Categories: DomainTutorial

5+ Pentingnya Domain .SITE untuk Bisnis Anda

Memilih nama domain untuk website bisnis tak boleh asal-asalan. Alasannya, menggunakan nama website yang tepat dapat mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Nama website yang baik haruslah mudah diingat, singkat, dan unik. Namun, tidak harus selalu dengan domain .COM, lho! Anda bisa pakai domain .SITE sebagai alternatifnya. Kenapa?

Ada banyak kelebihan domain .SITE untuk website bisnis dan personal. Nah, di artikel ini kami akan jelaskan secara lengkap. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Domain .SITE?

Domain .SITE adalah domain baru yang cukup populer dengan 1.668.373 nama domain yang telah terdaftar. Tak heran, domain ini mampu menempati peringkat ketiga domain baru tersukses.

Ingin menggunakan domain tersebut untuk tujuan bisnis? Bisa, apapun skala bisnis Anda. Domain ini cocok untuk bisnis, besar, menengah, hingga kecil. Bahkan, lebih dari 70% pengguna domain .SITE berasal dari sektor UKM.

Tak hanya itu, Google pun mempercayakan domain ini untuk layanan Google Bisnisku. Artinya, semua website UKM atau toko online yang terdaftar di Google Bisnisku akan mendapatkan domain BUSINESS.SITE. Hal ini tentu membuktikan bahwa domain .SITE cukup diperhitungkan.

Selain untuk bisnis, domain .SITE juga bisa digunakan untuk tujuan personal. Misalnya, membangun website portofolio yang profesional. Anda bisa menampilkan karya terbaik Anda di website tersebut dengan identitas online yang lebih kuat.

Nah, kira-kira apa saja sih kelebihan domain ini dibanding domain populer lainnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Panduan Lengkap Domain Bagi Pemula

5+ Kelebihan Domain .SITE

Setelah tahu apa itu domain .SITE, sekarang mari lihat keunggulannya dibanding domain populer lain. Ini dia 5+ kelebihan domain .SITE untuk Anda:

1. Masih Banyak Pilihan Nama Unik Tersedia

Pengguna domain .SITE belum sebanyak domain .COM. Saat ini sudah lebih dari 300 juta orang menggunakan .COM, artinya domain yang Anda inginkan bisa saja sudah tak tersedia. Alias, sudah digunakan orang lain.

Berbeda halnya dengan domain .SITE, peluang memiliki nama bisnis sesuai keinginan Anda masih besar. Jadi, Anda bisa tetap menggunakan nama bisnis sesuai brand. Jika menggunakan .COM, mau tidak mau Anda harus mengganti dengan nama yang berbeda.

Sebagai pembuktian, mari simak perbandingan di bawah ini!

Jika Anda ingin menggunakan nama “bisniskuliner”, Anda sudah tidak bisa menggunakan .COM. Namun, Anda masih bisa menggunakan .SITE dengan nama yang sama.

Singkatnya, domain tersebut masih memberikan keleluasaan untuk menggunakan nama yang Anda inginkan.

Baca juga: 5 Alasan Menggunakan Domain MY.ID

2. Lebih Singkat dan Mudah Diingat

Jika ketersediaan domain masih banyak, Anda masih bisa dapat nama yang lebih singkat. Contohnya seperti nama bisniskuliner.com tadi. Namun, apabila sudah dipakai orang lain, Anda terpaksa menggunakan nama yang lebih panjang, misalnya bisniskulinerindonesia.com.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan .SITE.

Meskipun harus tetap sesuai brand Anda, menggunakan nama lebih singkat akan membuat bisnis Anda jadi lebih mudah diingat. Plus, akan terlihat stand out karena berbeda dari domain lainnya.

3. Harga Lebih Terjangkau

Menggunakan domain .SITE tak akan membuat Anda merogoh kocek terlalu dalam. Sebab, beberapa penyedia domain seperti Niagahoster selalu memberikan harga khusus.

Sebagai contoh, jika ingin menggunakan domain seperti bisnisgorengan.site, Anda cukup membayar Rp.14.000 saja.

Sementara itu, biaya berlangganan bisnisgorengan.com adalah Rp.125.000. Artinya, dengan branding yang sama, Anda bisa lebih hemat hingga 8 kali lipat dengan domain .SITE. Menarik, bukan?

4. Cocok untuk Membangun Brand Bisnis

Membangun brand sangat penting bagi bisnis, terutama yang dijalankan secara online. Oleh karena itu, menggunakan nama website yang sesuai dengan brand bisnis Anda adalah prioritas.

Jika Anda ingin menggunakan .COM dan ternyata sudah dipakai orang lain, mau tidak mau Anda harus menyesuaikan namanya. Artinya, nama website tersebut mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan brand Anda. Nah, kalau pakai .SITE, Anda bisa tetap menggunakan nama yang sesuai brand.

