Categories: Marketing

8 Website untuk Membuat Desain Logo Online Gratis

Logo adalah bagian penting dalam branding bisnis. Ia adalah hal yang paling diingat sebelum bisnis Anda menunjukkan kualitas dan menjadi terkenal. Logo adalah wajah sekaligus cerminan value dari sebuah bisnis. Itu mengapa logo adalah hal pertama yang harus Anda pikirkan. 

Meski begitu, banyak pebisnis pemula yang masih menganggap remeh sebuah logo saat memulai bisnis. Entah karena ongkos membuat logo terbilang cukup mahal. Bisa juga karena mereka kerepotan mengurus hal-hal teknis lain di luar branding.

Baca lebih banyak alasan Mengapa UKM Memerlukan Desain Logo Profesional?

Namun, segala alasan itu tak membenarkan pebisnis untuk mengabaikan branding. Kini, ada begitu banyak portal desain logo online. Anda bisa memakai portal tersebut untuk membuat desain logo online shop sampai desain logo perusahaan. Lebih-lebih, kesemua portal desain logo online gratis!

Di artikel kali ini, kita akan membahas 8 portal desain logo online gratis. Kami akan mengulas cara pakai, kelebihan, serta kekurangan tiap portal dengan detail. Di sepanjang artikel ini, Anda juga akan dapat tips-tips membuat logo yang ciamik.

Tips Membuat Logo yang Baik dan Apik

Sudah membayangkan desain logo untuk brand Anda? Siap untuk membuat desain logo online? Eittss, tunggu dulu! Sabar-sabar….

Sebelum Anda mewujudkan logo di di benak Anda menjadi kenyataan. Cek dulu apakah logo tersebut sudah memenuhi ciri logo yang baik dan estetis. Di bawah ini, kami menjelaskan empat ciri logo yang mudah diingat dan mendukung branding usaha Anda:

1. Simpel

Simpel adalah kata kunci penting untuk logo. Semakin simpel tampilan sebuah logo, semakin mudah logo tersebut untuk dikenali dan diingat. 

Ketika Anda bisa menciptakan tampilan logo yang sederhana, berarti Anda bisa menyampaikan citra brand dengan efektif dan efisien. Lalu bagaimana bentuk logo yang simpel itu?

Logo yang simpel bisa tercermin dari pemilihan bentuk, jumlah elemen, serta warnanya. Itu mengapa, Anda tidak disarankan untuk memakai lebih dari tiga kombinasi warna dalam logo.

2. Unik 

Stand out in a crowd. Logo membantu Anda membedakan diri dari usaha kompetitor. Akan lebih baik lagi, jika keunikan logo ikut mewakili kelebihan atau sisi unik bisnis Anda.

Untuk itu, coba pikirkan konsep logo yang out of the box. Cara termudah ialah dengan melawan tren logo di bidang usaha yang Anda geluti. Misalnya, bisnis coffee shop tak melulu harus memiliki desain logo berupa gambar cangkir atau biji kopi. 

3. Tak mudah ketinggalan zaman 

Logo adalah investasi jangka panjang. Coba bayangkan, bagaimana logo Anda jika dilihat 5 tahun, 10 tahun, bahkan 50 tahun ke depan? Apakah ia mudah ketinggalan zaman? Atau justru bisa tetap terlihat klasik dan elegan? 

Sebuah logo yang baik adalah logo yang tak mudah dimakan usia. Identitas yang tercermin di logo tak boleh begitu saja pudar bersama waktu. Karena itu, konsep logo yang Anda buat jangan hanya mengikuti tren. Sebab ketika tren sudah lewat, logo Anda akan terlihat kuno. 

4. Kemudahan aplikasi

Logo merupakan identitas dari bisnis Anda. Jadi sudah seharusnya, ia bisa diletakkan di semua elemen promosi bisnis. Entah itu profile picture, website, pamflet, baliho, sampai dengan media seperti pulpen, buku catatan, sticker, dan sebagainya. 

