55+ Contoh Blog dengan Berbagai Topik untuk Inspirasi

55+ Contoh Blog dengan Berbagai Topik untuk Inspirasi

Blog adalah website yang membahas topik tertentu, atau berupa halaman yang masih menjadi bagian dari website yang lebih besar. Umumnya blog berisi artikel yang ditulis dengan gaya percakapan, dengan elemen pendukung seperti gambar atau video.

Kini, blogging masih menjadi aktivitas dan hobi yang populer karena cukup menghibur serta bisa menjadi sarana ekspresi diri dan menjalin relasi. Selain itu, blog juga mampu meningkatkan skill menulis dan membantu promosi bisnis.

Bahkan, blogger profesional bisa dapat uang dari blog dengan berbagai cara, seperti iklan Google dan afiliasi. Apa pun topiknya, biasanya sudah ada blog sukses yang membahasnya di internet.

Tak perlu khawatir kalau belum menemukan topik yang tepat. Kami akan membantu Anda menemukan contoh blog dari 11 kategori di berbagai niche industri, termasuk teknologi, lifestyle, kecantikan dan fashion, kesehatan, pendidikan, bisnis, finansial, makanan, traveling, fotografi, serta seni dan desain.

Setiap kategori akan membahas 5 contoh blog terbaik, menjelaskan fitur unggulan dan keunikannya masing-masing. Kami juga akan menjelaskan platform blog tersebut, misalnya WordPress atau CMS lainnya. Yuk, temukan inspirasi Anda!

Contoh Blog Teknologi Terbaik

Apabila menyukai hal-hal seputar teknologi, Anda mungkin ingin membuat blog yang membahas berbagai update teknologi.

Selain berita, blog dengan topik ini biasanya membahas implementasi teknologi di berbagai bidang, seperti sains, hiburan, dan bisnis. Beberapa blog teknologi juga menampilkan review gadget yang baru rilis.

Berikut adalah beberapa contoh blog teknologi yang paling populer:

1. TechCrunch

homepage website techcrunch
  • Topik utama: berita teknologi dan startup
  • Dibuat dengan: WordPress VIP

TechCrunch adalah blog yang menerbitkan berita teknologi dan perusahaan startup, mulai dari perkembangan terbaru di Silicon Valley hingga pendanaan modal ventura.

Audiens target blog ini biasanya adalah para penggemar teknologi dan bisnis, khususnya pendiri startup dan investor di seluruh dunia.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Layout website TechCrunch yang rapi difokuskan pada kemudahan alur baca teks, dengan latar belakang putih yang simpel dan teks hitam.

Judul artikel terbaru ditampilkan secara tertata di homepage, dengan cuplikan postingan dan gambar yang relevan untuk menambahkan sentuhan yang lebih berwarna.

Website TechCrunch juga menyediakan sidebar di sisi kiri layar, yang mempermudah navigasi.

2. The Verge

homepage website the verge
  • Topik utama: teknologi, sains, hiburan
  • Dibuat dengan: Chorus

The Verge adalah blog yang membahas update terbaru tentang bagaimana teknologi akan mengubah masa depan.

Blog ini menyediakan berita dan opini terkini tentang perkembangan teknologi dalam seni, budaya, dan sains untuk masyarakat umum.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Homepage website The Verge sangat berwarna dengan tema hitam dan putih serta aksen cerah oranye dan magenta.

Beberapa headline dan gambar digabungkan dalam kolase untuk menarik perhatian pengunjung website di bawah judul blog dan navigation bar.

Selain itu, beberapa konten blog tambahan ditampilkan di sisi kanan homepage untuk akses yang mudah, seperti video unggulan dan ulasan.

3. Engadget

homepage website engadget
  • Topik utama: teknologi, gadget, elektronik konsumen
  • Dibuat dengan: CMS milik AOL

Diluncurkan oleh Peter Rojas, Engadget adalah blog teknologi yang menyediakan ulasan tentang gadget dan elektronik konsumen serta berita terbaru di dunia teknologi.

Blog ini juga memberikan diskon terbaik untuk gadget dan elektronik, membantu pengunjung memilih gadget terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Tema hitam-putih sederhana blog ini menyuguhkan tampilan elegan yang cocok untuk blog teknologi.

Setelah mengakses website, pandangan pengunjung akan langsung tertuju pada kolase foto dan judul artikel populer terbaru yang disajikan.

Saat scroll ke bawah halaman, judul artikel lainnya disusun dari yang terbaru hingga yang terlama, disertai dengan gambar dan rangkuman singkat isi artikel. Dengan demikian, pengunjung pun tahu bahwa blog ini rutin diperbarui dengan berbagai jenis konten.

4. Gizmodo

homepage gizmodo
  • Topik utama: teknologi, sains, lingkungan, hiburan
  • Dibuat dengan: Kinja

Gizmodo adalah blog teknologi yang juga dibuat oleh Peter Rojas. Blog ini menayangkan berita dan opini tentang teknologi, gadget, sains, hiburan, budaya, dan lingkungan.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Homepage Gizmodo terlihat sangat padat, namun tetap terorganisir.

Blog ini menyajikan berbagai konten dalam bagian yang rapi dengan berbagai judul, seperti Reviews & Gadgets, Science, dan Field Guide. Setiap bagiannya menampilkan kolase berbagai judul dan gambar.

Meski tampilannya ramai, blog ini tetap mengutamakan kemudahan alur baca teks, menggunakan skema warna sederhana hitam, putih, dan biru.

Di bagian atas halaman, ada link ke website lain dari perusahaan yang sama, mempromosikan website tersebut dan memberikan akses mudah untuk mengunjunginya.

5. 9to5Mac

homepage 9to5mac
  • Topik utama: Produk Apple
  • Dibuat dengan: WordPress

Sebagai bagian dari komunitas pengguna Apple, 9to5Mac merupakan blog yang membahas berita dan ulasan tentang produk Apple.

Website ini awalnya dibuat sebagai blog hobi yang membahas berita tentang Mac. Seiring waktu, 9to5Mac berkembang menjadi blog yang membahas semua produk Apple, dan sekarang menjadi bagian dari jaringan blog 9to5 yang mencakup website lain seperti 9to5Google dan 9to5Toys.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Homepage blog ini menampilkan gabungan gambar dan judul berwarna-warni yang menarik, tepat di bawah navigation bar. Saat ditunjuk menggunakan kursor, gambar akan di-zoom sehingga pengunjung lebih tertarik untuk mengkliknya.

Selain itu, blog ini menggunakan fitur scrolling tak terbatas sehingga pembaca bisa menelusuri lebih banyak halaman website cukup dengan scrolling ke bawah.

Contoh Blog Lifestyle Terbaik

Jangan khawatir kalau Anda tidak terlalu suka teknologi, karena masih banyak contoh blog yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Mungkin Anda lebih suka blog lifestyle dengan topik pembahasan yang lebih luas dan beragam.

Buat artikel tentang fashion, makanan, hubungan & asmara, pengembangan diri, tips & trik praktis, dan traveling, semuanya dalam satu blog. Beberapa blog parenting juga masuk dalam kategori ini dan membagikan konten yang berfokus pada kehidupan keluarga.

Di samping itu, banyak blog lifestyle yang juga merupakan blog pribadi. Melalui blog pribadi, Anda bisa mengajak dan menginspirasi pembaca untuk menerapkan gaya hidup tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh blog pribadi dan perusahaan terbaik dengan topik lifestyle yang bisa Anda jadikan inspirasi.

6. A Cup of Jo

homepage a cup of jo
  • Topik utama: fashion, makanan, traveling, hubungan & asmara, kehidupan keluarga
  • Dibuat dengan: WordPress

Joanna Goddard, berprofesi sebagai editor berpengalaman, mulai menulis tentang kehidupan sehari-harinya sebagai hobi. Blognya kemudian berkembang, lalu ia menjadikannya sebagai pekerjaan penuh.

Blog ini kini dikelola oleh tim penulis yang rutin memublikasikan berbagai macam konten, mulai dari resep makanan hingga tips parenting.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

A Cup of Jo menyuguhkan tema berwarna hangat dengan banyak ruang di antara elemen website yang ada agar tampilannya tetap tertata.

Selain judul blog keren yang merupakan permainan kata dari frasa “a cup of joe“, desain judulnya juga unik. Huruf O dari kata “of” dalam “A Cup of Jo” digunakan sebagai bingkai untuk menampilkan gambar yang berubah sesuai halaman blog yang sedang dibuka.

Homepage blog ini juga menampilkan daftar postingan blog terpopuler bulan ini, yang efektif untuk mempromosikan blog kepada pembaca baru dan memungkinkan mereka membaca konten unggulan yang lebih menarik.