Sebagai contoh, brand bisnis Anda adalah cargo. Anda masih bisa pakai cargo.site. Sebab, cargo.com sudah tidak tersedia saat ini. Cara lain, jika ingin pakai .COM, Anda perlu menyesuaikannya dengan cargoindonesia.com, misalnya.

Hal ini juga terjadi di berbagai sektor bisnis seperti, di bisnis fashion atau property. Sebagai contoh, Anda masih bisa menggunakan  indofashion.site atau indoproperty.site karena ekstensi .COM untuk kedua nama tersebut sudah digunakan.

Baca juga: Anda Punya Startup? Gunakan Saja Domain .TECH!

5. SEO Friendly

Anda mungkin khawatir jika menggunakan domain .SITE, website Anda akan kalah dengan domain populer lainnya. Benar begitu?

Tenang, secara SEO, Google menyatakan tidak pilih kasih dalam meranking website, kok. Artinya, ekstensi domain lama seperti .COM atau baru seperti .SITE akan diperlakukan sama di hasil pencarian.

Jadi, Anda cukup fokus pada optimasi SEO di website Anda, dan kemungkinan untuk menjadi peringkat atas sama besar dengan ekstensi lain.

Baca Juga: Panduan Lengkap SEO untuk Website

6. Cocok untuk Menjangkau Pasar Global

Anda ingin bisnis Anda go internasional? Domain .SITE bisa jadi pilihan untuk website Anda. Kenapa?

.SITE merupakan domain internasional alias gTLD. Ekstensi ini tidak terikat secara lokasi untuk negara tertentu. Dengan demikian, akan lebih diutamakan search engine untuk hasil pencarian global. Selain itu, domain internasional tentu akan lebih menarik konsumen global juga, bukan?

Lain halnya jika target pasar Anda adalah lokal. Dengan kondisi tersebut, domain negara atau ccTLD lah yang pas digunakan untuk website Anda, contohnya, dengan domain .ID.

Jadi, kalau Anda mau memasarkan produk secara global, domain .SITE merupakan salah satu pilihan yang tepat.

3 Contoh Website Bisnis yang Pakai Domain .SITE

Berikut ini kami berikan 3 contoh website bisnis dari berbagai sektor yang memakai .SITE sebagai domainnya. Jadi, bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

1. Pingmy

Pingmy merupakan bisnis layanan monitoring uptime server. Layanan yang ditawarkan akan membantu klien mengetahui jika website mereka mengalami down. Caranya, dengan memberikan notifikasi yang realtime.

Website mereka memakai domain .SITE. Langkah ini tentu merupakan pilihan tepat mengingat target konsumen mereka adalah pasar global.

Selain itu, nama website mereka pun bisa jadi lebih singkat dan unik. Pingmy.site sekaligus menunjukkan konsep dan brand bisnis mereka.

2. Your Cricket

Sesuai namanya, Your Cricket merupakan bisnis layanan pembuatan website khusus club cricket di Inggris. Layanan yang mereka tawarkan berupa pembuatan website premium.

Terkait dengan bisnis yang dijalankan, domain .SITE tentu membuat branding bisnis mereka lebih kuat. Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis jasa pembuatan website, domain ini bisa Anda pertimbangkan.

3. Auto Buyer

Auto Buyer merupakan bisnis jual beli mobil yang memanfaatkan .SITE sebagai dealer online mereka. Bisa dipahami mengingat autobuyer.com sudah tidak tersedia dan mereka harus tetap menggunakan brand tersebut.

Menariknya, meskipun hanya menyasar pasar lokal Amerika, mereka tidak serta merta memilih .CO.US. Mereka menganggap .SITE lebih unik dan mudah diingat untuk tujuan branding bisnis mereka.

Pakai Domain .SITE untuk Bisnis Anda Sekarang!

Ternyata, ada banyak kelebihan domain .SITE untuk bisnis, bukan? Tak heran, popularitas domain ini cepat sekali berada di puncak. Selain unik dan mudah diingat, domain ini juga cocok untuk membangun brand.

Terbukti, banyak bisnis dari berbagai sektor yang tak ragu memakai domain ini. Google pun memanfaatkan domain tersebut untuk website UKM yang terdaftar di Google Bisnisku.

Jadi tunggu apalagi, segera buat website bisnis dengan domain ini dan cek nama domain Anda. Buruan, sebelum nama brand Anda dipakai oleh orang lain!

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Jelang Black Friday 2020, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Black Friday 2020 akan segera tiba. Event belanja tahunan ini, selalu menawarkan diskon menarik. Anda tentu tak ingin ketinggalan, kan?…

2 hours ago

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

1 day ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

2 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

3 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

3 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

4 days ago