawah ini untuk menonaktifkan Firewall UFW.

$ sudo ufw disable

Namun perlu diingat, firewall yang dalam keadaan aktif merupakan kondisi yang selalu direkomendasikan untuk penggunaan normal.

Metode 2 : Mengganti Port FTP Dari 21 ke 22

Connection refused artinya terjadi kendala penolakan koneksi. Hal ini dapat disebabkan karena Anda menggunakan port yang salah saat melakukan koneksi ke server dengan FileZilla. Jika server membutuhkan atau menggunakan SFTP sebagai syarat koneksinya, Anda harus mengganti port FTP dari 21 menjadi port 22. 

Untuk menggantinya Anda cukup menuliskan port 22 sebelum mengeksekusi koneksi.

Catatan: Pastikan untuk mengedit konfigurasi Site Manager dan ubah protokol menjadi SFTP – SSH File Transfer Protocol jika Anda menggunakan port 22.

Baca Juga : Cara Menggunakan FileZilla

Metode 3 : Mengubah Pengaturan FileZilla Network Configuration Wizard

Jika cara mengatasi connection refused pada metode sebelumnya tidak ada yang berhasil, Anda dapat mencoba melakukan pengecekan konfigurasi jaringan melalui Network Configuration Wizard. Menu ini digunakan untuk melakukan konfigurasi router atau firewall secara tepat. 

Langkah 1 – Akses Network Configuration Wizard

Anda dapat mengakses Network Configuration Wizard pada FileZilla Client dengan cara klik menu Edit, lalu pilih Network Configuration Wizard seperti pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya, Anda dapat langsung klik tombol Next pada jendela pertama pengaturan Firewall and Router.

Langkah 2 – Konfigurasi Mode Transfer (Transfer Mode)

Pilih Passive sebagai mode transfer default yang direkomendasikan. Jangan lupa untuk melakukan checklist pada Allow fallback to other transfer mode on failure, lalu klik Next.

Langkah 3 – Konfigurasi Mode Pasif (Passive Mode)

Pada bagian konfigurasi mode pasif, silahkan pilih Use the server’s external IP address instead, kemudian klik Next.

Langkah 4 – Konfigurasi External IP address

Selanjutnya, Anda akan melihat jendela konfigurasi External IP address. Pada bagian ini, Anda dapat memilih Get external IP address from the following URL:

 Jika di dalam kolom tidak ada isinya, silahkan masukkan nilai defaultnya yaitu http://ip.filezilla-project.org/ip.php

Jika konfigurasi sudah seperti gambar di atas, klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Baca : Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Chrome

Langkah 5 – Konfigurasi Port Range

Anda tidak perlu melakukan perubahan apapun pada konfigurasi Port Range. Pilih saja sesuai defaultnya yaitu Ask operating system for a port, karena Anda tidak diharuskan memakai port secara spesifik. Kemudian klik tombol Next.

Langkah 6 – Test Konfigurasi

Jika lima langkah di atas sudah Anda ikuti, sekarang Anda hanya perlu memastikan semua konfigurasi berjalan dengan baik dan benar. Caranya, klik tombol Test untuk melakukan pengecekan. 

FileZilla akan mencoba untuk terhubung ke probe.filezilla-project.org dan melakukan beberapa test sederhana. Jika Anda tidak menerima error apapun selama test dilakukan, coba sambungkan ke hosting Anda lagi. Seharusnya koneksi Anda sudah terhubung dengan baik.

Namun, jika Anda tetap mendapatkan error_connection_refused, Anda dapat menghubungi Customer Support layanan hosting Anda untuk mendapatkan panduan penyelesaian masalah.

Metode 4 : Menggunakan FTP Hostname

Terkadang error dapat terjadi karena penulisan hostname yang kurang tepat. Anda dapat mengganti hostname dengan menambahkan ftp. di depan FTP Hostname supaya koneksi dapat tersambung.

Baca juga: Cara Membuat Akun FTP di cPanel

Sebagai contoh, alamat domain Anda adalah websitepercobaan.com. Silahkan tambahkan ftp. di depannya sehingga menjadi ftp.websitepercobaan.com.

Metode 5 : Mengecek Jumlah User yang Sedang Menggunakan Koneksi

Jika keempat metode sebelumnya belum berhasil mengatasi kendala err_connection_refused, Anda bisa mencoba untuk mengecek jumlah user yang sedang menggunakan koneksi dan memutuskan koneksinya. Namun, untuk mengikuti metode ini, perlu dipastikan bahwa layanan hosting yang Anda gunakan mendukung fitur FTP Connections.

FTP server membatasi jumlah user aktif dalam waktu bersamaan. Saat penggunaan koneksi penuh, user baru tidak akan bisa membuat koneksi dan akan mendapatkan pesan error. 

Dalam hal ini, user baru harus menunggu sampai ada user lain yang keluar dari koneksi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penggunaan sumber daya yang berlebihan (biasanya terjadi pada shared hosting).

Anda dapat melakukan pengecekan jumlah user yang sedang melakukan koneksi melalui cPanel. Cukup masuk (login) saja ke cPanel kemudian arahkan navigasi ke FTP Connections.Pada fitur FTP Connections, Anda akan melihat jumlah pengguna yang sedang menggunakan koneksi FTP yang sama dengan yang Anda miliki. Anda juga dapat memutus koneksinya melalui halaman tersebut.

Sudah Siap Mengatasi Err_Connection_Refused?

Anda telah belajar bagaimana mengatasi err_connection_refused di FileZilla menggunakan 5 metode yang dapat Anda coba tergantung dari penyebab errornya, yaitu :

  • Firewall dan antivirus memblokir koneksi FileZilla, maka nonaktifkan firewall maupun antivirus pada komputer Anda untuk sementara waktu.
  • Menggunakan port yang salah saat membuat koneksi, maka gantilah FTP port (21) dengan default SFTP port (22).
  • Kesalahan konfigurasi di FileZilla Client, maka edit konfigurasi FileZilla melalui Network Configuration Wizard
  • Kesalahan penulisan hostname, maka gantilah hostname dengan menambahkan ftp. di awal hostname Anda.
  • Terlalu banyak user yang menggunakan koneksi, maka putuskan koneksi user yang menggunakan koneksi FTP yang sama dengan Anda.

Anda dapat mencoba satu per satu solusi untuk menemukan cara yang paling tepat. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda alami, ya. Jika Anda memiliki solusi lain, jangan ragu untuk share solusi Anda di kolom komentar.

Bagi Anda pengguna layanan Niagahoster yang masih mengalami kesulitan, Anda dapat menghubungi Customer Success Agent kami yang siap membantu Anda selama 24 jam 🙂

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Cara membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Dengan bantuan platform CMS, cara membuat blog pribadi menjadi…

18 hours ago

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

2 days ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

2 days ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

4 days ago

Anda Pengguna WP Fastest Cache? Segera Update Agar Aman!

Gawat nih, tim security research dari Jetpack menemukan dua celah keamanan di plugin WP Fastest Cache. Hal itu bisa membuat…

4 days ago

Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

Pada website CodeIgniter, setiap file punya fungsi manfaatnya masing-masing, termasuk file default .htaccess. Bahkan, file tanpa ekstensi ini sangat vital…

5 days ago