Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

√ Cara Daftar Gmail, Ga Sampe 3 Menit! Begini Caranya..

3 min read

Cara Daftar Gmail Baru

Cara daftar Gmail itu gampang banget dan gratis. Bahkan Anda bisa menyelesaikan proses daftar akun Gmail dalam hitungan menit saja. 

Di antara banyaknya layanan penyedia email yang ada, saat ini Gmail memang menjadi salah satu yang paling populer. Gmail menawarkan banyak kemudahan dalam pengiriman pesan dan keamanan yang cukup terjamin. 

Akun Gmail ini juga sama dengan akun Google, artinya, Anda akan secara otomatis terhubung ke layanan Google lainnya seperti ketika membuat blogspot, Youtube, Google Play, Google Drive, dan lainnya. 

Nah, di artikel ini kami akan jelaskan cara mudah daftar Gmail. Yuk simak penjelasannya! 

Cara Termudah dan Tercepat untuk Daftar Gmail!

Berikut adalah cara daftar Gmail yang bisa Anda ikuti:

  1. Akses halaman daftar Gmail
  2. Isi nomor telepon
  3. Masukkan kode verifikasi
  4. Lengkapi data tanggal lahir
  5. Tambahkan nomor telepon ke akun Gmail Anda
  6. Baca halaman privasi dan setujui persyaratan Google

Mari kita lihat penjelasan detailnya!

1. Akses Halaman Daftar Gmail

Akses halaman daftar akun Google. lengkapi nama, buat nama email, dan kata sandi. Jika sudah, klik tombol Berikutnya.

Akses Halaman Daftar Gmail

2. Isi Nomor Telepon

Jika sudah, masukkan nomor telpon Anda. Lalu klik tombol Berikutnya.

Lengkapi Nomor Telepeon

Baca juga: Cara Membuat Email

3. Masukkan Kode Verifikasi

Google akan mengirimkan SMS kode verifikasi 6 digit angka ke nomor yang tadi Anda masukkan. Masukkan angka tersebut, lalu klik tombol Verifikasi.

Masukkan Kode Verifikasi

4. Lengkapi Data Tanggal Lahir

Lengkapi data tanggal lahir dan gender Anda.

Lengkapi data tanggal lahir Anda

Jika Anda memiliki alamat email lain, Anda bisa tambahkan alamat email pemulihan untuk verifikasi pemulihan email.

5. Optimalkan Penggunaan Nomor Telepon

Jika Anda mau, Anda bisa menggunakan nomor telepon untuk berbagai layanan Google. Misalnya menerima panggilan telepon dan pesan, membuat iklan, dan lainya. Silakan klik Ya, saya ikut.

Namun, jika Anda merasa belum membutuhkannya, silakan klik Lewati.

Optimalkan Penggunaan Nomor Telepon

Baca juga: Cara Ganti Password Gmail

6. Setujui Privasi dan Persyaratan Google

Di tahap terakhir, Anda akan melihat halaman privasi dan persyaratan yang menjelaskan bagaimana data Anda dikelola oleh Google. Jika sudah dibaca langsung klik Saya Setuju.

Setujui Halaman Privasi dan Persyaratan

Baca Juga: 3+ Layanan Email Gratis untuk Bisnis

Manfaat Menggunakan Akun Gmail

Anda telah belajar cara daftar Gmail. Cukup mudah, kan? Tetapi, kelebihan Gmail bukan hanya kemudahannya saja. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan akun Gmail:

1. Jarang Mengalami Gangguan

Anda tentu membutuhkan layanan email yang siap digunakan kapan saja, bukan? Gmail bisa diandalkan untuk berkirim email, baik untuk kepentingan bisnis maupun pribadi.

Faktanya, Gmail memang jarang mengalami down. Hal ini bisa dilihat dari data status layanan yang cenderung menunjukkan indikator hijau. Artinya, Anda tak perlu khawatir menggunakan Gmail sebagai layanan email utama Anda.  

Status layanan Gmail

2. Bisa Digunakan di Beberapa Perangkat

Gmail adalah layanan multiplatform. Artinya, bisa digunakan di berbagai perangkat dengan baik. Mulai dari penggunaan di desktop hingga di perangkat mobile. Apapun browsernya. 

Gmail juga mendukung banyak platform seperti iOS, Android, Windows Mobile dan lainnya. Sinkronisasi antar perangkat pun dapat berjalan dengan baik. 

Hal ini tentu akan membantu Anda yang memiliki lebih dari satu perangkat untuk mengakses internet. Jadi, Anda bisa mengirim email dari desktop Anda dan lalu menerima email balasan melalui ponsel anda. Praktis, bukan?