7. Minimalism Life

homepage minimalism life
  • Topik utama: gaya hidup minimalis
  • Dibuat dengan: Kirby

Dibuat sebagai proyek kolaboratif, Minimalism Life adalah blog lifestyle tentang hidup minimalis, yaitu gaya hidup sederhana yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasar saja.

Blog ini dikelola oleh komunitas yang mengundang semua orang untuk saling berbagi pengalaman hidup minimalis mereka dengan menulis postingan untuk website tersebut.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Meskipun tidak subscribe ke blog Minimalism Life, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari contoh blog ini untuk menerapkan desain yang rapi dan simpel dalam merancang blog.

Tampilannya menggunakan skema warna abu-abu, dengan teks hitam atau abu-abu di latar belakang putih tanpa terlalu banyak gambar atau elemen website yang berwarna-warni.

Sesuai dengan prinsip minimalisme, website ini hanya menyediakan elemen-elemen penting. Seluruh homepagenya berfungsi sebagai menu navigasi, menyediakan link yang mengarah ke halaman lain di blog. Menu sidebar berada di sisi kiri layar, sementara link ke profil media sosial berada di sisi kanan.

8. Girlboss

homepage website girlboss
  • Topik utama: kehidupan perempuan, bisnis, pengembangan diri
  • Dibuat dengan: Prismic

Dibuat oleh Sophia Amoruso yang merupakan seorang pengusaha, Girlboss adalah blog komunitas yang bertujuan membantu para wanita menentukan jalan kesuksesan mereka. Audiens utamanya adalah para wanita ambisius yang ingin meningkatkan kariernya, membangun jaringan, dan mengembangkan skill personal.

Blog lifestyle Girlboss menyediakan berbagai topik, seperti kecantikan, kesehatan, pekerjaan, dan keuangan.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Tim Girlboss memastikan gambar dan visual artikel mereka selalu mengadaptasi skema warna yang sama.

Semua gambar menampilkan subjek di depan latar belakang berwarna-warni yang merupakan campuran warna-warna pastel yang lembut. Foto-fotonya pun tampak berpadu menjadi visual yang menarik dan senada.

9. Men’s Journal

homepage mens journal
  • Topik utama: kehidupan pria, kesehatan, gaya fashion, petualangan, peralatan hobi & reparasi
  • Dibuat dengan: WordPress VIP

Website Men’s Journal adalah versi online dari majalah Amerika dengan nama yang sama.

Blog lifestyle yang ditujukan untuk pria ini menyajikan berbagai topik, seperti kesehatan dan kebugaran, perawatan dan gaya pria, rekreasi outdoor dan traveling, serta mobil dan elektronik konsumen.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Website ini memiliki navigation bar yang sangat tertata. Contohnya, kalau pengunjung mengarahkan kursor ke bagian Gear, berbagai kategori seperti Autos, Tech, dan Fitness akan muncul, lengkap dengan visual pendukungnya.

Pengunjung juga bisa mengklik tanda panah di kedua sisi kategori untuk melihat lebih banyak pilihan.

Gunakan fitur ini untuk langsung menemukan konten yang ingin Anda baca.

10. Treehugger

homepage treehugger
  • Topik utama: upaya keberlanjutan lingkungan
  • Dibuat dengan: CMS milik Dotdash

Treehugger adalah blog yang dibuat oleh advokat lingkungan dan pengusaha Graham Hill.

Blog ini didefinisikan sebagai website sustainability modern, menyediakan berita seputar lingkungan dan artikel yang membahas hal-hal seputar korelasi lingkungan dan berkebun, kehidupan rumah, sains, desain, kebijakan, dan hewan.

Tujuan blog ini adalah mempromosikan gaya hidup yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan menyediakan informasi yang tepercaya dan akurat.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Bagian atas homepage blog ini menampilkan judul artikel terbaru. Saat scroll ke bawah, Anda akan menjumpai berbagai judul postingan yang tersusun rapi berdasarkan kategori yang tersedia, seperti Environment, Home & Garden, dan Business & Policy.

Seluruh halamannya dirancang untuk memudahkan pengunjung melihat berita terbaru dan mencari konten dari kategori tertentu.

Contoh Blog Fashion dan Kecantikan Terbaik

Blog kecantikan dan fashion bisa menjadi tempat Anda mengekspresikan hobi dan kreativitas terkait penampilan, serta menjalin relasi dengan sesama fashionista dan pencinta makeup.

Anda bahkan bisa membuat brand fashion atau perhiasan sendiri, lalu memulai bisnis dari blog fashion tersebut. Apabila sudah memiliki pembaca setia, brand Anda mungkin akan langsung memiliki pelanggan tetap.

Untuk membantu Anda memulai blog fashion sendiri, berikut beberapa contoh blog pribadi dan bisnis terbaik tentang kecantikan dan fashion.

11. He Spoke Style

homepage he spoke style
  • Topik utama: fashion pria
  • Dibuat dengan: WordPress

Dibuat oleh Brian Sacawa lalu diteruskan oleh tim editor, He Spoke Style adalah website yang berfokus pada fashion pria serta menyajikan inspirasi dan informasi tentang pakaian pria.

Selain menerbitkan berbagai artikel tentang tutorial dan tren fashion pria, blog ini juga membahas topik yang terkait dengan lifestyle pria, seperti rekomendasi minuman favorit.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Judul blog dengan font serif memberikan kesan yang mewah dan elegan, cocok untuk website yang membahas inspirasi fashion maskulin.

Setelah mengakses website, pengunjung akan melihat gambar besar yang hampir memenuhi layar, beserta artikel tentang kolaborasi blog tersebut dengan brand jas.

Metode ini efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang mengklik postingan blog unggulan, yaitu artikel terbaik yang ingin Anda tunjukkan kepada pengunjung agar mereka membacanya.

12. The Zoe Report

homepage the zoe report
  • Topik utama: fashion wanita, kecantikan, kesehatan, gaya hidup
  • Dibuat dengan: WordPress

Dibuat oleh fashion designer dan penata gaya Rachel Zoe dari Amerika Serikat, artikel-artikel The Zoe Report mencakup tren fashion, tutorial gaya, makeup, dekorasi rumah, bahkan fashion dan lifestyle selebritas.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Gambar dan judul yang ditampilkan di homepage memiliki ukuran yang berbeda dan sengaja diletakkan agak ‘berantakan’ untuk memberikan nuansa artistik, seperti kolase dalam scrapbook fashion.

Menu navigasinya juga menerapkan gaya yang unik. Saat mengklik tombol Menu, pengunjung akan melihat menu navigasi yang memenuhi halaman dari bagian atas.

Selain itu, blog ini menggunakan scrolling tak terbatas untuk mengajak pengunjung agar tidak segera beranjak dari website.

13. Sincerely Jules

homepage sincerely jules
  • Topik utama: fashion wanita, kecantikan, lifestyle
  • Dibuat dengan: WordPress

Dimulai sebagai channel kreatif oleh blogger kecantikan dan fashion Julie Sariñana, Sincerely Jules adalah blog yang menyajikan inspirasi busana, tips kecantikan, dan ulasan tentang produk favoritnya.

Blog ini menyediakan berbagai konten fashion, seperti artikel seputar ide pakaian untuk berbagai acara, termasuk liburan, ke pantai, jogging, atau bersantai di rumah.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Saat membuka blog ini, pengunjung akan langsung melihat gambar HD dalam layar penuh yang melengkapi artikel terbaru mereka. Tampilan blog pun menjadi lebih rapi dan menyenangkan dengannya.

Selain layout yang rapi, website ini juga memiliki slider untuk memudahkan pengunjung melihat-lihat ide dan inspirasi busana, menampilkan sejumlah pakaian sang blogger.

Saat foto pakaian tersebut diklik, pengunjung akan diarahkan ke toko online untuk membeli item yang dimaksud.

14. Color Me Courtney

homepage color me courtney
  • Topik utama: fashion wanita, kecantikan, gaya hidup, traveling
  • Dibuat dengan: WordPress

Bertujuan untuk menginspirasi orang-orang agar lebih percaya diri dalam mengenakan pakaian yang unik, Color Me Courtney adalah blog lifestyle dan fashion yang dikembangkan oleh Courtney Quinn, seorang fashionista yang senang memadupadankan warna.

Contoh postingan blognya mencakup rekomendasi produk kecantikan, review tempat wisata dan tujuan liburan, serta postingan blog pribadi.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Saat melihat tema blog yang penuh warna ini, pengunjung akan langsung mengenali kepribadian sang blogger fashion yang menyenangkan, ceria, unik, dan penuh semangat.

Website ini memiliki slider besar tepat di bawah judul blog dan navigation bar, menampilkan gambar warna-warni yang terhubung ke artikel terkait melalui tombol Keep Reading.

Menggunakan ikon tanda panah, pengunjung bisa lanjut melihat-lihat gambar yang ditampilkan di slider.

