10 Rekomendasi Niche Blog Menguntungkan

Dalam membuat blog, sebenarnya Anda bebas mengisinya dengan konten apa saja. Namun, akan lebih baik jika Anda fokus pada satu topik tertentu atau niche blog. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus fokus pada satu topik tertentu saja?

Nah, Anda akan mendapatkan jawabannya di sini. Selain itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi niche blog yang menjanjikan untuk Anda. Yuk, langsung simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Niche Blog?

Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche blog, Anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama.

Sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan pemilik blog untuk membahas topik tertentu secara khusus. Namun, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menerapkan niche blog.

Berikut ini beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari menerapkan niche blog:

  • Membuat Anda Lebih Fokus – niche blog bisa membuat Anda lebih fokus pada topik tertentu sehingga tidak meluas ke berbagai topik. Hal itu bisa membuat Anda lebih konsisten dalam menulis blog.
  • Bisa Dikenal sebagai Ahli – dengan niche blog, Anda bisa dikenal sebagai ahli pada topik tertentu dan dijadikan referensi oleh banyak orang.
  • Lebih Mudah Dimonetisasi oleh Pemilik Iklan  – jika blog Anda sudah dikenal sebagai ahli dan menjadi referensi banyak orang, banyak produk yang ingin memonetisasi atau meng-endorse blog Anda.
  • Meningkatkan CTR iklan – iklan yang relevan dengan niche blog Anda akan lebih banyak diklik oleh pengunjung sehingga Anda akan mendapatkan bayaran iklan lebih banyak.
Bikin Blog Lebih Eksis & Terpercaya dengan Ekstensi .COM

10 Rekomendasi Niche Blog Menguntungkan

Sudah punya bayangan niche blog apa yang akan diambil? Jika belum, Anda tidak perlu khawatir. Kami telah merangkum beberapa niche blog yang menguntungkan untuk Anda. Penasaran apa saja itu? Berikut ini 10 rekomendasi niche blog menguntungkan untuk Anda:

1. Finance

Urusan keuangan memang tidak bisa dianggap sepele. Banyak orang yang membutuhkan informasi dan pengetahuan seputar dunia finance, mulai dar info manajemen keuangan, bisnis, investasi, e-money, dan lain-lain.

Terbukti bahwa tren pencarian dengan kata kunci “investasi” dan “peluang usaha” dari tahun ke tahun cenderung stabil.

Selain itu, topik keuangan bisa menjangkau semua kalangan, mulai dari anak sekolahan/kuliahan, para pekerja, orang tua, hingga pemilik bisnis. Melihat cakupan yang luas, topik keuangan ini bisa dijadikan niche blog yang berpeluang ramai pengunjung.

Dengan niche keuangan, Anda bisa membahas banyak hal seputar keuangan. Anda bisa menulis tentang cara mengelola keuangan, cara berinvestasi untuk pemula, cara memulai bisnis online, tips agar konsisten menabung, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa melihat contoh blog yang menggunakan niche blog ini di blog Dani Rachmat dan Catatan Keluarga Muda.

Meskipun nichenya sama, tetapi keduanya memiliki topik pembahasan yang berbeda. Blog Dani Rachmat membahas seputar cara mengelola keuangan, tips menabung untuk milenial, informasi dan tips sukses berinvestasi bagi pemula, dan lain-lain.

Sementara itu, Blog Catatan Keluarga Muda banyak membahas keuangan keluarga, seperti cara memilih rumah bagi keluarga muda, cara menabung untuk pendidikan anak, dan lain-lain.

Nah, jika  memilih niche blog ini, Anda bisa bekerja sama dengan produk-produk keuangan. Di luar sana ada banyak produk/perusahaan/jasa seputar keuangan yang berpotensi menguntungkan Anda. Contohnya seperti:

  • Dompet digital
  • Aplikasi jual beli reksa dana
  • Treding online
  • Konsultasi bisnis
  • Ebook bisnis online

Nah, jika Anda punya minat dan keahlian di bidang keuangan, niche blog ini sangat cocok untuk Anda.

2. Kuliner

Para penikmat kuliner biasanya membutuhkan informasi seputar kuliner di Internet. Buktinya, kata kunci seputar kuliner memiliki jumlah volume yang banyak setiap tahunnya.

Tren kulineran di Indonesia itu bisa Anda jadikan sebagai niche blog yang berpotensi ramai pengunjung. Ada banyak hal seputar kuliner yang bisa Anda bahas dengan topik ini, seperti rekomendasi makanan, rekomendasi tempat makan, informasi harga makanan, resep masakan, dan lain-lain.

Ada beberapa blog kuliner yang bisa Anda jadikan inspirasi seperti blog Anak Jajan dan Serious Eats. Keduanya memang sama-sama blog kuliner, tetapi memiliki pembahasan yang berbeda. Blog Anak Jajan membahas seputar review kuliner dan tempat makan, sedangkan Serious Eats banyak membahas resep-resep makanan.

Berbagi pengalaman kuliner di blog juga bisa membuat orang lain tertarik mencicipi kuliner yang Anda review. Oleh karena itu, niche blog ini bisa sangat berpeluang mendapatkan tawaran iklan produk makanan atau minuman. Ada juga produk lainnya seperti:

  • Jasa pesan antar makanan online
  • Peralatan memasak
  • Kursus memasak
  • Bisnis catering
  • Dll

Anda juga bisa bergabung dengan komunitas food blogger Indonesia untuk mengetahui informasi kompetisi blog, peluang tawaran iklan, hingga berkolaborasi dengan food blogger lainnya.

Nah, jika Anda ingin mencoba terjun ke dunia food blogging, kami merekomendasikan Anda membaca terlebih dahulu artikel Cara Menjadi Food Blogger.

3. Parenting

Siapa sangka kalau niche parenting ini semakin populer setiap tahunnya. Selama 5 tahun terakhir jumlah pencarian dengan kata kunci parenting ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Hal itu bisa jadi karena semakin banyak orang tua yang melek digital sehingga mereka mencari berbagai informasi seputar parenting di internet.

Melihat hal itu, Anda bisa berkesempatan memiliki blog yang laris manis jika menerapkan niche blog ini. Sebenarnya topik ini bisa Anda khususkan lagi menjadi sub niche, seperti blog khusus seputar keharmonisan keluarga,  informasi kesehatan ibu dan anak, atau cara mendidik anak.

Namun, perlu diperhatikan jika  ingin membagikan informasi seputar dunia kesehatan ibu dan anak, Anda harus memastikan kepada ahlinya bahwa informasi tersebut aman dan telah teruji. Jangan sampai pembaca Anda mendapatkan informasi yang salah terkait kesehatan ibu dan anak.

Di topik seputar kesehatan ibu dan anak, apa saja sih yang bisa Anda tulis di blog Anda? Anda bisa menulis beberapa hal berikut ini:

  • Tips sehat selama kehamilan
  • Informasi ASI dan Mpasi
  • Mengatasi demam pada bayi
  • Mengulas mitos-mitos seputar kesehatan ibu dan bayi

Nah, Anda bisa melihat blog Bidanku.com sebagai inspirasi untuk menulis blog seputar kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, Anda juga bisa membuat informasi seputar tips membina keharmonisan keluarga, cara mendidik anak dengan berbagai metode, bahkan rekomendasi nama-nama anak juga bisa Anda tulis di niche ini.

Jika Anda menerapkan niche ini, Anda juga berkesempatan bekerja sama dengan berbagai perusahaan atau produk seputar ibu dan anak, seperti:

  • Tempat belajar dan penitipan anak (Daycare);
  • Produk Perlengkapan bayi;
  • Makanan sehat ibu hamil dan anak;
  • Buku dan ebook belajar anak;
  • Aplikasi bermain dan belajar untuk anak;
  • Dan lain-lain.

Oh ya, jika Anda kebetulan seorang ibu-ibu, Anda bisa bergabung dengan komunitas Emak Blogger. Di sana, Anda bisa mendapatkan segudang informasi serta tips seputar blog dan mendapatkan untung dari blog.

4. Wisata & Travel

Berwisata atau berlibur memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh hampir semua orang. Saat ini, mereka biasanya mencari informasi sebelum berwisata di internet, mulai dari rekomendasi tempat wisata hingga promo tiket transportasi.

Dari situ, pencarian topik wisata dan travel di internet semakin populer. Terlebih pada masa liburan.

Dari data tersebut terlihat bahwa kata kunci “rekomendasi tempat wisata” meningkat drastis pada bulan Desember. Hal itu bisa terjadi karena di bulan Desember ada banyak hari libur natal dan tahun baru.

Dengan data itu, niche blog ini berpeluang mendatangkan banyak pengunjung. Anda bisa menulis review tempat wisata, review hotel, review fasilitas wisata, bahkan review makanan.

Anda juga bisa membagikan tips-tips seputar travelling atau travel hack seperti:

  • Tips mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah;
  • Cara mengemas koper agar muat banyak;
  • Travel kit yang wajib dibawa;
  • Rekomendasi rute ke suatu tempat wisata;
  • Dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda suka melakukan traveling, tidak ada salahnya membagikan kisah traveling Anda di blog seperti yang dilakukan oleh Trinity. Dari tulisan kisah perjalanannya, Ia bisa menghasilkan buku best seller dan diangkat ke layar lebar.

Selain itu, Anda juga bisa diendorse oleh beberapa perusahaan dan produk terkait wisata dan travel. Ada banyak sekali produk atau jasa yang bisa Anda promosikan, misalnya paket trip liburan, promo tiket pesawat, aplikasi booking tiket, tempat menginap, dan lain-lain.

Anda juga bisa bergabung dengan Travel Blogger Indonesia untuk saling mengkomunikasikan informasi tujuan-tujuan perjalanan di Indonesia.

5. Teknologi

Teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Banyak orang memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan update tentang teknologi. Dari Google Trends, Anda bisa lihat topik-topik seperti “laptop asus” dan “macbook” semakin mengalami peningkatan.

Dari data tersebut, niche ini berpeluang ramai pengunjung. Anda juga tidak perlu khawatir kekurangan ide topik, karena ada banyak hal tentang teknologi yang bisa Anda tulis di blog Anda.

Di subtopik tentang gadget misalnya, Anda bisa mereview spesifikasi antar produk, tips memilih gadget yang cocok untuk gaming, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mereview berbagai aplikasi mobile yang sedang populer. Tidak hanya itu, ada banyak isu-isu terkait teknologi yang bisa Anda tulis di blog Anda, contohnya:

  • Isu hoax di media sosial
  • Beredar luasnya ponsel Black Market
  • Aplikasi-aplikasi yang diblokir
  • Emansipasi wanita dalam bidang teknologi
  • Dan lain lain

Dengan niche ini Anda tentu berpeluang mendapatkan keuntungan dari berbagai macam produk teknologi yang bisa Anda promosikan. Misalnya dari toko gadget, aplikasi mobile terbaru, domain dan web hosting, dan masih banyak lagi.

Dengan topik tersebut Anda bisa tetap eksis di internet karena topik teknologi akan selalu diperbarui.

6. Beauty (Kecantikan)

Tahukah Anda bahwa pencarian tentang topik kecantikan di Google ternyata mengalami kenaikan 30%? Kenaikan tersebut diduga terjadi karena berkembangnya tren kecantikan dan hadirnya beauty influencer.

Mereka memanfaatkan platform Google untuk mencari informasi terkait kecantikan, seperti produk skincare, review produk kecantikan, dan lainnya.

Nah, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk membuat blog dengan niche kecantikan. Dengan niche ini, Anda bisa menulis review produk hingga membuat tutorial make up.

Selain mereview produk, Anda juga bisa membuat perbandingan produk kecantikan, misalnya perbandingan beberapa merk sunscreen, foundation, bedak,  lipstik, dan masih banyak lagi,

Oh, ya, Anda pun dapat memberikan tips merawat kesehatan wajah seperti:

  • Tips mencerahkan kulit kusam;
  • Tips menghilangkan kantung mata dengan bahan alami;
  • Menghilangkan jerawat dalam sehari
  • Memilih produk untuk kulit tertentu
  • Dan lain-lain.

Informasi tersebut ternyata banyak dicari oleh para wanita di Internet. Sebanyak 83% wanita yang membeli produk perawatan wajah mencari solusi yang berkaitan dengan masalah kulit.

Dengan memiliki blog berniche kecantikan, ada banyak produk atau jasa terkait kecantikan yang bisa bekerja sama dengan Anda. Selain produk skincare dan make up, ada juga seminar atau kursus make up artist dan klinik kecantikan.

Anda juga bisa membuat brand kecantikan sendiri seperti yang dilakukan oleh beauty blogger Indonesia Lizzie Parra. Brand tersebut kini sangat populer dan mempunyai konsumen tetap.

Nah, jika Anda tertarik dengan dunia kecantikan, Anda bisa mulai menulis blog dengan niche ini.

7.  Game Online

Tahukah Anda bahwa ternyata jumlah gamer di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2019 gamer di Indonesia mencapai 60 juta dan jumlah tersebut akan terus bertambah. Diperkirakan jumlah gamer di Indonesia di tahun 2020 mencapai 100 juta orang. Angka yang fantastis bukan?

Hal itu karena distribusi game yang telah meluas ke berbagai perangkat, termasuk perangkat mobile. Game juga semakin mudah diakses dan dimainkan oleh para gamer.

Semakin populernya game online bisa jadi kesempatan Anda untuk membuat blog berniche game online. Niche blog ini akan sangat cocok untuk Anda yang juga seorang gamer. Anda bisa membuat review game untuk para gamer pemula.

Review game bisa meliputi informasi game, kualitas grafik, alur permainan, karakter pemain, musik audio, dan fitur-fitur game. Di niche ini, Anda juga bisa merekomendasikan perangkat pendukung game online seperti rekomendasi laptop gaming, earphone, mouse, dan lain-lain.

Lalu apakah niche ini bisa menguntungkan? Jawabannya tentu saja, ya! Anda bisa mendapatkan keuntungan dari endorse beberapa pihak, contohnya:

  • Penjual produk gaming (laptop, earphone, pc, dll)
  • Provider internet
  • Acara workshop, pameran, atau kompetisi game online
  • Perusahaan pembuat game online
  • Dan lain-lain

Di samping itu, Anda juga bisa berjualan perangkat game online, equipment character di salah satu game, bahkan akun game online Anda di blog Anda.

8. Edukasi

Pencarian topik seputar edukasi juga semakin populer. Misalnya kata kunci “beasiswa” dan “jurusan kuliah”, keduanya menunjukkan jumlah pencarian yang cenderung stabil stabil dari tahun ke tahun.

Banyaknya orang yang menggunakan platform digital untuk akses edukasi secara online bisa disebabkan oleh semakin canggihnya para siswa mengakses internet. Adapun hal itu juga didukung oleh perluasan akses internet di seluruh Indonesia.

Hal itu juga bisa jadi peluang menguntungkan bagi Anda untuk membuat blog dengan niche edukasi. Ada banyak ide yang bisa Anda tulis di niche ini. Anda bisa membuat artikel-artikel khusus seputar perkuliahan seperti:

  • Informasi kampus negeri dan swasta favorite
  • Tips memilih jurusan kuliah yang tepat
  • Prospek kerja jurusan kuliah
  • Cara memilih kos untuk mahasiswa
  • Cara berhemat uang saku bulanan
  • Tips lolos beasiswa
  • Dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa membuat blog edukasi dengan segmentasi pengunjung anak sekolahan (SD-SMP-SMA). Anda bisa membuat pembahasan-pembahasan soal atau materi pelajaran tertentu, misalnya materi grammar bahasa inggris. Anda juga bisa memberikan tips-tips persiapan ujian nasional atau masuk perguruan tinggi.

Di niche ini, blog Anda juga berkesempatan mendapat endorse dari bimbingan belajar online, ebook soal-soal UN berbayar, Workshop atau Kompetisi tertentu, hingga produk peralatan sekolah.

Niche blog ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak sekolah atau kuliah yang ingin mencari informasi seputar pendidikan.

9. Otomotif

Saat ini kata kunci seputar otomotif semakin populer. Hal itu terbukti dari meningkatnya pencarian topik terkait fitur otomotif. Contohnya, pada 2019 lalu kata kunci “mobil hybrid” mengalami pertumbuhan volume penelusuran sebanyak 3,5x dan 1,6x untuk penelusuran kata kunci “kendaraan keyless”.

Hal itu bisa terjadi karena dorongan kebutuhan pembeli untuk mencari informasi secara cepat dan akurat di internet.

Melihat data tersebut, niche blog ini bisa berpeluang ramai pengunjung dan menguntungkan, bukan? Dengan niche blog ini, Anda bisa membuat informasi atau review mobil atau motor populer, membandingkan spesifikasi beberapa merek mobil, hingga memberikan informasi harga dan promo merek tertentu.

Anda juga bisa membuat tutorial cara menginstal aplikasi khusus mobil, cara memodifikasi beberapa bagian mobil dan memberikan tips merawat kendaraan secara tepat.

Di niche ini, peluang untung dari blog bisa Anda dapatkan dari endorse dealer tertentu di kota Anda, produk fitur tambahan mobil, hingga produk dan peralatan modifikasi mobil. Anda juga bisa membuat jasa modifikasi mobil dan mengiklankan jasa Anda di blog Anda. Terdengar sangat menguntungkan, bukan?

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan dunia otomotif, Anda bisa membuat blog dengan niche ini.

10. Kesehatan

Berbicara seputar dunia kesehatan memang tidak ada habisnya. Dari waktu ke waktu selalu ada isu baru seputar kesehatan. Hal itu mendorong banyak orang untuk mencari informasi seputar kesehatan di internet.

Buktinya berdasarkan Google Trends, topik tentang cara hidup sehat menjadi topik yang paling dicari di Google.

Melihat populernya topik kesehatan di Google, blog dengan niche kesehatan ini bisa berpotensi ramai pengunjung. Anda bisa membuat tulisan tentang informasi dan tips seputar kesehatan.

Namun, meskipun berpotensi menguntungkan, niche ini sangat sensitif karena berkaitan dengan kesehatan orang lain. Jadi, pastikan informasi yang Anda tulis telah dikonsultasikan dengan ahli di bidang kesehatan.

Nah di niche ini, Anda bisa menampilkan informasi seputar kesehatan seperti informasi penyakit dan cedera, cara meredakan sakit kepala tanpa obat, tips menjalani hidup sehat, informasi tentang diet sehat, bahkan Anda mengulas mitos dan hoax seputar kesehatan yang beredar di masyarakat.

Di niche ini, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari bekerja sama dengan beberapa produk atau perusahaan di bidang kesehatan. Contohnya:

  • Kelas senam dan pusat kebugaran
  • Obat herbal
  • Klinik kesehatan
  • Dan lain-lain.

Anda juga bisa membuat ebook berbayar seputar kesehatan atau pun konsultasi seputar kesehatan.

Cara Memilih Niche Blog

Dari 10 niche di atas, sudah mantap memilih niche blog apa? Apakah Anda masih bingung dalam memilih niche yang tepat untuk blog Anda? Tenang, kami akan membantu Anda memilih niche blog yang paling tepat. Untuk itu, langsung saja simak caranya berikut ini.

1. Sesuai dengan topik yang Anda Sukai dan Kuasai

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangka ketika memilih niche adalah pilihlah topik yang Anda sukai dan kuasai. Jika topik yang Anda pilih merupakan hal yang Anda sukai, Anda akan lebih mudah menemukan ide-ide konten untuk di-post.

Jika Anda memilih topik yang tidak Anda sukai, Anda akan mudah bosan atau jenuh. Terlebih jika Anda blogger pemula. Selain harus mempelajari blogging, Anda juga harus mempelajari niche blog (yang sungguh tidak Anda sukai) agar menghasilkan konten yang berkualitas.

Selain topik yang Anda sukai, Anda juga harus menguasai topik tersebut. Tenang, Anda tidak harus menjadi seorang pakar atau master dalam topik bidang yang Anda pilih. Setidaknya Anda memahami topik tersebut sehingga Anda bisa menjelaskan topik dengan baik. Dengan begitu orang akan percaya dan menjadikan blog Anda sebagai referensi suatu topik.

Baca juga: Lindungi Konten Website Anda dengan DMCA

2. Topik yang Populer

Memilih niche berdasarkan topik yang disukai saja tidak cukup. Anda juga harus mempertimbangkan apakah topik tersebut juga populer. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan Google Trends untuk melihat bagaimana minat pembaca pada topik tersebut.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, buka Google Trends melalui browser Anda. Selanjutnya, masukkan istilah atau topik yang ingin Anda analisis. Misalnya, masukkan topik “fotografi” untuk dianalisis.

Hasilnya, Anda akan melihat seberapa banyak jumlah audience dengan kata kunci fotografi. Anda juga bisa melihat bagaimana pertumbuhan jumlah audience dalam kurun waktu tertentu.

Jika Anda ingin mengetahui perbandingannya dengan topik lain. Anda dapat menambahkan kata kunci lain di kolom perbandingan. Misalnya Anda membandingkan topik “fotografi” dengan “desain grafis”. Hasilnya bisa Anda lihat seperti di bawah ini.

Hasilnya Anda dapat melihat topik “desain grafis” memiliki grafik jumlah audience yang lebih tinggi dari pada topik “fotografi”. Dari grafik yang ditunjukkan selama tahun 2019, grafik topik desain grafis mengalami fluktuasi yang cukup signifikan. Sementara grafik fotografi tidak terlalu signifikan. Dari segi jumlah audience, bisa dikatakan topik desain grafis lebih populer dibanding topik fotografi.

Dari Google trends ini, Anda bisa menentukan niche blog dan kata kunci yang lebih populer dengan membandingkan beberapa topik yang ingin Anda pilih. Selain dengan Google Trends, Anda juga bisa gunakan, seperti Ahrefs, SEMrush, Soovle, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih jelasnya, baca artikel → 9 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website.

3. Lihat Peluang Untung Niche Blog

Terakhir, Anda perlu melihat apakah niche tersebut berpeluang untung atau tidak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar blog Anda bisa menghasilkan uang. Beberapa caranya yaitu:

  • Menggunakan Google AdSense

Cara mendapatkan untung paling populer bagi para blogger adalah dengan menggunakan Google AdSense. Anda akan meletakkan banner iklan pada blog Anda. Setiap kali pengunjung klik iklan, Anda mendapatkan bayaran dari Google.

Untuk melihat penjelasan lebih detail mengenai Google Ads, Anda bisa baca artikel Cara Memasang Iklan AdSense di Blog.

  • Menjual Produk

Anda bisa menjual produk yang berkaitan dengan niche Anda. Konten yang dibuat di blog Anda bisa dijadikan lahan untuk memasarkan suatu produk, baik produk orang lain maupun produk milik Anda.