3. Kapasitas Penyimpanan yang Cukup Besar

Gmail memberikan layanan penyimpanan yang cukup besar, yaitu 15GB. Jumlah tersebut sudah cukup untuk aktivitas berkirim email secara reguler. 

Tidak hanya menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar. Gmail memudahkan Anda mengelola storage. Caranya, cukup melihat kapasitas storage Anda secara online.

Melakukan pengecekan storage Gmail

Jika masih membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa melakukan upgrade. Terdapat berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari Rp26.000/bulan untuk mendapatkan 100GB.

Pilihan upgrade storage gmail

4. Lebih Aman dari Serangan Virus

Virus komputer sering menyebar melalui email, terutama dari lampiran yang disertakan. Perlindungan dari serangan virus sangat diperlukan untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan. 

Gmail merupakan platform yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Tiap email yang akan dikirimkan/diterima oleh pengguna akan di-scan secara otomatis. Jika ditemukan, akan muncul notifikasi “Virus Detected”. 

Dengan demikian, aktivitas Anda dalam berkirim email lebih nyaman. Bagi pebisnis, reputasi Anda bisa tercoreng jika mengirimkan email ke pelanggan yang mengandung virus. 

5. Mampu Mencegah Spam dengan Baik

Tidak hanya virus, Gmail mampu mengelola spam dengan baik. Menurut sebuah data, tingkat keberhasilannya mencapai 99.9%!

Anda bahkan tak perlu khawatir banyaknya email akan membanjiri kotak masuk anda. Sebab, setiap email yang dianggap spam akan secara otomatis diarahkan ke dalam folder spam.

6. Mudah Terhubung dengan Layanan Google

Menggunakan sebuah akun Gmail, Anda bisa terhubung ke layanan lain. Dari halaman utama Gmail Anda, berbagai layanan mulai dari Google Calendar, Tasks, Notes hingga Hangouts bisa Anda akses dengan mudah.

Selain itu, tanpa berpindah halaman, semua layanan Google bisa Anda akses menggunakan akun Google yang sama dan tersinkronisasi. Cukup dengan klik pada menu di sisi kanan atas.

Pilihan menu layanan Google

7. Diterima oleh Berbagai Layanan

Anda bisa menggunakan akun Gmail Anda untuk mengakses berbagai layanan dari pihak ketiga. Mulai dari platform bisnis seperti Trello, kursus online seperti RuangGuru, hingga marketplace seperti Tokopedia.

Contoh manfaat membuat email Gmail untuk masuk ke Tokopedia.

Jika tidak memiliki akun Gmail, Anda akan diminta mengisikan data registrasi lengkap. Tapi, dengan menggunakan akun Gmail, cukup dengan mengisikan username dan password, Anda bisa mengakses penuh layanan tersebut. 

8. Kustomisasi yang Mudah

Secara default, Gmail sudah nyaman digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Namun, Anda bisa melakukan beragam kustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Mulai dari tampilan hingga fungsi khusus lainnya.

Sebagai contoh, Anda bisa mengganti layout kotak masuk anda.  Cukup dengan klik pada menu inbox dan pilih bagaimana kotak masuk akan ditampilkan.

Mengganti layout Gmail

Selain itu, Anda juga bisa mengubah tampilan kotak masuk Anda. Caranya, klik menu Settings, dan tentukan tema pilihan Anda lalu Save

Mengganti tema Gmail

Kesimpulan

Email Hosting dengan Nama Domain Sendiri Mulai Rp 80rb/bulan.

Langkah daftar Gmail di atas cukup mudah Anda lakukan sendiri, bukan? Seperti yang telah kami contohkan, Anda akan memiliki email dengan alamat alamatemailanda@gmail.com.

Apabila Anda menginginkan alamat email seperti email@namaperusahaananda.com, Anda bisa cek domain perusahaanmu terlebih dahulu dan membeli domain dan hosting di Niagahoster. Lalu, silakan ikuti tutorial cara membuat email dengan nama domain sendiri.

Silakan bagikan komentar Anda pada kolom yang telah kami sediakan di bagian akhir halaman ini. 

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

3 Replies to “√ Cara Daftar Gmail, Ga Sampe 3 Menit! Begini…”

  1. kayaknya ada perubahan tampilan di halaman pendaftaran akun gmail mas…

    1. Benar, saat ini ada perubahan tampilan dari akun GMail dan panduan ini masih dengan tampilan yang lama.

  2. Kok saya tunggu kode konfirmasinya tidak ke kirim-kirm ke nomro saya ya mas, apa +62 atau 08 juga berpengaruh ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *