Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

4 Cara Membuat Email Bisnis Gratis dan Berbayar [Termudah!]

6 min read

digital marketing adalah

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu tahu cara membuat email bisnis dengan domain milik sendiri. Walaupun pada dasarnya Anda bisa saja memakai email dengan domain @gmail.com untuk keperluan bisnis, tapi cara ini akan membuat bisnis Anda terlihat kurang profesional.

Lalu, bagaimana cara membuat email perusahaan dengan domain milik sendiri?

Tenang, jawabannya ada di artikel ini, kok. Kali ini, kami akan membahas empat cara membuat email bisnis gratis dan berbayar, yang pastinya cocok digunakan untuk perusahaan, organisasi, dan kantor.

Apa itu Email Bisnis?

Email bisnis adalah alamat email milik sebuah bisnis yang diakhiri oleh nama domain perusahaan, organisasi, atau instansi setelah simbol ‘@’. Contohnya seperti nama.email@namabisnis.com.

Tapi tunggu dulu, apa perbedaan email biasa dan bisnis? Perbedaan utama keduanya adalah email bisnis digunakan untuk keperluan komunikasi dengan mitra kerja, klien, pelanggan, dan sebagainya. Sedangkan email pribadi, sesuai namanya hanya dipakai untuk urusan pribadi.

Lalu, mengapa Anda harus menggunakan email bisnis? Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Menampilkan citra profesional – Bisnis yang menggunakan email gratis dari Gmail atau Yahoo akan terlihat kurang kredibel. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan email bisnis dengan domain sendiri untuk menunjang kredibilitas perusahaan.
  2. Meningkatkan brand awareness perusahaan – Email dengan nama domain resmi perusahaan akan membuat pelanggan merasa familiar dengan bisnis Anda. Sehingga, mereka tidak akan ragu untuk bertanya tentang bisnis atau produk Anda.
  3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan – Berdasarkan survey yang dilakukan Verisign, 74% pelanggan lebih percaya dengan email dengan domain perusahaan dibandingkan email berdomain Gmail atau Yahoo.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa Anda harus punya email bisnis profesional. Sekarang, saatnya praktik cara membuat email bisnis profesional. Yuk, pelajari selengkapnya!

4 Cara Membuat Email Bisnis Perusahaan

Berikut adalah empat cara membuat email bisnis gratis dan berbayar untuk perusahaan, organisasi, kantor, dan instansi yang bisa Anda coba:

  1. Cara Membuat Email Bisnis Gratis lewat Google Workspace
  2. Cara Membuat Email Bisnis dengan Layanan Email Hosting
  3. Cara Membuat Email Perusahaan melalui cPanel
  4. Cara Membuat Email Organisasi Gratis menggunakan Zoho Mail

Bagi Anda yang lebih nyaman mengikuti tutorial dengan video, berikut ini video tutorial cara membuat email bisnis untuk Anda praktikkan:

Kalau Anda lebih nyaman membaca, yuk lanjutkan simak panduan lengkap cara membuat email bisnis gratis dan berbayar di bawah ini!

1. Cara Membuat Email Bisnis Gratis lewat Google Workspace

Google Workspace adalah penyedia layanan berbayar, tapi Anda bisa mencoba versi gratisnya dulu selama 14 hari. Setelah masa percobaan selesai, Anda diharuskan membayar biaya berlangganan paling murah sebesar 3 US Dollar/bulan.

Bagaimana cara membuat email bisnis dengan Google Workspace? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka website resmi Google Workspace. Lalu, klik tombol Start Free Trial untuk mencoba versi gratisnya.

halaman awal google workspace sebagai cara membuat email bisnis

2. Masukkan nama bisnis, jumlah karyawan dan region bisnis Anda. Jika sudah, klik Next.

mengisi informasi bisnis

3. Secara default, Anda akan menjadi admin Google Workspace. Oleh karena itu, isilah info kontak Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, klik Next.

mengisi informasi kontak admin

4. Alamat email bisnis Anda harus menggunakan domain sendiri. Kalau Anda sudah memiliki domain, klik Yes, I have one that I can use.

memilih menggunakan domain untuk membuat email bisnis

5. Masukkan nama domain Anda. Nama domain ini akan digunakan untuk membuat custom email. Jangan lupa klik Next.

memasukkan nama domain sebagai cara membuat email bisnis

6. Silakan konfirmasi nama domain Anda. Jika sudah, klik Next.

konfirmasi nama domain

7. Anda bisa memilih ingin mendapatkan email newsletter dari Google atau tidak. Silakan pilih sesuai dengan keinginan Anda.

konfirmasi pengiriman newsletter

8. Buat akun email khusus bisnis untuk login ke Google Workspace. Jangan lupa beri tanda ceklis pada Captcha, lalu klik tombol Agree and continue.

detail login agar cara membuat email bisnis gratis dengan google workspace berhasil

Nah, itu dia cara membuat email @nama perusahaan gratis menggunakan Google Workspace.