Contohnya The Oatmeal, blog milik Matt Inman yang berisi komik-komik buatannya atau Lizzie Parra dengan brand kosmetiknya sendiri.

  • Menjual Ebook

Beberapa niche berpeluang menghasilkan uang dari menjual ebook. Jika Anda memiliki keahlian atau pengetahuan khusus terkait niche blog Anda, Anda bisa menuangkannya ke dalam ebook dan menjualnya.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua niche dapat menjual Ebook. Sebagai contoh Anda membuat ebook tentang cara investasi, membuat website, cara diet keto, dan lain-lain.

  • Menawarkan Jasa Konsultasi

Selain melalui konten post dan ebook, Anda juga bisa tawarkan informasi atau pengetahuan lebih mendalam melalui jasa konsultasi online.

Apabila Anda ahli dalam bidang tertentu, tawaran jasa konsultasi online ini bisa Anda coba di blog Anda. Misalnya konsultasi bisnis, keuangan, cara diet, dll.

  • Mengikuti Afiliasi

Dengan mengikuti afiliasi, Anda akan mempromosikan produk orang lain dengan referral link yang diletakkan di blog Anda. Jika yang membeli produk melalui referral link Anda, Anda bisa mendapatkan komisi dari penjual.

Keberhasilan marketing afiliasi juga bergantung pada tema blog Anda. Anda harus memilih program afiliasi yang produknya berkaitan dengan niche Anda agar Anda mudah mempromosikan produknya.

Nah, jika niche blog Anda bisa memaksimalkan peluang itu, Anda tentu bisa untung banyak. Untuk mengetahui lebih detailnya, kami menyarankan Anda untuk baca artikel Cara Monetisasi Blog.

Baca juga: 30+ Peluang Usaha Paling Menjanjikan di Tahun 2020

Tentukan Niche Blog Anda Sekarang!

Setelah mengetahui pentingnya niche blog, Anda tentu tidak ingin asal membuat blog tanpa topik yang spesifik, bukan? Dalam memilih niche blog, Anda perlu mempertimbangkan tiga hal, yaitu:

  • Sesuai dengan topik yang Anda sukai dan kuasai
  • Memilih topik yang populer
  • Melihat peluang keuntungan dari niche blog

Bagaimana, sudah menemukan niche blog yang tepat untuk blog Anda? Anda bisa mulai membuat blog dengan mengikuti panduan artikel Cara Mudah Membuat Blog.

Buat Blog Profesional Mulai dari Rp27 ribu + Bonus Domain

Setelah membuat blog, Anda juga harus mengoptimasi SEO-nya. Tenang, kami telah merangkum semua langkah teknik SEO dalam ebook panduan SEO. Anda bisa unduh secara gratis di bawah ini.

Dengan menentukan niche yang tepat dan mengoptimasi website blog Anda, bersiaplah mendapatkan keuntungan dari blog Anda. Selamat membuat blog!

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Google WebP: Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Kalau Anda ingin meningkatkan kecepatan website, ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. Kenapa? Karena semakin besar ukuran gambar, semakin lama…

8 hours ago

Apa itu Spoofing? Pahami Jenis-Jenis dan Cara Pencegahannya

Spoofing adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya atau cyber crime yang perlu Anda waspadai.  Menurut Indonesia Computer Emergency Response…

1 day ago

Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

Website tanpa gambar ibarat sayuran tanpa garam, akan terasa hambar. Sebab, kemungkinan  website akan terasa membosankan, sulit dipahami, dan tidak…

2 days ago

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google…

2 days ago

Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia?…

3 days ago

Panduan Blogging Terlengkap yang Wajib Anda Baca!

Membuat blog saat ini sudah semakin mudah. Tak heran, banyak pihak membangun blog untuk berbagai tujuan, baik untuk pribadi maupun…

3 days ago