Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Mau Domain .TECH untuk Startup? Pahami Manfaatnya!

2 min read

Featured Image Punya Startup Gunakan Saja Domain .TECH

Sejak kemunculannya di tahun 2015 silam, domain .TECH telah menjadi salah satu ekstensi domain terfavorit oleh para pebisnis startup. Bukan suatu hal yang mengejutkan karena domain ini mempunyai segudang manfaat bagi perusahan startup.

Apa saja manfaat-manfaat itu? Tenang, kami akan menjelaskan dengan lengkap semua manfaat domain. TECH di artikel ini. Maka dari itu, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Domain .TECH?

Seperti namanya, .TECH adalah TLD (top level domain) yang khusus diciptakan untuk mereka yang bergelut di bidang teknologi. Entah itu brand, perusahaan, atau sekedar individu.

Domain ini juga telah diterima secara universal sebagai domain spesifik untuk website teknologi. Sangat berbeda dengan .COM atau .NET yang terkesan tidak menunjukan ciri khas apapun.

Domain .TECH ini terdaftar secara internasional di bawah perusahaan Radix dan tersedia untuk publik sejak 5 Agustus 2015. Sejak saat itu, jumlah domain .TECH yang sudah terdaftar mencapai 270 ribu nama domain yang tersebar di 211 negara.

Beberapa contoh brand terkenal dunia yang menggunakan domain ini adalah ces.tech, viacom.tech, hollywood.tech, dan startup sensei.tech. Semuanya bergerak di bidang teknologi.

Itu tadi pengertian dari domain .TECH. Bagi Anda yang ingin memperdalam wawasan tentang domain, bisa membaca artikel apa itu domain terlebih dahulu.

Mengenal 5 Manfaat Domain .TECH bagi Startup

Berikut adalah lima manfaat menggunakan domain .TECH bagi startup Anda:

1. Lebih Mudah Menemukan Nama Startup Anda di Domain .TECH

Entah sudah ada berapa milyar website di seluruh dunia yang menggunakan domain .COM, .NET atau .ORG. Jadi, kemungkinan besar nama startup Anda tidak akan tersedia di domain-domain umum yang sudah eksis selama puluhan tahun tersebut.

Kondisi itu justru berbanding terbalik dengan .TECH. Domain ini masih baru dan jarang digunakan, sehingga nama startup Anda kemungkinan besar akan tersedia. Tak percaya? Di bawah ini kami berikan perbandingannya:

nama domain masih tersedia di .tech daripada di .com

2. Sangat Cocok untuk Startup Teknologi

Apa cara terbaik untuk menunjukkan kepada dunia bahwa startup Anda bergerak di bidang teknologi? Yup, dengan menggunakan domain TECH untuk website Anda. Coba Anda bandingkan kedua website ini: www.mobillistrik.com dan www.mobillistrik.tech 

Website yang pertama bisa mempunyai banyak arti. Mulai dari berjualan mobil listrik, komunitas mobil listrik, hingga perusahaan bernama mobillistrik. Sementara website yang kedua pasti ada hubungannya dengan mobil listrik dan teknologi. Misalnya, startup yang berusaha menciptakan mobil listrik canggih dan murah.

Jadi, dengan domain ini, siapapun —termasuk orang awam sekalipun— akan langsung tahu bahwa startup Anda bergerak di bidang teknologi yang inovatif dan berfokus ke masa depan. Keren, bukan?

3. Membantu Branding Startup Anda

Mempunyai ide dan produk yang bagus saja itu masih kurang, lho. Startup Anda juga harus mempunyai branding yang kuat agar bisa menonjol dan membekas di kepala target audiens Anda. 

Nah, domain TECH membuat website Anda mudah diingat karena unik dan sangat relevan dengan bidangnya, yakni teknologi. Bandingkan saja dengan domain generik lain yang sangat umum dan tidak membekas. Tentu saja, domain ini mempunyai nilai branding startup teknologi yang lebih kuat.

4. Potensi Sama Besarnya dengan Domain Populer Lain

Apakah Anda takut menggunakan nama domain unik karena akan didiskriminasi oleh Google? Untungnya, Anda bisa bernafas lega. Sebab, nama domain unik —termasuk .TECH— diperlakukan adil dan setara oleh Google.

Dengan kata lain, domain ini juga memiliki potensi yang sama besarnya dengan domain populer lain di hasil pencarian. Jadi, strategi SEO Anda tetap akan berjalan dengan maksimal.

5. Bisa Ikut ke Startup League

Selain dana, salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh startup baru itu adalah publikasi. Namun sayangnya, publikasi itu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untungnya, jika menggunakan domain ini, Anda bisa ikut ke Startup League.

Startup League adalah program khusus yang diselenggarakan oleh Radix bagi pengguna domain .TECH yang terpilih. Dengan bergabung ke Startup League, startup Anda bisa mendapatkan dana tambahan, ikut ke event teknologi ternama dunia, dan mendapat publikasi besar-besaran dari media. Menarik, bukan?

Gunakan Domain .TECH Sekarang Juga!

Banyak bukan manfaat domain .TECH untuk startup Anda? Domain ini tak hanya membuat branding startup Anda lebih mencolok, tapi juga memberikan kesempatan untuk ikut ke Startup League dan mendapatkan publikasi.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menikmati kelebihannya, segera beli nama domain tersebut di Niagahoster. Sebab, kami mempunyai promo domain .TECH dengan harga yang bersahabat di kantong, Lebih murah dari harga domain .COM.

Atau mungkin, Anda ingin mengecek ketersediaan nama dulu? Oh, tentu bisa! Kunjungi saja laman cek domain murah untuk mengetahui ketersediaan nama domain .TECH bagi startup Anda. Selain itu jika beruntung Anda juga bisa mendapatkan domain gratis dari kami, Anda bisa mengunjungi link tertaut.

Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *