Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Ingin Jadi Digital Marketer? Pelajari 7+ Skill Ini!

4 min read

featured image digital marketer

Bisnis online kian menjanjikan, dan strategi promosi terbaik adalah kunci suksesnya. Itulah kenapa digital marketer makin dibutuhkan saat ini. Di LinkedIn saja, digital marketer termasuk 10 pekerjaan dengan lowongan terbanyak, lho.

Ini tentu tak mengherankan karena digital marketing memang unggul dari segi biaya dan kemudahan dibanding pemasaran tradisional. Itulah kenapa profesi digital marketing masih memiliki prospek baik di masa mendatang.

Anda tertarik dan ingin tahu cara menjadi digital marketer? 

Di artikel ini, kami akan mengajak Anda belajar digital marketing khususnya tentang apa itu digital marketer dan skill digital marketer yang perlu Anda kuasai. Jadi, mari simak lebih lanjut.

Apa Itu Digital Marketer?

Digital marketer adalah seseorang yang bertanggung jawab melakukan pemasaran online menggunakan berbagai platform. Umumnya, kanal digital yang dimanfaatkan, antara lain:

  • Website dan blog
  • Media sosial
  • Mesin pencarian
  • Email
  • Iklan pay-per-click

Ketika menjadi seorang digital marketer expert, job desk digital marketing yang harus dilakukan tidak berhenti pada strategi pemasaran saja.  Anda juga harus mampu membangun hubungan dengan target audiens secara baik.

Yang tak kalah penting, digital marketer juga harus lihai memanfaatkan berbagai aplikasi untuk pemasaran digital, misalnya Google Analytics. 

Berbekal tools analytics, berbagai tugas digital marketing bisa diselesaikan dengan mudah. Pada akhirnya, strategi pemasaran bisa dijalankan lebih efektif.

Lalu, apa saja skill digital marketer yang wajib dimiliki? Yuk, simak di bagian selanjutnya.

9 Skill Digital Marketer yang Wajib Dimiliki

Setidaknya ada sembilan skill yang harus Anda pelajari untuk menjadi seorang digital marketer. Tak perlu menguasai semuanya sekaligus, mulailah dari satu skill yang paling mudah:

1. Content Marketing

Skill digital marketer pertama yang harus dikuasai adalah kemampuan membuat berbagai jenis konten. 

Hal ini penting karena content marketing adalah strategi pemasaran digital yang cukup efektif dan paling banyak digunakan. Nantinya, Anda akan membuat dan mendistribusikan konten, seperti artikel blog, postingan media sosial, dan ebook secara rutin.

Seorang digital marketer perlu tahu cara membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan target audiens. Tanpa konten yang relevan, kecil kemungkinan target audiens untuk tertarik dengan promosi yang Anda lakukan.

Kalau konsumen sudah tertarik, pastikan konten Anda mampu mendorong target audiens untuk menjadi konsumen. Jika tidak, upaya content marketing jadi sia-sia.

Yang tidak kalah penting, tugas digital marketing ini perlu dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

ilustrasi content marketing sebagai skill digital marketer

2. SEO dan SEM

Website adalah kanal terbaik untuk melakukan tugas digital marketing. Nah, seorang digital marketer expert harus mampu membuat website menjadi yang teratas di pencarian Google dengan keahlian SEO dan SEM.

Alasannya, SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing) adalah dua skill digital marketer yang penting untuk mendapatkan traffic atau jumlah pengunjung website.

Semakin banyak pengunjung yang relevan dengan website Anda, semakin mudah untuk merayu mereka agar membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

SEO dan SEM memiliki fokus yang berbeda. 

SEO menggunakan teknik tertentu agar website berada di hasil pencarian karena sesuai kebutuhan pembaca. Salah satunya, menggunakan content marketing untuk membuat artikel menarik.

Sedangkan SEM menggunakan iklan berbayar untuk bisa mengenalkan website secara instan ke audiens. Karena itu, keterampilan riset keyword dan Google Ads adalah skill digital marketer yang penting ketika menggunakan SEM. 

Tertarik untuk mendalami SEO dan SEM? Anda bisa klik link di bawah ini untuk belajar lebih lanjut:

3. Social Media Marketing

Social media marketing adalah upaya pemasaran melalui media sosial, apapun platformnya. Digital marketer nantinya perlu melakukan riset audiens untuk menentukan platform yang paling tepat agar hasilnya lebih efektif.

Pekerjaan digital marketing ini mengharuskan Anda mempelajari semua fitur di platform yang digunakan. Baik itu fitur gratis seperti direct message dan postingan, atau berbayar seperti Facebook Ads. 

Kenapa job desk digital marketing meliputi media sosial? 

Utamanya, media sosial memperluas jangkauan pemasaran Anda. Jadi, bisa menjadi salah satu sarana efektif untuk mengarahkan traffic ke website

Selain itu, media sosial memudahkan Anda berhubungan dengan target audiens agar bisa membangun engagement dan kredibilitas.

Setelah itu, Anda bisa mendalami strategi pemasaran dengan Facebook Ads dengan download ebook melalui banner di bawah ini!

4. Email Marketing

Potensi promosi lewat media sosial cukup besar, tapi pemasaran lewat email tidak kalah efektif. 

Kenyataannya, balik modal dari email marketing bisa sampai 4200%. Artinya, kalau Anda promosi dengan biaya Rp100.000, Anda bisa memperoleh pendapatan dari penjualan hingga Rp4.200.000.

