Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Dedicated IP: Pengertian serta Keunggulannya

3 min read

dedicated IP adalah alamat IP yang terdedikasi

Dedicated IP adalah alamat IP yang digunakan khusus untuk satu domain atau satu perangkat saja. Artinya, tidak ada domain dan perangkat lain yang bisa menggunakan alamat IP yang sama, sehingga perlindungan dan performa layanan lebih terjamin.

Jika Anda ingin membangun website dengan tingkat keamanan tinggi, seperti situs e-commerce maupun website perusahaan yang menyimpan berbagai data sensitif, dedicated IP adalah pilihan tepat.

Lain dengan IP address pada umumnya atau yang dikenal sebagai shared IP, ada banyak keunggulan dedicated IP. Mari kenali jenis alamat IP khusus ini lebih dalam!

Apa Itu Dedicated IP Address?

Dedicated IP adalah alamat IP khusus yang hanya digunakan oleh satu domain atau perangkat. Alamat IP ini berguna untuk website atau perusahaan yang butuh keamanan tinggi, sebab hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

dedicated IP adalah alamat IP khusus yang hanya digunakan oleh satu domain atau perangkat
dedicated IP vs shared IP

Karena perlindungan lebih terjamin, dedicated internet protocol biasa digunakan pada jaringan perusahaan, VPN, dan layanan email. Alamat IP dedicated memudahkan Anda maupun orang tertentu mengakses sumber daya atau aset perusahaan yang sensitif.

Sampai sini, mungkin Anda bingung, apa sih perbedaan shared IP address dengan dedicated IP address? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Perbedaan Shared IP dan Dedicated IP

Shared IP adalah alamat yang digunakan oleh beberapa nama domain dalam satu server. Sedangkan dedicated IP adalah hanya digunakan oleh satu nama domain.

Biasanya, shared IP disediakan oleh shared hosting dan harganya lebih terjangkau. Kalau dedicated IP, umumnya tersedia pada layanan VPS dengan harga yang lebih mahal.

Lebih jelasnya lagi, mari simak dampak perbedaan shared IP address dengan dedicated IP hosting!

1. Keamanan

Dari sisi keamanan, dedicated IP lebih terjamin. Karena, IP address hanya digunakan oleh satu website dan satu perangkat saja. Yang artinya, Anda dapat mengelola sendiri akses ke perangkat atau layanan yang digunakan. 

Dengan dedicated IP, website juga terhindar terkena blacklist IP yang biasa terjadi pada shared IP.  Jadi, email atau apapun yang Anda kirimkan bisa diterima dengan baik oleh calon penerima.

Pelajari Cara Melakukan Whitelist IP Address

2. Kinerja

Secara garis besar, dedicated IP memberikan kinerja yang lebih oke. Sebab, performa dedicated IP tidak terpengaruh oleh website lain. Sedangkan pada shared IP, kinerja satu website dapat berimbas ke website lain yang berada dalam satu server yang sama.

3. SEO

Meski belum ada info resmi bahwa IP berdampak pada search engine optimization, namun penggunaan alamat IP tetap memberikan dampak tidak langsung. Terutama dari sisi kecepatan akses dan reputasi website.

Seperti yang Anda tahu, dedicated IP adalah bawaan dari VPS hosting dan shared IP merupakan bawaan dari shared hosting. Karena website dengan dedicated IP tidak berbagi web server bersama, tentu kecepatan aksesnya kemungkinan lebih cepat.

Di sisi lain, reputasi website dengan IP dedicated juga lebih aman karena tidak terpengaruh oleh situs lainnya.

Pelajari Apa Itu VPS

Nah, itu tadi perbedaan shared IP address dengan dedicated IP address. Sekarang, mari lihat keunggulan alamat IP dedicated!

Keunggulan Dedicated IP

Ini dia keunggulan dedicated IP address:

1. Memudahkan Akses Website

Dedicated IP address memungkinkan akses ke website tanpa menggunakan domain. Mungkin, Anda bertanya-tanya kenapa ini bisa disebut sebagai kelebihan. Kalau sudah punya domain name, kenapa harus mengakses website lewat IP address?

Nyatanya,ada beberapa situasi di mana Anda terpaksa mengakses website menggunakan IP address. Salah satunya adalah saat domain Anda masih dalam proses propagasi atau penghubungan ke suatu website.

Apabila IP address Anda digunakan oleh beberapa website sekaligus, tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan.

2. Lebih Bebas Mengelola Server

IP dedicated memberikan keleluasaan dalam penggunaan jaringan.

Contohnya, game online biasanya menggunakan server VPS dengan IP dedicated untuk performa yang lebih baik. Jadi, kinerja layanan tidak terganggu meski traffic sedang tinggi-tingginya.

Selain itu, IP dedicated juga memungkinkan Anda mengelola file website melalui FTP dan berbagi file dengan mudah..

3. Menjaga Reputasi Alamat Email

Dedicated IP address mampu meningkatkan reputasi alamat email website. Karena IP address hanya digunakan oleh satu domain atau website saja, maka Anda lebih mudah dalam mengontrol pengiriman email

Ini menjauhkan Anda dari risiko email dianggap spam oleh penerimanya. Lain dengan shared IP yang lebih rentan kena blokir. Sebab, jika ada website atau domain yang suka mengirim email spam, maka IP-nya bisa terkena blacklist dan situs lain bisa ikut kena dampaknya.

Pelajari Cara Menghindari Blacklist Google

4. Memungkinkan Pemasangan SSL Certificate

Salah satu cara untuk mengamankan website adalah memasang SSL certificate. SSL adalah komponen yang mengenkripsi pertukaran data dalam situs, sehingga informasi yang ada tidak akan bocor ke pihak lain.

Dulu Anda diharuskan untuk memiliki alamat IP terdedikasi agar dapat menggunakan SSL certificate. Akan tetapi, sekarang SSL bisa dipasang di beberapa website dengan IP address sama berkat SNI atau server name identification.

Namun, ada tidaknya teknologi SNI tergantung pada penyedia layanan hosting dan jenis website hosting yang ditawarkan. Selain itu, beberapa penyedia SSL certificate masih mengharuskan Anda untuk memiliki IP dedicated.

Tingkatkan Performa Website dengan Dedicated IP!

IP dedicated adalah alamat IP terdedikasi yang digunakan untuk satu website atau satu perangkat saja. Penggunaannya cocok untuk situs e-commerce, toko online, web keuangan, maupun situs perusahaan yang membutuhkan berbagai data sensitif dan tinggi traffic.

Biasanya, dedicated IP address hanya ditawarkan pada layanan hosting dengan performa tinggi seperti VPS. Meski harganya lebih mahal, jenis IP address ini memiliki beberapa keunggulan daripada menggunakan shared IP.

Keunggulan alamat IP dedicated di antaranya: memudahkan pengguna mengakses website meski tanpa domain, memberikan kebebasan lebih dalam mengelola server, menjaga reputasi alamat email, hingga menghindari masalah yang terjadi pada shared IP.

Jadi, Anda sudah tidak ragu lagi kan untuk meningkatkan performa website dengan dedicated IP? Untungnya, Niagahoster menyediakan VPS murah dengan web server terbaik, sehingga Anda bisa mendapatkan dedicated IP dan hosting berkualitas mulai dari Rp104ribu/bulan.

Yuk dapatkan VPS Anda sekarang!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *