Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa itu Domain Premium: Ketahui Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Cara Membelinya!

3 min read

domain premium

Pernahkah Anda mendengar istilah domain premium? Singkatnya, domain premium adalah domain yang menjadi incaran banyak orang karena dianggap unik dan memiliki nilai tinggi. 

Harga domain premium bisa jadi cukup tinggi, tapi Anda bisa memiliki nama domain yang mudah diingat dan berbagai kelebihan domain premium lainnya.

Nah, di artikel ini, akan membahas apa itu premium domain, ciri-ciri, dan cara membelinya. 

Sudah penasaran? Langsung saja, berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Domain Premium?

Domain premium adalah domain yang harganya lebih tinggi daripada domain biasa karena dianggap memiliki nilai tinggi (high value). Ibaratnya, membeli domain yang tergolong premium sama dengan membeli sebuah nomor cantik untuk ponsel.

Bisa disebut sebagai premium, ketika namanya banyak diinginkan oleh calon pembeli. Keistimewaannya bisa dari namanya sangat singkat atau mengandung kata kunci populer. Contohnya adalah fb.com dan we.com.

Nah, harganya yang tinggi hanya berlaku saat pembelian di awal. Saat Anda akan memperpanjang masa aktif domain, harganya akan kembali normal sesuai dengan harga ekstensi domain yang digunakan.

Lalu, apa sih bedanya domain premium dengan domain gratisan?

Selain dari segi harga, biasanya, domain gratisan memiliki pilihan top level domain (TLD) yang terbatas dan kurang dikenal pengunjung. Bahkan, seringkali Anda hanya bisa memilih domain yang khusus diperuntukkan di negara tertentu (ccTLD), seperti .gq, .tk, .ml, .cf.

Yang perlu diperhatikan, domain gratisan seperti ini sering dianggap sebagai domain spam. Jadi, kurang ideal digunakan untuk mendukung kredibilitas online Anda menggunakan website. 

contoh pilihan TLD yang dianggap spam

Nah, setelah memahami apa itu premium domain, sekarang mari kita bahas tentang ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Domain Premium

Berikut adalah ciri-ciri yang membedakan domain premium dengan domain biasa:

1. Menggunakan TLD Terpercaya

Umumnya, domain ini menggunakan TLD populer seperti .com karena mudah diingat pengguna internet. Sebagai contoh, domain book.com yang dimiliki oleh toko buku online bernama Barnes & Noble.

contoh dengan TLD terpercaya

Namun, tidak menutup kemungkinan domain premium bisa menggunakan ekstensi domain lain selain .com. 

Misalnya, jika pembeli ingin menarget pengunjung dari negara tertentu, maka domain ini dapat menggunakan ccTLD. Sebagai contoh, domain amazon.sg yaitu perusahaan ecommerce yang menargetkan pengunjung dari Singapura.

contoh dengan ccTLD

2. Nama Domain Singkat

Biasanya, domain jenis ini memiliki nama domain yang singkat. Bahkan, domain ini bisa memiliki nama domain yang terdiri dari 2-4 huruf saja.

harga domain premium

Sebagai contoh, domain fb.com yang dibeli oleh Facebook seharga USD 8,5 miliar. Harga itu dibayar untuk mendapatkan domain lebih singkat yang dibutuhkan untuk mengembangkan fitur email publik Facebook menggunakan alamat email @fb.com. 

3. Mengandung Kata Kunci Populer

Tidak hanya domain singkat, nama domain yang lebih panjang bisa saja memiliki nilai yang tinggi. Umumnya, domain jenis ini menyertakan kata kunci yang populer.

Sebagai contoh, Together Health mengakuisisi healthinsurance.com dengan membayar sejumlah 120 miliar Rupiah. Walaupun terdiri dari 14 huruf, nama ini termasuk premium karena volume pencarian “health insurance” di Google yang tinggi.  

Salah satu ciri domain jenis ini adalah mengandung kata kunci populer

Setelah mengetahui ciri-cirinya, sekarang mari kita bahas tentang kelebihannya yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Domain Premium

Sebenarnya, apa saja kelebihan domain premium yang sering diperebutkan banyak orang?

1. Mudah Diingat

Umumnya, domain ini lebih mudah untuk diingat pengunjung. Sebab, kebanyakan domain ini hanya terdiri dari 2-4 huruf saja. 

Kalaupun ada domain yang lebih dari 4 huruf, nama domain ini umumnya mudah dieja atau menggambarkan sebuah topik tertentu yang banyak dicari lewat Google.

2. Memperoleh Customer Trust

Apa kesan pertama Anda saat melihat nama domain seperti jualsepatuolahragabaru.tk? Pasti, Anda akan merasa asing dan kurang yakin. 

Akan berbeda jika Anda menemukan website dengan nama domain runningshoes.com. Sebab, selain ekstensi domain sudah dikenal, nama domain juga mewakili topik yang umum di masyarakat.

Tak heran domain ini memiliki peluang lebih tinggi dalam memperoleh kepercayaan audiens dibanding domain pada umumnya, bahkan domain gratis.

3. Meningkatkan Kredibilitas

Bisa disebut premium, juga kemungkinan karena kualitasnya secara SEO. Misalnya, domain tersebut memiliki nilai spam yang baik, sehingga mendapatkan Trust Rank yang tinggi di Google. 

Memiliki skor Trust Rank yang tinggi akan menguntungkan bagi website Anda karena Anda bisa meraih peringkat teratas SERP.

4. Peluang Investasi Digital

Premium domain adalah alat investasi bagi kalangan pebisnis. Sebab, domain yang berkualitas harganya akan terus naik selama permintaannya di pasar masih tinggi.

Contohnya, domain business.com yang awalnya seharga 111 miliar Rupiah, 8 tahun kemudian harganya melonjak hingga mencapai 5,2 triliun Rupiah.

Tak heran, jika banyak orang yang rela merogoh kocek demi mendapatkan keuntungan dari menjual kembali domain yang termasuk premium. 

Setelah membahas kelebihannya, bisa jadi Anda tertarik untuk membelinya, bukan? Tapi, bagaimana caranya? 

Cara Membeli Domain Premium

Ada beberapa cara membeli domain premium. Yang paling umum, dengan menghubungi pemilik domain secara langsung atau dengan membelinya pada penyedia domain seperti Niagahoster.

Nah, kalau Anda ingin membeli domain di Niagahoster, caranya cukup mudah, kok. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, Anda bisa mengecek ketersediaan domain yang Anda inginkan.

cara membeli domain baru

Kedua, pilih domain tersebut jika masih tersedia. 

cara mengecek ketersediaan nama domain

Ketiga, selesaikan pendaftaran nama domain pilihan Anda dan lakukan pembayaran sebelum melewati batas waktu pembayaran

langkah terakhir cara membeli domain baru

Setelah pembayaran berhasil, domain pilihan Anda sudah bisa dimiliki.

Dengan membeli domain di Niagahoster, Anda akan mendapat keuntungan, seperti:

  • Bebas pilih ratusan TLD terpercaya, mulai dari .com, .co.id, .id, .store, .tech, dan masih banyak lagi!
  • Dukungan teknis 24/7 dari customer support cepat tanggap
  • Fitur kelola domain yang lengkap dengan DNS Management
  • Mendapatkan domain premium dengan harga terjangkau berkat banyaknya promo yang ditawarkan

Kesimpulan

Di artikel ini, Anda sudah belajar tentang apa itu premium domain, ciri-ciri, dan kelebihannya.

Intinya, domain premium adalah domain yang memiliki harga tinggi karena keunggulan yang dimiliki sehingga menjadi incaran banyak orang.

Anda bisa membeli domain premium untuk kebutuhan website, atau menjadikannya peluang investasi. Hanya dengan kreativitas dan sedikit riset pasar, peluang Anda memulai bisnis jual beli domain premium yang menguntungkan akan terbuka lebar. 

Agar makin untung, Anda bisa membeli domain baru di Niagahoster dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 14.000 saja. Ga cuma itu, Anda juga bisa mendapatkan domain berkualitas secara gratis di sini!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli domain Anda di Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published.