News & Update

Devcussion 7.0: Niagahoster dan Google Bahas Langkah-Langkah Tingkatkan Performa Website WordPress

Di era yang serba digital seperti saat ini, kecepatan loading website menjadi salah satu komponen penting yang perlu dioptimalkan oleh para pemilik website. Website yang optimal ketika diakses akan memberikan kenyamanan dan user experience yang baik bagi para pengunjungnya.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Google menyebutkan,

53% pengunjung website yang mengakses via mobile akan meninggalkan website yang tidak dapat dibuka dalam 3 detik.

Memaksimalkan kecepatan dan performa website tentu wajib dipertimbangkan oleh pemilik toko online, blog, dan website lainnya.

Pada acara Devcussion 7.0, Niagahoster berkolaborasi dengan Google membahas tentang Core Web Vitals dan Plugin untuk menunjang performa website WordPress. Menghadirkan 4 pembicara dari Google, Shu Hirasaka (Development Manager, Chrome & Web Google), Ivan Tanggono (Strategic Development Manager, News & Publishing Product Google), Ian Hung (Web Ecosystem Consultant Google), Hadyan Andika (Web Ecosystem Consultant Google), dan 1 orang dari Niagahoster, Handri Hermawan (Front End Developer Niagahoster). Acara ini juga mendapat dukungan dari media IT HiTekno.com sebagai media partner.

Dalam diskusi Devcussion 7.0, ada beberapa langkah untuk mengoptimalkan performa website WordPress. Mulai dari memahami komponen vital penunjang performa, hingga memanfaatkan tools dan fitur yang ada. Apa saja bahasannya? Mari kita simak.

Mengenal Core Web Vitals

Core Web Vitals adalah kumpulan metrik yang ditentukan oleh Google, untuk dijadikan indikator mengukur search ranking terbaru Google. Core Web Vitals ini penting untuk menganalisa, apakah sebuah website dapat diakses, apakah website tersebut responsif, dan apakah website tersebut stabil.

“Ada tiga komponen vital dalam menunjang performa website, yaitu loading atau kecepatan akses, interactivity, dan visual stability. Faktor penunjang lainnya adalah website yang mobile friendly, faktor sekuritas, dan lainnya.” ungkap Shu Hirasaka, Development Manager, Chrome & Web Google.

Untuk meningkatkan performa website, Google pun saat ini menyediakan tools yang dapat digunakan oleh para pengguna website WordPress, yaitu Site Kit. Melalui Google Site Kit, para pemilik website dapat menganalisa komponen vital performa website dalam satu dashboard yang terintegrasi.

Manfaatkan Fitur Site Kit

Dikutip dari penjelasan blog Niagahoster, Google Site Kit adalah plugin WordPress yang memungkinkan Anda mengakses berbagai tools webmaster Google dari dashboard WordPress. Site Kit tersedia dalam bentuk plugin yang dapat di-install secara gratis dalam website WordPres.

Dengan Site Kit, para pemilik website dapat memanfaatkan fitur-fitur gabungan seperti Search Console, Analytics, PageSpeed Insight, hingga Google AdSense. Ian Hung mengungkapkan, fitur-fitur yang terintegrasi ini akan memudahkan para pemilik website memaksimalkan performa website-nya, sekaligus menganalisa hasil motenasi website tersebut.

“Keuntungan plugin Site Kit juga terletak pada dashboard-nya yang praktis. Dengan Site Kit, semua data, mulai dari traffic, speech, popularity, dan lainnya akan tertampil dalam satu layar.” ungkap Ian Hung, Web Ecosystem Consultant Google.

Hindari Faktor yang Memperlambat Performa Website

Menurut Handri Hermawan, Front End Developer Niagahoster, ada 4 faktor yang dapat menurunkan performa sebuah website:

  • Performa server yang kurang optimal
  • Penggunaan ukuran gambar yang terlalu besar
  • Terlalu banyak redirect / HTTP requests
  • Terlalu banyak meng-load file yang tidak diperlukan

Memilih server dengan kualitas prima akan turut meningkatkan performa website. Maka, penting untuk memperhatikan uptime server yang digunakan dalam website WordPress.

Selain itu, hal sederhana yang seringkali dilupakan oleh pemilik website adalah ukuran gambar atau visual yang terlalu besar, sehingga juga menjadi penyebab website lambat diakses. Pemilik website dapat me-compress ukuran gambar atau me-resize agar tidak menganggu pengunjung saat mengakses website.

Selain ketiga hal tersebut, ada banyak hal yang dapat dilakukan pemilik website untuk meningkatkan performa. Tips dan triknya dapat ditemukan dalam blog maupun e-book Niagahoster. Pastikan untuk selalu mengikuti blog Niagahoster agar website Anda dapat optimal dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Terus simak dan ikuti acara Niagahoster dengan topik dan pembicara menarik lainnya di www.niagahoster.co.id/event.

Elisabeth W. Alfanisa

A public relations enthusiast who loves to write and read. A girl behind Niagahoster's good news on media. A cool kid you'll find spacing out in the backyard.

Share
Published by
Elisabeth W. Alfanisa

Recent Posts

Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya

Pilih Blogspot atau WordPress, ya? Sebelum memilih, cek dulu perbandingan keduanya di artikel ini.

6 hours ago

Panduan Lengkap CodeIgniter 4

Dibanding pendahulunya, CodeIgniter 4 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 7. CodeIgniter 4 juga…

1 day ago

Niagahoster Kembali Adakan Program #NiagahosterSalingBantu untuk yang Terdampak Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia memang menunjukkan penurunan tren kasus baru harian dalam beberapa minggu terakhir, namun hal ini tidak kemudian…

1 day ago

Belajar Docker: Definisi, Fungsi, dan Cara Menginstalnya

Mengembangkan sebuah software dengan efisien itu penting. Terutama, untuk dapat dilakukan di berbagai lingkungan pengembangan sekaligus. Nah, Docker adalah salah…

2 days ago

Produk Update Agustus 2021

Selama bulan Agustus, kami telah melakukan beberapa update fitur untuk terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mengembangkan produk terbaik. Apa saja…

3 days ago

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Pernahkah Anda melihat postingan blog yang kolom komentarnya dibanjiri oleh komentar spam? Atau mungkin, website Anda sendiri pernah disusupi dengan…

3 days ago