Itulah kenapa email marketing adalah skill digital marketer yang tak kalah penting. 

Tipsnya sederhana. Pertama-tama,  Anda perlu menarik audiens agar mau menginfokan email mereka. Bisa melalui blog atau website.

Kemudian, Anda bisa mulai mengirimkan email ke mereka. Informasinya bisa sesuai kategorinya. Misalnya, email promosi khusus untuk calon konsumen, kesempatan upgrade gratis untuk pengguna lama, dan lainnya.  

Karena data audiens sudah dimiliki, Anda bisa mengirim pesan lebih personal menggunakan nama sapaan mereka. Apalagi, pekerjaan digital marketing tersebut akan lebih mudah berkat adanya tools seperti Mailchimp dan OptinMonster.
 

5. Copywriting

Seorang digital marketer expert wajib belajar copywriting, yaitu menjual produk lewat tulisan. Tulisan itulah yang akan membujuk audiens untuk menerima tawaran produk atau layanan Anda

Agar lebih efektif, Anda harus memahami produk yang ingin dipasarkan dan kebutuhan target audiens. Itulah kunci menjelaskan produk menggunakan copywriting.

Ada banyak formula copywriting untuk meyakinkan audiens. Salah satunya adalah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

Dengan AIDA, tulisan Anda akan dimulai dengan membahas kebutuhan audiens. Setelah itu, Anda menunjukkan manfaat produk sesuai kebutuhan mereka. Di akhir, Anda bisa mengajak mereka menggunakan produk Anda.

Formula AIDA cocok untuk postingan media sosial, konten blog, landing page, dan email.

Supaya bisa menguasai AIDA dan teknik copywriting lainnya, Anda bisa mulai dengan download tips-tips copywriting dengan klik link di bawah ini!

6. Analytics dan Analisis Data

Salah satu keunggulan digital marketing adalah kemudahan untuk menganalisis data hasil pemasaran. Itulah kenapa digital marketer wajib punya skill analisis data. Jadi, bisa meningkatkan kinerja pemasaran dengan lebih tepat sasaran.

Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak tools analytics dan analisis data yang bisa digunakan. Contohnya, Google Analytics

Dengan Google Analytics, banyak jenis data yang bisa ditampilkan, termasuk jumlah pengunjung website, asalnya, dan halaman apa saja yang dikunjungi.

Menariknya, Google Analytics tidak terbatas untuk website saja, tapi bisa juga untuk campaign iklan media sosial dan lainnya.

Nah, jika ingin mulai belajar tentang Google Analytics, Anda bisa membaca panduan kami. Pastikan juga Anda menyimak artikel kami tentang digital marketing metrics agar tahu data apa saja yang penting untuk dipantau.

7. Conversion Rate Optimization

Pengunjung website banyak tapi sedikit yang membeli produk? Itulah tantangan seorang digital marketer yang bisa diatasi dengan skill conversion rate optimization.

Conversion rate adalah prosentase banyaknya produk terjual dibanding jumlah pengunjung. Jadi, kalau dari 1000 pengunjung yang datang, hanya 20 produk terjual, maka conversion rate-nya adalah 2 persen.

Dengan conversion rate, Anda bisa tahu efektif/tidaknya penjualan Anda. Terutama, kalau dibandingkan dengan kompetitor.

ilustrasi conversion rate optimization sebagai skill digital marketer

8. Marketing Automation

Menjalankan upaya pemasaran pasti melelahkan. Oleh karena itu, sebagai digital marketer, Anda harus terampil menggunakan tools marketing automation.

Tools tersebut mempermudah job desk digital marketing dengan mengotomatisasi proses yang harus Anda lakukan berulang kali. Misalnya, tools email marketing bisa Anda atur untuk mengirimkan email selamat datang kepada pengunjung website yang baru saja membuat akun.

Tools marketing automation ada banyak, baik yang gratis maupun berbayar. Mailchimp, HubSpot, dan Buffer adalah beberapa contohnya.

Untuk mempelajari cara menggunakannya, Anda bisa mengikuti panduan-panduan yang disediakan oleh penyedia tools tersebut.

9. Project Management

Tugas digital marketing membutuhkan skill project management yang baik. Sebab, tugas-tugas Anda melibatkan banyak pihak.

Contohnya, untuk menjalankan content marketing di blog, setidaknya Anda butuh copywriter, editor konten, dan desainer. Tanpa kemampuan untuk mengelola tim dan proyek, kolaborasi bisa kurang berjalan baik dan upaya content marketing bisa terganggu.

Untuk menghindari hal tersebut Anda perlu mempelajari tips manajemen proyek dan memanfaatkan tool seperti Trello atau Todoist.

ilustrasi project management sebagai skill digital marketer

Siap Belajar Jadi Digital Marketer Handal?

Digital marketer adalah profesi yang menjanjikan. Jika ingin melakukan pekerjaan itu, Anda harus punya skill-skill digital marketer di atas.

Meskipun begitu, Anda tidak harus menguasai semuanya sekaligus. Anda bisa mulai dari yang mendasar, seperti content marketing dan SEO. Jadi, mana skill digital marketing yang mau Anda pelajari dulu? 

Kalau ingin mulai dari dasar-dasarnya, kami sudah siapkan ebook panduan Digital Marketing gratis. Anda akan belajar semua strategi pemasaran digital dan contoh-contohnya.

banner ebook panduan digital marketing
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *