Website & Blog

Cara Ganti Domain WordPress.com Menjadi Custom Domain [Termudah!]

Ingin membuat blog atau website? WordPress.com adalah salah satu platform yang dapat Anda pilih karena kemudahannya. Selain manajemen situs yang mudah, Anda tidak perlu khawatir tentang pengelolaan teknis.

Namun, website yang dibuat dengan WordPress.com akan menggunakan subdomain sebagai alamatnya (Contohnya, blogku.wordpress.com). 

Seperti yang dapat Anda lihat, alamat subdomain tampak terlalu panjang dan kurang profesional jika dibandingkan dengan penggunaan nama domain (contohnya blogku.com).

Lalu bagaimana agar alamat website Anda lebih singkat di platform WordPress.com?

Solusinya, Anda bisa menggunakan custom domain WordPress dengan menyambungkan domain sendiri ke situs WordPress.com. Langkah-langkahnya tidak rumit, kok!

Di artikel ini, Anda akan mempelajari cara custom domain WordPress.com. Selamat membaca!

Cara Ganti Domain WordPress.com Menjadi Custom Domain

Bagaimana cara menggunakan domain sendiri di WordPress.com? Anda dapat melakukannya dalam beberapa langkah, yaitu:

  1. Beli domain
  2. Upgrade ke akun WordPress.com premium
  3. Arahkan domain Anda
  4. Ganti Nameserver

Yuk kita bahas secara detail!

1. Beli Domain

Langkah pertama yang Anda butuhkan tentunya mendapatkan domain. Jika belum memilikinya, Anda dapat membeli domain dengan harga terjangkau dengan memanfaatkan promo domain COM murah di Niagahoster.

Untuk melakukannya, akses website Niagahoster dan klik Domain seperti yang ditunjukkan di gambar berikut ini.

Ketikkan nama domain yang Anda inginkan dan pilih ekstensinya. Lalu, klik Cek Domain untuk cek ketersediaan domain tersebut.

Jika domain sudah dipastikan tersedia, klik Selanjutnya untuk menyelesaikan order domain Anda.

Setelah prosesnya berhasil, Anda akan mendapatkan domain yang diinginkan. Selamat!

Baca Juga: Domain .COM Tidak Tersedia? 7 Domain Unik Ini Bisa Jadi Alternatif

2. Upgrade ke Akun WordPress.com Premium

Kini Anda sudah selangkah lebih dekat dengan memiliki custom domain WordPress.com. Selanjutnya, Anda perlu meng-upgrade akun WordPress.com Anda menjadi premium. Alasannya, versi gratis tidak memperbolehkan Anda untuk mengganti subdomain yang digunakan. 

Caranya mudah. Setelah login ke akun Anda, klik menu Plans di sidebar Dashboard.

Di halaman berikutnya, Anda akan dihadapkan pada empat pilihan akun premium:

  • Personal — Rp47.000 per bulan
  • Premium — Rp89.400 per bulan
  • Business — Rp298.000 per bulan
  • eCommerce — Rp534.000 per bulan

Untuk memahami perbedaan keempat jenis akun premium ini, Anda dapat mengunjungi halaman harga akun premium WordPress.com.

Jika sudah memutuskan, klik tombol Upgrade di bawah jenis akun premium yang Anda pilih.

Di halaman selanjutnya, isi formulir kartu kredit atau debit yang ingin Anda gunakan untuk membeli akun premium. Jika sudah, klik tombol Pay di bagian paling bawah halaman.

Namun sebenarnya, Anda juga bisa loh mengupgrade akun WordPress ke layanan hosting sendiri. Caranya simak artikel Cara Import dan Export WordPress [Terlengkap & Termudah].

3. Arahkan Domain Anda

Kembalilah ke Dashboard akun Anda. Di menu sidebar, klik Manage > Domains.

Di sini Anda akan dianjurkan untuk membeli domain dari WordPress.com. Namun, karena Anda sudah memiliki domain sendiri, scroll ke bagian paling bawah halaman dan klik Use a domain I own.

Kemudian, klik Map your domain di halaman selanjutnya.

Sekarang Anda tinggal mengetikkan domain di kolom yang tersedia dan klik Add untuk menyambungkannya.

4. Ganti Name Server

Sebelum domain benar-benar terhubung dengan situs Anda di WordPress.com, Anda perlu mengganti name server. Ini dilakukan agar pengunjung dapat mengakses website Anda melalui domain tersebut.

Pertama, log in ke Member Area Niagahoster. Di halaman utama, klik tab Domain > Kelola domain.

Di halaman berikutnya, klik tab Name Server. Anda akan menemukan empat kolom name server. Kosongkan semua kolom yang sudah terisi dan ganti dengan name server berikut ini di kolom pertama hingga ketiga secara urut:

ns1.wordpress.com

ns2.wordpress.com

ns3.wordpress.com

Jika sudah, klik Update.

Perlu Anda ketahui bahwa proses penyambungan ini dapat berlangsung hingga 72 jam. Oleh karena itu, Anda perlu bersabar sebelum domain dapat digunakan untuk mengakses website Anda.

Sudah Paham Cara Ganti Domain WordPress.com di Website Anda?

Selamat! Sekarang Anda sudah tahu cara menggunakan domain sendiri di WordPress. Yang perlu Anda lakukan hanya menyambungkan domain ke situs WordPress dan mengganti name server di panel pengaturan domain Anda.

Meskipun layanan WordPress.com menawarkan kemudahan, tapi ada berbagai batasan yang dimilikinya. Salah satunya storage dan bandwidth. Nah, jika kebutuhan Anda meningkat, Anda bisa melakukan upgrade ke WordPress.org

Caranya, cukup dengan berlangganan paket hosting untuk membuat website secara self-hosted. Layanan web hosting untuk WordPress pun tidak mahal.  Di Niagahoster, Anda dapat menemukan paket hosting mulai dari Rp10.000/bulan saja.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah artikel ini.

Sebagai informasi tambahan, Niagahoster memiliki program bagi-bagi vps gratis serta hosting dan domain gratis yang bisa diikuti oleh siapapun! Tertarik mencoba layanan premium kami?

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan

Recent Posts

Memilih Hosting untuk Pemula [Bonus Tips dan Rekomendasi Layanannya!]

Memilih layanan hosting bisa jadi membingungkan bagi pengguna hosting pemula. Apalagi, banyak istilah-istilah asing yang seringkali ditemukan saat membandingkan paket…

7 hours ago

Panduan YouTube Dashboard Monetisasi 2022 [Terupdate!]

Sebagai seseorang yang ingin meraih cuan lewat YouTube, Anda harus tahu tentang YouTube dashboard monetisasi. Ini adalah platform agar YouTuber…

7 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja DNS yang Harus Anda Ketahui

Mengakses sebuah website kini lebih mudah berkat adanya DNS (Domain Name System). Fungsi DNS adalah mencocokkan IP address website dengan…

24 hours ago

Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting yang Wajib Anda Tahu

cPanel memang populer, tapi tahukah Anda kelebihan dan kekurangan cPanel? Jika tidak, baca artikel ini dulu, ya!

1 day ago

Mengenal Industri Kreatif: Manfaat, Jenis, hingga Contohnya

Tahukah Anda bahwa industri kreatif adalah salah satu sektor yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia? Industri kreatif makin menarik banyak…

2 days ago

Perbedaan Registry, Registrar, dan Registrant Domain

Ketika bicara domain, Anda tentu akan sampai pada bahasan perbedaan registry, registrar dan registrant. Bahkan, Anda mungkin pernah mendengar bahwa…

3 days ago