Maka dari itu, logo yang baik harus mudah diaplikasikan di berbagai media tanpa harus kehilangan detailnya. Untuk itu, coba tanyakan lagi apakah logo Anda memenuhi kriteria di bawah ini: 

  • Apakah logo bisa dicetak di permukaan terang dan gelap?
  • Apakah logo tetap menjadi pusat perhatian meskipun dicetak hitam-putih (greyscale)?
  • Apakah logo tetap terlihat jelas jika dicetak di berbagai media seperti mug, kaos, atau branding kit lainnya?
  • Apakah logo tetap terlihat baik untuk dipasang di berbagai media online (favicon, profile picture, dan lain-lain)? 
  • Apakah logo terlihat baik jika dicetak dalam ukuran besar atau kecil sekali?

8 Website untuk Membuat Desain Logo Online Gratis 

Setelah tahu apa saja hal yang perlu diperhatikan dari membuat logo. Saatnya Anda mengetahui website apa saja yang bisa digunakan untuk desain logo gratis. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ulasan platform desain yang bisa Anda pakai.

1. Canva

Jika Anda belum pernah mendengar atau memakai Canva sebelumnya, Anda melewatkan salah satu tool desain terbaik abad ini. Canva adalah sebuah platform desain yang diciptakan untuk membantu nondesainer memenuhi kebutuhan konten visual. Dengan Canva, Anda bisa mendesain berbagai materi untuk mendukung brand awareness bisnis maupun personal branding Anda. Mulai dari presentasi, poster, hingga instagram stories. Tentu saja desain logo termasuk salah satu di antaranya.

Mendesain logo di Canva bukanlah perkara sulit. Jika Anda belum ada ide yang terlintas sama sekali, gunakan saja template logo yang disediakan oleh Canva. Cukup ketikkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda di pojok kiri atas. Lalu, Canva akan memberikan segudang pilihan template yang menarik. Untuk membuatnya lebih unik, Anda bisa mengubah template logo ini dengan mengganti warna, nama brand, tagline, font, hingga menambah atau mengurangi elemen lainnya hanya dengan drag and drop.

Kemudahan desain dengan Canva tak hanya berhenti di situ. Canva juga menyediakan pilihan skema warna yang sangat luas. Bahkan, Canva dengan baik hati menawarkan beberapa kombinasi warna yang manis dan bisa Anda adaptasi untuk mengkomunikasikan value di brand Anda. Bagi seseorang yang awam soal desain, fitur ini tentu saja sangat memudahkan Anda dalam mendesain logo.

Selain pilihan warna yang beragam, Canva juga memperhatikan urusan typeface atau font sebagai elemen penting dalam branding. Canva menyediakan pilihan font yang sangat bervariasi. Bisa dibilang Canva adalah salah satu website desain logo gratis yang menyediakan font paling lengkap. Jadi, kemungkinan besar karakter brand Anda bisa diwakili dengan salah satu font yang disediakan oleh Canva.

Baca juga: 15+ Website Terbaik Sumber Inspirasi Desain Web

Tidak punya waktu untuk membuka laptop dan mendesain? Butuh solusi cepat dan praktis untuk desain konten? Canva juga tersedia secara mobile di Google Play Store dan iOS App Store. Anda bisa langsung menuangkan ide logo dan konten visual lainnya lewat smartphone.

Dengan banyaknya fitur unggulan, bukan berarti Canva tak memiliki kelemahan. Ada beberapa poin kelemahan yang perlu Anda tahu ketika menggunakan platform ini. Pertama, logo yang dibuat tidak bisa disimpan dalam format vektor. Akibatnya, logo Anda akan sulit dikostumisasi dengan software desain lainnya. Jika ingin melakukan kostumisasi dan perubahan, Anda harus kembali menggunakan aplikasi Canva.

Kedua, beberapa elemen desain dan template logo tidak tersedia dalam versi gratis. Anda perlu mengupgrade ke Canva paket premium untuk dapat mengaksesnya. Elemen desain yang disediakan di Canva versi gratis pun rasanya masih kurang variatif. Jika Anda tidak pandai menggabungkan elemen desain yang ada, besar kemungkinan ada brand lain di luar sana yang memakai logo yang sama persis dengan Anda.

2. GraphicSprings

GraphicSprings bukanlah website desain logo online gratis biasa. GraphicSprings dibuat khusus untuk membantu Anda mendesain berbagai macam branding kit. Katakanlah media seperti kartu nama, brosur, poster, kop surat, dan semacamnya bisa dibuat lewat platform ini. Tak pelak, GraphicSprings merupakan pilihan tepat untuk mendesain logo yang versatile dan bisa dipakai di berbagai media branding.

Lewat GraphicSprings, Anda bisa membuat desain logo dalam waktu satu menit bahkan kurang. Setidaknya, itu yang disebutkan di halaman depan website ini. Bagaimana bisa? GraphicSprings menyederhanakan proses desain dengan tiga langkah mudah. 

Pertama, Anda cukup ketikkan nama brand di kolom yang disediakan. Kedua, Anda akan diminta memilih kategori gambar utama Anda. Ketiga, tambahkan berbagai macam bentuk lainnya. Voila! Desain logo Anda sudah bisa diunduh dan siap dipakai.

Baca juga: Hierarki Visual dalam Desain Website

Meskipun mendesain logo di GraphicSprings sangat cepat dan mudah, Anda tetap bisa bereksperimen dan bersenang-senang menyalurkan kreativitas Anda. Platform satu ini memiliki banyak ikon yang variatif dibandingkan Canva. Poin ini tentunya jadi poin plus untuk desain berbagai kebutuhan. 

Sebut saja kategori gambar People di mana Anda dapat menemukan bermacam jenis gambar manusia yang memiliki kesan berbeda. Satu gambar manusia mungkin cocok untuk logo organisasi kemanusiaan. Namun, ada juga pilihan gambar lain yang cocok untuk industri kesehatan, olahraga, travelling, dan lainnya. Anda bisa juga mengkustomisasi gambar cukup dengan sekali klik saja.

Graphic Springs memang memungkinkan Anda untuk mendesain logo online secara gratis. Namun, setelah itu Anda tetap akan diminta untuk melakukan pembayaran mulai dari $19.99. Dengan begitu, Anda bisa mengamankan lisensi logo sekaligus mengunduh logo dalam format .JPG beresolusi tinggi. Untuk dapatkan file vektor, Anda harus membayar dengan harga $99.99.

3. Oberlo

Oberlo adalah add-on dropshipping yang dibuat eksklusif untuk Shopify. Di samping fungsi utamanya tersebut, Oberlo juga menyediakan fitur untuk desain logo online shop gratis.

Tampilan UI Oberlo Logo Maker jauh dari kesan rumit. Begitu Anda masuk, Anda akan langsung melihat satu kanvas putih besar dan pilihan menu di bagian kiri. Di menu tersebut terdapat tiga submenu, yaitu  nama online shop, pilihan icon, dan pilihan posisi teks serta icon utama. 

Karena pilihan dan fitur yang sederhana, Oberlo sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat desain logo generik. Dengan kata lain, logo dibuat tanpa memakan waktu banyak atau kustomisasi style yang rumit. Anda cukup mendesain sebentar dan masukkan email Anda untuk mendapatkan logo tersebut.

Sebaliknya, Oberlo kurang cocok bagi Anda yang suka bereksperimen dan mengasah kreativitas. Pilihan icon yang disediakan Oberlo terlalu sedikit serta tidak memiliki keunikan. Senada dengan icon, pilihan warna dan font yang diberikan pun terbatas. Anda bisa mencoba untuk menambahkan frame untuk membuat logo Anda tidak terlalu generik.

4. Hatchful

Selain Oberlo, Shopify memiliki tool untuk membuat desain logo online lainnya bernama Hatchful. Berbeda dengan Oberlo, Hatchful menawarkan opsi pembuatan logo yang lebih lengkap. Platform ini tentunya sangat tepat bagi Anda yang ingin bereskplorasi dengan kreativitas.

Ketika Anda mulai mendesain dengan Hatchful, Anda akan diminta untuk memilih jenis bisnis. Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih visual style yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda bisa masukkan nama brand dan tagline Anda. Lalu, pilih di mana logo hendak diaplikasikan. Hatchful akan secara otomatis memberikan beberapa template logo yang sesuai dengan input yang Anda masukkan sebelumnya.

Dari template tersebut, Anda masih diberikan kebebasan untuk melakukan kustomisasi.  Ada opsi warna, font, maupun icon utama yang bisa Anda ubah. Meski opsi kustomisasi tersedia, tak bisa ditampik bahwa opsi ini sebetulnya cukup terbatas.

Contohnya, Anda hanya bisa menggunakan satu jenis font yang sama untuk nama brand dan tagline. Selain itu, opsi perubahan warna yang diberikan pun terbatas dan sudah ditentukan. Pilihan ikon utama yang diberikan Hatchful pun termasuk golongan generik dan tidak memiliki keunikan sendiri.

Baca juga: Menentukan Warna Efektif untuk Desain Website Anda

Meski begitu, Hatchful tetap bisa menjadi website desain logo online gratis andalan Anda. Apalagi jika mengingat segala fitur di atas bisa didapatkan secara gratis dengan mendaftarkan akun. Terlebih, Hatchful berbaik hati untuk memberikan logo beresolusi tinggi, favicon, facebook photo image, facebook cover photo, twitter photo image, dan lain-lain dalam satu bundling final file.

Tak ingin repot mendesain logo Anda dari tampilan desktop? Unduh saja aplikasi mobilenya dan rasakan pengalaman baru mendesain logo di manapun dan kapanpun dengan smartphone Anda.

5. SquareSpace Free Logo Creator

Logos made simple. Itulah tagline yang diusung SquareSpace Free Logo Creator. Membuat logo sudah seharusnya tak rumit. SquareSpace sepertinya paham benar dengan prinsip itu. Buktinya, ia tahu bagaimana menyederhanakan proses pembuatan logo.

Di tampilan depan SquareSpace Logo Maker, Anda akan diminta untuk mengisi nama brand. Setelah itu, Anda akan menemui tampilan kanvas putih. Di sinilah “kertas kerja” Anda untuk mendesain logo. 

Di sebelah kiri, Anda bisa temukan tempat menuliskan nama brand, slogan, serta pilihan icon utama. Pada bagian bawah kanvas, SquareSpace menyediakan preview desain logo ketika diaplikasikan ke berbagai media seperti kartu nama, t-shirt, dan tampilan website. 

Baca juga: Rahasia Desain Website Profesional dengan Prinsip Gestalt

Membuat desain logo dengan SquareSpace Logo Maker terasa menyenangkan. Pasalnya, SquareSpace memberikan kesan yang hampir mirip dengan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator dan Corel Draw.

Di atas kanvas putih tersebut, SquareSpace memberikan tambahan titik-titik kecil untuk membantu Anda meletakkan elemen dengan lebih presisi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan tambahan garis imajinasi vertikal dan horizontal yang membantu Anda meletakkan elemen agar sejajar.

Walaupun pengalaman mendesain di atas kanvas SquareSpace begitu unik, SquareSpace mungkin saja harus Anda jadikan pilihan kesekian jika Anda ingin mengeksplor kreativitas. Pasalnya, opsi kostumisasi yang diberikan SquareSpace Logo Maker amat terbatas. Hal ini bisa dilihat dari pilihan jenis tulisan dan icon utama yang bisa dihitung jari. Tetapi, untuk sebuah website desain logo online gratis, SquareSpace tetap harus ada di daftar Anda.

6. Tailor Brands

Mengusung slogan small business branding solution, Tailor Brands percaya kalau UKM sekalipun butuh sebuah desain logo yang profesional. Karena itu, Tailor Brands hadir untuk membantu pengusaha kecil dan menengah untuk mewujudkannya.

Tahap awal mendesain logo dengan Tailor Brands tak berbeda jauh dengan online logo maker tool kebanyakan. Pertama-tama, Anda akan diminta untuk mengisikan nama brand, tagline, niche bisnis, serta deskripsi lengkap soal brand. 

Setalah itu, Tailor Brands akan memberikan tiga jenis logo style yang bisa Anda pilih. Ketiga pilihan itu adalah name based (nama brand akan jadi objek utama dalam logo), icon based (menggunakan gambar/icon sebagai fokus utama logo), serta initial based (menggunakan inisial brand Anda sebagai fokus utama logo).

Baca juga: Pentingnya Memilih Foto untuk Desain Website

Setelah memilih salah satu di antara ketiga style tersebut, Tailor Brands akan memberikan beberapa contoh logo. Anda bisa memilih style mana yang mendekati karakter dan image yang ingin ditonjolkan dari brand. Selanjutnya, Tailor Brands akan memilihkan template logo sesuai dengan style yang sebelumnya Anda pilih. 

Jika template logo yang ditawarkan kurang sesuai dengan keinginan Anda, jangan dulu berpindah ke logo maker lainnya. Tailor Brands memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi logo tersebut sebebas-bebasnya.

Di bagian jenis tulisan, Anda akan dibantu untuk memilih berbagai karakter font yang ada. Misalnya seperti classy, masculine, elegant, rounded, dll. Pilihan warna yang diberikan pun sangat luas dengan memberikan opsi hex color code. Bahkan, Tailor Brands memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat transparansi suatu elemen.

Meskipun Anda bisa mendesain secara bebas dan gratis dengan menggunakan Tailor Brands, Anda tetap harus merogoh kocek untuk menebus hasil desain Anda. Tailor Brands mematok harga mulai dari $9.99 per bulan jika Anda ingin mengamankan logo tersebut untuk bisnis Anda.

7. Hipster Logo Generator

Apakah segmen pasar Anda termasuk anak muda? Jika iya, Hipster Logo Generator ini patut Anda coba. Dengan Hipster Logo Generator, Anda bisa membuat logo dengan style hipster yang cocok dengan pasar anak muda. 

Pertama kali membuka Hipster Logo Generator, jangan kaget jika tampilannya terkesan “sepi”. Justru, tampilan yang bersih dan minimal ini merupakan salah satu poin unggulan dari Hipster Logo Generator. Anda tidak perlu bingung memulai desain logo di atas tampilan UI yang sederhana ini. Hipster Logo Generator akan membantu Anda dalam setiap tahap pembuatan logo.

Pertama-tama, Anda akan diminta untuk memilih base shape atau yang biasa disebut dengan badge. Ada lima badge yang bisa Anda pilih dalam tahap ini. Selanjutnya, Anda bisa memilih elemen apa yang akan ditambahkan ke dalam badge tersebut. Jumlah elemen yang tersedia tergantung pada pilihan badge di tahap sebelumnya. Tidak banyak elemen yang ditawarkan oleh Hipster Logo Generator. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan kesan hipster dalam logo Anda.

Setelah selesai dalam tahap desain, Anda bisa langsung mengunduh hasil akhirnya. File akhir dalam format .png bisa didapatkan secara gratis. Namun, Anda perlu merogoh kocek sebesar $10 untuk mendapatkan file vektor dalam format .SVG

8. Logaster

Logaster adalah logo design maker yang bisa Anda pertimbangkan saat membuat desain logo online gratis. Meski jarang disebut sebagai logo maker mumpuni, Logaster menawarkan kelebihan lain dalam mendukung branding Anda.

Langkah awal dalam mendesain logo di Logaster tak banyak berbeda dengan logo maker lainnya. Anda akan diminta untuk memasukkan nama brand, tagline, preferensi style serta pilihan skema warna yang dominan dalam logo tersebut. 

Berbekal input tersebut, Logaster akan membuat berbagai pilihan logo lengkap dengan preview aplikasi ke dalam beberapa branding kit. Anda cukup memilih salah satu logo yang paling cocok dengan Anda. Kemudian logo tersebut bisa langsung diunduh. 

Baca juga: 6 Kesalahan Umum dalam Pembuatan Desain Website

Kabar baiknya, Logaster dengan berbaik hati akan menyertakan logo untuk kebutuhan cetak dan web, 5 pilihan warna logo, 6 pilihan layout, desain kartu nama, kop surat, amplop, social media bundle, website favicon, dan lainnya. Semuanya bisa didapatkan tanpa dipungut biaya!

Untuk Anda yang tak mau pusing memikirkan berbagai elemen desain seperti warna dan jenis tulisan, Logaster tentu bisa menjadi alternatif logo maker andalan. Namun bagi Anda yang ingin bebas berkreasi, Logaster sepertinya harus Anda tinggalkan. Sebab, Logaster sama sekali tidak memberikan opsi mengubah warna maupun jenis tulisan.

Mana Website Desain Logo Online yang Terbaik?

Jawabannya tentu tergantung kebutuhan, keinginan, dan tingkat kreativitas Anda dalam mendesain. Seperti yang dijelaskan di atas, setiap website desain logo memiliki beragam fitur yang berbeda. Begitu pula dengan kelebihan serta kekurangannya.

Supaya Anda bisa dengan mudah memilih platform desain logo terbaik, berikut kami rangkum kelebihan dan kekurangan tiap platform:

Jadi, bagaimana? Sudah menemukan satu atau dua website desain logo yang cocok dengan kebutuhan? Kalau sudah, saatnya Anda beralih ke langkah berikutnya. Apalagi kalau bukan membuat website company profile. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan online presence secara lebih baik lagi.

Omong-omong soal online presence, pastikan Anda melanggan paket domain dan hosting Niagahoster. Dengan datacenter tier 4 tercanggih dan waktu uptime server 99,98%, dijamin website Anda akan selalu on walau hujan badai menghadang. 

Kalau pun belum, tak usah khawatir. Tak ada kata terlambat untuk bergabung dan merasakan layanan premium Niagahoster. Anda bisa transfer domain dari hosting lama ke tempat kami. Dapatkan juga berbagai promo spesial dan biaya transfer yang murah.

Imas Indra

A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Share
Published by
Imas Indra

Recent Posts

11+ Penyedia Email Gratis dan Berkualitas

Jika berbicara soal layanan email gratis, mungkin yang pertama kali muncul di pikiran Anda adalah Yahoo Mail dan Gmail. Memang…

7 hours ago

Cara Melihat IP Address di Komputer dan Android

Sedang mencari alamat IP address komputer, smartphone, atau perangkat lainnya yang Anda gunakan? Anda telah menemukan artikel yang tepat. Artikel…

1 day ago

Tutorial PrestaShop: Panduan Membuat Toko Online

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas Shopify. Namun, sayangnya platform tersebut berbayar. Nah, di artikel ini kami akan mengulas cara…

2 days ago

6 Strategi Sukses Jadi Dropshipper 2019

Indonesia diprediksi menjadi pasar ecommerce terbesar di Asia. Pada tahun 2021, pendapatan dari bisnis online akan mencapai $14,47 miliar. Angka…

4 days ago

15+ Bahasa Pemrograman Terpopuler di Kalangan Developer

Bahasa pemrograman dikenal juga dengan nama bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang berfungsi untuk memerintahkan…

5 days ago

15+ Fitur Penting Ini Wajib Dimiliki Toko Online

Sudah mempunyai halaman toko online tapi pendapatan masih saja tidak ada peningkatan? Bisa jadi karena fitur toko online Anda tidak…

6 days ago