Categories: Marketing

11+ Penyedia Email Gratis dan Berkualitas

Jika berbicara soal layanan email gratis, mungkin yang pertama kali muncul di pikiran Anda adalah Yahoo Mail dan Gmail. Memang kedua layanan tersebut menyediakan email gratis. Namun, masih ada banyak penyedia email gratis yang bisa Anda gunakan selain Yahoo Mail dan Gmail.

Di artikel ini kami akan membahas lebih dari 11 penyedia email gratis dan berkualitas yang bisa Anda manfaatkan.

11+ Penyedia Email Gratis dan Berkualitas

Sebenarnya ada banyak penyedia email gratis yang bisa Anda gunakan. Mungkin yang paling terkenal di antaranya adalah Yahoo Mail dan Gmail. Nah, di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi alternatif dari dua penyedia email tersebut. Setiap layanan email punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi pilih layanan email yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

1. Yahoo Mail

Yahoo! Mail adalah penyedia email gratis terbesar pada masanya, yaitu era 1990-an. Meskipun kini penggunanya tidak sebanyak 20 tahun lalu, Yahoo! Mail merupakan salah satu penyedia email berkualitas yang patut Anda coba.

Berikut adalah beberapa fitur utama yang ditawarkan Yahoo! Mail:

  • Setiap pengguna mendapatkan storage gratis sebesar 1TB
  • Bisa mengirimkan GIF langsung saat membuat email
  • Tersedia banyak tema yang bisa Anda pilih untuk mengganti background email
  • Ada pilihan import kontak dari file komputer, Facebook, Google, dan Outlook
  • Terdapat built-in news reader and notepad yang memudahkan

2. Gmail

Gmail memang lahir setelah Yahoo Mail. Namun, kini Gmail telah menjadi pemegan market share terbesar email gratis secara global. Pengguna Gmail telah mencapai lebih dari 2 milyar di seluruh dunia.

Apa saja kelebihan Gmail yang membuatnya menjadi penyedia email terbesar di dunia? Berikut jawabannya:

  • Setiap pengguna mendapatkan storage gratis sebesar 15GB
  • Terhubung dengan semua layanan Google seperti Google Drive, YouTube, Google Calendar, Google Keep, dan Blogspot dan lainnya.
  • Kemudahan sinkronisasi di berbagai perangkat Android
  • Menyediakan fitur undo email sehingga Anda bisa membatalkan pengiriman email

Alamat email Anda akan berupa namaanda@gmail.com

Baca Juga: Cara Membuat Email Baru di Desktop dan Android

3. Zoho

Zoho adalah alternatif email lain yang bisa Anda manfaatkan. Tampilan Zoho cukup clean dan minimalis sehingga mudah digunakan.

Sebenarnya layanan email ini ditujukan untuk para pebisnis atau freelancer yang membutuhkan email profesional. Anda bahkan bisa membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya di Zoho!

Berikut fitur-fitur utama Zoho:

  • Setiap pengguna mendapatkan storage gratis sebesar 5GB
  • Fitur Stream memudahkan Anda untuk berkirim email dengan beberapa orang dengan tampilan seperti chat di media sosial
  • Anda bisa menambahkan gambar dari Zoho Docs, Google Drive, One Drive, atau Drop Box
  • Anda bisa mengupgrade domain ke custom domain

Alamat email Anda akan menjadi seperti ini: namaanda@zoho.com

4. Mail.com

Perbedaan utama Mail.com dari layanan email lainnya adalah Anda memilih domain untuk alamat email Anda. Mail.com menyediakan lebih dari 200 pilihan domain untuk alamat email Anda. Ada pilihan domain dari @mail.com, @email.com, @engineer.com, @consultant.com, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa fitur utama Mail.com untuk jadi bahan pertimbangan Anda:

  • Pilihan domain yang beragam
  • Setiap pengguna mendapatkan storage gratis sebesar 2GB
  • Tersedia kalender yang terhubung dengan email

Alamat setiap orang di Mail.com bisa berbeda-beda tergantung domain yang dipilih. Anda bisa memilih namaanda@mail.com, namaanda@email.com, namaanda@engineer.com, atau domain lainnya.

5. Outlook

Outlook adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Microsoft. Jadi tidak heran, Anda bisa terhubung dengan produk-produk Microsoft lainnya dengan mudah melalui Outlook. Apa saja fitur utamanya? Simak di bawah ini:

  • Terhubung langsung dengan Skype
  • Tersedia Outlook Calendar
  • Terhubung dengan produk Microsoft lainnya melalui Microsoft Office Online

Alamat email Anda akan berupa namaanda@outlook.com.

6. AOL Mail

Mungkin Anda pernah mendengar AOL Instant Messenger (AIM) atau bahkan pernah menggunakannya. AIM memang sudah diberhentikan layanannya. Namun, layanan emailnya, AOL Mail, masih tetap bisa digunakan sampai sekarang secara gratis. Berikut beberapa fitur utama AOL Mail:

  • Tersedia banyak pilihan tema
  • Ada fitur spelling check sebelum mengirimkan email (khusus Bahasa Inggris)
  • Terdapat kalender yang terhubung dengan email
  • Mendukung fitur import kontak dari format CSV, TXT, dan LDIF

Alamat email Anda akan menjadi seperti ini: namaanda@aol.com, tapi Anda juga tetap bisa menerima email jika pengirim mengirimkan email ke namaanda@aim.com.

7. Yandex Mail

Yandex Mail adalah layanan email dari Rusia. Sama seperti Yahoo! Mail dan Gmail yang merupakan produk dari mesin pencari, Yandex Mail pun begitu. Yandex Mail merupakan salah satu produk dari mesin pencari Yandex yang menguasai pangsa pasar mesin pencari di Rusia.

Apa saja fitur yang ditawarkan Yandex Mail? Berikut penjelasannya:

  • Setiap pengguna mendapatkan storage gratis sebesar 10GB
  • Terhubung dengan semua layanan Yandex sehingga bisa login menggunakan satu akun email
  • Fitur import gambar dari URL
  • Anda bisa menunda pengiriman email
  • Fitur notifikasi ketika email telah terkirim dan notifikasi jika Anda tidak mendapatkan balasan
  • Tersedia banyak pilihan tema
  • Anda bisa membuat email dengan nama domain website Anda secara gratis

Alamat email Anda akan menjadi seperti ini: namaanda@yandex.com

8. Lycos

Lycos sebenarnya adalah mesin pencari yang cukup terkenal pada era 90-an. Meskipun begitu popularitasnya kian menurun dan kini menyisakan salah satu produknya, yaitu email. Tidak banyak fitur yang ditawarkan Lycos. Bahkan storage yang ditawarkan hanya 500MB. Namun, jika Anda menginginkan email bergaya klasik, Lycos bisa jadi pilihan.

Alamat email Anda akan menjadi seperti ini: namaanda@lycos.com

9. ProtonMail

ProtonMail adalah layanan email yang cocok untuk Anda jika Anda menginginkan email yang aman dan terenkripsi. Jadi yang bisa mengetahui isi email hanya Anda dan penerima. Bahkan ProtonMail tidak bisa mengetahui isi email Anda. Apa saja fitur yang ditawarkan ProtonMail? Berikut penjelasannya:

  • Fitur enkripsi yang canggih
  • Anda bisa mengatur expiration date untuk email. Jangka maksimal untuk menghilangkan sebuah email adalah 28 hari.
  • Terdapat fitur Link Confirmation yang memberikan peringatan ketika Anda akan membuka link di sebuah email

Alamat email Anda akan berupa namaanda@protonmail.com atau namaanda@protonmail.ch

10. Tutanota

Sama dengan ProtonMail, Tutanota juga menyediakan layanan email terenkripsi sehingga privasi dan keamanan Anda lebih terjaga. Perbedaan mencolok lainnnya adalah password email harus benar-benar aman. Pembuatan email Anda baru berhasil ketika password sudah dianggap sangat aman dan standar keamanannya lebih tinggi dibanding penyedia email lain.

Fitur apa saja yang ditawarkan Tutanota? Berikut penjelasannya:

  • Setiap pengguna mendapatkan storage gratis sebesar 1GB
  • Tersedia fitur signature email
  • Fitur enkripsi yang canggih

Anda bisa memilih salah satu dari beberapa domain yang disediakan Tutanota: namaanda@tutanota.com, namaanda@tutanota.de, namaanda@tutamail.com, namaanda@tuta.io, atau namaanda@keemail.me

11. iCloud Mail

Jika Anda pengguna iOS, layanan email satu ini bisa Anda manfaatkan, yaitu iCloud Mail. Karena memang khusus dibuat untuk pengguna iOS, layanan email ini hanya bisa di perangkat Apple: iPad, iPhone, dan Mac. Salah satu kelebihan iCloud Mail yang paling menonjol adalah sinkronisasinya dengan perangkat Apple. Selain itu, apa saja fitur-fitur yang ditawarkan? Berikut penjalasannya:

  • Setiap pengguna mendapatkan storage gratis sebesar 5GB
  • Tersedia fitur forwarding otomatis dari iCloud Mail ke alamat email lain
  • Terhubung dengan Mail Drop sehingga Anda bisa melampirkan file sampai 5GB

Alamat email Anda akan menjadi namaanda@icloud.com

Baca Juga: Cara Membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho

12. 10 Minute Mail

Email yang terakhir ini cukup berbeda dengan layanan-layanan yang sudah dibahas sebelumnya. Sebab email ini hanya tersedia untuk sementara. Yup, sama seperti namanya, akun email yang Anda buat di 10 Minute Mail hanya bertahan selama 10 menit. Setelah itu email akan otomatis dihapus.

Layanan email ini cukup bermanfaat jika ada sebuah website atau layanan yang meminta alamat email, tapi Anda tidak terlalu yakin dengan keamanannya. Jadi Anda perlu alamat email yang tidak berisiko terhadap privasi Anda.

Dengan 10 Minute Mail, Anda bisa melakukan verifikasi ke website atau layanan tanpa perlu mengkhawatirkan privasi Anda. Setelah verifikasi selesai, alamat email akan otomatis terhapus dalam waktu 10 menit.

Uniknya, Anda tidak perlu memikirkan alamat email dan password. 10 Minute Mail menyediakan alamat email secara acak dan tidak memerlukan password. Domain yang disediakan pun selalu berubah secara berkala setiap 45 hari sekali.

Email Gratis Mana yang Cocok untuk Anda?

Setiap orang punya jawaban berbeda untuk pertanyaan di atas. Cocok atau tidak cocok, bagus atau tidak bagus, semuanya tergantung kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin layanan email yang mudah digunakan dan terhubung dengan berbagai layanan populer, tentu Gmail menjadi pilihan. Namun, jika kebutuhan Anda untuk bisnis dengan kapasitas besar, Anda bisa cek beberapa email bisnis yang bisa jadi alternatif. Jadi tentukan kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan email!

Jangan lupa untuk subscribe Blog Niagahoster agar selalu mendapatkan update terbaru soal website, email, online marketing, dan topik-topik menarik lainnya!

Ilham Mubarok @https://twitter.com/ilhammubarok02

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by

Recent Posts

Cara Membuat Database di WHM

Anda baru mempunyai VPS hosting dan ingin memasang website di dalamnya? Atau, Anda harus saja melakukan migrasi dari shared hosting…

8 hours ago

Cara Ganti Port SSH Default di VPS

SSH atau Secure Shell daemon merupakan protokol jaringan yang dipakai untuk melakukan login secara aman dan dari jarak jauh (remote)…

1 day ago

Cara Migrasi cPanel Shared Hosting ke WHM VPS

Anda baru membeli VPS dengan panel WHM dan bingung cara memindahkan akun cPanel shared hosting ke WHM? Tenang, karena pada…

2 days ago

Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi Custom Domain dengan Mudah

Meski bukan platform terbaik, Blogspot masih merupakan salah satu pilihan favorit bagi mereka yang ingin membuat blog. Menurut data yang…

3 days ago

Cara Install CSF Firewall dan Konfigurasinya di WHM

Bagaimana cara install CSF? Config Server Security & Firewall atau yang biasa dikenal dengan CSF adalah salah satu konfigurasi atau…

4 days ago

Cara Install WordPress dengan LEMP di Ubuntu 18.04

WordPress adalah CMS (content management system) terpopuler. Platform yang dibangun menggunakan PHP ini memudahkan penggunanya untuk membuat berbagai macam blog…

5 days ago