15. Fashion Jackson

homepage fashion jackson
  • Topik utama: fashion wanita, kecantikan, gaya hidup, traveling
  • Dibuat dengan: WordPress

Melalui Fashion Jackson, blogger fashion Amy Jackson menginspirasi pengunjung untuk mengikuti fashion minimalis bergaya klasik namun tetap relevan di masa kini.

Pembaca bisa mendapatkan ide pakaian sehari-hari serta saran barang bawaan saat bepergian ke berbagai destinasi, berbelanja makeup, dan membaca ulasan produk fashion.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Fitur unik di blog ini adalah slider Dailies yang menampilkan foto kehidupan sehari-hari sang blogger, mulai dari ‘outfit of the day’ (OOTD) hingga dekorasi rumah.

Ketika pengunjung mengklik foto tersebut, mereka akan diarahkan ke postingan blog berisi paragraf singkat yang mempromosikan item yang ditampilkan di foto, serta slider dengan gambar produk yang terhubung ke halaman toko yang sesuai.

Menyajikan konten singkat dan sederhana secara rutin setiap hari akan membantu blog selalu up-to-date, serta mengundang lebih banyak pembaca dan menaikkan engagement.

Tidak Bisa Menentukan Pilihan Platform Blogging?

Yuk baca artikel kami tentang platform blogging terbaik untuk membantu memilih platform blog yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda!

Contoh Blog Kesehatan dan Fitness Terbaik

Apabila senang berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat, Anda bisa membuat blog yang mengajak orang lain untuk turut memulai hidup yang lebih sehat.

Topik pembahasannya bisa mencakup tips dan trik yang bermanfaat seputar pola makan sehat, atau jadwal olahraga rutin.

Untuk mendapatkan inspirasi tentang hal-hal yang sebaiknya ada di blog dengan topik serupa, mari simak contoh blog kesehatan dan fitness terbaik di bawah ini.

16. The Fitnessista

homepage the fitnessista
  • Topik utama: kesehatan wanita, kebugaran, ibu rumah tangga
  • Dibuat dengan: WordPress

Fitnessista adalah blog kebugaran wanita yang menggalakkan gaya hidup sehat melalui diet seimbang dan olahraga yang ketat. Blog ini rutin memposting resep makanan sehat dan menyediakan banyak katalog postingan fitness. Selain itu, topik yang dibahas juga mencakup tips rumah tangga dan kehamilan.

Pendirinya adalah Gina Harney, seorang personal trainer bersertifikat dengan spesialisasi penurunan berat badan, instruktur grup fitness, yang juga merupakan ibu dua anak.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Blog ini memiliki banyak postingan tentang fitness yang dibagi menjadi beberapa kategori, seperti Perut, Tubuh Bagian Bawah, dan Seluruh Tubuh.

Cara ini sangat efektif untuk blog fitness, karena pengunjung bisa memilih berbagai jenis otot yang ingin mereka latih dengan olahraga rutin.

17. Muscle and Fitness

homepage muscle and fitness
  • Topik utama: olahraga, fitness, gizi, atlet, dan selebritas
  • Dibuat dengan: WordPress

Blog Muscle and Fitness menyediakan berbagai konten seputar fitness dan hidup sehat, mulai dari olahraga rutin dan panduan makanan bergizi hingga tips olahraga dari berbagai atlet dan selebritas.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Pengunjung bisa menggunakan filter untuk mencari video latihan dari 1.000+ konten yang disediakan di homepage.

Filter ini memiliki 4 menu drop-down yang memungkinkan pengguna memilih Skill Level (Tingkat Latihan), Exercise Type (Jenis Latihan), Body Part (Bagian Tubuh), dan Equipment (Peralatan), yang tentunya mempermudah pemilihan jenis latihan sesuai kebutuhan.

18. Fit Bottomed Girls

homepage fit bottomed girls
  • Topik utama: fitness wanita, jasmani & rohani, ibu rumah tangga, gizi
  • Dibuat dengan: WordPress

Dengan postingan tentang afirmasi positif dan rutinitas latihan, Fit Bottomed Girls adalah blog yang membantu para wanita menjaga kesehatannya baik secara mental maupun fisik.

Dikelola oleh dua orang pakar kebugaran bersertifikat, blog ini juga menggalakkan sugesti positif terhadap kondisi tubuh, meyakinkan pembaca bahwa tubuh yang sehat tidak harus mengikuti standar fisik tertentu.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Konten blog ini dibagi menjadi 4 kategori utama: Fitness, Mamas (tips menjadi ibu), Eats (makanan), dan Zen. Setiap kategori memiliki label warna spesifik: magenta untuk Fitness, ungu untuk Mamas, hijau untuk Eats, dan biru untuk Zen.

Sistem warna yang rapi ini bisa menjadi contoh yang bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengannya, pembaca bisa menemukan kategori konten tertentu dengan cepat dan mudah berdasarkan warna.

19. MyFitnessPal Blog

website myfitnesspal
  • Topik utama: gizi, penurunan berat badan, fitness
  • Dibuat dengan: WordPress

Blog ini dikelola oleh pembuat aplikasi MyFitnessPal, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mencatat asupan gizi dan target fitness pengguna.

Kontennya mencakup resep makanan sehat, tips penurunan berat badan, dan tutorial olahraga. Selain itu, blog ini menampilkan kisah sukses inspiratif dari orang-orang yang berhasil hidup lebih sehat setelah turun berat badan atau mengatasi penyakit terkait gizi.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Saat membuka website, pengunjung akan langsung melihat banner yang mengajak mereka untuk mendaftar newsletter MyFitnessPal. Metode ini cukup efektif untuk membantu mengumpulkan mailing list pembaca.

Homepage blog ini juga menggunakan slider yang menampilkan artikel-artikel trending, ditampilkan dalam judul dan gambar pendukung yang menarik.

20. Ben Greenfield Fitness

homepage ben greenfield fitness
  • Topik utama: gizi, fitness, kesehatan
  • Dibuat dengan: WordPress

Ben Greenfield Fitness adalah blog yang dibuat oleh pakar fitness, penulis terkenal, dan konsultan kebugaran Ben Greenfield.

Blog ini menyediakan banyak artikel tentang diet rendah karbohidrat dan diet ketogenik, rekomendasi suplemen, buku-buku spiritual, dan tips antipenuaan.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Halaman utama blog ini menyambut pengunjung dengan foto sang blogger beserta perkenalan singkat tentang dirinya. Selain menyenangkan secara estetika, foto ini juga turut memperkenalkan orang di balik blog tersebut.

Di bagian tengah banner, ada tombol yang mengarah ke website buku masak terbaru Greenfield untuk menarik lebih banyak calon pelanggan.

Selain itu, ia menambahkan tombol di websitenya untuk membantu pengunjung kembali ke bagian atas blog dengan cepat. Fitur ini sangat berguna bagi blog yang memiliki banyak konten di satu halaman atau menggunakan scrolling tak terbatas.

Contoh Blog Edukasi Terbaik

Blog edukasi biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu blog yang membagikan materi edukasi atau website e-Learning, serta blog yang membahas topik pendidikan, seperti masalah pendidikan, serta tips belajar mengajar.

Baik untuk membuat website eLearning atau blog pendidikan, Anda bisa menemukan inspirasi dari contoh blog dalam daftar berikut:

21. HowStuffWorks

website howstuffworks
  • Topik utama: hampir semua topik edukasi
  • Dibuat dengan: CMS milik sendiri

HowStuffWorks adalah blog edukatif yang membahas berbagai topik dalam cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Blog ini merupakan bagian dari jaringan website Stuff, yang juga mencakup Stuff You Should Know dan Stuff to Blow Your Mind.

Seperti namanya, topik yang dibahas meliputi cara kerja berbagai hal, diselingi dengan fakta-fakta menyenangkan yang menarik untuk diketahui. Beberapa contohnya termasuk “Tempat Terdingin di Bumi”, “Desain Biophilic”, dan “Cara Membuat Pasta Gigi Gajah”.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Apabila mengunjungi HowStuffWorks sekitar tanggal 4 Juli, Anda akan menjumpai banyak artikel yang membahas hari libur dan perayaannya di homepage blog tersebut.

Terdapat dua slider di homepage, menampilkan bagian Editor’s Picks untuk menyajikan artikel pilihan editor dan A Fantastic Fourth yang menampilkan artikel tentang sejarah Amerika.

Dari sini, Anda bisa mengambil inspirasi untuk menyesuaikan artikel unggulan dengan tema tertentu guna merayakan acara atau peristiwa khusus. Hal ini akan meningkatkan waktu kunjungan dan keterlibatan pengunjung, serta menunjukkan bahwa blog Anda aktif dan sering diupdate.

22. TED-Ed Blog

halaman website ted ed
  • Topik utama: hampir semua topik
  • Dibuat dengan: WordPress

Mirip dengan HowStuffWorks, blog TED-Ed juga menyediakan artikel edukasi tentang hampir semua topik, mulai dari asal-usul cokelat murah hingga jenis istirahat yang dibutuhkan setiap orang.

Sebagian besar artikel di blog ini diambil dari pidato yang disampaikan di berbagai konferensi TEDx Talk, dengan pembicara yang menyampaikan ide dalam waktu kurang dari 18 menit.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Bukannya menggunakan foto, sebagian besar artikel blog TED-Ed menggunakan visual dalam bentuk ilustrasi, memberikan keunikan tersendiri pada desainnya. Di samping itu, ilustrasi berwarna-warni ini juga menghadirkan nuansa yang lebih menyenangkan dan hangat bagi pengunjung.

23. The Confident Teacher

homepage the confident teacher
  • Topik utama: metode pengajaran, belajar, mengajar bahasa Inggris
  • Dibuat dengan: WordPress

Dibuat oleh Alex Quigley, seorang guru dan penulis, The Confident Teacher adalah blog pendidikan yang ditujukan bagi semua guru, terutama guru bahasa Inggris.

Topik pembahasannya mencakup tips mengajar, strategi belajar, serta metode pengajaran kosakata bahasa Inggris dan pemahaman membaca.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Di homepage blognya, Alex menambahkan slider yang menampilkan beberapa judul artikel dan foto pendukung yang sesuai.

Meskipun pengunjung bisa melihat semua gambar yang ada dengan mengklik ikon panah, postingan yang ditampilkan di slider juga berubah secara otomatis setiap beberapa detik, mengarahkan pengunjung ke semua artikel yang disediakan tanpa harus mengkliknya.

24. I Heart EDU

homepage i heart edu
  • Topik utama: matematika dan materi pengajaran teknologi pendidikan
  • Dibuat dengan: WordPress

Diluncurkan oleh Meagan Kelly, seorang tenaga pendidik dan pencinta teknologi, I Heart EDU adalah blog yang ditujukan bagi para guru. Kelly sangat suka menggunakan berbagai aplikasi dan program untuk menyusun aktivitas belajar bagi para siswanya.

Melalui blognya, Kelly membagikan informasi mengenai berbagai materi pengajaran teknologi yang memudahkan proses belajar mengajar di kelas, seperti program BoostEDU dan platform game pembelajaran Breakout EDU.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Kelly menyediakan kolom pencarian yang berguna di homepagenya sehingga pengunjung bisa mencari postingan tertentu dengan mudah.

Selain itu, ia juga menyematkan akun Twitternya ke homepage website, menyediakan cara yang mudah bagi pengunjung untuk terhubung dengannya melalui media sosial.

25. The Chronicle of Higher Education

homepage the chronicle of higher education
  • Topik utama: berita perguruan tinggi dan universitas
  • Dibuat dengan: Brightspot

Sedikit berbeda dari blog edukasi lainnya dalam daftar ini, The Chronicle of Higher Education adalah blog jurnalisme untuk pendidikan tinggi.

Topiknya mencakup berita terbaru mengenai perguruan tinggi dan universitas di AS. Di samping itu, blog ini juga memublikasikan opini seputar topik yang sama, seperti kejadian di universitas tertentu dan kebebasan akademik.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Meskipun ada banyak teks dan gambar di homepage contoh website ini, semuanya disusun dalam pola grid yang rapi agar tidak menyulitkan pembaca.

Artikel terbaru ditampilkan di bagian atas. Di bawahnya, postingan blog lainnya ditata dengan rapi menurut bagian dengan judul yang berbeda, seperti Virtual Event, Data, dan Advice.

Contoh Blog Bisnis dan Marketing Terbaik

Apabila Anda adalah pemilik bisnis sukses yang sudah benar-benar paham cara memulai bisnis online, Anda juga bisa membantu orang lain agar berhasil dengan bisnisnya, lho.

Salah satunya yaitu dengan membuat blog bisnis dan marketing untuk membantu pembaca memulai usaha dari nol. Topiknya bisa mencakup ide bisnis, pengembangan bisnis online, SEO, pembuatan konten, atau social media marketing.

Nah, apabila tertarik membuat blog bisnis, berikut adalah beberapa contoh blog bisnis terpopuler yang bisa Anda simak untuk mendapatkan ide blog.

26. Business 2 Community

homepage business 2 community
  • Topik utama: bisnis, marketing, keuangan, digital marketing
  • Dibuat dengan: WordPress

Business 2 Community adalah blog yang ditujukan untuk membagikan materi edukasi dan menghubungkan para profesional bisnis. Kontennya mencakup berita, tren, dan pendapat para ahli untuk memberikan wawasan yang tepercaya mengenai lanskap bisnis.

Website ini menyajikan berbagai topik, seperti SEO, tips membuat CV dan resume, serta tool social media marketing. Selain itu, blog ini menampilkan wawancara dengan berbagai pakar bisnis.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Terdapat beberapa elemen di homepage yang memudahkan pembaca mengakses konten website terbaik dan terbaru. Contohnya, ketika Anda mengklik salah satu kategori di navigation bar, akan muncul banner yang menampilkan 6 artikel terbaru tentang topik terkait.

Melalui banner tersebut, pembaca juga bisa mengakses semua artikel di bawah kategori tertentu atau memilih subkategori dari menu drop-down yang disediakan.

Selain daftar artikel terbaru, homepage website ini menampilkan kontributor yang kontennya paling banyak dibagikan beserta artikel terbaru mereka, hasil penelitian yang sedang tren, dan topik terpopuler di blog tersebut.

27. MarTech

homepage martech
  • Topik utama: marketing, teknologi pemasaran, digital marketing
  • Dibuat dengan: WordPress

Ditujukan untuk mengidentifikasi dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh para marketer, MarTech adalah salah satu blog yang berfokus pada dunia marketing dan teknologinya. Blog ini dikelola oleh para profesional yang sudah berpengalaman di industri.

Kontennya dibagi menjadi 6 topik utama terkait marketing, seperti transformasi, data, operasional, pengalaman, performa, dan manajemen. Selain artikel, MarTech menyediakan newsletter marketing, white paper, webinar, intelligence report, dan acara.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Blog ini bisa dijadikan inspirasi contoh halaman Tentang Kami yang bagus, menyajikan informasi berguna mengenai deskripsi website, misi organisasi, topik artikel utama, dan berbagai jenis konten atau acara yang bisa dinikmati pengunjung.

Selain mempromosikan artikel, homepage website ini menampilkan konten atau acara lain yang diadakan oleh organisasi, seperti webinar, white paper, acara, dan intelligence report. Terdapat juga ringkasan untuk semua topik yang disediakan di website.

28. The Balance Small Business

homepage the balance small business
  • Topik utama: bisnis, keuangan, marketing, manajemen, entrepreneurship
  • Dibuat dengan: Salesforce

Dikelola oleh lebih dari 50 penulis ahli, The Balance Small Business adalah blog yang membantu orang-orang untuk memulai dan menjalankan bisnisnya sendiri. Blog ini merupakan bagian dari rangkaian website The Balance bersama dengan The Balance dan The Balance Careers.

Konten yang dibahas mencakup langkah-langkah memulai dan mengelola bisnis kecil, mulai dari menghasilkan uang dari rumah hingga mendapatkan kredit untuk bisnis.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Website ini menyediakan panduan langkah demi langkah yang diatur berdasarkan rekomendasi urutan pembacaan konten.

Contohnya, mengklik kategori Home Business akan mengarahkan pembaca ke halaman yang berisi artikel tentang bisnis rumahan.

Selanjutnya, di sisi kiri halaman, ada daftar subkategori yang disusun sesuai langkah-langkah yang perlu dilalui untuk memulai bisnis rumahan, dimulai dari subkategori Before You Begin (Sebelum Anda Memulai) dan diakhiri dengan subkategori Work Life Balance.

Dengan demikian, para pembaca pemula pun tidak merasa kewalahan dengan banyaknya informasi yang disajikan, dan bisa lebih percaya diri untuk memulai pembelajarannya.

29. Copyblogger

homepage copyblogger
  • Topik utama: content marketing
  • Dibuat dengan: WordPress

Copyblogger adalah bagian dari website perusahaan Copyblogger yang berfokus pada penyediaan materi belajar dan layanan terkait content marketing.

Blog ini menyediakan banyak artikel dengan berbagai topik penting terkait content marketing yang sukses, seperti copywriting, blogging, kewirausahaan, tata bahasa, penulisan, dan pengeditan.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Di bawah setiap judul artikel, terdapat tag yang berguna untuk melihat kategori postingan blog dengan cepat.

Misalnya, di bawah judul postingan “Do You Recognize These 10 Mental Blocks to Creative Thinking?”, ada dua tag yang ditambahkan pada postingan tersebut: Content Marketing dan Creativity.

Situs ini juga menyediakan link pagination di bawah halaman untuk membantu pembaca mengakses konten lama, menampilkan 3 nomor halaman pertama dan nomor halaman terakhir.

30. Ahrefs

halaman landing ahrefs

Seperti Copyblogger, Ahrefs juga memiliki blog yang menarik dan merupakan bagian dari website Ahrefs yang menjual paket langganan tool SEO.

Blog ini menyediakan banyak artikel tentang content marketing dan optimasi website untuk mesin pencari, dengan kategori seperti Keyword Research, Link Building, SEO Basics, dan SEO Tools.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Terdapat bagian dengan judul Best of Ahrefs yang dibuat oleh tim editorial Ahrefs.

Di bagian tersebut, ada beberapa kategori konten dengan link yang menuju ke artikel blog. Anda bisa mengikuti cara ini untuk menyajikan konten terbaik Anda, dengan memilih konten secara manual untuk ditampilkan.

Selain itu, ada simbol bintang di samping beberapa judul postingan blog guna menunjukkan bahwa artikel tersebut sangat direkomendasikan untuk dibaca.

31. Antavo

Antavo
  • Topik utama: strategi program loyalitas, teknologi program loyalitas
  • Dibuat dengan: WordPress

Antavo menyediakan konten opini mingguan yang ditujukan bagi perusahaan yang ingin meluncurkan atau memperbarui program loyalitas.

Portofolio blog ini terdiri dari panduan mendetail yang mencakup tips sukses menjalankan program loyalitas, kupas tuntas teknologi, dan artikel utama yang membahas implementasi program loyalitas, mulai dari perencanaan hingga peluncuran.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Meskipun memiliki banyak konten, navigasi blog Antavo tetap mudah berkat menu bar yang disediakan di bagian bawah, dengan beberapa menu drop-down dan tombol khusus untuk blog.

Antavo memahami maksud pembaca dengan baik. Mereka menyajikan artikel terbaru dengan jelas, yang kemungkinan akan menjadi konten yang pertama dilihat pengunjung.

Di bawahnya, terdapat artikel dan panduan lainnya dalam daftar kronologis, dengan tag kategori untuk mengidentifikasi tujuannya dan deskripsi singkat untuk menyuguhkan konten secara lebih menarik.

Tepat di samping artikel utama, ada daftar lain tanpa gambar atau deskripsi untuk konten loyalitas terpopuler sepanjang masa di blog tersebut (termasuk artikel utama), yang memberikan informasi pengantar bagi pembaca yang ingin memahami program loyalitas lebih lanjut.

Contoh Blog Keuangan dan Investasi Terbaik

Apabila menjalani profesi di bidang keuangan atau perdagangan saham, Anda mungkin ingin mencoba memulai blog tentang keuangan dan investasi.

Kebanyakan orang tertarik untuk menghasilkan lebih banyak uang, tapi belum paham sedikit pun tentang manajemennya.

Nah, melalui blog, Anda bisa membantu mereka agar lebih melek finansial serta mampu mengelola keuangan dan mengatur anggarannya dengan lebih baik.

Untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang blog keuangan dan investasi, berikut adalah beberapa contoh blog terbaik untuk topik finansial.

32. CoinDesk

coindesk
  • Topik utama: investasi, cryptocurrency, aset digital
  • Dibuat dengan: Contentful

Pengusaha Shakil Khan mendirikan blog CoinDesk untuk menyajikan berita tentang investasi global, data, edukasi, dan acara. Target audiens blog ini adalah para investor muda yang sedang mengeksplorasi dunia kripto dan aset digital.

Beberapa contoh konten CoinDesk mencakup berita industri investasi, opini tentang regulasi kripto, dan artikel bermanfaat yang menjelaskan cara kerja teknologi blockchain untuk para pemula.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Coindesk memiliki bagian Learn di homepage yang diatur dengan rapi, difokuskan untuk membantu para pemula di dunia investasi dan mata uang kripto. Ada 4 kategori artikel tutorial: Bitcoin 101, Blockchain 101, Ethereum 101, dan Trading 101.

Setiap kategori terdiri dari beberapa chapter, dengan informasi waktu baca di bawah setiap judul yang menggunakan font kecil agar tidak mengganggu pandangan pembaca.

Penataan konten yang rapi ini sangat membantu pembaca pemula, memudahkan mereka mempelajari dunia perdagangan melalui tutorial lengkap yang dibagi menjadi beberapa bab.

33. The Penny Hoarder

homepage the penny hoarder
  • Topik utama: keuangan pribadi
  • Dibuat dengan: WordPress

Kyle Taylor, seorang pengusaha dan filantropis, mendirikan blog The Penny Hoarder untuk membantu pembaca mengatur keuangan mereka dan membuat keputusan keuangan yang cerdas.

Artikel-artikel yang dipublikasikan mencakup cara memperoleh, menyimpan, dan mengelola uang. Beberapa kategori konten unggulan meliputi Budgeting, Debt, dan Retirement.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Di homepage website, ada bagian berjudul The Latest From Our Community yang menampilkan postingan terbaru dari anggota komunitas blog ini. Dengannya, The Penny Hoarder menunjukkan bahwa mereka memiliki komunitas pembaca yang aktif dan terus berkembang.

Hal ini bisa turut meningkatkan kredibilitas blog, memberikan kesan bahwa website ini selalu up-to-date dengan tren terbaru. Selain itu, fitur ini juga bisa mengajak pengunjung baru untuk turut bergabung.

34. Ramsey Solutions

halaman blog ramsey solutions
  • Topik utama: keuangan pribadi, manajemen kekayaan, literasi keuangan
  • Dibuat dengan: Atlassian Cloud

Blog Ramsey Solutions merupakan bagian dari perusahaan Ramsey Solutions yang menyediakan materi edukasi dan panduan tentang keuangan pribadi dan pengelolaannya untuk semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga organisasi.

Artikel yang disediakan sangat bermanfaat, membahas topik seputar finansial dengan kategori seperti Insurance, Tax, Budgeting, Retirement, dan Financial Literacy.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Untuk memudahkan pengunjung mengakses konten yang diinginkan, blog ini memfilter semua artikel yang tersedia berdasarkan Topik dan Penulis. Selain itu, terdapat label yang menunjukkan kategori setiap artikel.

Tim editorialnya juga menerapkan aspek desain yang konsisten dalam foto-foto yang menyertai artikel, memastikan visualnya menggunakan skema warna dan font yang senada.

35. Timothy Sykes

halaman website timothy sykes
  • Topik utama: perdagangan saham penny
  • Dibuat dengan: WordPress

Sebagai trader dan ahli saham penny dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Timothy Sykes menggunakan websitenya sendiri untuk personal branding dan memberikan edukasi bisnis mengenai perdagangan saham penny yang menguntungkan.

Melalui halaman blog di websitenya, Sykes menyediakan konten yang bermanfaat seperti berita saham penny, panduan, tips dan trik, serta opini.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Sykes menyediakan menu drop-down untuk memudahkan pembaca mengakses kategori konten.

Artikel dan gambar di websitenya ditampilkan tanpa cuplikan apa pun, dengan banyak ruang di antara judul dan gambar setiap artikel. Dengan demikian, halaman blognya tampak lebih rapi dan tidak terlalu penuh dengan banyak teks.

36. Of Dollars And Data

halaman website of dollars and data
  • Topik utama: keuangan pribadi, investasi
  • Dibuat dengan: WordPress

Dibuat oleh Nick Maggiulli, Of Dollars And Data adalah blog yang membantu pembaca mengelola keuangan dan investasi menggunakan analisis data.

Selain menulis di blognya, Nick juga telah menerbitkan banyak artikel tentang keuangan dan investasi untuk berbagai publikasi, termasuk CNBC dan The Wall Street Journal.

Artikel-artikel yang diterbitkan di blog ini meliputi pasar keuangan, dana lindung nilai, dan aset penghasil pendapatan.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Nick menyertakan bagian Popular Posts sebagai salah satu item di navigation bar sehingga pengunjung bisa mengakses artikel terbaiknya dengan mudah.

Ia juga menyediakan tombol share media sosial di setiap postingan untuk memperluas jangkauan blognya. Pembaca bisa membagikan postingan di tiga platform sosial terpopuler: Twitter, Facebook, dan LinkedIn.

Contoh Blog Makanan Terbaik

Pernah berhasil memasak makanan yang benar-benar lezat lalu ingin membagikan resepnya? Atau, Anda mungkin ingin memperkenalkan makanan lokal dan resep andalan keluarga Anda? Saatnya membuat blog makanan!

Dengan blog ini, Anda bisa membahas berbagai jenis masakan dari seluruh dunia, atau memilih niche yang lebih spesifik untuk mengulas jenis masakan tertentu.

Apa pun jenis food blog yang dipilih, yuk simak beberapa contoh blog makanan terbaik di bawah ini untuk membantu Anda memulai!

37. Pinch of Yum

halaman website pinch of yum
  • Topik utama: resep makanan
  • Dibuat dengan: WordPress

Pinch of Yum adalah blog milik Lindsay Ostrom, seorang mantan guru yang beralih karier menjadi food blogger. Ia memublikasikan berbagai resep makanan sehat dan lezat, mulai dari sandwich nangka hingga ramen buatan sendiri.

Selain resep makanan, Lindsay juga sesekali menulis postingan blog pribadi tentang travel, kehidupan ibu rumah tangga, dan dekorasi rumah.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Di blog ini, terdapat slider yang menampilkan hingga 8 resep ketika pengunjung menscroll halaman ke bagian atas. Kemudian, slider akan menghilang ketika halaman discroll ke bawah. Konten yang disajikan pun bisa lebih banyak, tanpa menghabiskan banyak ruang di halaman.

Selain itu, bagian Recipe Collections di homepage menampilkan daftar kategori makanan dengan angka di sampingnya, menunjukkan jumlah resep yang telah dipublikasikan dalam kategori tersebut.

38. Minimalist Baker

homepage Minimalist Baker
  • Topik utama: resep makanan, trik memasak praktis
  • Dibuat dengan: WordPress

Minimalist Baker adalah blog kuliner yang membahas resep masakan mudah nan praktis menggunakan bahan-bahan dan peralatan masak sederhana. Website ini juga membagikan resep untuk berbagai jenis hidangan, meskipun namanya menunjukkan kalau blog ini lebih fokus pada hal-hal seputar baking.

Semua resepnya dibuat berdasarkan beberapa kriteria utama: 10 Ingredients or Less (10 Bahan atau Kurang), 1 Bowl (1 Mangkuk), dan 30 Minutes or Less to Prepare (Hanya Perlu 30 Menit atau Kurang).

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Blog ini menggunakan sistem ikon praktis untuk membantu pembaca menemukan resep yang sesuai dengan kebutuhan diet mereka. Totalnya ada 5 ikon, masing-masing menampilkan inisial dalam lingkaran dengan warna yang berbeda.

Huruf GF di dalam lingkaran pink berarti Gluten Free, VG di dalam lingkaran merah untuk Vegan, V di dalam lingkaran cokelat untuk Vegetarian, DF di dalam lingkaran hijau untuk Dairy Free, dan NS di dalam lingkaran hitam untuk Naturally Sweetened.

39. Green Kitchen Stories

homepage green kitchen stories
  • Topik utama: resep makanan vegetarian
  • Dibuat dengan: WordPress

Dibuat oleh Luise Vindahl dan David Frenkiel, Green Kitchen Stories adalah blog yang menampilkan video dan resep makanan berbasis tumbuhan, mulai dari sup zucchini hingga roti tawar sayuran.

Selain konten makanan vegetarian, Luise dan David juga menyuguhkan kisah kehidupan pribadi dan perjalanan mereka, serta mempromosikan produk di websitenya. Produk yang mereka tawarkan termasuk tato temporer, buku masak, aplikasi, dan suplemen vegan bersertifikat.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Homepage website ini dilengkapi slider yang menampilkan 5 gambar banner berbeda dari satu ujung layar ke ujung lainnya. Slider tersebut mengganti foto unggulan secara otomatis setiap beberapa detik.

Uniknya, teks ditampilkan pada foto dengan efek fade-in hanya satu detik setelah gambar berganti dengan yang baru. Detail kecil dan estetik ini mampu menarik perhatian pengunjung pada teks yang ditampilkan.

40. The Woks of Life

homepage website the woks of life
  • Topik utama: Resep masakan Tiongkok
  • Dibuat dengan: WordPress

The Woks of Life adalah blog kuliner milik keluarga Tionghoa-Amerika beranggotakan 4 orang: sepasang suami istri Bill dan Judy, serta dua orang putrinya, Sarah dan Kaitlin. Fokus utama blog ini adalah masakan Tionghoa, sebagai dokumentasi sejarah keluarga mereka melalui makanan Tionghoa.

Kontennya ada berbagai jenis, termasuk resep, alat masak, metode memasak, bahan-bahan yang digunakan, serta cerita kehidupan dan perjalanan mereka.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Banner di bagian atas homepage yang menampilkan menu navigasi dan judul memiliki desain unik yang dihiasi dengan berbagai bahan makanan dan karakteristik ala Tionghoa, menunjukkan jati diri blog ini.

Ada juga bagian “Find your favorite recipes” yang menampilkan tiga menu drop-down untuk menemukan resep berdasarkan kategori, koleksi, dan jenis hidangan.

41. Fit Men Cook

homepage website fit men cook
  • Topik utama: resep makanan sehat
  • Dibuat dengan: WordPress

Kevin Curry memulai blog Fit Men Cook untuk mempromosikan gaya hidup sehat melalui resep makanan yang lezat dan bergizi. Ia menyajikan konten seperti ide persiapan makanan, resep makanan, dan tantangan makan sehat.

Blog ini awalnya dibuat untuk menjaga motivasi dan konsistensi Kevin dalam perjalanannya menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran, serta membangun komunitas online yang menggalakkan pola makan sehat.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Kevin menambahkan tag di bawah setiap judul resep terbaik untuk membantu pembaca menelusuri resep dengan cepat dan menemukan pilihan yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan mereka.

Misalnya, untuk resep Sourdough French Toast Brunch Bake, tag yang ditampilkan antara lain Breakfast, Hard Gainer, High Carbs, Ideas, Meal Prep, dan Post-Workout.

Contoh Blog Travel Terbaik

Bagi Anda yang suka berpetualang atau menjelajahi destinasi baru di seluruh dunia, pastikan untuk mendokumentasikan setiap kisah Anda dengan membuat blog traveling. Di samping itu, Anda juga bisa saling berbagi cerita dengan sesama traveler.

Posting foto-foto alam yang Anda abadikan. Tuliskan pengalaman, makanan, dan orang-orang yang Anda temui selama perjalanan dalam postingan yang menarik. Anda juga bisa menjadikannya sebagai album kenangan untuk momen petualangan paling berkesan.

Kalau Anda tertarik, mari simak contoh blog travel terbaik di bawah ini untuk membantu Anda memulainya.

42. The Blonde Abroad

halaman beranda the blonde abroad
  • Topik utama: perjalanan solo dan traveler wanita
  • Dibuat dengan: WordPress

Dibuat oleh Kiersten Rich, The Blonde Abroad adalah blog travel yang berfokus pada perjalanan solo dan traveler perempuan. Ia sudah menjelajahi lebih dari 70 negara, termasuk Afrika Selatan, Italia, dan Maroko.

Meskipun fokus utamanya adalah solo travel dan traveler perempuan, Kiersten juga menyediakan artikel traveling lainnya, seperti petualangan, budget, perjalanan mewah, pasangan, mahasiswa, menjadi sukarelawan, dan perjalanan ramah lingkungan.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Blog Kiersten menyediakan bagian Explore By Destination di homepagenya, menampilkan peta dunia yang menyoroti semua tempat yang pernah ia kunjungi.

Di sebelah kiri peta, ada daftar wilayah yang telah dikunjunginya. Di atas peta, tersedia menu drop-down yang berisi daftar negara untuk dipilih, lengkap dengan kolom pencarian di samping drop-down.

Fitur-fitur di atas sangat berguna untuk memudahkan pembaca mempelajari tempat yang ingin dikunjungi, dengan langsung mengarahkan mereka ke konten yang diinginkan.

43. Wandering Earl

homepage wandering earl
  • Topik utama: solo travel
  • Dibuat dengan: WordPress

Memilih hidup sebagai seorang nomad, Derek Earl Baron menggunakan blognya untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa traveling jangka panjang bisa dilakukan oleh siapa pun.

Dengan pengalaman traveling selama lebih dari 20 tahun, Derek membagikan berbagai konten yang meliputi rekomendasi, perlengkapan, biaya, dan cerita perjalanan. Ia juga menuliskan kisahnya mencari pekerjaan selagi bepergian, orang-orang menarik yang dijumpainya, cerita kehidupan pribadi, dan perspektif hidupnya.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Derek memungkinkan pembaca menelusuri postingan berdasarkan kategori dan negara. Ada 12 kategori yang bisa dipilih, masing-masing dengan 5 judul postingan. Beberapa kategori ini termasuk Travel Advice, Work & Travel, dan Interesting People.

Untuk daftar negara yang pernah dikunjunginya, ia menambahkan hyperlink ke halaman yang berisi semua postingan tentang negara tersebut. Beberapa di antaranya termasuk Austria, Kamboja, dan Nikaragua.

44. Nomadic Matt

website nomadic matt
  • Topik utama: traveling hemat
  • Dibuat dengan: WordPress

Melalui blog Nomadic Matt, Matthew Kepnes ingin membantu siapa pun memulai perjalanannya dengan biaya yang lebih murah. Saran-saran darinya telah dipublikasikan di berbagai media, seperti The Guardian, The New York Times, dan National Geographic.

Website ini menampilkan tips perjalanan, wawancara dengan ahli, profil traveler dari berbagai latar belakang, detail biaya perjalanan, dan tips untuk menghemat uang saat bepergian.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Website Nomadic Matt menampilkan banner di homepage dengan kolom pencarian untuk mencari berbagai jenis konten.

Di atasnya, terdapat slogan “Travel smarter, cheaper, longer” beserta kalimat pertanyaan “Where do you want to go?” untuk mendorong pengunjung mengetikkan tujuannya di kolom pencarian tersebut.

Beberapa keyword pencarian populer juga ditampilkan di bawahnya untuk membantu orang-orang yang masih belum tahu harus memulai dari mana.

45. HoneyTrek

website honeytrek
  • Topik utama: perjalanan pasangan
  • Dibuat dengan: WordPress

HoneyTrek adalah blog yang dibuat oleh Mike dan Anne Howard, pasangan yang memulai perjalanan keliling dunianya setelah bulan madu di tahun 2012. Oleh karena itu, slogan blog ini adalah “The World’s Longest Honeymoon” yang berarti bulan madu terlama di dunia.

Melalui blognya, mereka ingin mengajak orang lain untuk turut berkeliling dunia. Sudah ada beberapa buku tentang traveling yang mereka terbitkan, dan blog mereka juga pernah diliput di media seperti The Daily Mail, The Washington Post, dan The Boston Globe.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Selain di slider homepage dan bagian HoneyTrek Features, artikel-artikel blog ini juga ditampilkan di bawah berbagai kategori geografis, seperti North America, South America, dan Asia.

Ada dua artikel terbaik di bawah setiap judul atau kategori. Cara ini ideal untuk menampilkan berbagai konten perjalanan yang tersedia di blog mengenai tempat-tempat yang pernah dikunjungi.

46. Anywhere We Roam

website anywhere we roam
  • Topik utama: solo travel
  • Dibuat dengan: WordPress

Dikelola oleh Mark Barnes dan Paul Healy, Anywhere We Roam adalah blog travel yang mendokumentasikan petualangan dua orang sahabat ini berkeliling dunia. Selain menampilkan destinasi perjalanan, cerita mereka dibagi menurut jenisnya, seperti pendakian, petualangan, melihat satwa liar, dan perjalanan darat.

Blog yang telah memenangkan penghargaan ini juga menyediakan rencana perjalanan yang dirancang dengan cermat, mencantumkan detail perjalanan per hari, highlight, akomodasi, dan panduan pemesanan.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Setiap halaman blog Anywhere We Roam menampilkan foto indah dari berbagai perjalanan, dengan dimensi besar yang memenuhi layar.

Foto-foto ini disertai beberapa baris teks putih berukuran kecil sehingga tidak mendistraksi fokus pengunjung dari sorotan utamanya.

Homepagenya juga menampilkan gambar-gambar indah layar penuh dengan beberapa gambar mini atau teks berlatar belakang putih, menyajikan tampilan yang bersih dan visual yang menyenangkan.

Contoh Blog Fotografi Terbaik

Melalui foto, Anda bisa mengabadikan momen berharga atau mengambil gambar objek yang menarik, seperti pemandangan, orang, makanan, atau fashion.

Baik Anda masih pemula yang sekadar senang mengambil foto kehidupan sehari-hari maupun sudah profesional, Anda bisa membuat website fotografi atau blog untuk menyalurkan hobi dan terhubung dengan sesama fotografer.

Apabila senang menulis artikel atau ingin membagikan hasil jepretan terbaik melalui blog fotografi Anda sendiri, mari simak beberapa contoh blog fotografi terbaik yang bisa Anda pelajari.

47. Joe McNally

website joe mcnally
  • Topik utama: fashion, pemandangan, fotografi orang
  • Dibuat dengan: WordPress

Joe McNally, fotografer terkenal dan pemenang penghargaan internasional, menampilkan karya-karya terbaiknya di blog yang menggunakan namanya sendiri.

Melalui blognya yang dijadikan seperti jurnal, ia menceritakan kisah sehari-harinya sebagai fotografer, mulai dari mengambil foto aktor dan aktris, musisi, hingga pasukan militer.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Selain blog, McNally juga menggunakan websitenya sebagai portofolio online profesional. Di homepagenya, ia menampilkan berbagai foto yang pernah diambilnya dalam berbagai kategori.

Setiap kategori menampilkan slider layar penuh yang menunjukkan gambar-gambar besar berkualitas HD dalam tayangan slide otomatis. Hanya ada sedikit teks di homepage sehingga foto-fotonya tetap menjadi fokus utama yang dilihat pengunjung.

48. David duChemin

homepage website david duchemin
  • Topik utama: tips dan trik fotografi
  • Dibuat dengan: WordPress

Melalui blognya, fotografer dan penulis populer David duChemin ingin membantu pembaca menghasilkan karya foto terbaiknya. Ia menulis artikel tips dan trik fotografi, sesekali diselingi dengan postingan blog pribadi. 

Di luar kegiatannya untuk memberikan edukasi fotografi, kreativitas, dan kewirausahaan, David bekerja sebagai fotografer dunia dan kemanusiaan. Ia mengambil foto anak-anak, kelompok rentan, dan kelompok marjinal.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

David menggunakan berbagai widget yang berguna untuk mengoptimalkan navigasi website. Di homepagenya, ia menambahkan kolom pencarian, menu drop-down kategori artikel dan arsip, serta komentar dan artikel terbaru.

Selain itu, ada juga slider di bagian atas homepage yang mempromosikan produk lain milik David, seperti podcast dan buku tentang fotografi.

49. Humans of New York

website humans of new york
  • Topik utama: fotografi orang
  • Dibuat dengan: Tumblr

Awalnya dibuat oleh Brandon Stanton sebagai proyek fotografi, Humans of New York kini berkembang menjadi blog fotografi yang dinamis. Website ini adalah salah satu contoh blog terbaik, menyajikan potret dan cerita kehidupan penduduk New York.

Selain penduduk New York, blog ini juga menampilkan orang-orang dari negara lain dan kelompok populasi tertentu.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Humans of New York bisa menjadi contoh blog fotografi terbaik dengan tampilan yang sederhana, hanya menyuguhkan hero image dan menu navigasi di samping konten utamanya, yaitu foto-foto orang dan keterangannya. Tidak ada widget kurang penting yang memenuhi website.

Menu navigasinya juga menampilkan desain yang bersih yang memprioritaskan kemudahan pembacaan teks, dengan teks putih besar yang diletakkan di atas foto-foto orang dengan efek pudar.

50. Photofocus

website photofocus
  • Topik utama: tips & trik dan peralatan fotografi
  • Dibuat dengan: WordPress

Photofocus adalah blog edukasi yang ditujukan bagi fotografer pemula dan profesional. Konten-kontennya yang bermanfaat dan original dibuat oleh para fotografer berpengalaman, seniman, dan pebisnis di industri fotografi.

Selain menyediakan tips dan trik fotografi, blog ini juga bekerja sama dengan berbagai brand di industri ini, menyajikan berbagai ulasan perlengkapan fotografi kepada para pembaca.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Homepage blog Photofocus menampilkan berbagai konten, tidak hanya artikel terbaru tapi juga video dan episode podcast terbaru. Tersedia beberapa tag konten paling populer sehingga pembaca tahu konten apa yang bisa mereka lihat berikutnya.

Ada juga bagian berjudul Community spotlight yang menampilkan member pilihan komunitas Photofocus. Cara ini bisa menjadi bentuk penghargaan kepada anggota komunitas, dan mengundang pembaca baru untuk turut bergabung.

51. The Sartorialist

homepage website the sartorialist
  • Topik utama: fotografi fashion
  • Dibuat dengan: WordPress

The Sartorialist adalah blog fotografi fashion yang menampilkan karya street photographer Scott Schuman, menampilkan foto-foto gaya dan fashion orang-orang dalam kesehariannya.

Selain foto pakaian sehari-hari, Scott juga bekerja dengan berbagai influencer dan brand. Museum Victoria & Albert dan Museum Fotografi Tokyo Metropolitan telah menampilkan beberapa karyanya.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Blog fashion ini difokuskan untuk menayangkan foto dalam cara yang sederhana. Berbeda dengan yang lainnya, tidak ada artikel yang menyertai foto di blog ini, hanya keterangan lokasi foto-foto tersebut.

Di samping itu, Scott menata foto-fotonya menggunakan tag untuk berbagai gaya busana, artikel pakaian, atau lokasi tempat foto diambil. Contoh tag tersebut di antaranya adalah handbags, London, outerwear, dan red.

