Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

5+ Pentingnya Domain .SITE untuk Bisnis Anda

4 min read

pentingnya domain .SITE untuk bisnis

Memilih nama domain untuk website bisnis tak boleh asal-asalan. Alasannya, menggunakan nama website yang tepat dapat mendukung kesuksesan bisnis Anda. 

Nama website yang baik haruslah mudah diingat, singkat, dan unik. Namun, tidak harus selalu dengan domain .COM, lho! Anda bisa pakai domain .SITE sebagai alternatifnya. Kenapa? 

Ada banyak kelebihan domain .SITE untuk website bisnis dan personal. Nah, di artikel ini kami akan jelaskan secara lengkap. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.   

Apa itu Domain .SITE?

Domain .SITE adalah salah satu nama domain yang cukup populer dengan 1.668.373 website yang telah terdaftar. Tak heran, domain ini mampu menempati peringkat ketiga domain baru tersukses. 

Ingin menggunakan domain tersebut untuk tujuan bisnis? Bisa, apapun skala bisnis Anda. Domain ini cocok untuk bisnis, besar, menengah, hingga kecil. Bahkan, lebih dari 70% pengguna domain .SITE berasal dari sektor UKM.  

Tak hanya itu, Google pun mempercayakan domain ini untuk layanan Google Bisnisku. Artinya, semua website UKM atau toko online yang terdaftar di Google Bisnisku akan mendapatkan domain BUSINESS.SITE. Hal ini tentu membuktikan bahwa domain .SITE cukup diperhitungkan.

Selain untuk bisnis, domain .SITE juga bisa digunakan untuk tujuan personal. Misalnya, membangun website portofolio yang profesional. Anda bisa menampilkan karya terbaik Anda di website tersebut dengan identitas online yang lebih kuat.

Nah, kira-kira apa saja sih kelebihan domain ini dibanding domain populer lainnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

5+ Kelebihan Domain .SITE

Setelah tahu apa itu domain .SITE, sekarang mari lihat keunggulannya dibanding domain populer lain. Ini dia 5+ kelebihan domain .SITE untuk Anda: 

1. Masih Banyak Pilihan Nama Unik Tersedia

Pengguna domain .SITE belum sebanyak domain .COM. Saat ini sudah lebih dari 300 juta orang menggunakan .COM, artinya domain yang Anda inginkan bisa saja sudah tak tersedia. Alias, sudah digunakan orang lain.

Makannya Anda harus cepat menentukan nama domain pilihan dan langsung daftarkan melalui halaman domain .com Niagahoster sebelum digunakan orang lain.

Berbeda halnya dengan domain .SITE, peluang memiliki nama bisnis sesuai keinginan Anda masih besar. Jadi, Anda bisa tetap menggunakan nama bisnis sesuai brand. Jika menggunakan .COM, mau tidak mau Anda harus mengganti dengan nama yang berbeda. 

Sebagai pembuktian, mari simak perbandingan di bawah ini! 

Domain .COM terbatas

Jika Anda ingin menggunakan nama “bisniskuliner”, Anda sudah tidak bisa menggunakan .COM. Namun, Anda masih bisa menggunakan .SITE dengan nama yang sama.

Domain .SITE masih tersedia banyak

Singkatnya, domain tersebut masih memberikan keleluasaan untuk menggunakan nama yang Anda inginkan. 

Baca juga: 5 Alasan Menggunakan Domain MY.ID

2. Lebih Singkat dan Mudah Diingat 

Jika ketersediaan domain masih banyak, Anda masih bisa dapat nama yang lebih singkat. Contohnya seperti nama bisniskuliner.com tadi. Namun, apabila sudah dipakai orang lain, Anda terpaksa menggunakan nama yang lebih panjang, misalnya bisniskulinerindonesia.com. 

Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan .SITE.

Meskipun harus tetap sesuai brand Anda, menggunakan nama lebih singkat akan membuat bisnis Anda jadi lebih mudah diingat. Plus, akan terlihat stand out karena berbeda dari domain lainnya. 

3. Harga Lebih Terjangkau

Menggunakan domain .SITE tak akan membuat Anda merogoh kocek terlalu dalam. Sebab, beberapa penyedia domain seperti Niagahoster selalu memberikan harga domain khusus.

Sebagai contoh, jika ingin menggunakan domain seperti bisnisgorengan.site, Anda cukup membayar Rp.14.000 saja. 

Harga domain .SITE terjangkau

Sementara itu, biaya berlangganan bisnisgorengan.com adalah Rp.125.000. Artinya, dengan branding yang sama, Anda bisa lebih hemat hingga 8 kali lipat dengan domain .SITE. Menarik, bukan?

Harga domain .COM lebih mahal

4. Cocok untuk Membangun Brand Bisnis

Membangun brand sangat penting bagi bisnis, terutama yang dijalankan secara online. Oleh karena itu, menggunakan nama website yang sesuai dengan brand bisnis Anda adalah prioritas. 

