Tutorial

5 Alasan Menggunakan Domain MY.ID untuk Website

Membeli domain yang tepat untuk website personal itu penting karena dapat menggambarkan citra diri Anda. Selain .com, ada banyak ekstensi domain yang bisa Anda gunakan. Namun, kami merekomendasikan domain my.id untuk membuat website pribadi atau blog.

Anda belum yakin untuk menggunakannya? Atau Anda bertanya-tanya apa saja kelebihan domain my id dibanding ekstensi lainnya? 

Tenang, kami punya beberapa alasan mengapa domain my.id layak Anda pakai. Namun, mari simak dulu penjelasan tentang my.id terlebih dahulu.

Apa itu Domain MY.ID?

Domain MY.ID adalah jenis domain .ID yang resmi dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Domain ini khusus diperuntukkan untuk website personal, seperti website portofolio, blog pribadi, atau alamat email pribadi

Saat pertama kali diluncurkan, proses pendaftaran domain MY.ID memerlukan verifikasi data identitas menggunakan KTP atau paspor. Namun saat ini, proses verifikasi KTP atau paspor tak lagi diperlukan. Anda hanya perlu verifikasi email yang masih aktif saja. 

Pemakaian domain MY.ID pun terus mengalami peningkatan. Satu bulan setelah diluncurkan, PANDI mencatat pendaftar domain MY.ID meningkat lebih dari 10 kali lipat, dari 207 pengguna menjadi 2.491 pengguna. Menariknya, peningkatan itu didominasi oleh kaum milenial.

Lantas apa saja kelebihan domain MY.ID sehingga mulai banyak dilirik orang?

5+ Alasan Memakai Domain MY.ID

Berikut ini adalah enam alasan mengapa Anda harus memakai domain MY.ID:

1. Harga Lebih Murah

Anda tak perlu mengeluarkan ongkos banyak untuk membeli domain MY.ID. Hanya dengan Rp25.000, Anda sudah bisa mendapatkannya. Bahkan, harga tersebut lima kali lipat lebih murah dibandingkan domain .COM!

 

Baca juga: Promo Domain ID

2. Mempresentasikan Identitas Diri

Dari namanya, MY. ID dapat merepresentasikan website sebagai “my identity” atau “my international domain”. Sehingga domain MY ID sangat cocok untuk website pribadi seperti blog atau website portofolio. 

Namun, perlu diingat, nama domain yang bagus saja belum cukup menunjukkan identitas dengan baik. Anda juga harus memaksimalkan isi konten website Anda dengan postingan terbaik. 

Sebagai contoh, blog pribadi milik gunawan.my.id.

Di blog tersebut, Gunawan (pemilik blog) sering memposting artikel-artikel terkait teknologi informasi, desain grafis, dan web design. Ia juga kerap kali memposting tutorial yang berhubungan dengan teknologi dan desain. 

Kemudian di halaman Whois (about), Ia juga menampilkan detail informasi pribadinya. Lengkap dengan latar pendidikan, pengalaman bekerja di bidang teknologi, skill, dan juga penghargaan yang pernah diraih. 

Baca juga: 7 Langkah Membuat Blog Personal Branding yang Kuat 

3. Lebih Banyak Pilihan Nama Domain

Dibanding domain .COM, domain MY.ID masih belum banyak digunakan. Artinya, kemungkinan ketersediaan nama domain dengan ekstensi MY.ID juga masih banyak. Anda jadi tak perlu repot-repot mengganti nama domain pilihan Anda.

Nah, Anda ingin memiliki sebuah nama domain, tapi ekstensi .com sudah tidak tersedia? Coba cek menggunakan domain my.id dan segera miliki sebelum keduluan yang lain..!

4. Peluang Muncul di Halaman Pertama Google Tinggi

Domain MY.ID merupakan salah satu jenis domain .ID (ccTLD). Ternyata domain tersebut dapat meningkatkan ranking website di halaman pencarian Google. Terutama di pencarian pengguna Indonesia. 

Kenapa? Dilansir dari MOZ, Google akan mendeteksi bahwa website tersebut relevan dan berhubungan dengan area tertentu, dalam hal ini Indonesia. 

Jadi, jika target audience Anda spesifik ada di Indonesia, domain MY.ID merupakan pilihan yang tepat. Website Anda pun berpeluang muncul di halaman pertama Google, bahkan di peringkat pertama. 

Baca juga: 5 Kelebihan Domain ID yang Wajib Anda Ketahui

5. Akses Lebih Cepat

Selain meningkatkan peluang muncul di halaman pertama mesin pencarian, domain MY.ID juga membuat akses jadi lebih cepat. Kenapa? Sebab, Domain Name Server-nya (DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh PANDI. 

Jadi, pengunjung website domain MY.ID dapat mengakses website lebih cepat dan lebih hemat bandwidth. Bila aksesnya mudah dan cepat, pengunjung pun akan puas dengan performa website Anda. Hal ini secara tak langsung dapat mempengaruhi kualitas SEO Anda.

6. Lebih Mudah Diingat

Anda masih membangun blog dengan domain bawaan dari platform WordPress atau Blogger? Nama yang Anda miliki tentu akan seperti namadomain.blogspot.com atau namadomain.wordpress.com.

Nah, dengan domain my id, Anda bisa memiliki nama yang lebih singkat sehingga mudah diingat. Sebagai contoh, kalau Anda memiliki blog tentang hobi ikan Channa, Anda bisa saja menggunakan auranti.my.id.

Bagaimana Cara Mendapatkan Domain MY ID?

Kalau tertarik dengan keunggulan domain MY.ID, Anda bisa mendapatkannya dari penyedia domain yang terdaftar di PANDI. Niagahoster contohnya. Untuk mendapatkannya, lakukan langkah berikut:

1. Cek ketersediaan nama website yang Anda inginkan. Kemudian, pilih domain sesuai durasi yang Anda inginkan.

2. Centang domain dan fitur lain yang ingin Anda tambahkan ke pembelian. Lalu, lanjutkan dengan pembayaran.

3. Cukup tunggu proses beberapa saat untuk memiliki domain MY.ID yang ingin digunakan pada website.

Gunakan Domain MY.ID Sekarang!

Itu dia kelebihan dari domain MY.ID yang sangat cocok digunakan untuk membuat website atau blog personal. Mari lihat kembali secara singkat:

  • harga lebih murah
  • menggambarkan identitas diri
  • pilihan domain lebih banyak
  • potensial muncul di halaman pencarian
  • akses lebih cepat
  • nama domain mudah diingat

Bagi pemula, domain MY.ID tentu lebih hemat dibandingkan domain .COM. Pun begitu, Niagahoster punya promo domain com murah yang bisa Anda lirik kalau memang menginginkannya. 

Sekarang Anda sudah tidak ragu lagi untuk menggunakan domain MY.ID, bukan? Tunggu apa lagi?

Anda juga bisa daftarkan dan beli domain co id murah untuk website Anda di Niagahoster. Berbagai ekstensi domain ada di sini!

Tapi.. Bagaimana jika Anda terlanjur punya domain di layanan lain? Tenang, karena Niagahoster menyediakan layanan transfer domain! Prosesnya juga praktis dan simpel banget lho.

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

2 hours ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

6 hours ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

1 day ago

Produk Unggulan Niagahoster sebagai Alternatif Layanan EazyLink

Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!

3 days ago

Apa Itu Reseller? Contoh, Cara Kerja, dan Tips Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…

1 week ago

Kenapa Kebanyakan Bisnis Dropship Gagal?

“Alhamdulillah setelah 1 bulan saya ikut bisnis dropship ada sekitar kurang lebih 20–30 order yang masuk dan dapat omset ya…

1 week ago