Contoh Blog Seni dan Desain Terbaik

Apabila Anda adalah pencinta seni dan desain, tuangkan kreativitas Anda dengan membuat blog seni dan desain sendiri.

Anda bisa menggunakannya untuk berbagi opini dan interpretasi tentang berbagai karya seni dan desain. Setelah mendapatkan traffic, Anda bisa mengubahnya menjadi platform online untuk memamerkan karya para seniman dan desainer di seluruh dunia.

Kalau sudah menggeluti profesi di bidang ini, Anda bahkan bisa terjun ke dunia desain website untuk memperluas peluang karier.

Berikut adalah beberapa blog populer tentang seni dan desain untuk membantu Anda menemukan inspirasi desain website dan mengembangkan sisi kreatif Anda.

52. Apartment Therapy

homepage apartment therapy
  • Topik utama: desain interior
  • Dibuat dengan: Ceros

Didirikan oleh desainer interior Maxwell Ryan sebagai newsletter mingguan, Apartment Therapy kini berkembang menjadi blog dan perusahaan media. Blog ini bertujuan untuk memberikan tips dan tutorial mempercantik rumah dengan berbagai budget.

Kontennya mencakup saran dari para ahli, panduan belanja, tutorial DIY, dan konten House Tour harian dari para pembaca, menampilkan rumah-rumah dengan beragam gaya dan ukuran.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Homepage website ini menyajikan banyak konten kepada para pengunjung, yang turut meningkatkan waktu baca dan mengajak mereka untuk menjelajahi halaman website lainnya.

Navigation bar website juga tertata dengan baik. Saat kursor diarahkan ke salah satu item di navigation bar, akan muncul daftar kategori dan subkategori konten lengkap yang bisa diakses pengunjung.

53. Abduzeedo

abduzeedo
  • Topik utama: desain, seni, fotografi, UX
  • Dibuat dengan: Drupal

Abduzeedo atau ABDZ adalah blog desain yang dibuat oleh Fabio Sasso, dan sekarang dikelola oleh beberapa penulis dari seluruh dunia.

Kontennya difokuskan pada desain, seni, fotografi, dan UX, meliputi artikel tentang ilustrasi, seni 3D, desain editorial, branding, manipulasi foto, desain web, dan highlight desainer.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Sesuai dengan identitasnya sebagai blog desain, Abduzeedo memiliki tampilan yang berkelas namun unik dengan teks berwarna putih di latar belakang hitam. Homepagenya dibagi menjadi dua bagian, menampilkan satu postingan blog di sebelah kiri dan daftar postingan terbaru di sebelah kanan.

Saat scroll ke bawah, hanya sisi kanan halaman yang bergerak, sementara sisi kiri halaman tetap statis.

54. Colossal

colossal
  • Topik utama: seni, desain, budaya visual
  • Dibuat dengan: WordPress

Dirancang sebagai platform internasional untuk mendukung para seniman dan memudahkan siapa pun menikmati seni, Colossal yang pernah memenangkan penghargaan ini adalah sebuah blog seni, desain, dan budaya visual yang dibuat oleh penulis dan kurator Christopher Jobson.

Blog ini membahas berbagai disiplin ilmu kreatif, menampilkan berita seputar seni rupa, seni jalanan, ilustrasi, desain, fotografi, sains, kerajinan modern, dan animasi.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Website yang diutamakan untuk menayangkan foto ini menyajikan foto-foto HD berukuran besar dalam artikelnya, yang tentunya penting untuk blog tentang seni dan budaya visual.

Selain itu, homepage Colossal memiliki bagian berjudul Trending on Colossal yang menampilkan artikel-artikel trending dalam bentuk gambar, tanpa judul atau cuplikan, disusun dalam pola grid. Ini merupakan cara yang unik dan menarik untuk menampilkan artikel populer.

55. Booooooom

website booooooom
  • Topik utama: seni dan budaya
  • Dibuat dengan: WordPress

Booooooom adalah blog seni dan budaya dari Kanada yang menampilkan karya-karya para seniman, fotografer, dan desainer di seluruh dunia. Website ini dibuat oleh seniman Jeff Hamada.

Topik artikel yang dipublikasikannya mencakup karya seni, fotografi, dan desain. Ada juga bagian berjudul BOOOOOOOM TV yang menyediakan pilihan film, video musik, dan animasi harian.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Homepagenya memiliki bagian Featured Submissions yang menampilkan karya terbaik dari para pembaca. Dengan cara ini, mereka turut mempromosikan komunitasnya dan mendorong pembaca untuk lebih terlibat.

Ketika halamannya discroll ke atas, navigation bar akan otomatis muncul di bagian atas layar. Pengunjung pun bisa mengakses bagian lainnya dengan mudah tanpa harus menscroll layar sampai ke awal halaman.

56. Hookedblog

homepage website hookedblog
  • Topik utama: seni jalanan
  • Dibuat dengan: Blogger

Didirikan oleh Mark Rigney, Hookedblog menampilkan seni jalanan, mural, dan seni grafiti yang ditemukan di London dan wilayah lainnya.

Blog pemenang penghargaan ini menampilkan seni jalanan dan mural dari daerah seperti Inggris pada umumnya, Eropa, Afrika, dan Amerika Serikat. Beberapa karya yang ditampilkan di festival seni jalanan juga diliput dalam blog ini.

Hal yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Di homepagenya, terdapat bagian Popular Posts sehingga pengunjung baru bisa langsung mengakses konten terbaik yang disediakan.

Blog ini juga menampilkan penghargaan yang pernah dimenangkannya sehingga bisa turut meningkatkan kredibilitas.

Kesimpulan

Ada banyak alasan orang-orang menulis blog, mulai dari mengekspresikan diri hingga menghasilkan uang secara online. Selain itu, blog juga bisa menyajikan konten yang berfokus pada topik atau tujuan tertentu.

Topik yang bisa ditulis oleh seorang blogger pun hampir tak terbatas. Namun, akan jauh lebih baik kalau hal tersebut adalah sesuatu yang disukai atau memang sudah dikuasai.

Blogger perlu menemukan niche sendiri agar tetap memiliki ciri khas dibandingkan dengan pesaing. Dengan konten yang unik, proses mendapatkan pembaca setia atau pelanggan tentunya akan lebih mudah.

Nah, di artikel ini, kami sudah membahas 11 topik blog beserta contoh terbaiknya, seperti teknologi, gaya hidup, kecantikan dan fashion, kesehatan dan fitness, edukasi, marketing dan bisnis, keuangan, makanan, traveling, fotografi, serta seni dan desain.

Kami juga telah membagikan 56 contoh blog sukses dari kategori tersebut, mengulas latar belakang singkat dan aspek-aspek khusus yang menjadi keunikannya.

Berikut adalah daftar contoh blog terbaik dari masing-masing kategori di artikel ini:

  1. Blog Teknologi Terbaik TechCrunch, berfokus pada berita teknologi dan startup.
  2. Blog Lifestyle Terbaik A Cup of Jo, menampilkan konten seputar fashion, makanan, traveling, hubungan & asmara, dan ibu rumah tangga.
  3. Blog Kecantikan dan Fashion Terbaik Sincerely Jules, berfokus pada fashion, kecantikan, dan gaya hidup wanita.
  4. Blog Kesehatan dan Fitness Terbaik Muscle and Fitness, menyediakan konten tertulis tentang latihan, fitness, gizi, serta atlet dan selebritas.
  5. Blog Edukasi Terbaik HowStuffWorks, membahas hampir semua hal yang ada di dunia ini dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.
  6. Blog Bisnis dan Marketing Terbaik The Balance Small Business, membahas topik bisnis, keuangan, dan kewirausahaan untuk membantu orang-orang memulai dan menjalankan bisnisnya.
  7. Blog Keuangan dan Investasi Terbaik CoinDesk, menyajikan berita, data, edukasi, dan acara seputar investasi, mata uang kripto, dan aset digital.
  8. Blog Makanan Terbaik Minimalist Baker, mempromosikan cara memasak praktis dengan bahan-bahan dan peralatan memasak sederhana.
  9. Blog Travel Terbaik The Blonde Abroad, berfokus pada solo travel dan traveler perempuan.
  10. Blog Fotografi Terbaik Humans of New York, mendokumentasikan kisah orang-orang di New York dan wilayah lainnya di dunia.
  11. Blog Seni dan Desain Terbaik Colossal, mendukung seniman dan memudahkan siapa pun menikmati seni melalui konten tentang seni, desain, dan budaya visual.

Semoga contoh blog yang kami rekomendasikan di artikel ini bisa menginspirasi dan membantu Anda menentukan jenis blog yang ingin Anda mulai, ya. Nah, tunggu apa lagi? Yuk mulai buat blog dan tulis artikel-artikel terbaik Anda! Semoga sukses!

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.