Jika Anda ingin menggunakan .COM dan ternyata sudah dipakai orang lain, mau tidak mau Anda harus menyesuaikan namanya. Artinya, nama website tersebut mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan brand Anda. Nah, kalau pakai .SITE, Anda bisa tetap menggunakan nama yang sesuai brand. 

Sebagai contoh, brand bisnis Anda adalah cargo. Anda masih bisa pakai cargo.site. Sebab, cargo.com sudah tidak tersedia saat ini. Cara lain, jika ingin pakai .COM, Anda perlu menyesuaikannya dengan cargoindonesia.com, misalnya. 

Hal ini juga terjadi di berbagai sektor bisnis seperti, di bisnis fashion atau property. Sebagai contoh, Anda masih bisa menggunakan  indofashion.site atau indoproperty.site karena ekstensi .COM untuk kedua nama tersebut sudah digunakan. 

Baca juga: Anda Punya Startup? Gunakan Saja Domain .TECH! 

5. SEO Friendly

Anda mungkin khawatir jika menggunakan domain .SITE, website Anda akan kalah dengan domain populer lainnya. Benar begitu?

Tenang, secara SEO, Google menyatakan tidak pilih kasih dalam meranking website, kok. Artinya, ekstensi domain lama seperti .COM atau baru seperti .SITE akan diperlakukan sama di hasil pencarian. 

Jadi, Anda cukup fokus pada optimasi SEO di website Anda, dan kemungkinan untuk menjadi peringkat atas sama besar dengan ekstensi lain. 

Baca Juga: Panduan Lengkap SEO untuk Website

6. Cocok untuk Menjangkau Pasar Global

Anda ingin bisnis Anda go internasional? Domain .SITE bisa jadi pilihan untuk website Anda. Kenapa? 

.SITE merupakan domain internasional alias gTLD. Ekstensi ini tidak terikat secara lokasi untuk negara tertentu. Dengan demikian, akan lebih diutamakan search engine untuk hasil pencarian global. Selain itu, domain internasional tentu akan lebih menarik konsumen global juga, bukan?

Lain halnya jika target pasar Anda adalah lokal. Dengan kondisi tersebut, domain negara atau ccTLD lah yang pas digunakan untuk website Anda, contohnya, dengan domain .ID. 

Jadi, kalau Anda mau memasarkan produk secara global, domain .SITE merupakan salah satu pilihan yang tepat. 

3 Contoh Website Bisnis yang Pakai Domain .SITE 

Berikut ini kami berikan 3 contoh website bisnis dari berbagai sektor yang memakai .SITE sebagai domainnya. Jadi, bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

1. Pingmy 

Ping My Site

Pingmy merupakan bisnis layanan monitoring uptime server. Layanan yang ditawarkan akan membantu klien mengetahui jika website mereka mengalami down. Caranya, dengan memberikan notifikasi yang realtime.

Website mereka memakai domain .SITE. Langkah ini tentu merupakan pilihan tepat mengingat target konsumen mereka adalah pasar global. 

Selain itu, nama website mereka pun bisa jadi lebih singkat dan unik. Pingmy.site sekaligus menunjukkan konsep dan brand bisnis mereka.  

2. Your Cricket 

Your Cricket

Sesuai namanya, Your Cricket merupakan bisnis layanan pembuatan website khusus club cricket di Inggris. Layanan yang mereka tawarkan berupa pembuatan website premium. 

Terkait dengan bisnis yang dijalankan, domain .SITE tentu membuat branding bisnis mereka lebih kuat. Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis jasa pembuatan website, domain ini bisa Anda pertimbangkan.

3. Auto Buyer 

Website Auto Buyer

Auto Buyer merupakan bisnis jual beli mobil yang memanfaatkan .SITE sebagai dealer online mereka. Bisa dipahami mengingat autobuyer.com sudah tidak tersedia dan mereka harus tetap menggunakan brand tersebut. 

Menariknya, meskipun hanya menyasar pasar lokal Amerika, mereka tidak serta merta memilih .CO.US. Mereka menganggap .SITE lebih unik dan mudah diingat untuk tujuan branding bisnis mereka.

Pakai Domain .SITE untuk Bisnis Anda Sekarang! 

Ternyata, ada banyak kelebihan domain .SITE untuk bisnis, bukan? Tak heran, popularitas domain ini cepat sekali berada di puncak. Selain unik dan mudah diingat, domain ini juga cocok untuk membangun brand. 

Terbukti, banyak bisnis dari berbagai sektor yang tak ragu memakai domain ini. Google pun memanfaatkan domain tersebut untuk website UKM yang terdaftar di Google Bisnisku. 

Jadi tunggu apalagi, segera buat website bisnis dengan domain ini dan cek nama domain Anda. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan promo gratis domain tersebut di Niagahoster loh. Buruan, sebelum nama brand Anda dipakai oleh orang lain! 

Eits, apakah Anda punya domain di layanan lain, tapi ingin pindah ke Niagahoster? Gampang, karena Niagahoster menyediakan layanan transfer domain juga!

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *