Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Kelebihan, dan Contohnya

6 min read

digital marketing adalah

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran produk dan layanan melalui media internet. Seiring perkembangan teknologi, pemasaran digital menjadi salah satu skill penting yang wajib Anda kuasai untuk memasarkan produk. 

Peran digital marketing sangatlah penting di tengah meningkatnya angka penggunaan internet. Namun, apa yang membuat digital marketing begitu efektif? Bagaimana sih cara memulai digital marketing?

Nah, artikel ini akan mengupas tuntas apa itu digital marketing, dan kelebihan digital marketing yang membuatnya banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Tak perlu berlama-lama, yuk langsung simak artikelnya!

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah usaha memasarkan produk atau jasa menggunakan media digital dan internet. Dengan kata lain, digital marketing bisa dilakukan di berbagai platform mulai dari website, email, hingga media sosial.

Beberapa contoh praktik digital marketing yang cukup populer di kalangan pebisnis online adalah email marketing, social media marketing, Search Engine Optimization (SEO), affiliate marketing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengapa saat ini digital marketing bisa menjadi metode pemasaran yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan produk?

Alasannya, kini pengguna internet di dunia ada sekitar 5,3 miliar orang. Artinya, makin banyak orang terhubung dengan internet sehingga memicu peningkatan kegiatan transaksi online.

jumlah pengguna sosial media

Melihat peluang emas itu, pemilik bisnis pun mengadopsi strategi online marketing seperti pemasaran digital. Bisa disimpulkan, tujuan digital marketing adalah supaya bisnis bisa menjangkau target pasar yang lebih luas.

Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya kami akan membahas manfaat digital marketing yang bisa Anda nikmati. Scroll ke bawah, yuk.

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing menjadi strategi pemasaran yang efektif dan banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Sebab, digital marketing menawarkan lebih banyak manfaat dari pemasaran konvensional. Salah satunya adalah mampu menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya rendah.

Namun, kelebihan digital marketing tak berhenti di situ saja. Apa saja manfaat lainnya?

Biaya yang Lebih Hemat

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, pemasaran digital memiliki anggaran yang lumayan rendah dan mendapatkan jangkauan pasar yang jauh lebih besar tanpa harus membuang banyak waktu untuk melakukan promosi secara langsung.

Mudah Menjangkau Target Pasar

Performa praktik pemasaran konvensional cukup sulit untuk dilacak. Contohnya seperti mengiklankan bisnis di TV, menampilkan bisnis di baliho, atau menyebar flyer. Karena, pebisnis sulit untuk memperkirakan siapa saja yang melihat iklannya dan melakukan pembelian setelah melihat iklan tersebut.

Sedangkan praktik digital marketing memungkinkan Anda bisa membidik audiens secara spesifik. Mulai dari wilayah, umur, gender, hingga detail lainnya. Sehingga Anda bisa tahu jelas apakah kampanye digital marketing Anda mampu mencapai target audiens atau belum.

Mampu Memperkuat Brand Awareness

Brand awareness adalah rasa familier yang dimiliki pelanggan atas sebuah produk atau jasa. Digital marketing bisa baik untuk brand awareness karena mampu meningkatkan paparan brand ke target audiens-nya. 

Efektivitas Strategi Lebih Mudah Diukur

Setiap channel marketing biasanya menyediakan alat pengukuran data yang bisa membantu Anda melacak metrik digital marketing. Jadi, Anda dapat mengetahui seberapa jauh konten yang dibuat dapat berdampak pada penjualan produk. 

Meningkatkan Return of Investment

ROI adalah persen profit yang diterima perusahaan setelah menginvestasikan uang dengan besaran tertentu. Digital marketing akan memudahkan Anda mengukur ROI dengan melakukan performance tracking dari setiap marketing campaign. 

Jenis Digital Marketing dan Contohnya

Digital marketing adalah ilmu pemasaran yang luas dengan berbagai teknik dan pendekatan. Ada banyak jenis digital marketing dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Dari teknik SEO, social media marketing, sampai email marketing, setiap teknik pemasaran memiliki strategi dan tools yang berbeda-beda. Nah, dengan memahami perbedaan dari berbagai jenis digital marketing, Anda jadi bisa memilih strategi yang tepat untuk menjangkau target audiens. 

Ini dia jenis digital marketing yang bisa Anda terapkan:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya agar website dan isi kontennya menduduki halaman pertama pencarian Google. Tujuannya, agar website lebih mudah ditemukan dan menjaring banyak visitor.

Penting Anda ketahui juga, strategi Search Engine Optimization dibedakan menjadi tiga:

  • SEO on page. Fokus pada konten website. Misalnya memposting artikel SEO-Friendly;
  • SEO off page. Upaya mengoptimasi website dari luar. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas dan relevansi situs;
  • Technical SEO. Upaya mengoptimasi back-end website sehingga performanya oke. Baik dari struktur web, kecepatan website, dsb.

Contoh digital marketing yang satu ini adalah ketika seseorang ingin membeli sepatu olahraga. Kemungkinan, mereka akan mengunjungi top 3 teratas dari hasil pencarian Google. 

contoh digital marketing yang menerapkan SEO

2. Search Engine Marketing (SEM)

pemasaran digital dengan SEM

Singkatnya, SEM adalah taktik mengiklankan website di halaman mesin pencari. Karena berbayar, hasil Search Engine Marketing pun lebih instan daripada SEO. Halaman website Anda akan menduduki halaman pertama Google dengan lebih cepat, serta punya tanda ‘iklan’ pada bagian atasnya. 

Salah satu teknik yang digunakan dalam SEM ialah riset keyword, yaitu mengidentifikasi kata kunci yang berpotensi dicari oleh orang-orang ketika mencari sebuah produk. Setelah diidentifikasi, keyword-keyword tersebut bisa digunakan untuk membuat ad campaign.

Aspek lain yang juga tak kalah penting dalam SEM yaitu ad targeting. Ad targeting adalah upaya menyeleksi target audiens berdasarkan berbagai kriteria seperti demografi, ketertarikan, dan lain-lain. Jadi, Anda bisa memastikan bahwa iklan muncul di hasil pencarian audiens yang tepat. Dengan begitu, peluang Anda mendapatkan pelanggan akan semakin besar.

3. Content Marketing

Content marketing adalah upaya menghasilkan dan mendistribusikan konten yang menarik perhatian calon konsumen dan bisa mengubah mereka menjadi pelanggan.

Jadi bukan konten asal, metode content marketing mengajak Anda merancang konten dengan prinsip: penting, relevan, dan konsisten. Sehingga, konten akan relevan bagi bisnis, menjawab kebutuhan target audiens, serta diproduksi secara konsisten.

Contoh digital marketing ini yaitu jika perusahaan menjual produk tema website, maka digital marketer bisa membuat konten yang berhubungan dengan produk. Misalnya, keunggulan yang ditawarkan, cara membuat website, sampai tips membuat website.

4. Email Marketing

Jika Anda ingin menjalankan taktik pemasaran digital secara personal, email marketing adalah pilihan tepat.

Cara kerja email marketing dimulai dari mengumpulkan email list calon konsumen Anda. Setelah proses list building selesai, Anda bisa mengirimkan berbagai info menarik terkait perusahaan Anda ke mereka.

Agar metode pemasaran ini makin ampuh, Anda perlu membuat pesan yang personal dan relevan. Caranya adalah dengan menyapa pelanggan dengan nama mereka sendiri, mengingatkan tagihan pembayaran, serta mengirim rekomendasi konten yang sesuai minat calon pelanggan. 

salah satu jenis digital marketing adalah pemasaran melalui email

5. Video Marketing

Video marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang paling populer. Format videonya pun berbagai macam, antara lain video demonstrasi, ulasan, tutorial, interview, hingga product update. Platform yang bisa digunakan untuk menerapkan strategi ini juga ada banyak. Dari YouTube, TikTok, Instagram, dan masih banyak lagi. 

Video marketing menjadi teknik pemasaran yang efektif untuk menyampaikan pesan. Sebab, video mampu membawa emosi dan menarik perhatian melalui storytelling. Ditambah, video merupakan media yang mudah diakses dan dibagikan ke orang lain. Hal ini membuat jenis digital marketing ini mampu menjangkau audiens yang luas. 

Nah, contoh digital marketing ini yaitu video-video yang diunggah di YouTube Niagahoster Indonesia.

salah satu jenis digital marketing adalah video marketing seperti yang dilakukan niagahoster

6. Social Media Marketing

Social media marketing adalah upaya promosi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan lain-lain. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan berkomunikasi dengan calon konsumen.

Berikut adalah contoh digital marketing ini yang dilakukan oleh Flip dengan aktif membangun interaksi sesuai dengan brand voice-nya yang casual. 

Meski kelihatannya sekadar posting-posting dan reply konten viral, sebenarnya taktik ini perlu perencanaan matang. Apalagi, karakter audiens setiap channel sosial media itu berbeda.

Artinya, Anda perlu mendalami social media marketing untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap platform. Tujuannya, tentu supaya Anda bisa merancang strategi marketing yang cocok dan sejalan dengan misi bisnis Anda.

7. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click adalah strategi marketing di mana pebisnis hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik atau direspons audiens.

Lain dengan SEM, penggunaan PPC lebih umum. Bukan hanya untuk mesin pencari saja, PPC juga hadir dalam bentuk iklan apapun yang bisa diklik. Semisal Google Ads, Facebook Ads, ataupun Instagram Ads.

Berikut adalah contoh digital marketing untuk jasa travel. Iklan PPC jasa tersebut tidak memiliki banyak teks sesuai dengan platform Instagram yang fokus dengan visualnya. 

pay per click merupakan salah satu cara pemasaran digital

8. Native Advertising

Mungkin, Anda jarang mendengar istilah Native Advertising. Native Advertising adalah konten berbayar yang dipasang di platform tertentu. Uniknya, format kontennya mirip dengan postingan biasa. Sehingga, lebih menarik untuk diklik.

contoh native advertising

9. Affiliate Marketing

Selanjutnya, yang termasuk jenis digital marketing adalah pemasaran afiliasi. Affiliate marketing adalah strategi perusahaan untuk bermitra dengan pihak lain menggunakan sistem komisi. Artinya, mitra afiliasi akan mendapatkan bayaran jika berhasil menjual produk melalui link tertentu.

Singkat kata, affiliate marketing memungkinkan Anda melebarkan sayap bisnis dengan biaya minimal. Sebab, kegiatan promosi ditanggung sendiri oleh mitra afiliasi. Nah, Niagahoster sudah menerapkan strategi ini dengan membuat Program Afiliasi Niagahoster.

program afiliasi niagahoster

Cara Memulai Digital Marketing

Sampai sini, mungkin Anda bertanya-tanya: Lalu bagaimana cara memulai digital marketing? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Membuat Website. Cara memulai digital marketing adalah dengan membuat website. Manfaat website ada banyak. Anda bisa membuat website toko online, menjadi media untuk press release, memasang iklan, hingga memudahkan calon konsumen menemukan produk Anda jika website berhasil berada di halaman pertama mesin pencari Google.
  2. Menjalankan Blog. Blog adalah website yang memuat konten berupa artikel, video, dan foto dan fokusnya ke satu bidang tertentu. Artinya, praktik content marketing di blog memang cukup kuat. Jadi, Anda bisa menggunakan blog untuk meningkatkan engagement, sedangkan website untuk membangun branding dan transaksi.
  3. Meluncurkan Landing Page. Landing page adalah halaman website yang menjadi tempat pendaratan visitor yang mengklik ads atau paid search. Kalau Anda ingin mengumpulkan kontak calon pelanggan, maka buatlah lead generation landing pages. Tapi kalau tujuan Anda menggiring pelanggan ke transaksi secara to-the-point, click-through landing pages menjadi pilihan yang tepat.
  4. Membuat Media Sosial. Langkah terakhir dalam cara memulai digital marketing adalah membuka akun media sosial. Pilihlah platform media sosial sesuai dengan audiens yang ditargetkan.

Jadi, Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis di era digital ini. Dengan memahami berbagai jenis digital marketing yang sesuai dengan target audiens, Anda bisa sukseskan bisnis Anda melalui media digital. 

Pemasaran digital bisa dilakukan melalui berbagai channel, misalnya seperti media sosial hingga website. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa saat ini website adalah sarana yang paling ideal dan lebih profesional.

Sebab, website akan memudahkan calon konsumen menemukan brand Anda, melihat katalog, membeli produk, hingga mengajukan keluhan. Nah, agar pelanggan memiliki pengalaman belanja yang memuaskan, pastikan website Anda dapat diakses 24 jam penuh. 

Untungnya, Niagahoster punya berbagai paket hosting yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sudah didukung server LiteSpeed Enterprise, akses website Anda dijamin selalu lancar jaya. Apalagi dengan uptime hingga 99,9%, website Anda pasti bisa diakses secara online selama 24/7!

Tunggu apa lagi? Pasarkan produk secara digital dengan hosting dari Niagahoster!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *