Categories: Email

4 Cara Membuat Email Bisnis Profesional

Email bisnis berbeda dengan email personal yang digunakan kebanyakan orang. Anda tidak bisa menggunakan layanan email personal untuk kepentingan bisnis. Mengapa? Karena akan terlihat tidak profesional di mata konsumen.

Jika Anda masih menggunakan domain email gratis seperti @gmail.com dan @yahoo.com untuk bisnis Anda, artikel ini sangat tepat untuk Anda. Melalui artikel ini, Anda akan belajar cara membuat email untuk bisnis Anda.

Mengapa Harus Punya Email Bisnis dengan Domain Sendiri?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membuat email untuk bisnis, saya akan membahas tiga alasan Anda harus daftar email perusahaan profesional dengan domain sendiri.

1. Gmail dan Yahoo untuk Kepentingan Personal

Anda memang bisa menggunakan Google dan Yahoo seperti perusahaananda@gmail.com atau bisnisanda@yahoo.com. Tetapi email tersebut tidak terlihat profesional di mata pelanggan karena siapa saja bisa membuat email dengan domain Gmail atau Yahoo.

Jadi, sebaiknya gunakan email berdomain Gmail atau Yahoo untuk keperluan personal saja, bukan untuk kepentingan bisnis profesional.

2. Mewakili Perusahaan

Mengapa harus menggunakan email dengan domain @nama perusahaan? Tentu saja untuk mewakili perusahaan. Email merupakan media yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mitra perusahaan.

Dengan menggunakan email berdomain nama perusahaan, Anda bisa memberikan kesan pertama yang baik kepada pelanggan dan mitra perusahaan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Alasan ketiga adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Berdasarkan survey yang dilakukan Verisign, 65 persen pelanggan lebih percaya dengan email dengan domain perusahaan dibandingkan email berdomain Gmail atau Yahoo.

Kepercayaan pelanggan adalah aset berharga untuk bisnis Anda, terutama pada bisnis online. Sekali mendapatkan kepercayaan pelanggan, Anda akan dengan mudah menawarkan berbagai produk kepada mereka.

Dengan memiliki email bisnis juga dapat meminimalisasi terjadinya kasus penipuan konsumen. Sebab pelanggan bisa dengan mudah membedakan mana email resmi bisnis Anda dan mana email palsu.

Baca juga: Cara Membuat Email Gmail, Android, Hingga Perusahaan [Terlengkap]

Sudah siap untuk membuat email untuk bisnis Anda? Berikut adalah 3 cara membuat email profesional

4 Cara Membuat Email Bisnis Profesional

Setidaknya ada empat cara membuat email bisnis profesional yang bisa Anda pilih. Pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah untuk diterapkan!

1. Zoho

Layanan email profesional pertama yang bisa Anda gunakan adalah Zoho. Zoho menyediakan pilihan free plan bagi Anda yang ingin membuat email bisnis menggunakan nama domain sendiri. Berikut adalah cara daftar email di Zoho:

1. Buka website Zoho

2. Pilih Free Plan, lalu klik Get Started

3. Masukkan domain website bisnis Anda

4. Lengkapi informasi bisnis Anda, lalu klik Proceed

Email gratis untuk bisnis dari Zoho hanya dapat digunakan untuk lima username dalam satu domain dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel Membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho Mail

2. Email di cPanel

Jika sudah punya hosting dan domain, Anda bisa dengan mudah membuat email bisnis dengan domain sendiri! Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat email dengan domain sendiri melalui cPanel. Biaya email di cPanel sudah termasuk biaya hosting yang Anda gunakan.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka cPanel lalu klik menu Email Accounts

2. Klik Create

3. Isi data-data yang diminta, dari pilihan domain, username email, password, pilihan storage email, hingga penentuan folder email.

4. Klik Create dan Anda telah berhasil membuat email untuk bisnis!

3. Email Hosting

Jika sudah membuat email dengan domain sendiri melalui cPanel Niagahoster, terdapat batasan untuk pengiriman email per hari, yaitu 2.400 email per hari.

Walaupun begitu, Anda juga bisa mengupgrade layanan email tersebut ke versi berbayar untuk menambah disk space email hingga 100GB! Ada tiga paket email hosting yang ditawarkan Niagahoster, dari Mail Pro (25GB), Mail Business (50GB), hingga Mail Business Extra (100GB).

Baca Juga: Email Marketing: Cara Mengembangkan Email List Anda

4. G Suite

G Suite adalah layanan email profesional dari Google yang memungkinkan Anda membuat email dengan domain sendiri, tapi tetap menggunakan platform Gmail untuk mengoperasikannya.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Email Marketing Efektif

Meskipun berbayar, Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu secara gratis di G Suite. Berikut adalah cara daftar email gratis di G Suite. Langkah di bawah ini adalah untuk uji coba gratis di G Suite. Setelah masa uji coba 14 hari selesai, Anda perlu melakukan pembayaran, dimulai dari paket yang paling murah sebesar 3 US Dollar per pengguna per bulan.

1. Buka Website G Suite

2. Pilih Mulai Uji Coba Gratis

3. Pilih berapa orang yang bekerja di perusahaan Anda

4. Pilih apakah Anda sudah memiliki nama domain atau belum. Jika sudah memiliki nama domain, pilih Ya

5. Isi nama domain website bisnis Anda

6. Konfirmasi nama domain Anda

7. Pilih apakah Anda ingin mendapatkan email newsletter dari Google atau tidak

8. Buat akun email untuk login dengan mengisi informasi di bawah ini

Sudah Siap Membuat Email Bisnis Profesional?

Membuat email perusahaan menggunakan layanan email gratis atau berbayar adalah pilihan. Anda sebagai pemilik bisnis harus bisa mempertimbangkan dan mengukur kemampuan dan kebutuhan perusahaan terhadap email bisnis.

Baca Juga: SpamExperts: Wujudkan Email Marketing Bebas dari Email Spam!

Saat memulai bisnis, Anda mungkin bisa memanfaatkan layanan email gratis dengan pertimbangan penghematan biaya dan konsumen yang belum membludak. Namun, ketika bisnis semakin berkembang dan email dari konsumen semakin membludak, Anda bisa mulai mencari paket email berbayar mana yang paling cocok untuk Anda dari segi harga dan spesifikasi.

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok
Tags: Email

Recent Posts

Taksonomi WordPress: Pengertian dan Cara Membuatnya

Taksonomi WordPress merupakan bagian penting dari pembuatan kategori konten di situs WordPress. Namun, istilah ini mungkin terdengar asing dan cukup…

7 hours ago

Cara Membuat E-Learning Berbasis Web dengan Tutor LMS [Terbaru]

Akhir-akhir ini, e-learning berkembang sangat pesat di Indonesia. Bahkan, beberapa website yang tak berhubungan dengan dunia edukasi pun juga berlomba-lomba…

1 day ago

2 Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Blog

Jika Anda memiliki blog yang ingin dimonetisasi, disclaimer adalah salah satu halaman penting yang harus dimiliki. Isinya menjelaskan semua ketentuan…

2 days ago

Panduan Lengkap Google Tag Manager untuk Bisnis

Ada banyak layanan dari Google yang bisa membantu Anda menentukan strategi bisnis yang baik. Selain Google Analytics, Google Tag Manager…

3 days ago

Apa Itu Experiential Marketing? Kenapa Penting Bagi Bisnis di 2020?

Sebelum scroll ke bawah, coba Anda jawab pertanyaan ini terlebih dahulu. Menurut Anda, apa yang membuat orang rela mengeluarkan uang…

4 days ago

Panduan Lengkap Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy di VPS!

Peran sebuah reverse proxy cukup penting dalam aktivitas internet. Proxy server ini menghubungkan client dengan web server dalam kegiatan pertukaran…

4 days ago