2. Cara Membuat Email Bisnis dengan Layanan Email Hosting

email hosting niagahoster

Email hosting adalah layanan yang ditawarkan penyedia hosting bagi Anda yang ingin berkirim email dalam jumlah besar. Email hosting bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi keterbatasan ketika memakai layanan lain.

Sebagai contoh, cara membuat email bisnis dengan cPanel membatasi jumlah pengiriman email per hari hingga 2400 email saja. Di samping itu, Anda perlu menghadapi keterbatasan lain dari segi disk space.

Untungnya, Niagahoster punya layanan email hosting dengan fitur yang lengkap.

Dengan email hosting Niagahoster, Anda bisa menambah disk space email hingga 200GB. Jumlah email yang dikirimkan dalam sehari pun bisa mencapai 9600 email. Wah, banyak sekali, ya? 

Dari segi keamanan, Email Hosting Niagahoster sudah menggunakan proteksi MailChannels, yang memiliki algoritma dan teknologi AI yang sangat baik untuk memproteksi server dari spam ataupun malware.

Selain itu, masih banyak manfaat email hosting lainnya yang bisa Anda nikmati. Lebih menariknya, semua fasilitas di atas bisa Anda nikmati hanya dengan harga mulai dari Rp80rb/bulan. Tawaran yang mantap, bukan?

Lantas, bagaimana cara membuat email bisnis dengan layanan email hosting Niagahoster? Setelah paket email hosting yang Anda beli sudah aktif, ikutilah langkah berikut:

1. Masuk ke New Member Area Niagahoster. Jika sudah, scroll ke bagian Email Hosting dan klik Kelola Layanan pada akun email hosting Anda.

2. Anda akan diarahkan ke halaman Email Accounts. Di sini, Anda bisa klik Kelola Akun Email untuk mulai berkirim dan menerima email.

klik kelola email untuk melanjutkan cara membuat email bisnis di layanan email hosting

3. Pada halaman selanjutnya, silakan klik Open. Jika sudah, Anda akan melihat tampilan email client seperti berikut:

tampilan webmail pada mail hosting niagahoster

4. Kembali ke Member Area Niagahoster, pada halaman Email Accounts sebenarnya terdapat beberapa opsi pengaturan yang bisa Anda akses.

fitur fitur email hosting niagahoster

  • Email Accounts – Membuat dan mengelola semua akun email yang ditambahkan pada nama domain Anda.
  • Email Disk Usage – Melihat informasi penggunaan kapasitas disk space untuk semua akun email milik Anda.
  • Global Filter Email – Mengelola filter email yang berlaku untuk semua alamat email Anda.
  • Email Filters – Mengelola filter email yang berlaku untuk masing-masing akun email Anda.
  • Spam Filters – Mengelola email spam yang Anda terima dengan bantuan dari MailChannels.
  • Configure Greylisting – Mengurangi email spam yang masuk ke alamat email Anda.

Sampai di sini, Anda telah berhasil mempraktikkan cara membuat email bisnis di layanan email hosting. Selamat berkirim dan mengelola email dengan mudah dan nyaman!

3. Cara Membuat Email Perusahaan melalui cPanel

Cara membuat email bisnis berikutnya yaitu dengan melalui cPanel. Dengan metode yang satu ini, Anda bisa membuat email menggunakan domain sendiri secara gratis!

Pastikan Anda sudah memilih domain terbaik untuk bisnis terlebih dahulu. Atau, Anda bisa mendapatkan nama domain gratis menggunakan layanan hosting di Niagahoster.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke dashboard cPanel Anda. Jika sudah, akses menu Email Accounts.

menu email accounts-cpanel

2. Klik tombol Create untuk membuat akun email baru.

membuat akun email cpanel sebagai cara membuat email bisnis

3. Isi detail informasi akun email yang akan Anda buat, informasinya meliputi:

  • Domain – Pilih domain untuk email Anda. Di tutorial, ini kami menggunakan domain websitepercobaan.com.
  • Username – Masukkan username email. Kami menggunakan emailbisnis sebagai username email. Maka nantinya, alamat email yang kami buat bernama emailbisnis@websitepercobaan.com.
  • Password – Buatlah password yang kuat untuk email bisnis Anda, pastikan indikator kekuatan password berwarna hijau. Atau, gunakan fitur Generate password untuk membuat password yang kuat.
  • Optional Settings – Anda bisa mengikuti pengaturan default atau mengubahnya dengan klik tombol Edit Settings. Di sini, Anda bisa mengatur pilihan storage email hingga penentuan folder email.
mengisi informasi email baru

4. Klik tombol Create. Anda akan melihat pesan sukses seperti gambar di bawah ini jika email berhasil dibuat:

pesan sukses cara membuat email bisnis di cpanel berhasil

5. Untuk mengecek email, klik tombol Check Email. Anda juga bisa mengubah pengaturan email pada fitur Manage dan menghubungkan alamat email dengan device Anda pada fitur Connect Devices.

mengelola email cpanel

Cara membuat email di cPanel sangat mudah, kan? Sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat email dengan nama perusahaan Anda sendiri.

Bahkan menariknya lagi, Anda bisa menghubungkan email tersebut ke mail client seperti Gmail. Ingin tahu caranya? Silakan mampir ke artikel kami yang berjudul cara membuat email dengan domain sendiri.

Kekurangan hanya satu, fitur email di cPanel ini terbatas. Misalnya, penggunaan disk space dibatasi hanya sebesar 10GB saja. Untungnya, Anda bisa menyimak cara membuat email kantor berikutnya.

Baca juga: Apa itu Email Marketing

4. Cara Membuat Email Organisasi Gratis Menggunakan Zoho Mail

Cara membuat email bisnis gratis profesional untuk instansi, kantor, dan perusahaan yang terakhir yaitu melalui layanan Zoho Mail. 

Zoho Mail menyediakan berbagai pilihan plan untuk berlangganan email menggunakan domain sendiri, salah satunya adalah Free Plan yang akan kami jadikan contoh pada tutorial kali ini.

Berikut ini cara membuat email profesional menggunakan Zoho Mail :

1. Pastikan Anda sudah memiliki nama domain dan web hosting. Jika sudah, buka website resmi Zoho Mail. Pilih opsi Email bisnis, lalu klik tombol DAFTAR GRATIS.

cara membuat email @nama perusahaan dengan zoho

2. Berikutnya, silakan scroll ke bawah. Kemudian, klik tombol DAFTAR SEKARANG pada bagian Paket Gratis Selamanya.

daftar paket gratis selamanya di zoho mail

3. Masukkan nama, email/mobile number dan password untuk membuat akun Zoho Mail Anda. Jika sudah, klik SIGN UP.

registrasi akun zoho mail

4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke alamat email atau nomor telepon yang Anda gunakan saat mendaftar. 

5. Tambahkan domain yang sudah Anda miliki pada bagian Add an existing domain. Caranya, klik tombol Add Now.

menambahkan domain di zoho mail sebagai cara membuat email bisnis

6. Masukkan nama domain dan informasi bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, klik Add.

mengisi informasi domain di zoho mail

7. Pada tahap ini, domain sudah berhasil ditambahkan ke Zoho Mail. Namun, Anda perlu melakukan verifikasi dengan klik Proceed to domain verification.

berhasil menambahkan domain di zoho

8. Lakukanlah verifikasi bahwa Anda sudah memiliki domain. Terdapat tiga opsi verifikasi, yaitu menggunakan TXT record, CNAME record atau upload file HTML di website.

verifikasi domain sebagai cara membuat email bisnis di zoho mail

9. Jika sudah, klik Verify dan lanjutkan tahap setup email hingga setting Zoho Mail berhasil dilakukan.

Nah, itu dia cara membuat email bisnis menggunakan Zoho Mail. Email bisnis gratis dari Zoho ini hanya bisa digunakan untuk lima username dalam satu domain, dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB. 

Baca Juga: Cara Mengembangkan Email List

Sudah Tahu Cara Membuat Email Bisnis, kan?

Cara membuat email bisnis gratis untuk perusahaan sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menambah kesan profesional bagi bisnis.

Untungnya, Anda sudah mempelajari empat cara membuat email profesional di artikel ini. Mulai dari cara membuat email bisnis dengan layanan email hosting, cPanel, Google Workspace, hingga Zoho Mail.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis, cara membuat email gratis melalui cPanel mungkin bisa menjadi alternatif. 

Namun, kalau bisnis mulai berkembang dan customer Anda semakin banyak, layanan Email Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan terbaik.

harga paket email hosting niagahoster

Niagahoster menyediakan empat paket Email Hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan penyimpanan Anda. Anda juga bebas menggunakan mail client apapun untuk mengelola email.  

Email Hosting Niagahoster juga memiliki banyak fitur menarik, seperti Weekly Backup untuk mengantisipasi kehilangan atau kerusakan pada data Anda. Selain itu, ada juga proteksi SpamExpert agar email Anda terlindung dari gangguan spam. 

Anda sudah punya email di cPanel? Jangan khawatir, karena Anda bisa upgrade ke layanan email hosting, loh! Hubungi Customer Success Niagahoster untuk mendapatkan bantuan terkait prosesnya, ya.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera gunakan layanan email hosting untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

2 Replies to “4 Cara Membuat Email Bisnis Gratis dan Berbayar [Termudah!]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *